Gak Pernah Kuliah? Mari Kita Kuliah Di Google! Dapat Sertifikat Lho -->

Advertisement

Gak Pernah Kuliah? Mari Kita Kuliah Di Google! Dapat Sertifikat Lho

Rumput & Kerikil
Jumat, 04 September 2020

Mari Kita Kuliah Di Google! Dapat Ijazah Lho

“Dalam perekrutan kami sendiri, kami akan memperlakukan sertifikat karir baru ini setara dengan gelar empat tahun untuk peran terkait.”

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Jika anda tidak pernah merasakan bangku kuliah, selamat! Kita satu server bro. Dengan alasan ekonomi, saya juga tidak pernah merasakan manisnya bangku kuliah dengan deretan gelar dan ijazah yang konon menjamin masa depan. Tapi bagi kita yang tidak kuliah bukan berarti kita tidak bisa mendapat kesempatan pendidikan yang sama dengan harga yang terjangkau.

Nah Google, sebuah perusahaan raksasa internet yang telah berhasil "mengatur informasi dunia", akan menangani masalah yang telah lama kita alami ini yakni: Pendidikan Teknologi!

Dapatkan Pekerjaan Tanpa Ijazah Universitas

Bukan rahasia lagi bahwa perguruan tinggi dan universitas yang ada saat ini sedang berjuang keras untuk tetap relevan dalam ranah teknologi. Okay, orang tua kita mungkin mengalami kesulitan memahami bagaimana sebuah profil LinkedIn yang rapi bisa menjadi kandidat lebih kuat ketimbang gelar sarjana 4 tahun atau bagaimana anda bisa mendapatkan pekerjaan tanpa ijazah.

Dan sebuah survei dari StackOverflow di tahun 2016 menemukan fakta bahwa 56% developer tidak memiliki gelar sarjana dalam ilmu komputer atau bidang terkait. Mereka juga memperhatikan bahwa Portofolio proyek dan produk anda memiliki memberikan kontribusi yang kredibel yang lebih bernilai ketimbang pengalaman dari pendidikan di sekolah.

Pada tahun 2018, sebuah rumor telah diumumkan secara resmi, bahwa: Google, Apple, IBM, Intel, Hilton, Starbucks, Publix, Penguin Random House, Costco Wholesale, Whole Foods, Nordstrom, Home Depot, Bank of America, Chipotle dan Lowe memposting banyak posisi pekerjaan yang tidak membutuhkan gelar formal.

Pada tahun 2020, Elon Musk mengatakan bahwa anda tidak perlu memiliki gelar sarjana untuk bekerja di Tesla. Ia juga mengatakan bahwa “kuliah pada dasarnya untuk kesenangan dan bukan untuk belajar.”

Namun, ada pertanyaan menarik disini: Jika bukan dari perguruan tinggi, lalu apa? Apakah saya harus membuat versi Twitter saya sendiri dan memiliki 4 program magang teknologi agar dapat dipertimbangkan untuk pekerjaan tingkat pemula di Google?

Akhirnya, mereka sepertinya memiliki jawaban!

Google akan meluncurkan 'Sertifikat Karir 6 Bulanan yang tidak membutuhkan rekomendasi pendidikan sebelumnya.

Google telah meluncurkan dua kursus Sertifikat Karir untuk posisi tingkat awal: Google IT Support dan Otomasi TI Google dengan Python. Ada seekitar 85% dari 637.047 siswa yang terdaftar memberikan ulasan bintang 5 yang luar biasa.

Berdasarkan keberhasilan ini, Google berencana meluncurkan tiga kursus lagi yakni: satu untuk analis data, satu untuk manajer produk, dan satu untuk desainer UX. Anda dapat memilih untuk mendapatkan notifikasi saat kursus ini diterbitkan di situs web mereka.

Apakah sertifikat ini merupakan jalur yang aman untuk menduduki posisi tingkat awal di Google? Berdasarkan bahasa mereka yang tidak ambigu, sepertinya memang begitu. Kent Walker, wakil presiden senior urusan global Google, telah memposting informasi berikut dalam sebuah Tweet:

“Dalam perekrutan kami sendiri, kami sekarang akan memperlakukan sertifikat karir baru ini sebagai setara dengan gelar empat tahun untuk peran terkait.”

Wow...!

Penekanan Google pada ide-ide inovatif dan pengalaman membangun produk sepertinya tidak akan berubah dan anda masih harus setidaknya sedikit luar biasa untuk menonjol selama proses pengajuan anda. Namun, dengan langkah yang menentukan ini, Google telah secara efektif mengganti gelar sarjana empat tahun dengan program 3-ke-6 bulan yang ramping yang hanya membutuhkan waktu sekitar 5 jam seminggu untuk menyelesaikannya.

Yang terpenting, mereka memberikan harga yang terjangkau. Misalnya IT Support dikenakan biaya sebesar 49 dollar per bulan pada Coursera, dan Google telah berjanji untuk medanai 100.000 program kursus bagi mereka yang membutuhkan. Bagaimanapun juga, biaya-biaya ini bisa dikatakan sebagai uang makan siang dibandingkan dengan tarif yang dibebankan di sebagian besar perguruan tinggi untuk pendidikan yang bisa dibilang kurang relevan.

Akhirnya, Pendidikan Akan Berubah

Bagi saya, program Sertifikat Karir Google adalah berita yang luar biasa, karena saya tidak merasakan bangku kuliah, saya belajar IT otodidak sejak masa zaman warnet menjajah malam minggu remaja. Apakah saya akan mendapatkan gelar saya disini? Atau apakah saya terus mencoba belajar sendiri? Apakah para perusahaan masih peduli dengan gelar resmi? Apakah perusahaan teknologi yang lainnya memiliki sikap yang sama? Hajar saja bro, karena semuanya akan berubah.

Google telah membuat langkah pertama yang menentukan dalam menjembatani kesenjangan antara pendidikan dan kebutuhan perusahaan teknologi.

Sejauh ini, bukti yang ada menunjukkan kepada kita bahwa inilah masa depan pendidikan. Secara khusus, yang menenangkan saya adalah bagaimana pemikiran dan integrasi seluruh solusi ini sangat terasa. Berikut adalah paragraf dari deskripsi kursus resmi Google:

Setelah menyelesaikan sertifikat yang ada, anda dapat membagikan informasi anda dengan perusahaan lowongan kerja top seperti Cognizant, GE Digital, Hulu, Infosys, Intel, KForce, MCPc, PNC Bank, RICOH USA, Sprint, TEKSystems, Veterans United Home Loans, Walmart dan anak perusahaan mereka, dan tentu saja, Google sendiri. Anda juga bisa mendapatkan kredensial ganda CompTIA dan Google jika anda menyelesaikan sertifikat Google dan juga lulus ujian sertifikasi CompTIA A +.

Dugaan saya, proyek percontohan ini akan menjadi standar baru dalam pelatihan dan pendidikan karyawan. Banyak perusahaan akan menang besar dengan melakukan ini. Mereka melatih karyawan mereka sendiri, menghasilkan uang ekstra, dan bahkan mendapat pujian untuk filantropi pendidikan. Dan untuk kita sendiri yang gak pernah kuliah, akhirnya kita mendapatkan gelar unik nan ramping yang sebenarnya memiliki arti sesungguhnya. Sekian, terimakasih dan Wassalamualaikum.