Bagaimana Mengirim Dokumen Dengan Aman Melalui Internet -->

Advertisement

Bagaimana Mengirim Dokumen Dengan Aman Melalui Internet

Rumput & Kerikil
Senin, 14 September 2020

Bagaimana Mengirim Dokumen Dengan Aman Melalui Internet

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Ketakutan yang masih dimiliki oleh kalangan bisnis dan orang-orang saat ini adalah tentang sebuah pertanyaan: apakah dokumen saya akan sampai dengan selamat? Apakah penjahat dunia maya dapat dan membajak dokumen sebelum dokumen tersebut mencapai tujuan yang dituju?

Cara Mengirim Dokumen Yang Aman


Beranjak dari pertanyaan itu, anda perlu mengetahui bahwa ada cara untuk mencegah dokumen anda diakses oleh peretas adalah dengan mengenkripsi file anda. Tindakan keamanan ini tidak menghentikan intersepsi yang anda, tetapi mencegah dokumen anda dibuka oleh para penjahat maya tersebut. Hanya penerima yang dituju yang memiliki akses untuk membuka dan membacanya. Faham bukan?

Di dalam artikel ini, anda akan menemukan informasi berguna tentang cara mengirim dokumen anda dengan aman dan siapa yang dapat anda percaya untuk solusi enkripsi yang kredibel. Selain itu, emosianisme juga telah menyertakan rekomendasi tentang cara memaksimalkan keamanan anda saat bertukar file, juga beberapa kesalahan umum yang harus anda hindari.

Titik awalnya adalah mengenkripsi pesan dan dokumen anda. Enkripsi dapat dibandingkan dengan sebuah sistem dimana terdapat sebuah gembok dan kunci. Tanpa kunci, maka gembok tidak akan bisa dibuka. Enkripsi dianggap sebagai standar emas keamanan siber saat ini. Nah berikut trips mengamankan dokumen anda.

1. Hindari Email

Email mungkin merupakan saluran yang paling banyak digunakan untuk komunikasi, dan juga yang paling tepercaya, dan inilah masalahnya karena email juga disukai dan menjadi incaran favorit para hacker.

Keamanan email anda bergantung pada keamanan jaringan anda. Saat menerima dokumen, privasinya juga akan bergantung pada keamanan jaringan penerima.

Di antara semua kemungkinan cara untuk bertukar dokumen, email mungkin yang paling mudah diretas. Oleh karena itu, pikirkan dan telaah baik-baik tentang sistem email yang anda gunakan dan apakah memungkinkan untuk mengenkripsi pesan.

2. Gunakan Kata Sandi

Hampir semua program yang dibuat untuk membuat dan mengedit dokumen menampilkan opsi proteksi kata sandi. Di sini, saya tidak akan menjelaskan proses langkah-demi-langkah untuk memproteksi dokumen anda via software dokumen. Anda dapat menemukannya di pengaturan karena banyak hal berbeda dari satu program ke program lainnya, jadi saya harap anda jangan malas untuk googling mencari tahu tentang cara yang di maksud.

Jangan pernah mengirim kata sandi bersamaan dengan file; jika tidak, upaya perlindungan anda akan sia-sia.

Beberapa program tidak mengizinkan untuk menyalin dan menempelkan kata sandi tetapi mengharuskan pengguna untuk memasukkannya secara manual.

3. Buat File Zip

Jika anda mengirim banyak file, maka anda dapat mengkompresnya menjadi sebuah arsip dan melindunginya dengan kata sandi. Ditambah lagi proses ini sedikit lebih rumit tetapi juga lebih aman, jadi anda harus juga harus mencari tahu tentang cara mempassword file kompresi dan cara melampirkan kode keamanan pada file arsip ini.

Berhati-hatilah jika anda dan penerima kehilangan kode keamanan atau kata sandi, karena file anda tidak akan bisa di akses lagi. Metode pembuatan kata sandi disini memang menawarkan tingkat perlindungan dasar yang tidak menjamin keamanan 100%. Namun cukup kuat jika anda membuat kata sandi yang cukup panjang dan rumit.

4. Firefox Send

Firefox memungkinkan anda untuk berbagi file dari komputer anda dengan seseorang melalui tautan pribadi. Anda membuat tautan ini, dan anda dapat mengirimkannya ke penerima, atau anda membagikannya di jejaring sosial anda, atau juga anda bisa menerbitkannya di tempat lain. Anda dapat menggunakan pengaturan privasi lanjutan dan menentukan parameter berikut:

  • Berapa lama link tetap valid
  • Berapa kali penerima dapat mengunduh file tersebut
  • Dapatkah penerima mengakses file dengan atau tanpa password


Firefox Send adalah opsi praktis yang tidak mengharuskan anda memasang software tambahan apa pun di perangkat anda, sehingga tidak memberatkan memori anda. Plus, fitur itu juga dianggap sangat andal, dan ada ribuan orang mempercayakan data rahasia mereka pada fitur Firefox ini. Firefox sendiri adalah system Open Source dimana pengembangnya adalah komunitas yang tersebar di seluruh dunia dan bukan milik perusahaan tertentu.

5. DigiSigner

DigiSigner merupakan opsi lain untuk mengenkripsi dokumen anda, dan layanan online ini mengenkripsi dengan standar industri terbaru.

Yang perlu anda lakukan adalah mendaftar ke sistem menggunakan email anda, pilih file dari cloud dan kirimkan ke akun penerima menggunakan email mereka. Sebelum mengirimkan file, anda dapat menambahkan komentar pada dokumen anda.

File yang anda kirim akan disimpan di akun anda sehingga anda dapat mengaksesnya kapan saja. Sebelum mengirimkan dokumen, anda juga dapat meninggalkan tanda tangan elektronik anda padanya. DigiSigner mudah digunakan, bereputasi, dan dapat dipercaya.

6. Rubex

Rubex adalah perangkat lunak manajemen dokumen yang dibuat khusus untuk akuntansi. Ini adalah fitur enkripsi setingkat bank dan antarmuka yang sederhana dan intuitif. Anda dapat menyimpan dokumen anda di dalam sistem dan membagikannya dengan klien dan kolega anda.

Rubex juga menampilkan alur kerja otomatis yang dapat anda sesuaikan untuk kebutuhan bisnis anda. Dengan fungsi yang berguna ini, maka anda tidak perlu mengirim pengingat ke klien dan mitra anda karena Rubex akan mengirimkan pengingat otomatis dan kemudian mengirim dokumen yang diterima ke penerima mereka, tanpa meluangkan waktu dan perhatian anda.

7. iFax

iFax adalah aplikasi yang menampilkan enkripsi end to end. File anda akan sepenuhnya dienkripsi saat anda menekan tombol "Kirim" hingga mendarat di perangkat penerima.

Jika seorang peretas menyadap dokumen tersebut, mereka tidak akan dapat menggunakannya. Meskipun iFax adalah aplikasi berteknologi canggih, namun software ini sangat ramah pengguna. Anda akan mudah mempelajari bagaimana cara menggunakannya dalam hitungan menit.

Kesimpulan

Sekarang anda tahu cara bertukar file dengan aman secara online. Meskipun file itu mungkin bukan kredensial keuangan anda, pindaian paspor, atau kontrak penting, namun anda akan merasa lebih baik jika anda tahu bahwa tidak ada pihak ketiga yang akan menyadap dokumen anda. Hanya perlu beberapa menit untuk belajar mengenkripsi file anda. Setelah anda memahami cara melakukan ini, ini akan menjadi kebiasaan harian anda untuk semua perangkat yang anda gunakan. Semoga bermanfaat dan Wassalamualaikum.