Bagaimana Cara Menjadi Freelancer Online ? -->

Advertisement

Bagaimana Cara Menjadi Freelancer Online ?

Rumput & Kerikil
Rabu, 12 Agustus 2020

Image Source: miro.medium.com

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Freelancer atau juga part timer saat ini menjadi bagian dari gaya hidup milenial yang berharap bisa travelling sambil bekerja. Selain itu, sebagian ada yang membutuhkan pekerjaan sebagai freelance online agar tetap bisa di rumah dan tidak perlu bekerja keluar rumah. Mereka yang membutuhkan pekerjaan freelance online, harus mempelajari bagaimana cara menjadi freelancer online. Tidak mudah untuk mendapatkan job online, tetapi juga bukan tidak mungkin bisa bekerja sebagai freelancer online.

Pekerjaan freelance online tidak hanya tersedia di dunia, tetapi situs freelancer khusus berbahasa Indonesia juga ada. Tentu saja jumlah proyek klien ataupun klien yang mencari pekerja online sangat berbeda jumlahnya antara situs freelance dunia dan situs freelance Indonesia. Tetapi karena masih belum banyak pengguna situs freelance Indonesia, persaingan juga tidak seketat situs freelance di dunia.

Baik untuk menjadi freelance khusus di situs freelance berbahasa Indonesia maupun situs freelance di dunia, perlu mengetahui bagaimana cara menjadi freelance. Karena tidak semua bisa langsung menjadi freelance. Perlu mengetahui beberapa hal agar bisa menjadi freelance online.

Apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi freelance online:

1. Riset Pekerjaan Online Yang Dibutuhkan


Tidak semua profesi bisa dikerjakan secara online. Ada profesi yang sangat banyak dibutuhkan di dunia online. Seperti tukang listrik, tidak bisa dijadikan profesi online. Akan tetapi lain halnya dengan desain gambar listrik. Pekerjaan desain gambar listrik bisa dikerjakan secara online.Dari keahlian yang saat ini dikuasai, riset pekerjaan yang bisa dikerjakan secara online. 

Selain itu apabila pekerjaan yang dikuasai sudah umum dikerjakan secara online, maka persaingan akan sangat ketat. Jadi tetap diperlukan riset dari bidang umum yang dikuasai, niche apa yang masih belum berat persaingannya. Misalnya bidang kerja online yang sangat banyak lowongan maupun pekerja freelance-nya, desain grafis. Perlu dilakukan riset niche apa dari desain grafis yang masih sedikit persaingannya.

2. Asah Keahlian


Setelah melakukan riset bidang keahlian yang akan dijadikan pekerjaan freelance, asahlah kemampuan tersebut hingga tahap ahli. Dunia kerja freelance, persaingan sangat berat, maka mengasah kemampuan menjadi sangat penting.

Cara termudah kemana arah yang diperlukan dari sebuah keahlian, bisa melalui browsing para freelancer di situs-situs kerja online. Akan terlihat, freelance dengan kemampuan seperti apa yang mendapat banyak proyek. Asah kemampuan hingga bisa seperti freelancer-freelancer tersebut.

3. Bangun Portofolio


Untuk menunjukkan bahwa kemampuan seorang freelancer sudah ahli dan bisa mengerjakan proyek, freelancer bisa membuat portofolio. Portofolio menjadi etalase bagi freelancer untuk menunjukkan keahliannya ke klien.

Sesuaikan portofolio dengan pekerjaan yang ditawarkan freelancer. Apabila freelancer menawarkan jasa sebagai penulis, maka perlu menunjukkan tulisan-tulisannya sebagai portofolionya. Tulisan bisa diupload di sosial media seperti LinkedIn atau Facebook. Atau diupload di blog, seperti medium.

Untuk pekerjaan yang sulit dilihat dari sisi portofolio, misalnya seperti disebut di awal tulisan, jasa desain gambar listrik, bisa menunjukkan keahlian dan pengalaman kerjanya melalui profil LinkedIn.

4. Daftar di Situs Freelance dan Lengkapi Profil


Untuk menjadi freelancer online, modal termurah adalah melalui situs-situs freelance gratis. Banyak klien yang datang ke situs-situs freelance dan mencari jasa freelance melalui situs tersebut.

Ada situs yang harus mengeluarkan modal awal bagi freelancer untuk mendapatkan pekerjaan, tetapi sangat banyak yang gratis dibandingkan dengan yang berbayar.

Setelah mendaftar di situs freelance, pastikan mengisi profil di situs freelance dengan lengkap. Semua yang harus diisi dan diminta oleh situs freelance harus diisi dengan lengkap. Kelengkapan pengisian profil mempengaruhi kemungkinan bisa terlihat di mesin pencari dari situs freelance tersebut.

5. Membuat Daftar Riwayat Hidup Singkat


Tidak semua freelance merasa perlu membuat daftar riwayat hidup. Karena biasanya dalam profil situs freelance online, sudah diminta untuk mengisi keahlian dan pengalaman. Jadi dirasa tidak perlu untuk membuat daftar riwayat hidup.

Di satu sisi, saat mengajukan penawaran kerja ke klien, klien perlu untuk mengetahui keahlian dan pengalaman kerjanya sesuai atau tidak dengan proyek yang dimiliki oleh klien. Akan tetapi klien juga jarang yang mau membaca pengalaman dan keahlian lengkap dari freelancer. Klien lebih memilih membaca rencana kerja freelancer dari proyek milik klien.

Jadi sebagai jalan tengahnya, freelancer bisa memberi daftar riwayat hidup singkat berisi pengalaman dan keahliannya. Terutama untuk freelancer baru yang belum pernah mengerjakan proyek di situs freelance yang dituju.

Tidak perlu membuat daftar riwayat hidup terlalu panjang, cukup gunakan template gratis daftar riwayat hidup di internet dan isi secara singkat pengalaman dan keahlian, tidak perlu diisi sekolah atau lulusan mana. Template daftar riwayat hidup gratis ada banyak di internet, seperti template daftar riwayat hidup dari Canva.

6. Jangan Putus Asa


Memulai profesi sebagai freelance online tidaklah mudah. Meski sudah mengetahui step by step cara menjadi freelance online, tidak berarti pekerjaan online datang dengan cepat.

Penulis memulai profesi sebagai freelance online hampir 6 tahun lalu. Saat itu, untuk mendapatkan proyek pertama, membutuhkan waktu 6 bulan. Tetapi saat itu, penulis sebelumnya tidak pernah belajar bagaimana untuk menjadi seorang freelance online, karena resource belajar masih jarang.

Dengan banyaknya resource belajar, komunitas pekerja online, menjadi seorang freelance bisa dipelajari langkah-langkahnya. Dengan syarat tidak berputus asa karena lama belum mendapat proyek pertamanya. Selalu ingat, berusaha di bidang online apapun, order pertama selalu lebih sulit. Akan tetapi bila sudah mendapat order, akan ada reputasi, order berikutnya semakin lebih mudah.