Panduan Lengkap Cara Menjual Foto Dari Ponsel Anda - Emosianisme
Update
Loading...

Minggu, 05 Juli 2020

Panduan Lengkap Cara Menjual Foto Dari Ponsel Anda

Panduan Lengkap Cara Menjual Foto Dari Ponsel Anda

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Bagaimana jika anda sebenarnya bisa menghasilkan uang dengan mengambil gambar dengan ponsel anda? Terlepas dari apakah anda seorang fotografer professional atau hanya hobi semata, sebenarnya ada pasar besar untuk menjual semua foto ini dan menghasilkan uang. Pastinya ini bisa menjadi cara yang bagus untuk menghasilkan uang tambahan tanpa menginvestasikan banyak uang atau waktu. Yang anda butuhkan hanyalah ponsel anda! Nah berikut 13 aplikasi terbaik untuk menghasilkan uang dari menjual foto di tahun 2020.


13 Aplikasi Terbaik untuk Menjual Foto


1. FOAP

FOAP adalah pasar foto bagi fotografer pro dan amatir. Beberapa merek termasuk Bank of America dan MasterCard telah dikenal berlangganan gambar melalui aplikasi ini. Pasar disini sangat besar dengan beragam koleksi.

Proses penjualannya cukup sederhana melalui aplikasi ini. Penjual terdaftar dengan menggunakan email atau login Facebook. Setiap foto anda akan dihargai senilai $ 10, dan anda akan mendapatkan dari setengahnya. Foto anda membutuhkan resolusi minimum 1280 x 960 piksel. Jika anda tidak yakin bagaimana memastikan gambar anda memenuhi syarat, maka anda harus memeriksa pengaturan kamera pada ponsel anda.

Antarmukanya cukup mirip dengan Twitter. Anda dapat mengikuti berbagai fotografer yang ada disana untuk mendapatkan inspirasi. Anda juga dapat menemukan foto yang baru dijual di tab "Jelajah", jika anda ingin mengetahui jenis gambar apa yang paling laris manis.

Cara lain untuk menghasilkan uang di aplikasi ini adalah melalui Mission. Fitur Mission ini diposting oleh brand atau perusahaan dengan persyaratan foto yang spesifik. Selanjutnya ditetapkan sebagai kompetisi, dan pemenang mendapatkan uang kadang lebih dari $ 300 dari fotonya.

2. Snapwire

Snapwire adalah aplikasi lain dengan komunitas aktif baik pembeli maupun penjual. Selain menjual foto, Snapwire juga memiliki tantangan yang akan membayar lebih. Saat menjual foto secara langsung, anda akan menerima 50% dari harga yang ada. Jika anda menjual gambar karena mereka memintanya atau melalui fitur tantangan, maka anda akan menerima 70%.

Untuk para fotografer, Snapwire juga melembagakan gamification. Ketika anda mengambil lebih banyak foto, dan menghasilkan lebih banyak uang, level anda meningkat. Saat anda naik level, aka anda dapat mulai menerima permintaan langsung dari brand perusahaan apa pun yang tertarik dengan portofolio anda.

Saat anda membuat profil Snapwire, anda dapat memilih gaya seperti seni, bangunan, bunga, makanan, dll yang paling sesuai dengan kategori untuk foto anda. Anda juga dapat memilih hingga 10 gaya untuk portofolio anda. Menarik bukan?

3. Shutterstock Contributor

Shutterstock adalah salah satu website stok foto paling populer pilihan saya, dan saya sendiri merupakan salah seorang kontributor disini. Shutterstock memiliki program kontributor yang kuat. Untuk memulai disini, anda harus membuat akun online, karena aplikasi yang ada tidak memungkinkan anda untuk membuatnya.

Anda juga tidak akan memiliki cara untuk berinteraksi dengan orang lain atau melihat apa yang sedang tren, tetapi aplikasi ini mudah digunakan. Anda dapat mengunggah gambar anda, melacak seberapa baik kinerjanya, dan melihat berapa banyak uang yang anda hasilkan melalui antarmukanya yang mudah di fahami.

Anda bisa mendaftar sebagai kontributor Shutterstock melalui referal saya di link berikut di bawah: 

4. Clashot

Jika anda pernah sukses di aplikasi lainnya, atau anda mungkin seorang fotografer yang terampil, dan memiliki waktu yang terbatas. Clashot mungkin aplikasi terbaik untuk anda. Clashot mengirimkan permintaan untuk jenis foto yang secara aktif dicari. Memiliki notifikasi semacam ini tentunya menghemat banyak waktu.

5. Depositphotos

Depositphotos dimiliki oleh Clashot. Dan ini adalah pasar fotografi ternama. Harga jual akan bervariasi tergantung pada foto anda, tetapi anda akan menerima 44% dari apa yang mereka jual. Semua ini diatur seperti Instagram sehingga anda dapat mengikuti fotografer lain dan melihat pembaruan mereka untuk mendapatkan inspirasi.

6. Bylined

Bylined mirip dengan Clashot. Bylined mengirimkan pemberitahuan permintaan kepada orang-orang dengan aplikasi. Penjualan digarisbawahi dengan kebutuhan khusus, yakni mereka yang memiliki aplikasi bersaing untuk mengambil gambar terbaik untuk memenuhi persyaratan yang ada. Kemudian pemenang akan dibayar oleh para pencari foto yang dimaksud baik personal, merk ataupun perusahaan.

7. 500px

500px memiliki versi gratis dan berbayar dari aplikasi mereka. Anda bisa menggunakan platform gratis. Kelemahan dari versi gratis adalah anda hanya dapat mengunggah 7 gambar per minggu. Ini akan menjadi platform yang baik jika anda hanya ingin menguji penjualan foto dan anda tidak berencana mengunggah foto yang sangat banyak pada satu waktu.

Namun, jika anda tertarik untuk mengunggah lebih banyak foto per minggu, 500px menawarkan tiga tingkat keanggotaan yang memungkinkan upload foto tanpa batas dan lebih banyak penyesuaian.

8. EyeEm

EyeEm mirip dengan aplikasi lainnya. Anda menjual gambar secara individual dan juga melalui misi dari merek dan perusahaan. Namun, di pasar EyeEm, anda dapat mempertahankan hak cipta untuk foto dan menerima 50% komisi setiap kali foto anda terjual. Lisensi foto terendah adalah $ 20 per foto, jadi anda akan mendapatkan minimal $ 10 per foto yang terjual.

EyeEm juga merupakan pasar non-eksklusif yang berarti anda juga dapat memasang foto yang sama di beberapa situs. Selain itu, EyeEm menawarkan tutorial dan tips gratis untuk membantu anda meningkatkan keterampilan fotografi anda.

9. Agora Images

Ingin mendapatkan penghasilan maksimal? Ini mungkin aplikasi untuk anda. Tidak ada biaya keanggotaan atau komisi. Ada berbagai tingkat pendapatan tergantung pada peringkat anda dimulai dari Junior, Advanced, Pro dan Master.

Saat anda lebih baik dalam mengambil foto, kemungkinan anda akan menjual lebih banyak dan kemudian mendapatkan peringkat yang lebih tinggi, yang akan membantu anda mencapai peringkat yang lebih tinggi. Setelah anda memiliki peringkat yang lebih tinggi, anda akan menerima lebih banyak uang untuk foto anda yang dijual.

Di Agora Images, anda tidak hanya menjual hak cipta secara penuh pada foto anda satu kali. Anda dapat terus menjual kembali foto yang sama ke beberapa bisnis yang ada. Selain itu, anda dapat berpartisipasi dalam kontes foto untuk mendapatkan uang tambahan. Kontes adalah permintaan khusus dan di host oleh berbagai bisnis lain yang membutuhkan foto. Kontes yang ada akan memiliki spesifikasi pada jenis gambar yang dibutuhkan, dan foto terbaik yang akan menang.

10. Scoopshot

Jika anda ingin menetapkan harga anda sendiri dari foto yang anda miliki, maka Scoopshot mungkin adalah yang terbaik untuk anda. Ini berarti anda akan memiliki lebih banyak potensi untuk menghasilkan lebih banyak lagi jika anda memiliki foto berkualitas tinggi.

Di Scoopshot, anda juga dapat memperoleh uang dengan berpartisipasi dalam tugas atau kontes sehari-hari. Tugas disini adalah semacam permintaan untuk foto yang sangat spesifik dari bisnis yang membutuhkan. Tugas-tugas itu dikirim ke pengguna smartphone berdasarkan lokasi mereka.

Kemampuan lain yang menarik dari Scoopshot adalah bahwa jika pengiklan online menggunakan foto anda, anda akan mendapat bagian dari pendapatan iklan juga.

11. Stockimo

Stockimo adalah versi lain dari aplikasi Alamy, dan sebagai salah satu agensi stok foto terbesar. Ini berarti bahwa foto anda memiliki peluang keberhasilan yang lebih tinggi. Anda menyimpan hak cipta untuk foto anda melalui Stockimo.

Dengan aplikasi ini, anda akan menerima 20% dari setiap penjualan foto anda. Harga jual rata-rata Stockimo cukup tinggi di kisaran $ 90, tetapi kadang bahkan bisa lebih signifikan.

Satu kelemahan dari aplikasi ini adalah, hanya tersedia di iPhone, bukan Android.

12. Twenty20

Twenty20 adalah aplikasi dimana setiap fotografer bisa membuat galeri sendiri. Kemudian setiap fotografer memiliki tautan yang dapat dipersonalisasi untuk digunakan untuk mempromosikan dan menjual fotonya. Selain itu, anda dapat menambahkan foto terbaik anda ke galeri showcase dan mendapatkan lebih banyak eksposur.

Ada juga tantangan untuk berpartisipasi yang memungkinkan anda dapat menerima 100% dari komisi jika suatu perusahaan bekerja langsung dengan anda melalui platform ini.

Twenty20 adalah aplikasi non eksklusif yang memungkinkan anda untuk menggunakan aplikasi atau situs lain dari stok fotojuga. Anda memiliki hak cipta untuk semua foto anda.

13. Dreamstime

Dreamstime adalah salah satu aplikasi penjualan foto yang lebih kompleks. Ada dua aplikasi disini, satu untuk brand atau orang yang ingin membeli foto, dan satu lagi untuk fotografer yang ingin menjual foto. Setelah mengunduh Dreamstime, aplikasi ini dinamai Companion, yang juga bisa cukup membingungkan bagi anda yang baru pertama kali menggunakan aplikasi ini.

Salah satu manfaat terbesar adalah bahwa versi aplikasi fotografer dirancang untuk membuat anda mengunggah foto dengan sangat cepat. Anda dapat menjual foto di berbagai tingkat lisensi, dan menghasilkan hingga $ 12 per gambar, tergantung pada lisensi. Namun, penting juga untuk dicatat bahwa Dreamstime membutuhkan akrual sebesar $ 100 untuk melakukan withdraw atau penarikan.

Meskipun tidak ada aspek komunitas disini, namun anda dapat mengunjungi Stok Foto Dreamstime untuk melihat foto yang saat ini paling laris manis.

Cara Menjual Foto Online

Menjual foto anda secara daring dapat menjadi proses yang sangat mudah, yang menjadikannya salah satu penghasilan sampingan terbaik. Anda dapat memulai dengan mengikuti beberapa langkah sederhana:

1. Pilih Aplikasi atau Situs Stok Foto

Dalam paragraf kali ini, emosianisme fokus pada aplikasi yang dapat anda gunakan, tetapi ada beberapa website lain tambahan yang dapat anda pertimbangkan. Biasanya yang terbaik adalah memilih satu aplikasi foto untuk memulai, sehingga tidak membingungkan dan lebih mudah di kelola.

Namun, jika anda tidak berhasil dengan satu aplikasi, maka anda selalu dapat memilih yang lain. Kemudian, setelah anda menemukan sesuatu yang berhasil, anda dapat mulai menggunakan beberapa aplikasi tersebut untuk meningkatkan jumlah penghasilan anda.

2. Buat Akun

Setelah memilih aplikasi yang ada, pastinya anda harus membuat akun. Pastikan juga untuk mengisi aplikasi diri anda sepenuhnya. Serta pastikan informasi anda akurat karena beberapa profil akun yang digunakan di aplikasi akan bergabung dengan jaringan. Terkadang persetujuan bisa memakan waktu satu atau dua minggu, jadi perhatikan itu secara mendetil.

3. Ambil Foto Bagus

Ini bagian yang menyenangkan! Mulailah mengambil foto apa saja yang menarik. Di bagian selanjutnya, fahami bagian yang memberi anda beberapa ide tentang apa yang harus diambil. Anda juga dapat melihat, mengedit dan memilih foto-foto yang mungkin sudah anda miliki sebelumnya. Jepret!

4. Unggah dan Bagikan

Setelah anda mengambil beberapa foto, anda sebaiknya segera mengunggah foto yang telah anda ambil. Beberapa aplikasi juga menyertakan fitur berbagi sosial sehingga anda juga dapat membantu mempromosikan foto anda.

Tips Mengambil Foto Bagus untuk Dijual Online

Mungkin anda bertanya-tanya tentang bagaimana cara memulai mengambil foto yang bagus, ada beberapa kategori yang sangat populer yang bisa anda mulai. Beberapa jenis gambar yang paling populer termasuk: 

  1. Ilustrasi Orang. Anak-anak, dewasa, siswa, dan lainnya. Selain itu, foto yang bersifat budaya juga laris manis.
  2. Orang yang sedang Bekerja. Ini adalah salah satu gambar yang paling sering diminta dari bisnis. Pertimbangkan orang-orang yang mengerjakan laptop, menulis, berbicara di rapat, dll. Berusahalah mengambil foto yang tidak terlihat kaku.
  3. Makanan. Yup makanan adalah kategori lain yang sangat populer. Pertimbangkan semua jenis makanan, bahkan piring yang belum dicuci bro!
  4. Alat & Bahan. Mur, baut, sekrup, roda gigi, paku dan palu adalah subjek yang sangat baik untuk fotografi. Jenis gambar ini dapat digunakan untuk menyampaikan banyak hal yang berbeda baik dari segi kebutuhan maupun ilustrasi lainnya.
  5. Perkotaan. Bangunan, orang yang bepergian, dan cityscape adalah pilihan yang sangat populer untuk stok fotografi, jangan lupakan bagian ini.
  6. Alam. Tidak hanya objek ini sering diminta, tetapi juga menarik untuk berburu foto alam.
  7. Travel. Bidikan dari seluruh tempat wisata du dunia selalu sangat diminati, jadi jika anda sedang bepergian, pastikan untuk mengambil beberapa foto!


Setelah memilih kategori yang ada, saatnya mengambil beberapa foto. Jika anda belum memiliki banyak pengalaman dari fotografi profesional, tips dibawah ini mudah-mudahan akan membantu anda untuk mendapatkan foto sebaik mungkin.

1. Gunakan Gridlines

Gridlines atau garis kisi adalah fitur yang berguna untuk membantu menciptakan foto yang seimbang dan lurus dari sudut pandang vertikal maupun horizontal. Misalnya mengambil foto lautan, dengan adanya gridlines maka garis permukaan laut akan menjadi seimbang dan presisi. Jika anda belum pernah menggunakan kisi-kisi ini sebelumnya, mulailah menempatkan serangkaian garis pada layar yang didasarkan pada "aturan kisi pertiga." Dalam smartphone biasanya fitur garis kisi ini sudah otomatis tersedia dalam aturan kisi standar. Anda hanya perlu mengaktifkannya.

Menurut aturan pertiga, jika anda memposisikan titik-titik kunci dalam foto anda di sepanjang garis atau di persimpangan kotak, maka foto anda akan terlihat lebih menarik. Aturan pertiga juga umumnya tersusun dalam ukuran rasio emas.

2. Pastikan Kamera Anda Fokus

Kamera ponsel saat ini umumnya memang sudah diatur untuk secara otomatis untuk fokus. Namun, tidak setiap gambar yang anda ambil akan memiliki subjek yang jelas. Untuk menyesuaikan di mana fokus lensa, cukup ketuk area pada ponsel anda.

Anda juga dapat membeli aksesori tambahan untuk ponsel anda yang akan membantu anda mengambil foto yang lebih fokus dan terlihat profesional.

3. Fokus pada Satu Objek Tertentu 

Foto-foto terbaik biasanya hanya berisi satu objek yang sangat menarik. Jadi ketika anda mendapatkan kesempatan untuk mengambil gambar seperti itu, luangkan waktu untuk mengatur pemotretan sehingga objek anda benar-benar menonjol di foto anda. Ambil foto sebanyak mungkin dan anda bisa memilih yang terbaik di antaranya.

4. Jangan Khawatir Pada Ruang Negatif

Ruang negatif mengacu pada area di sekitar fokus utama gambar dan di ruang di sekitarnya. Saat anda memasukkan jenis jarak ruang ini dalam foto anda, ini memungkinkan objek anda lebih menonjol dan dapat membuat foto anda menjadi lebih dramatis. Ini membutuhkan pengalaman dan latihan yang berulangkali untuk bisa menghasilkan sebuah foto indah dalam kondisi ruang apapun.

5. Temukan Perspektif Baru

Jangan hanya mengambil foto dari satu sudut. Jika anda menemukan objek yang menarik, pastikan untuk membuat beberapa pemotretan dari berbagai sudut.

6. Cobalah untuk Tidak Melakukan Zoom

Saat anda ingin mendekati subjek, terkadang sangat menggoda untuk melakukan zoom. Sayangnya, pembesaran pada kamera ponsel dapat membuat foto anda terlihat buram atau pixelated. Kecuali jika itu adalah binatang buas, atau sesuatu yang akan menyerang anda jika anda mendekati, so anda harus sedekat mungkin. Jika itu tidak membuat anda mendapatkan gambar yang anda cari, Anda dapat memotong foto tersebut nantinya.

7. Hindari Flash

Jika anda bisa, gunakan cahaya alami. Sangat sedikit foto yang terlihat bagus saat diambil dengan lampu flash yang menyala. Jika anda merasa foto anda terlalu gelap, anda dapat mencerahkannya dengan alat edit foto nantinya dengan menyesuaikan pencahayaan yang ada.

Tips Menjual Lebih Banyak Foto

Nah, cukup panjang artikel kali ini, jika anda tertarik untuk menghasilkan lebih banyak uang dengan menjual foto, ada beberapa tips yang dapat anda manfaatkan untuk meningkatkan jumlah uang yang anda hasilkan.

Kiat 1: Perhatikan Tren

Jika anda mencoba beberapa kategori foto, tetapi hanya dapat menjual foto makanan, maka anda mungkin ingin menghabiskan lebih banyak waktu berfokus pada foto makanan untuk memanfaatkan waktu anda sebaik mungkin. Tentunya kategori pilihan anda memiliki pengaruh besar disini. Saya beri contoh, saat ini masa pandemi covid-19 menjadi tren, termasuk di penjualan foto online, topik foto yang terkait pada kesehatan dan pandemi saat ini menerima permintaan sangat tinggi.

Kiat 2: Unggah Sebanyak-banyaknya untuk Meningkatkan Peluang Anda

Terkadang sebuah bisnis akan menyukai foto stok tertentu, tetapi sudut dari foto yang ada mungkin tidak cukup sehingga tidak dapat diperbaiki melalui photoshop, atau pencahayaan mungkin sedikit kurang. Apa pun alasannya, pelanggan anda mungkin tertarik pada salah satu foto anda di atas yang lainnya, bahkan jika perbedaannya tampak sangat minim bagi anda. Jadi berikan pilihan yang banyak untuk mereka, semakin banyak pilihan maka semakin besar pula peluang yang ada.

Kiat 3: Pasang Tag dan Deskripsi yang Relevan

Tag dan deskripsi adalah sesuatu yang wajib! Karena mayoritas pelanggan anda akan datang ke aplikasi atau situs yang terkait untuk mencari subjek atau topik tertentu. Jika foto anda tidak diberi label dengan baik, bagaimana mungkin bisa ditemukan? Misalnya anda mengambil foto padi di sawah, buat tag yang jelas, misal "padi di sawah", "panen padi", "rice field", dll dsbnya minimal 7 tag, makin banyak semakin baik. Berikan juga deskripsi jelas, misal; "Gambar padi mulai menguning di sawah."

Kiat 4: Bidik pada Ukuran Penuh

Meskipun aplikasi yang anda gunakan mungkin tidak memerlukannya, anda sebaiknya tetap harus memotret dengan ukuran penuh. Ini akan memberi para pembeli beberapa pilihan ukuran untuk dipilih yang mungkin membantu tergantung pada bagaimana mereka ingin menggunakan foto yang ada.

Kiat 5: Jangan Di Filter 

Meskipun beberapa pengeditan foto anda mungkin sesuai untuk membuatnya menjadi lebih menarik, namun anda harus melakukan sesedikit mungkin karena kealamian akan membuat foto anda terlihat menarik bagi khalayak luas dan para pembeli bisa dengan lebih mudah mengedit foto anda sesuai dengan kemauan mereka.

Kesimpulan Akhir

Ponsel anda sering bersama anda, dan itu berarti ponsel anda adalah alat yang hebat untuk mengambil foto dan bisa menghasilkan uang tambahan. Dengan teknologi kamera ponsel saat ini, anda dapat menghasilkan bidikan berkualitas tinggi yang worth untuk dibayar oleh banyak bisnis dan perusahaan yang membutuhkan foto anda. Berikut saya sertakan sampel fotografi ponsel di akun Shutterstock saya untuk sebagai bahan pertimbangan bagi anda yang ingin memulai fotografi ponsel. Sekian, terimakasih dan Wassalamualaikum.

Beberapa sampel foto ponsel saya di Shutterstock: https://www.shutterstock.com/g/Ahmad+Sholihin
Post anyar
Ini adalah postingan terbaru

2 komentar

Jika anda menemukan postingan ini menarik atau anda menemukan link error harap berikan komentar anda di bawah ini. Terimakasih.
EmoticonEmoticon

Notifikasi
Jangan lupa untuk berlangganan untuk mendapatkan update terbaru.
Tutup