Jasa Pembuatan Landing Page Untuk Semua Kebutuhan Bisnis - Emosianisme
Update
Loading...

Selasa, 23 Juni 2020

Jasa Pembuatan Landing Page Untuk Semua Kebutuhan Bisnis

Jasa Pembuatan Landing Page Untuk Semua Kebutuhan Bisnis

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Istilah Landing Page atau halaman arahan/halaman pendaratan semakin populer berkat semakin berkembang pula sistem bisnis online terutama pada penjualan produk baik dari reseller, dropship, atau penjualan produk pribadi maupun jasa. Nah sebelum anda memutuskan untuk membuat Landing Page, ada baiknya terlebih dahulu anda membaca beberapa informasi terkait landing page yang akan menambah pustaka pengetahuan dan pengalaman anda dalam berbisnis online.

Apa Itu Landing Page?

Mengkonversi pengunjung menjadi lead arahan adalah langkah pertama dalam menciptakan hubungan antara anda dan pelanggan potensial anda. Landing page adalah halaman di situs anda yang dirancang untuk mengubah pengunjung untuk di arahkan pada pemasaran anda. Ini berbeda dari halaman lain di website anda karena landing page memilki dua kriteria ini:

  1. Landing page memiliki formulir yang memungkinkan anda untuk mengambil informasi pengunjung yang dibutuhkan sesuai kebutuhan bisnis anda. 
  2. Fokus landing page adalah untuk mengkonversi pengunjung menjadi arahan (mendaftar, menonton video, mendownload, berlangganan, webinar, membeli dsb-nya).


Sederhananya, halaman landing adalah halaman yang memiliki fungsi untuk mengarahkan visitor pada tujuan arahan tertentu, termasuk penggunaan formulir di dalamnya.

Perlu di perhatikan bahwa setiap halaman website yang tanpa navigasi dan formulir yang digunakan untuk mengubah pengunjung menjadi arahan adalah sebuah landing page, dan setiap situs seharusnya memilikinya.

Contoh halaman landing page
Contoh halaman landing page

Bagaimana Cara Kerja Landing Page?

  • Seseorang melihat ajakan untuk bertindak dan berakhir di landing page dengan formulir.
  • Orang tersebut mengisi formulir, yang mengubah mereka dari pengunjung menjadi petunjuk.
  • Informasi dari bidang formulir kemudian disimpan di database prospek anda.
  • Anda memasarkan kontak atau petunjuk berdasarkan apa yang anda ketahui dari mereka.

Jika anda menggunakan alat automasi pemasaran seperti HubSpot atau Marketo, anda akan dapat melihat penawaran apa yang diaarahkan ketika mereka dikonversi, dan interaksi lain apa yang mereka miliki di situs anda. Informasi ini akan memungkinkan anda untuk memelihara hubungan ini dengan cara yang lebih tertarget dan secara otomatis pula membantu anda memutuskan tindakan pemasaran mana yang paling tepat untuk dilakukan.

Prospek yang dipupuk oleh jalinan komunikasi lebih cenderung menjadi prospek yang memenuhi syarat pemasaran (MQL) dan bergerak lebih cepat melalui corong pemasaran. Ini membantu untuk menunjukkan laba atas investasi (ROI) dari upaya pemasaran anda dan membuat tim penjualan anda turut senang.

Kita menggunakan uang setiap harinya untuk membayar barang dan jasa, dan konsep nilai moneter dapat diterapkan pada logistik di belakang landing page di mana anda bertukar informasi yang sama berharganya di mana pun anda berada. Pengunjung akan mengisi formulir pada halaman arahan karena mereka percaya konten yang mereka akses akan berharga bagi mereka, dan  seorang pemasar akan dengan senang hati memberikan konten kepada pengunjung website karena mereka dapat menggunakan informasi berharga yang diberikan pengunjung pada formulir dalam upaya pemasaran di masa depan. Ini adalah situasi yang saling menguntungkan.

Proses Konversi Landing Page

Meskipun landing page adalah komponen utama dari proses konversi, ada beberapa aset yang bekerja sama untuk membuat konversi anda berhasil.

Panggilan untuk Bertindak/Call To Action (CTA): CTA adalah gambar atau baris teks yang meminta pengunjung anda untuk menyelesaikan tindakan tertentu. CTA memberi tahu pengunjung tempat dimana mereka harus mengklik untuk mengakses penawaran. CTA dapat ditemukan di halaman website anda di mana konten berkorelasi dengan penawaran anda serta pada posting blog yang relevan yang mendukung konten dalam penawaran anda. Semakin CTA beresonansi dengan halaman arahan dan halaman lain yang dipromosikan, semakin besar pula kemungkinan pengunjung akan dikonversi. 

Halaman Arahan / Landing Page: Halaman arahan itu sendiri adalah rumah bagi formulir yang diisi pengunjung untuk mengakses penawaran. Seperti yang disebutkan sebelumnya, satu-satunya tujuan adalah untuk menjelaskan manfaat dari penawaran yang diberikan dan mendorong pengunjung untuk mengkonversi menjadi arahan. Setelah formulir dikirimkan, pengunjung harus diarahkan ke halaman “terima kasih”.

Halaman Terima Kasih: Meskipun pesan terima kasih in line telah tersedia di sebagian besar CMS, namun anda disarankan untuk memberikan arahan baru anda dengan halaman terima kasih khusus. Halaman terima kasih bisa menyertakan tombol "Download Sekarang" yang dapat diklik oleh lead baru untuk mendapatkan unduhan yang anda tawarkan di halaman landing. Selain menghosting penawaran, halaman terima kasih adalah cara yang bagus untuk melanjutkan proses konversi dan memindahkan ke saluran pemasaran. Penawaran sekunder (studi kasus, konsultasi, webinar, dan banyak lagi) harus ditunjukkan melalui formulir lain atau CTA spesifik pada halaman terima kasih untuk mendorong lead ke mana harus pergi selanjutnya.

Yang Dibutuhkan Sebelum Membuat Halaman Landing Page

Sebelum anda terjun ke dalam membangun landing page, anda perlu memastikan bahwa anda telah melakukan semua penelitian latar belakang yang diperlukan untuk menyatukannya secara efektif. Untuk bisa melakukannya, pastikan untuk membahas hal-hal berikut sebelum anda mulai bekerja pada halaman arahan itu sendiri.

Persona Pembeli

Personas pembeli atau Buyer Persona adalah representasi semi-fiksi dari pelanggan ideal anda. Mereka dapat didasarkan pada penelitian pasar dan data pelanggan saat ini. Ketika dilakukan dengan baik, mereka dapat memberi anda wawasan yang jelas tentang perilaku pelanggan anda dan bagaimana mereka berpikir, yang akan memungkinkan anda untuk mengembangkan konten paling berharga yang anda bisa untuk mereka.

Saat anda membuat halaman landing, penting untuk menargetkannya hanya ke salah satu personas anda (jika anda memiliki lebih dari satu). Jika anda mencoba menyesuaikan konten pada halaman arahan anda dengan beberapa personas, pastinya tidak akan beresonansi dengan semuanya dan akan mengurangi kemungkinan konversi. Ketika anda menargetkan satu orang, usaha anda akan jauh lebih fokus dan akan meningkatkan peluang konversi anda. Lebih baik menjadi fokus daripada berusaha untuk menarik massa dalam situasi ini.

Penawaran

Tawaran adalah sesuatu yang diciptakan untuk memberikan nilai kepada pengunjung situs web organisasi, selain dari produk atau layanan yang dijual. Tawaran itu bisa berupa e-book, webinar, tip sheet, panduan perbandingan gratis, atau apa pun yang dapat diunduh dan informatif tentang industri tempat anda berada. Hal ini harus berjalan seiring dengan titik tertentu yang dialami oleh pembeli anda sebagai serta tahap perjalanan pembeli (dijelaskan di bawah).

Perjalanan Pembeli

Perjalanan Pembeli adalah proses penelitian yang dilalui calon pembeli yang mengarah ke pembelian produk anda. Hal tersebut dapat dibagi menjadi tiga tahap yang berbeda: tahap kesadaran, tahap pertimbangan, dan tahap keputusan. Berbagai jenis konten harus dibuat untuk setiap tahap tertentu dari perjalanan untuk membantu orang berpindah dari satu tahap ke tahap lainnya. Rincian masing-masing dipecah di bawah ini:

  • Tahap Kesadaran: Seorang pengunjung dalam tahap kesadaran telah mengungkapkan gejala-gejala dari masalah atau peluang potensial tetapi tidak bisa menyebutkan apa masalahnya. Seseorang pada tahap ini sedang melakukan banyak penelitian untuk memahami gejala mereka dan menentukan apa yang menyebabkannya. Potongan konten untuk membuat dan menargetkan orang-orang di tahap ini termasuk e-book, buku putih, dan panduan.
  • Tahap Pertimbangan: Pada tahap pertimbangan, seorang prospek telah dengan jelas mendefinisikan masalah atau peluang mereka, dan sekarang mereka ingin memahami apa yang dapat mereka lakukan untuk menyelesaikannya. Jenis konten yang harus anda buat untuk orang-orang dalam tahap Perjalanan Pembeli ini termasuk kertas putih perbandingan, webinar, dan video.
  • Tahap Keputusan (juga dikenal sebagai Tahap Maksud): Pada tahap saluran ini, calon pelanggan mengetahui strategi dan pendekatan solusi mereka. Pada titik ini, mereka melakukan perbandingan vendor dan mencoba untuk mempersempit daftar vendor ke beberapa pilihan yang dipilih sebelum membuat pilihan terakhir mereka. Memberi mereka studi kasus, demo, dan informasi produk pada tahap ini akan menjadi keputusan yang bijaksana.

Membangun Landing Page Yang Hebat

Setelah anda memiliki penelitian latar belakang, saatnya untuk membuat halaman arahan. Namun, ada resep khusus yang harus anda ikuti untuk meningkatkan peluang konversi anda pada halaman arahan.

Praktik Landing Page Terbaik

  1. Buat Judul yang Menarik: Anda perlu mengembangkan judul yang akan menarik perhatian pengunjung segera dan membuat mereka ingin membaca. Ini adalah hal pertama yang akan mereka lihat ketika mereka sampai di halaman landing anda, dan pastinya anda tidak ingin itu menjadi yang terakhir.
  2. Menyampaikan Nilai Penawaran Anda secara Efisien: Menyampaikan nilai penawaran secara ringkas dan efektif sangat penting untuk pengembangan landing page anda. Pernah dengar tes blink? Tes blink pada dasarnya menyatakan bahwa anda perlu menyampaikan pesan dan nilai anda sebelum pengunjung anda memiliki waktu untuk berkedip, yang berarti anda memiliki waktu sekitar  3-5 detik. Jika anda tidak berhasil melakukannya, Anda berisiko kehilangan konversi itu; biasanya hanya diperlukan satu "kedipan" saja bagi seseorang untuk memutuskan apakah mereka ingin tetap berada di halaman arahan anda atau tidak. 
  3. Sertakan Poin Bullet: Untuk alasan apa pun, kita manusia suka mencampuradukkan banyak hal, dan kita cenderung memiliki rentang perhatian pendek untuk hal-hal lain seperti halaman landing. Agar pembaca tetap terlibat, hindari menulis paragraf panjang di halaman arahan anda. Alih-alih panjang, tulis ringkasan penawaran secara singkat, dan di bawah ringkasan tersebut, tuliskan poin-poin singkat tentang apa yang bisa dibaca oleh pengunjung dengan mengunduh materi misalnya. Menyajikan informasi ini sebagai poin-poin penting akan membuat pembaca tetap terlibat sementara juga memberi mereka pratinjau tentang apa yang akan terjadi, yang dapat membujuk mereka untuk melakukan konversi.
  4. Bangun Formulir: Saat anda membuat formulir untuk halaman arahan anda, perhatikan jumlah bidang formulir yang anda sertakan. Jumlah bidang formulir yang anda miliki harus berkorelasi dengan tahap Perjalanan Pembeli. Biasanya, untuk bagian kesadaran, anda sebaiknya menjaga formulir tetap singkat dan mendapatkan informasi dasar seperti nama dan alamat email. Semakin jauh menyalurkan konten anda, semakin banyak bidang yang harus anda pertimbangkan untuk ditambahkan karena prospek semakin dekat dengan pembelian. Begitu mereka berada pada tahap keputusan, maka anda akan ingin mendapatkan lebih banyak informasi dari mereka untuk membantu tenaga penjualan memahami kontak dengan lebih baik sehingga mereka lebih mampu untuk melakukan penjualan.
  5. Hapus Navigasi Situs: Saat membangun halaman arahan anda, penting untuk menghapus setiap kesempatan bagi pengunjung anda untuk meninggalkan halaman landing anda. Dengan menghapus navigasi situs dari halaman arahan, anda memungkinkan pengunjung untuk hanya fokus pada konten yang ada, daripada terganggu oleh tautan menarik lainnya di situs anda.
  6. Sisipkan Gambar: Siapa yang tidak suka gambar yang bagus? Pastikan untuk memasukkan gambar yang relevan dan menarik pada halaman landing anda untuk menarik pengunjung. Orang-orang lebih cenderung tetap berada pada halaman jika ada gambar yang menawan.
  7. Tambahkan Ikon Berbagi Sosial: Meskipun anda harus menghapus semua navigasi dari halaman arahan, penting untuk menyertakan ikon berbagi sosial sehingga orang-orang dapat berbagi halaman landing page dengan orang lain di platform sosial mereka. Ketika anda melakukan ini, bagaimanapun juga, pastikan bahwa ketika anda mengklik ikon itu terbuka di tab atau jendela baru. Anda pastinya tidak ingin mengalihkan orang dari halaman landing anda, tetapi anda ingin memberi mereka opsi yang jelas untuk mempromosikannya.
  8. Berikan Testimoni Saat Relevan: Saat ini, orang selalu melihat ulasan produk dan layanan sebelum melakukan pembelian, dan ini juga berlaku untuk halaman arahan. Tapi jangan sertakan testimonial yang hanya secara samar-samar. Pastikan itu berkorelasi langsung dengan apa yang anda promosikan. Jika tidak, sebaiknya tinggalkan saja. Saran yang sama berlaku untuk menempatkan penghargaan di halaman anda.
  9. Pastikan Instruksi Anda pada Langkah Berikutnya Jelas: Formulir pada halaman arahan biasanya menyiratkan bahwa anda harus mengisinya, tetapi pastikan untuk menyertakan salinan yang menyarankan ini pada halaman arahan anda juga (biasanya di dekat akhir salinan anda). Ini bisa menjadi sesuatu yang sederhana seperti, "Untuk mengakses e-book, silakan isi formulir di sebelah kanan." Ini cukup sederhana, tetapi memberi pengunjung anda petunjuk yang jelas tentang langkah-langkah selanjutnya, yang akan membuat mereka lebih mungkin untuk melakukan konversi.


Petunjuk Bermanfaat Lainnya

Berikut adalah beberapa petunjuk untuk dipertimbangkan yang dapat membuat perbedaan besar pada landing page anda:

  • Proofread: Anda harus terlihat kredibel ketika seseorang mengunjungi halaman landing anda. Jika anda mencampur adukkan konten di sana atau dengan gaya bahasa penulisan yang jelek, maka itu terlihat ceroboh dan dapat menghalangi orang untuk melakukan konversi. Periksa ulang semuanya di halaman arahan anda. Dan jika anda tahu bahwa anda buruk dalam menulis, mengedit, maka mintalah orang lain untuk melakukannya. Ini penting!
  • Ringkaskan: Meskipun ini bukan aturan baku, semakin panjang salinan anda pada halaman landing, semakin kecil pula kemungkinan anda akan dapat menarik perhatian seseorang. Usahakan untuk selalu ringkas pada pesan yang anda tulis.
  • Uji Halaman Pendaratan Anda: Setelah anda mengembangkan proses CTA yang menautkan ke halaman landing anda dan halaman terima kasih yang dialihkan ke halaman arahan, uji seluruh proses yang ada. Klik CTA, isi formulir, dan unduh penawaran di halaman terima kasih. Pastikan semua langkah sudah ada dari sudut pandang pengguna, dan konfirmasikan info kontak anda telah disimpan dalam database untuk memastikan semuanya berfungsi dari perspektif di belakang layar.


Kiat Promosi Landing Page

Pekerjaan anda belum selesai setelah halaman arahan selesai. Sebenarnya, ini baru saja dimulai. Anda perlu membuat orang melihat halaman landing anda, jika tidak, apa guna membuatnya? Berikut ini adalah rekomendasi teratas untuk mempromosikan halaman arahan anda.

  1. CTA: Seperti disebutkan sebelumnya, CTA adalah cara yang bagus untuk mempromosikan konten halaman arahan anda. Ingat, CTA perlu beresonansi dengan konten yang dihidupkan dan dengan halaman arahan. Semakin kohesif aset-aset ini, semakin besar kemungkinan orang untuk bisa dikonversi. Letakkan CTA di halaman situs dengan banyak kunjungan yang relevan dengan penawaran dan di posting blog yang mendukung penawaran.
  2. Email: Email adalah cara terbaik untuk mempromosikan halaman arahan anda. Kirim email promo ke daftar yang ditargetkan di seluruh database email. Semakin tertarget daftar dalam kaitannya dengan halaman landing anda, semakin tinggi pula kemungkinan orang akan melakukan konversi. Jangan merasa seperti anda perlu memulai semuanya dengan ini, ada banyak konten halaman landing yang dapat diubah menjadi email.
  3. Media Sosial: Seperti yang mungkin anda sadari, sosial media adalah alat yang hebat untuk menyebarkan berita tentang konten anda. Namun, ada kata bijak: Jangan melakukan promosi di setiap platform meski hal itulah yang anda pikir harus anda lakukan. Pilih beberapa platform di mana anda tahu kepribadian anda dan promosikan dengan giat di platform tersebut. Jangan promosikan di halaman Facebook hanya karena semua orang melakukannya, pikirkan lagi apakah anda adalah pengguna Facebook yang aktif. Jika tidak, maka anda mungkin harus mencari di tempat lain.


Menganalisis Hasil Landing Page

Setelah kampanye anda berjalan dan trafik diarahkan ke halaman landing, penting untuk tidak hanya duduk, bersantai, dan menikmati pertunjukan yang ada seolah-olah anda adalah Bill Gates yang kaya raya. Sering-seringlah mengecek hasil halaman arahan anda, tetapi tidak juga harus berlebihan. Anda perhatikan tren dan peristiwa penting yang terjadi selama periode waktu dari trafik dan konversi sehari-hari, ini dapat sangat bervariasi dan tidak memberi anda banyak data yang dapat digunakan dan dapat ditindaklanjuti.

Berikut hal-hal lain yang perlu diingat ketika menganalisis halaman arahan anda.

  • Tanyakan kepada diri sendiri, "Apakah tawaran saya terus berkinerja baik dari bulan ke bulan?" Jika tidak, apa yang harus dirubah?
  • Jika anda memiliki banyak tawaran berbeda dengan landing page, bandingkan satu sama lain dan lihat apakah anda dapat mengetahui pola mengapa beberapanya berkinerja lebih baik dari yang lain.
  • Jika anda memiliki satu halaman arahan yang berkinerja sangat baik, promosikan kembali konten itu dan lihat apakah anda dapat memperoleh peningkatan kontak dari itu.
  • Ketika anda membuat perubahan pada halaman arahan anda (misalnya, menyalin, gambar, bidang formulir), pastikan untuk mengubah satu hal sekaligus dan menguji untuk sementara waktu. Dengan begitu anda dapat mengidentifikasi apa yang secara spesifik memengaruhi kinerja dan mengatasinya. Jika anda mengubah banyak hal sekaligus, dan anda tidak akan tahu perubahan apa yang mempengaruhi landing page dan tidak akan dapat menerapkan pengetahuan itu di waktu mendatang.


Jasa Pembuatan Landing Page

Setelah anda memahami dari pentingnya sebuah halaman landing page maka sebagai seorang pebisnis anda tentunya memiliki hasrat untuk segera meluncurkan halaman arahan dalam waktu dekat untuk mendukung kinerja pemasaran anda. Namun anda mungkin memiliki kendala dari segi waktu, pengetahuan dasar membuat website, desain hingga faktor-faktor lain yang tidak disebutkan.

Nah dalam artikel kali ini, Emosianisme membuka jasa pembuatan halaman landing page khususnya untuk anda yang ingin memiliki website landing page dengan hasil yang akurat, cepat dan berstandar halaman arahan yang baik dan benar. Kami bekerja secara professional dan berusaha memberikan yang terbaik untuk anda, tentunya dengan harga yang tidak menguras kantong anda. Jika anda tertarik anda bisa menghubungi kami di laman kontak atau:

Email: ahmadraju@gmail.com
WhatsApp: 081362528464


Sekian, terimakasih dan Wassalamualaikum.
Komentar

Jika anda menemukan postingan ini menarik atau anda menemukan link error harap berikan komentar anda di bawah ini. Terimakasih.
EmoticonEmoticon

Notifikasi
Jangan lupa untuk berlangganan untuk mendapatkan update terbaru.
Tutup