10 Alasan Mengapa Kamera Mirrorless Lebih Baik Dari Kamera Smartphone -->

Advertisement

10 Alasan Mengapa Kamera Mirrorless Lebih Baik Dari Kamera Smartphone

Rumput & Kerikil
Sabtu, 06 Juni 2020

10 Alasan Mengapa Kamera Mirrorless Lebih Baik Dari Kamera Smartphone

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Smartphone telah menempatkan kamera ke tangan jutaan orang. Walaupun smartphone menjadikan fotografi menjadi lebih mudah untuk diakses, namun smartphone tidak dapat bersaing dengan kamera yang di ciptakan khusus untuk fotografi, terutama ketika menyangkut pemotretan dalam kondisi yang kurang ideal. Dan ini adalah 10 manfaat utama dari kamera mirrorless di bandingkan dengan smartphone.

1. Kamera Mirrorless memiliki ukuran sensor yang lebih besar

Perbedaan utama antara kamera digital dan kamera ponsel adalah kualitas gambar. Kamera mirrorless memiliki kualitas gambar yang superior, dan itu berkat ukuran sensornya. Kamera high-end mirrorless memiliki sensor gambar yang luar biasa yang dapat menangkap setiap detail kecil dalam sebuah adegan, dan dapat menyorot bayangan. Sensor pada smartphone begitu kecil ukurannya, yang tentunya membuat lebih sulit untuk memotret dalam cahaya redup dan memperbesar tampilan tanpa mengorbankan kualitas. Plus, silau dari layar dapat membuatnya sulit untuk memotret di bawah sinar matahari yang cerah. Smartphone saat ini memang banyak dirancang dengan ukuran megapiksel sebanyak yang bisa dijejali oleh pabrikan, tetapi smartphone tidak bisa sebaik Kamera Mirrorless dengan sensor yang lebih besar.     

2. Kamera Mirrorless tampil lebih baik dalam cahaya rendah

Dengan pencahayaan yang tepat anda dapat mengambil foto yang luar biasa. Sementara smrtphone anda meungkin berfungsi dengan baik di luar ruangan, tetapi anda mungkin akan melihat butiran blur di foto anda saat anda memotret di dalam ruangan atau setelah matahari terbenam. Di sisi lain, Kamera Mirrorless dapat beradaptasi dengan semua kondisi pencahayaan, termasuk cahaya rendah. Seiring dengan ukuran sensor yang lebih besar, sebagian besarnya memiliki stabilisasi gambar yang di tanamkan ke dalam bodi atau lensa, yang membuat gambar menjadi lebih stabil dan mengurangi efek guncangan kamera dalam cahaya rendah. Karena penstabil ini berada pada sisi yang lebih besar, produsen telepon malah menginstal penstabil digital elektronik yang hasilnya tidak sebaik stabilizer hardware. OIS juga memastikan foto anda menjadi mulus dan bebas blur, bahkan jika anda memotret subjek yang bergerak cepat. 

3. Kamera Mirrorless memiliki lensa zoom optik

Smartphone umumnya tidak memiliki lensa zoom optik. Meskipun anda dapat memperbesar subjek dengan menekan layar dan merentangkan jari-jari anda, ini hanya pembesaran digital yang secara drastis dapat mengurangi kualitas gambar karena hanya memperbesar piksel, dan gambar sering berakhir dengan buram. Karena itu, jika anda berharap dapat menangkap detail yang lebih kecil, seperti ekspresi wajah, anda hanya dapat menggunakan smartphone untuk mengambil subjek yang jaraknya kurang dari 10 meter. Jika tidak, maka anda harus bergerak secara fisik. Kamera mirrorless memiliki lensa zoom optik. Ini berarti lensa yang benar-benar menyesuaikan untuk memperbesar gambar, dibandingkan dengan anda melakukannya secara digital. Hasil dari lensa zoom adalah gambar yang jauh lebih jelas, lebih tajam.

4. Kamera Mirrorless memiliki rentang zoom yang lebih besar

Jika anda berencana mengambil foto manusia atau subjek jarak dekat, anda dapat membeli Kamera Mirrorless dengan rentang zoom yang diperluas. Model-model seperti ini sedikit lebih berat, tetapi menawarkan optical zoom setinggi 30x atau lebih. Ini memberi anda sejumlah besar kontrol kreatif dalam menyusun dan menangkap adegan dan subjek yang jauh. Jika anda lebih suka kamera portabel, ringan, kamera mirrorless yang lebih kecil mampu melakukan zoom 3x hingga 10x yang tentunya masih jauh lebih baik ketimbang smartphone. 

5. Kamera Mirrorless memiliki lensa yang dapat di ganti

Pada Kamera Mirrorless, anda dapat mengganti lensa sesuai situasi yang berbeda. Yang membuat frustrasi pada kamera ponsel adalah, banyak smartphone memiliki lensa fokus tetap, yang berarti hanya terbatas pada sudut lebar sekitar 25mm. Saat anda memotret dengan sudut lebar all time, maka beberapa foto dapat terlihat tidak proporsional. Meskipun ada kit lensa yang dapat anda beli untuk ponsel anda, namun tidak ada yang mengalahkan kemampuan untuk mengubah lensa dan memilih focal length terbaik. Pada Kamera Mirrorless anda mungkin memilih lensa sudut lebar untuk membidik adegan dan memotret lanskap atau foto grup, dan kemudian menggunakan lensa makro untuk mengambil detail yang lebih kecil. Kamera Mirrorless memberi anda fleksibilitas dan kemampuan untuk mengontrol perspektif foto anda.

6. Kamera Mirrorless memiliki shutter Lag yang lebih sedikit

Anda mengeluarkan ponsel untuk mengabadikan momen kenangan anak-anak atau hewan peliharaan anda, dan ketika anda menggulir foto-foto itu, anda mlihat beberapa foto yang sedikit blur atau kabur. Ini adalah masalah umum pada kamera smartphone. Meskipun memiliki kekuatan pemrosesan yang luar biasa, tetapi smartphone masih berjuang dengan autofocus. Bergantung pada pencahayaan dan ponsel yang anda miliki, jeda rana dapat berkisar dari setengah detik hingga satu detik yang cukup lama untuk melewatkan adegan singkat nan cepat tersebut. Kamera mirrorless digital memiliki sensor pendeteksi fase dan kontras, dan menggunakan keduanya untuk memperbaiki fokus otomatis dan menangkap gerakan yang lebih baik. Kamera Mirrorless dapat dengan cepat menembakkan beberapa pemotretan, memberiaAnda banyak gambar tajam untuk dipilih. 

7. Kamera Mirrorless memiliki daya tahan baterai lebih lama

Dengan berjalannya aplikasi, panggilan, dan pesan, smartphone cenderung kehabisan daya pada akhir hari. Saat anda menggunakan fungsi kamera dan video, anda akan menghabiskan daya baterai dengan sangat cepat. Jika anda bepergian atau berjalan-jalan dan mengandalkan kamera, baterai yang mudah habis tidak hanya mengganggu, tetapi juga tidak nyaman. Baterai dalam kamera mirrorless dirancang untuk bertahan lebih lama, dan beberapanya bahkan bisa bertahan dua minggu tanpa perlu pengisian ulang. Anda juga dapat mengemas baterai cadangan dan mematikannya sesuai kebutuhan, sehingga anda dapat terus memotret tanpa gangguan. Pada kasus yang logis, membawa kamera terpisah akan membebaskan ponsel anda untuk keperluan lainnya yang lebih penting, seperti komunikasi! 

8. Kamera Mirrorless lebih tahan lama

Banyak Kamera Mirrorless kelas atas yang tahan cuaca, jadi anda tidak perlu khawatir rusak. Beberapa kamera juga tahan air dan tahan guncangan serta dapat menangani gangguan apa pun yang terjadi, mulai dari terjatuh hingga mengambil gambar dalam hujan lebat. Karena itu, anda dapat membawanya ke tempat yang tidak dapat dilalui oleh ponsel anda. Jika anda ingin mencoba-coba fotografi bawah air, cari Kamera Mirrorless yang tahan air setidaknya di kedalaman 15 meter.

9. Kamera Mirrorless memiliki pengaturan kamera yang canggih

Pada dasarnya, smartphone adalah kamera point and shoot. Anda dapat mengubah pencahayaan dan ISO, tapi hanya disitu saja. Sementara kamera mirrorless dimuat dengan pengaturan canggih, dan banyak fitur yang ditawarkan pada mode manual. Dengan mengontrol pengaturan, anda dapat berkreasi dengan hal-hal lainnya seperti kecepatan rana, apertur dan keseimbangan putih, dan berakhir dengan foto yang lebih artistik. Mode manual juga berguna jika anda melakukan aksi tertentu, pengambilan gambar malam atau jarak jauh. Dengan cara ini, Kamera Mirrorless memberi anda lebih banyak ruang untuk tumbuh dan bereksperimen, dan itu membuat anda menjadi fotografer yang lebih baik dalam jangka panjang.

10. Kamera Mirrorless memiliki aperture yang lebih besar

Smartphone semakin langsing dan lebih ramping. Efeknya pabrikan memaksa membuat kamera yang cukup kecil untuk masuk ke dalam bodi smartphone, pabrikan mengganti rana mekanik dengan rana elektronik, dan membiarkan lensa terbuka sepanjang waktu. Sebagai pengguna kamera smartphone, anda tidak dapat mengontrol apertur. Ini membatasi kemampuan kamera, terutama ketika anda ingin menangkap gerakan (seperti air) atau memotret eksposur lama. Kamera mirrorless memiliki lubang yang lebih besar, sehingga anda dapat mengubah ukuran lensa dan memutuskan berapa banyak cahaya yang masuk. Dikombinasikan dengan sensor yang lebih besar, ini berarti kamera mirrorless lebih baik untuk memotret dalam cahaya rendah dan kedalaman bidang yang lebih dangkal. Jadi, jika anda ingin mengambil foto yang menarik dengan latar depan yang tajam, Kamera Mirrorless jawabannya.

Teknologi smartphone saat ini memang sangat mengesankan. Tetapi dengan pengaturan cerdas dan kualitas gambar yang superior, kamera mirrorless memiliki semua fitur yang anda butuhkan untuk mengambil foto anda ke level fotografi berikutnya. Kamera Mirrorless juga cukup murah dan tersedia di banyak toko kamera. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat dan Wassalamualaikum.