Tips Fotografi Taman Oleh Fotografer Professional -->

Advertisement

Tips Fotografi Taman Oleh Fotografer Professional

Rumput & Kerikil
Jumat, 21 Februari 2020

Tips Fotografi Taman Oleh Fotografer Professional

Halo sahabat emosianisme,.. Assalamualaikum. Dalam postingan kali ini saya akan membagikan beberapa Tips Fotografi Taman dari seorang fotografer professional Claire Takacs tentang cara mendapatkan gambar yang menakjubkan dari taman anda. Yuk langsung saja kita jelajah hal apa saja yang diperlukan untuk sebuah fotografi taman 🙂

Fotografi Taman Menurut Claire Takacs


Saya melihat taman sebagai karya seni dan percaya akan pentingnya taman yang terus meningkat dalam kehidupan kita sehari-hari. Saya suka menangkap keindahan dan esensi taman dan lanskap di seluruh dunia, terutama saat bekerja dengan cahaya. Karya saya dipublikasikan secara luas di majalah-majalah internasional, termasuk Gardens Illustrated, Desain Taman, Rumah & Taman, Gaya Country dan Morning Calm. Saya juga memenangkan Penghargaan Fotografer Taman Internasional Tahun Ini pada tahun 2008. Berikut hal-hal yang anda harus pertimbangkan dalam mengambil sebuah foto taman terbaik.

fotografi taman
Kredit: Claire Takacs

1. Arahkan pandangan mata

Bingkai gambar dalam pandangan mata anda sehingga jalur yang ada di taman mengarah dan mengundang mata pemirsa untuk masuk ke dalam gambar bisa sangat kuat. Ini dapat membantu pemirsa membayangkan diri mereka berada di sana lebih jelas dan menuntun mereka melalui adegan taman yang ada.

2. Menembak cahaya

Ini tip teratas saya! Tehnik ini benar-benar akan menciptakan cahaya yang paling menarik. Saya lebih suka menghindari lampu flash, karena dapat mendistorsi warna. Sebaliknya, posisikan diri anda dan bingkai imajiner gambar dengan sesuatu yang menghalangi sinar matahari langsung pada lensa, seperti pohon atau rumah.

3. Gunakan tangga

Bawalah tangga anda sendiri atau tanyakan kepada pemilik taman apakah anda dapat meminjamnya. Saya menemukan benda ini sangat berguna baru-baru ini, terutama dengan kebun di akhir musim dengan jenis tanaman yang tinggi. Pada gambar kanan bawah, saya tidak akan bisa menunjukkan kebun dan rumah tanpa mendapatkan ketinggian ekstra dari berdiri di atas tangga.

4. Ambil foto saat matahari terbit dan terbenam

Akan sangat membantu untuk setidaknya dengan dua upaya memotret taman, yakni saat matahari terbenam dan matahari terbit, sehingga anda dapat mengenalnya kepribadian taman lebih dekat. Memotret pada waktu-waktu ini akan memungkinkan anda menangkap kedua arah cahaya. Beberapa bagian malah akan menjadi bidikan terbaik dengan cahaya senja, sementara yang lain mendapat manfaat dari cahaya pagi.

fotografi taman
Kredit: Claire Takacs

5. Buat gambar berlapis

Bidik seolah-olah anda sedang memotret pemandangan. Miliki latar depan, latar belakang, dan latar belakang yang menarik dan edit / potong gambar anda dengan teliti, sehingga semua bagiannya memiliki tujuan dan terasa seimbang. Cobalah untuk membuat gambar yang menjaga mata anda dalam bingkai dengan mengarahkan pemirsa ke tempat yang anda inginkan.

6. Luangkan waktu dengan pemilik / desainer

Sangat penting untuk merasakan taman yang indah. Cari tahu tanaman spesial apa yang akan berbunga pada saat pemotretan anda. Tanyakan kepada pemilik / perancang apa yang ingin mereka capai, sudut pandang / sudut yang mereka sukai atau fitur desain favorit atau khusus mereka. Ini benar-benar akan menambah warna pada fotografi anda jika anda melakukan ini, dan membuat seluruh pengalaman akan terasa lebih menyenangkan dan lebih kaya daripada hanya sekedar mengambil gambar.

7. Hapus elemen yang mengganggu

Hindari menangkap elemen yang mengganggu saat memotret, lebih baik potong bagian yang mengganggu nanti saat mengedit sebagai upaya terakhir. Ini bisa berupa selang taman, dedaunan yang mengganggu, kabel listrik, dan sebagainya. Kerjakan gambar-gambar anda dan perhatikan lagi dalam beberapa hari, dengan cara ini apa pun yang mengganggu harus anda hindari. Anda ingin pemirsa foto anda melihat keseluruhan gambar dan bukan elemen yang mengganggu itu.

fotografi taman
Kredit: Claire Takacs

8. Pertimbangkan Momen Waktu Terbaik

Jika memungkinkan, lakukan kunjungan awal ke taman dan bicarakan dengan pemilik / desainer tentang momen puncak di taman tersebut, kemudian rencanakan pemotretan anda di sekitar waktu-waktu ini. Sebagai contoh, menunggu kondisi cuaca terbaik atau musim terbaik di mana bunga-bunga secara dominan akan mekar.

9. Tautkan taman ke lanskap yang jauh

Berikan juga foto taman dengan menunjukkan konteksnya di lanskap yang lebih luas. Sangat berharga untuk melihat bagaimana sebuah taman ditempatkan dan terhubung ke lingkungan sekitarnya. Coba lakukan ini ketika cahaya berada pada kondisi terbaiknya, yaitu dekat dengan matahari terbit dan terbenam. Ini adalah saat anda dapat mengambil bidikan lanskap yang lebih luas, karena cahayanya masih lembut dan tidak terlalu kontras.

fotografi taman
Kredit: Claire Takacs

10. Gunakan reflektor

Saat memotret ke sinar matahari langsung dan anda tidak dapat menghalangi sinar tajam yang mengenai kamera anda, tergantung pada sudutnya, maka akan lebih baik gunakan tutup hitam reflektor untuk mencegah cahaya keras mengenai lensa anda, pastikan cahaya tidak merusak foto anda.

Demikian beberapa tips terbaik tentang Tips Fotografi Taman dari Claire Takacs, ia adalah fotografer pemenang penghargaan dari Australia yang suka menangkap keindahan dan esensi taman di seluruh dunia. Karyanya dipublikasikan secara luas di majalah internasional. Anda bisa melihat lebih lanjut di situs resminya di: www.takacsphoto.com. Claire merilis buku pertamanya, Dreamscapes, yang diterbitkan oleh Hardie Grant, pada Oktober 2017.