Panduan Cara Menanam Blackberry di Kebun Anda -->

Advertisement

Panduan Cara Menanam Blackberry di Kebun Anda

Steve Mccarthy
Sabtu, 22 Februari 2020

Panduan Cara Menanam Blackberry di Kebun Anda

Halo sahabat emosi muda,.. Assalamualaikum. Blackberry, seperti raspberry, adalah jenis tumbuhan buah yang sangat mudah tumbuh. Saat buah beri matang, bersiaplah untuk panen berlimpah, anda akan memetik setiap beberapa hari sekali! Inilah cara menanam dan memanen blackberry di kebun halaman belakang anda.

Pada dasarnya, ada tiga jenis blackberry:

1. Blackberry berduri tegak

2. Blackberry tak berduri tegak

3. Trailing Blackberry tak berduri

Blackberry yang tegak adalah semak-semak yang menopang diri mereka sendiri. Blackberry trailing memiliki dahan panjang yang harus ditopang untuk mendapatkan dukungan agar tidak roboh.

Semua jenis blackberry adalah tanaman keras, akar akan terus tumbuh dari tahun ke tahun. Namun, bagian atas tanaman di atas tanah adalah apa yang kita sebut dua tahunan. Ini berarti bahwa dahan tumbuh secara vegetatif selama setahun, berbuah pada tahun berikutnya, dan kemudian mati. Namun, setiap tahun tumbuhan ini mengirimkan dahan baru untuk menggantikan yang mati! Untuk panen buah yang bagus dan untuk menghindari tanaman yang berantakan, maka pemangkasan adalah hal penting.

Panduan Cara Menanam Blackberry di Kebun Anda

MENANAM BLACKBERRY

  1. Blackberry mudah tumbuh subur, jadi menanam terlalu banyak tanaman jarak rapat tidak diperlukan.
  2. Pilih lokasi yang menerima sinar matahari penuh untuk hasil berry terbaik.
  3. Tanah harus subur dengan drainase yang baik. Tambahkan konten organik untuk meningkatkan kualitas tanah anda.
  4. Pastikan anda menanam blackberry di lokasi yang jauh dari blackberry liar yang mengandung virus.
  5. Untuk kultivar semi-tegak, ruang tanaman terpisah 5 hingga 6 kaki. Ruang tegak kultivar 3 kaki terpisah. Jarak varietas trailing terpisah 5 hingga 8 kaki. Baris ruang terpisah sekitar 8 kaki.
  6. Tanam dengan dangkal: sekitar satu inci lebih dalam dari yang ditanam di pembibitan.


MERAWAT TANAMAN BLACKBERRY


  1. Mulsa sangat penting sepanjang musim untuk menghemat kelembaban dan mencegah gulma. Jaga lapisan tebal mulsa di sekitar tanaman anda setiap saat.
  2. Blackberry membutuhkan banyak kelembaban, terutama saat tumbuh dan matang. Pastikan tanaman menerima satu inci air per minggu dan lebih banyak lagi pada suhu panas.
  3. Blackberry mendapat manfaat dari pemupukan di awal musim semi dengan pupuk serba guna dengan perbandingan 10-10-10, atau 16-16-8.


Penyokong Dahan Blackberry

Seperti disebutkan di atas, cabang blackberry membutuhkan dukungan trailing. Gunakan sistem dua kawat, jalankan kawat atas dengan tinggi lima hingga enam kaki dengan garis kedua 18 inci di bawah kawat atas atau anda bisa mengimprovisasi sendiri sesuai keadaan yang dibutuhkan. Setelah tahun pertama, akan ada floricanes berbuah di sepanjang kawat. Latih primocanes baru ke barisan sempit di bawah dahan buah. Mengarahkan semua dahan dalam satu arah mungkin membuatnya menjadi lebih sederhana.

kebun blackberry

Memangkas Dahan Blackberry

Saya memberikan informasi pemangkasan terperinci di bawah ini, tetapi jangan khawatir. Gagasan utamanya adalah memotong batang-batang tua yang sudah berbuah dan membiarkan yang baru akan menggantikannya.

– Jenis Trailing Blackberry: Setelah masa panen buah, dahan buah-buahan tua (floricanes) dibuang ke tanah. Namun, kecuali ada banyak penyakit, yang terbaik adalah menunda mengeluarkan dahan buah yang sudah tua sampai mereka mati dengan sendirinya. Ini memungkinkan dahan yang sekarat untuk memindahkan nutrisi kembali ke mahkota dan akar. Setelah dahan buah tua dihilangkan, latih posisi dahan di atas kawat. Dengan satu atau dua dahan sekaligus dalam bentuk spiral di sekitar kabel teralis. Dahan dari tanaman yang berdekatan mungkin sedikit tumpang tindih. Namun tidak diperlukan pemangkasan primocanes.

HINDARI BEKERJA DENGAN DAHAN DALAM CUACA DINGIN, KARENA LEBIH RENTAN PATAH.

– Jenis Blackberry Dahan Tegak. Jenis ini menghasilkan dahan yang kaku dan pendek yang berasal dari mahkota dan dari pengisapan akar. Blackberry tegak sebaiknya dipangkas pada musim panas. Lepaskan bagian atas hingga dua inci dari primocanes baru ketika tingginya sudah mencapai empat kaki. Ini menyebabkan dahan untuk bercabang, meningkatkan hasil tahun depan. Tanaman akan membutuhkan beberapa sesi pemangkasan untuk memberi tip pada setiap dahan karena telah mencapai ketinggian empat kaki.

Jika anda memiliki jenis blackberry berdahan tegak, potong semua dahan tepat di atas tanah di akhir musim dingin untuk mendapatkan buah terbaik. Di musim panas, ketika primocanes setinggi 3 ½ kaki, lepaskan bagian atas 6 inci. Primocanes akan bercabang, sehingga menghasilkan panen yang lebih besar di musim gugur.

– Jenis Blackberry Semi-tegak. Jenis ini akan lebih mudah untuk mengelola pada Double T Teralis. Pasang lengan lintas empat kaki di bagian atas tiang enam kaki. Pasang silang tiga kaki sekitar dua kaki di bawah garis atas. Tali kawat tarik tinggi ke bawah baris, menghubungkan ke lengan lintas.

Buah semi tegak perlu dipangkas di musim panas. Ketika primocanes tingginya lima kaki, lepaskan dua inci atas untuk mendorong percabangan. Beberapa sesi pemangkasan akan diperlukan saat tongkat mencapai ketinggian yang sesuai. Di musim dingin, lepaskan floricanes yang sudah mati (tongkat berbuah tua). Sebarkan primocanes (florican baru) di sepanjang terali. Tongkat tidak perlu dipersingkat. Namun, mereka bisa jika mereka sulit untuk dilatih.

HAMA / PENYAKIT TANAMAN BLACKBERRY

  • Raspberry Borers
  • Cacing Buah
  • Grey Mold (Kapang Kelabu)
  • Virus


Jika tanaman anda menderita penyakit blackberry yang dikenal sebagai virus Raspberry Bushy Dwarf, daunnya akan berwarna kuning cerah, dan daun tanaman merambat yang berbuah mungkin terlihat berkilau di musim panas. Penyakit yang dikenal sebagai Blackberry Calico akan menyebabkan bercak kuning samar pada daun tanaman.

PANEN / PENYIMPANAN BLACKBERRY

  1. Pilih hanya buah yang sepenuhnya hitam. Buah beri matang terlihat montok namun tegas, warna hitam pekat, dan mudah di petik. Berry yang belum matang tidak akan mudah copot dari tangkainya.
  2. Setelah blackberry mulai matang, sebaiknya harus sering dipetik, setiap beberapa hari.
  3. Saat memetik, biarkan tangkainya ada di buah (tidak seperti raspberry).
  4. Panen selama musim dingin. Setelah dipetik, letakkan buah beri di tempat teduh dan dinginkan secepat mungkin


Cara Menyimpan Buah Blackberry

  1. Blackberry sangat mudah rusak dan hanya akan bertahan beberapa hari setelah dipanen, bahkan dengan pendinginan.
  2. Meskipun buah segar selalu yang terbaik, blackberry dapat disimpan dengan pengalengan, pengawetan, atau pembekuan. Teknik yang digunakan untuk membekukan blueberry juga bisa digunakan pada blackberry.


VARIETAS BLACKBERRY YANG DIREKOMENDASIKAN

Berikut adalah beberapa varietas blackberry favorit, tetapi pastikan untuk bertanya tentang varietas yang sesuai dengan zona pertumbuhan di lingkungan anda.

  1. Tegak Berduri: ‘Navaho,’ ‘Arapaho’
  2. Erect Thorny: ‘Cherokee,’ ‘Brazos,’ ‘Shawnee,’ dan ‘Cheyenne’
  3. Semi-tegak Duri: ‘Black Satin’
  4. Trailing: Olallie


panen blackberry

Manfaat Buah Blackberry


Blackberry, raspberry, dan stroberi sangat tinggi asam ellagic, yang bertindak sebagaiantioksidan, membantu membuat bahan kimia yang berpotensi menyebabkan kanker menjadi tidak aktif. Asam ellagic mengurangi kerusakan genetik yang disebabkan oleh karsinogen seperti asap tembakau dan polusi udara. Blackberry juga mengandung antioksidan lain yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan menangkal penyakit kardiovaskular. Sekian, terimakasih, selamat berkebun Blackbeery dan Wassalamualaikum.