Cara Menurunkan pH Tanah - Emosianisme
Update
Loading...

Kamis, 20 Februari 2020

Cara Menurunkan pH Tanah

Cara Menurunkan pH Tanah

Halo sahabat emosi muda,.. Assalamualaikum. Ketika tanaman di kebun anda tampak berjuang keras untuk tumbuh dan hanya menghasilkan sedikit buah, dan tampak sakit, masalahnya mungkin ada pada tingkat pH tanah anda, bukan hama. Sementara sebagian besar tanaman sangat senang berada di tanah dengan pH netral, sementara yang lainnya membutuhkan tanah dengan pH rendah untuk berkembang. Di sini kita akan memeriksa bagaimana cara menurunkan pH tanah (membuat tanah kebun anda bersifat asam) untuk tanaman seperti blueberry, azalea, rhododendron, dan salam gunung.

Apa itu pH tanah?

Di dalam istilah kimia, pH berarti “potensial Hidrogen”. Ini adalah skala yang digunakan untuk menentukan tingkat alkalinitas relatif (kebasaan) atau keasaman zat terhadap zat lainnya, berdasarkan jumlah aktivitas ion hidrogen dalam zat yang diuji. Skala pH berkisar dari 0 hingga 14, dengan tingkat netral adalah 7. Ukuran di bawah 7 menunjukkan keasaman dan di atas 7 adalah alkalinitas.

Skala pH adalah logaritmik, yang berarti perubahan dalam 1 unit pH mencerminkan perubahan 10X dalam keasaman atau alkalinitas. Misalnya, pH tanah 6 adalah 10 kali lebih asam dari pH tanah 7, dan pH 5 adalah 100 kali lebih asam dari pH 7. Kisaran pH tanah optimal untuk sebagian besar tanaman adalah antara 6,0 dan 7,2, tetapi beberapa tumbuhan membutuhkan pH di luar kisaran ini.

Mengapa pH tanah penting

PH tanah mengontrol bentuk kimia dari nutrisi tanah dan mempengaruhi reaksi kimia yang tanaman alami. Reaksi kimia ini memengaruhi ketersediaan nutrisi atau toksisitas bagi tanaman. Inilah sebabnya mengapa beberapa spesies tidak akan bertahan dalam kisaran pH di luar zona nyaman mereka.

Dalam kasus blueberry, tanah yang terlalu basa akan menghambat kemampuan tanaman untuk menyerap cukup zat besi. Sementara zat besi ada di tanah mana pun, hanya di tanah yang asam ia tersedia bagi tanaman melalui reaksi kimia tertentu. Pengasaman tanah ke level 5 atau lebih rendah memungkinkan blueberry memanfaatkan zat besi dan zat gizi mikro lainnya secara efisien. Iron chlorosis adalah salah satu masalah yang paling umum terjadi pada blueberry yang berjuang di tanah yang basa, yakni daunnya menjadi kuning. Gejala-gejala ini sering dikacaukan dengan defisiensi nitrogen, tetapi mengasamkan tanah akan menyembuhkan gejalanya.

Tergantung pada varietasnya, blueberry akan berjuang untuk bertahan hidup di tanah alkali, dan stres ini dapat menghasilkan semak belukar yang terlihat hanya sedikit menghasilkan buah itupun jika ada, dan daunnya dapat berubah warna menjadi coklat. Tanaman itu tampaknya berpenyakit, tetapi itu mungkin saja merupakan masalah pH.

Tanaman strawberry
Strawberry mendapat manfaat dari sentuhan keasaman dalam tanah.

Cara mengasamkan tanah (Menurunkan pH)

Hydrangea adalah contoh bagus tanaman yang beradaptasi dengan pH, tanaman ini akan bertahan hidup di tanah antara pH 4,0 dan 7,5. Bunganya dapat berubah warna menjadi biru di pH rendah dan merah muda di pH netral ke tinggi.

Anda mungkin pernah melihat karung nutrisi tanah dan pupuk di pusat-pusat penjualan alat-alat perkebunan yang mengiklankan penggunaannya untuk “tanaman yang menyukai asam”: azalea, rhododendron, blueberry, hydrangea, dan spesies serupa. Produk ini biasanya berupa belerang, aluminium sulfat atau amonium sulfat. Belerang telah digunakan selama ribuan tahun di bidang pertanian untuk tujuan ini dan untuk mengendalikan penyakit tertentu. Ini akan menyesuaikan pH tanah selama beberapa bulan, bakteri tanah mengubah menjadi asam sulfat. Amonium sulfat atau aluminium sulfat digunakan untuk mengasamkan tanah dengan cepat dan umumnya digunakan dalam pertanian. Untuk kebun organik, sulfur bisa diterima tetapi amonium sulfat tidak. Aluminium sulfat dinilai “dapat diterima” untuk pertanian organik, tetapi banyak tukang kebun organik yang menghindarinya.

CATATAN: SAAT MENGGUNAKAN BELERANG, JANGAN MELEBIHI 2 POUND PER 100 KAKI PERSEGI PER APLIKASI. MENGGUNAKAN LEBIH DARI INI DAPAT MERUSAK TANAMAN. SEBELUM MEMBUAT APLIKASI KEDUA, TUNGGU SETIDAKNYA 3 BULAN DAN HANYA SETELAH MENGUJI PH TANAH TERLEBIH DAHULU.

Sphagnum peat moss bekerja sangat baik untuk menurunkan pH, tetapi perlu waktu 1 atau 2 musim untuk mencapainya. Gambut juga merupakan sumber bahan organik yang sangat baik dan membantu memecah tanah alkali. Gunakan 1-2 ″ lumut gambut dan masukkan ke lapisan tanah paling atas sebelum penanaman. Untuk lahan kebun yang sudah ada, gunakan lumut gambut sebagai mulsa tahunan di sekitar zona akar tanaman pencinta asam. Di kebun organik saya , saya menggunakan lumut gambut untuk mencapai pH yang lebih rendah, bersamaan dengan belerang untuk tanaman seperti blueberry.

Daun blueberry
Dedaunan blueberry mengalami stres, kemungkinan besar akibat dari tanah yang terlalu basa.

Uji tanah kebun Anda pH sebelumnya

Tanah di daerah anda akan cenderung berada dalam pH tertentu, tetapi begitu banyak faktor lokal berperan pada tanah kebun anda, sehingga anda tidak boleh berasumsi bahwa itu berasal dari alkalinitas tertentu atau tingkat keasaman belaka. Satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti adalah dengan mengujinya. Ini dapat dilakukan dengan tool kit pengujian pH tanah atau probe pH yang dapat anda beli secara online atau di pusat penjualan alat dan bahan perkebunan. Setelah anda mengetahui kadar pH tanah kebun anda, kemudian tambahkan bahan yang sesuai untuk mencapai target pH untuk tanaman anda.

CATATAN : JIKA PH TANAH KEBUN ANDA LEBIH TINGGI DARI 7,5, MUNGKIN KARENA MENGANDUNG BANYAK KALSIUM KARBONAT, INI SANGAT UMUM DI DAERAH DENGAN BANYAK BATU KAPUR. KALSIUM KARBONAT LUAR BIASA UNTUK MENAHAN UPAYA MENURUNKAN PH DAN MENGASAMKAN TANAH MUNGKIN AKAN SULIT DILAKUKAN. TETAPI BISA DILAKUKAN DENGAN MENAMBAHKAN TANAH LAINNYA DI LAPISAN ATAS.

Azalea
Azalea tumbuh subur di pH 4,5-5,5

Tanaman apa yang suka tanah asam?

Sebagian besar tanaman kebun baik dalam pH tanah di kisaran antara 6.0-7.0. Bagan di bawah ini menunjukkan seberapa rendah pH tanah anda mungkin perlu untuk sukses dengan tanaman tertentu yang lebih suka pH yang lebih rendah daripada netral. Tingkat pH optimal juga dapat bervariasi antara varietas spesies lainnya, seperti blueberry misalnya, beberapa varietas akan baik-baik saja di tanah netral, namun beberapanya benar-benar menuntut pH 4,0. Jika jenis tanaman anda menyukai asam terlihat sakit dan anda menduga itu disebabkan karena kadar pH tanah, silakan berkonsultasi dengan sumber ahli lokal untuk analisis menyeluruh yang lebih lengkap. Terimakasih telah membaca dan Wassalamualaikum.

List jenis tanaman dan tingkat keasaman tanah yang ideal


Komentar

Jika anda menemukan postingan ini menarik atau anda menemukan link error harap berikan komentar anda di bawah ini. Terimakasih.
EmoticonEmoticon

Notifikasi
Jangan lupa untuk berlangganan untuk mendapatkan update terbaru.
Tutup