Panduan Lengkap Cara Menanam & Memanen Mulberi - Emosianisme
Update
Loading...

Senin, 13 Januari 2020

Panduan Lengkap Cara Menanam & Memanen Mulberi

Panduan Lengkap Cara Menanam & Memanen Mulberi

Halo sahabat emosi muda,.. Assalamualaikum. Mulberi (Mulberry) atau Murbei atau disebut juga buah bebesaran adalah tanaman yang sering diremehkan. Murbei sangat mudah untuk tumbuh, dengan buah lezat yang rasanya enak. Jika anda berharap untuk menanam pohon buah ini ke kebun rumah anda, maka saya yakin anda harus membaca postingan ini.

Beberapa orang menghindari menanam mulberry karena mereka memiliki reputasi sebagai tanaman semak dan invasif. Dan alasan itu tidak sepenuhnya layak, karena ini semua tentang di mana anda menanam dan apa tujuan anda menanam. Jika anda mempertimbangkan untuk menanam mulberry, kami akan menunjukkan cara untuk membuatnya bekerja untuk ruang kebun anda. Baca terus tips kami tentang menanam mulberry untuk menemukan jenis pohon terbaik untuk halaman anda, tempat terbaik untuk menanamnya dan cara merawat mulberry milik anda.


Buah Murbei – Buah Mulberi

Buah pohon mulberry terlihat mirip dengan blackberry memanjang dan hadir dalam spesies dengan rasa manis dan asam. Tanaman ini cukup tangguh, petani bisa dengan cepat memanen dan menjadi produsen andal. Mulberry juga memiliki kualitas sebagai obat herbal, dan anda dapat menggunakan buah sebagai pewarna. Anda juga bisa menggunakan kayunya dalam pembuatan pagar dan furnitur.

Mulberi adalah bagian dari keluarga Moraceae, yang termasuk buah ara dan sukun. Di Amerika Utara, ada varietas asli dan Asia. Varietas merah asli ke Amerika Utara, dan ungu dan putih adalah asli Asia. Para pemukim membawa mulberry dari Cina pada 1621 dengan harapan memulai perdagangan sutra di Virginia. Industri itu tidak pernah lepas landas, tetapi pohon-pohon itu kemudian tumbuh bebas.

Ulat sutra memakan daun mulberry
Ulat sutra memakan daun mulberry

Varietas Mulberry terbaik

Mulberry hadir dalam berbagai warna, ada putih, merah, hitam atau ungu. Secara umum, mulberry hitam adalah yang paling beraroma, sedangkan varietas merah lebih keras dan dapat tumbuh di tempat teduh. Mulberry putih memiliki rasa yang lebih lembut dan sedikit pahit. Apa pun jenis yang anda putuskan untuk tumbuh, carilah varietas yang tidak invasif, seperti salah satu opsi di bawah ini.

1. Murbei Illinois Everbearing


Murbei Illinois Everbearing

Ini adalah varietas favorit saya. Buah hitam manis matang pada bulan Juli dan Agustus.

2. Murbei Oscar


Murbei Oscar

Oscar adalah varietas merah / ungu. Tanaman ini tidak sekuat Illinois namun bisa tumbuh subur. Oscar adalah jenis produktif, dan menjadi favorit untuk dijadikan selai karena berbuah lebih awal dan sehat.

3. Murbei California White


Murbei California White

Seperti namanya, ini adalah varietas putih manis yang didambakan oleh para koki. Para juru masak yang penuh harapan untuk nikmatnya hasil akhir dari sebuah masakan akan berbaris di pasar untuk mendapatkannya. Buahnya sedikit lebih kecil, seukuran raspberry hitam. Pohonnya lebih kecil dan tahan terhadap kekeringan dan tanah berpasir. Varietas ini tidak manja, jadi anda memiliki lebih banyak opsi untuk menanamnya.

4. Murbei Dwarf Black


Murbei Dwarf Black

Sangat mirip dengan Blackberry, Dwarf Black adalah pilihan cerdas jika anda memiliki ruang terbatas dan cocok di kebun rumah dengan pohon kerdil atau di dalam wadah. Pohon-pohon yang kuat ini tumbuh setinggi 8-10 kaki. Namun mereka tidak semanis beberapa varietas lainnya.

5. Murbei Weeping


Murbei Weeping

Jenis mulberi ini adalah tanaman lansekap yang menarik. Terkadang mungkin tidak menghasilkan buah. Untuk menambahkan murbei ini ke desain lansekap yang dapat dimakan, pastikan untuk mendapatkan jenis betina.

6. Murbei Beautiful Day


Murbei Beautiful Day

Beautiful Day adalah pohon besar yang tidak akan invasif dan mengambil alih halaman anda. Tumbuh dan sangat manis, berwarna putih, ukuran buah 1 inci. Variasi ini cukup indah jika ditanam di kebun rumah kecil milik anda.

Cara Menanam Murbei/Mulberry

Menumbuhkan mulberry tidak sulit, tetapi ada beberapa hal yang perlu anda ketahui untuk memulai menanam Murbei yakni:

1. Kapan Saat Menanam Mulberi
Mulberry dapat ditanam di musim semi atau musim gugur. Di nusantara pohon Murbei sering ditanam di ketinggian antara 900-2500 dpl. Murbei juga sangat populer di sumatera barat yang disebut sebagai buah andalas.

2. Dimana Tempat Menanam Mulberi
Bagian dari alasan mulberry mendapat reputasi buruk adalah karena seringkali orang menanamnya di tempat yang salah. Beberapa varietas menjatuhkan buah beri, dan akarnya dapat menyebar hingga 100 kaki atau lebih, jadi jangan meletakkannya di dekat trotoar, jalan masuk, irigasi, atau teras. Pohon-pohon ini dapat tumbuh cukup besar, beberapa varietas putih mencapai ketinggian 80 kaki, jadi sebaiknya rencanakan terlebih dahulu.

Cabang-cabangnya bisa rapuh dan jatuh bila tertiup angin kencang. Itu sebabnya cukup pintar menanam murbei di dekat kandang ternak. Ayam, dan kambing suka mengemil ranting dan buah beri yang jatuh.

3. Intensitas Matahari
Murbei lebih suka sinar matahari penuh, tetapi beberapa varietas juga tumbuh subur di tempat teduh.

4. Zona Tumbuh Murbei
Pohon murbei tumbuh di zona daerah ketinggian.

5. Jarak Spasi Mulberi
Ruang pohon murbei anda terpisah sebaiknya 20-25 kaki untuk pohon biasa atau 10 kaki untuk jenis murbei mini atau kurcaci.

6. Persyaratan Jenis Tanah
Mulberry menyukai tanah yang lembab, berdrainase baik dan lebih suka di antara pH antara 5,5 dan 6,5.

Menanam Mulberry

Tanam seperti yang anda lakukan pada pohon buah lainnya. Gali lubang besar setidaknya dua kali ukuran lebar akar dan berikan banyak kompos dan gambut yang dicampur dengan tanah.

Anda bisa menanam mulberry dalam pot jika anda kekurangan ruang kebun. Beli opsi tanaman kerdil dan pastikan untuk menggunakan wadah yang lapang.

Persiapan Menanam Murbei

Cara termudah untuk menanam mulberry adalah dengan membeli pohon muda. Mulberry dapat dibeli secara lokal, dari katalog pohon, atau toko tanaman online.

Pemotongan tanaman juga merupakan metode yang andal. Potong cabang 12 inci dengan setidaknya 3 tunas di awal musim panas. Tanam seluruh cabang sedalam 3 inci di tanah yang telah di gemburkan. Tetap jaga kelembaban selama sebulan penuh sampai terbentuk tunas. Transplantasi pucuk ini setelah tingginya mencapai 4 inci.

Terkadang anda bisa beruntung dengan menemukan bibit tumbuh di tanah di daerah liar. Burung akan memakan buah beri dan kemudian membuang benihnya di tanah, di mana mereka tumbuh menjadi pohon hanya menunggu untuk ditransplantasikan saja.

Anda dapat memperbanyak pohon ini dengan biji, tetapi akan membutuhkan tiga tahun ekstra sebelum menanam buahnya. Anda bisa mengumpulkan banyak buah beri dari teman atau pohon liar, rendam selama 24 jam. Ambil bijinya dan letakkan di kulkas selama 90 hari dalam kantong plastik dengan handuk kertas lembab. Anda juga dapat membeli benih melalui katalog penjualan tanaman yang bisa anda akses. Tanam benih di tanah pot setidaknya 4-inci terpisah. Perlu waktu 14 hari untuk bibit tersebut berkecambah.

Mencangkok mulberi bisa sedikit rumit. Pencangkokan kayu di musim semi adalah metode yang paling dapat diandalkan. Sistem cangkok murbei cukup sensitif terhadap dingin, sehingga mereka harus mengalami musim dingin beberapa tahun pertama di daerah yang tidak panas tetapi terlindungi seperti garasi atau ruang bawah tanah.

Cara Merawat Mulberry

Menanam mulberry di ladang

Menanam mulberry relatif tidak begitu sulit karena tidak perlu banyak perawatan. Tanaman ini akan diserbuki oleh angin, subur dengan sendirinya dan relatif tidak terganggu oleh hama. Mulberi dapat bertahan hidup cukup lama, hingga 100 tahun atau lebih.

Pemangkasan
Mulberry tidak membutuhkan banyak pemangkasan formal kecuali cabang-cabangnya tumbuh terlalu berdekatan. Pemangkasan paling baik dilakukan pada akhir musim dingin atau musim hujan deras. Saya mencoba memeriksa pohon-pohon saya setiap musim dingin, dan jika saya melihat cabang-cabang yang mati atau bengkok, saya akan memangkasnya. Jangan memangkas saat tanaman menghasilkan getah, ini dapat anda identifikasi dengan cairan getah yang keluar dari pohon.

Pemupukan
Jika anda memiliki tanah yang sehat, mulberry anda tidak akan membutuhkan banyak pupuk tambahan. Saya memberi pupuk di sekitar mulberry seperti pohon buah-buahan saya yang lain dengan kompos. Saya menyebarkan kompos setebal satu inci. Jangan tambahkan kompos atau pupuk setelah mendekati musim panas karena akan mendorong pertumbuhan berlebih.

Pengairan
Saat menanam mulberry, anda harus memastikan bahwa tanaman ini menerima air setara dengan satu inci air per-minggu. Begitu terbentuk, tanaman ini akan tahan terhadap kekeringan.

Kontrol
Salah satu tantangan terbesar dengan menanam mulberry adalah menjaga mereka tetap terkendali. Hindari menanam jenis invasif. Hati-hati dengan tunas yang muncul di dekat pangkal pohon dan tarik segera untuk mencegah penyebaran. Mulberry dilarang di beberapa tempat di negara luar karena jumlah serbuk sari yang mereka hasilkan.

Masalah Umum Menanam Mulberi

Mulberry tidak terlalu terganggu oleh hama dan penyakit. Setelah menanam mulberry domestik selama belasan tahun dan tidak pernah memiliki masalah bahkan ketika penyakit buah-buahan biasa muncul di kebun di sekitar mereka.

Kanker
Di beberapa daerah, mulberry rentan terhadap kanker. Kanker menyebabkan daun layu, kulit terkelupas, dan banyak spora hitam pada kulit dan cabang. Anda dapat menyelesaikan ini dengan memotong cabang yang terkena dampak.

Jamur tepung
Tanaman ini juga bisa terkena jamur embun tepung (Powdery mildew), meskipun itu tidak umum. Obati jamur dengan semprotan berbasis hidrogen peroksida jika anda melihat jamur ini terbentuk.

Hewan Pengganggu
Mulberry adalah makanan populer satwa liar. Selain tupai dan hewan peliharaan, kambing juga suka buah dan daunnya. Burung penyanyi menikmati buah beri dan ayam-ayam juga melahap buah yang jatuh.

Mungkin anda bisa memilih untuk membagikan mulberry anda kepada hewan liar terutama burung, tetapi jika burung menjadi masalah, maka anda mungkin sebaiknya menutupi pohon anda dengan penutup baris seperti yang anda lakukan pada pohon ceri anda. Anda dapat memagari pohon untuk mencegah rusa atau kambing.

Tanaman Pendamping Terbaik untuk Mulberry

Mulberi adalah tanaman pendamping yang ideal di kebun sebagai tanaman “pengalih”. Burung akan lebih sering memilih mulberry daripada buah pohon lain seperti ceri. Ketahui bahwa mulberry adalah tanaman yang luar biasa, dan sejujurnya mereka lebih produktif daripada pohon ceri.

Tanaman pendamping baik lainnya termasuk:

  1. -Chives
  2. -Marigold
  3. -Bawang putih
  4. -Salep lemon
  5. -Nasturtium


Jangan menanam tanaman apa pun dengan murbei yang lebih membutuhkan sinar matahari. Karena Murbei akan terus tumbuh karena pohon itu semakin tinggi sehingga tanaman lain bisa kekurangan sinar matahari.

Cara Memanen Mulberry

Buah murbei siap panen

Tanaman mulai berproduksi dalam satu atau dua tahun jika anda mencangkok pohon atau stek muda. Kalau tidak, mereka berproduksi dalam 5 tahun. Tergantung pada varietasnya, buah-buahan matang di akhir musim semi hingga akhir musim panas.

Hasil umum dari pohon adalah 15-25 pon buah. Seperti halnya buah beri jenis apa pun, mulberry sangat segar. Anak-anak dan para tamu akan selalu senang memetik, menikmati memakannya langsung dari pohon.

Memetik buah dengan tangan, dan secara praktis jatuh. Bahkan, banyak buah beri jatuh ke tanah, dan mungkin anda membiarkan ayam memakannya. Anda juga bisa meletakkan kain bersih di bawah pohon dan mengguncang cabang. Buah beri akan jatuh ke tanah, dan anda bisa mengambil sudut lembaran dan menuangkannya ke dalam mangkuk atau ember.

Cara Menyimpan dan Mengkonsumsi Mulberry

Seperti kebanyakan makanan alami, mulberry juga sehat untuk anda. Mereka memiliki banyak vitamin C dan merupakan sumber zat besi, kalium, dan vitamin K. Mereka juga kaya akan resveratrol, seorang pejuang kanker yang dikenal.

Mulberry segar tidak memiliki umur simpan yang lama. Itulah salah satu alasan buah ini tidak pernah mendapatkan kesuksesan komersial. Mereka akan disimpan di lemari es selama beberapa hari. Anda dapat membekukan buah beri hingga 3 bulan dengan membilasnya, dengan lembut menepuk-nepuk dan menempatkannya di dalam kantong freezer.

Buah beri juga dikeringkan sebagai camilan buah atau selai. Anda juga bisa menggunakannya dalam memasak seperti halnya raspberry. Murbei sangat baik pada yogurt, pancake, smoothie, dan makanan penutup. Meskipun mulberry tidak sepopuler dulu, jika anda melihat buku masak yang lebih tua, anda akan sering melihat resep mulberry ala barat.

Buah murbei siap panen

Untuk mengeringkan mulberry, cabut batang hijau, dan rendam dalam air dingin selama sepuluh menit dengan satu sendok makan jus lemon.

Kuras airnya dan taruh mulberry di atas loyang non-stick. Panggang pada suhu 140° F selama 24 jam, gunakan spatula untuk membalikkannya dengan lembut setiap beberapa jam.

Mulberry juga bisa dijadikan minuman yang lezat yang mudah dibuat. Anda juga dapat mengonsumsi rebung muda tanaman ini. Coba kukus dengan nasi atau sup. Anda juga bisa menyeduh pucuk dan daunnya menjadi teh. Kayu pohon mulberry dapat digunakan untuk membuat pagar, perabot atau tong kayu, sangat banyak manfaatnya.

Menggunakan Mulberry untuk Pengobatan herbal

Memakan mulberry baik untuk tubuh anda karena menurunkan kolesterol dan memberi tubuh anda serat. Ada juga bukti bahwa makan mulberry dapat membantu mengatur gula darah.

Selain itu, anda dapat membuat ekstrak beri dan akar untuk mengatasi noda, kulit kering, dan sensitif. Praktisi telah menggunakan mulberry di sepanjang sejarah untuk mengobati penyakit mulut, tenggorokan, dan paru-paru.

Saya suka menanam mulberry karena mereka adalah pohon yang menarik yang kuat dan mudah untuk tumbuh. Mereka menyediakan makanan untuk satwa liar, manusia dan ternak. Apa lagi yang bisa anda harapkan? Jika anda kebetulan menemukan resep mengolah mulberry, pastikan untuk membagikannya kepada kami disini. Semoga bermanfaat, terimakasih telah membaca dan Wassalamualaikum.
Komentar

Jika anda menemukan postingan ini menarik atau anda menemukan link error harap berikan komentar anda di bawah ini. Terimakasih.
EmoticonEmoticon

Notifikasi
Jangan lupa untuk berlangganan untuk mendapatkan update terbaru.
Tutup