Panduan Cara Menanam, Merawat, dan Memanen Blueberry -->

Advertisement

Panduan Cara Menanam, Merawat, dan Memanen Blueberry

Rumput & Kerikil
Selasa, 14 Januari 2020

Panduan Cara Menanam, Merawat, dan Memanen Blueberry

Halo sahabat emosi muda,.. Assalamualaikum. Beberapa kenangan masa kecil favorit seringkali didasarkan pada makanan. Apakah anda memiliki kenangan indah masa kecil yang berasal dari makanan juga? Bagi saya, blueberry tampaknya sering mengingatkan saya pada roti sarapan pagi dari kue lezat yang dilapisi blueberry.

Tidak mengherankan bahwa beberapa orang sangat menggemari dan menanam banyak blueberry di setiap tahun dengan kenangan indah yang berkorelasi dengannya. Tetapi juga tidak mengherankan mengingat betapa mudahnya untuk menanam dan merawatnya.


Cara Menanam Blueberry

Apakah anda ingin menanam blueberry baik karena ongkos pemeliharaannya rendah atau resep lezat yang bisa anda buat? Jika demikian, insha Allah kita akan membaca panduan tentang menanam Blueberry di bawah. Berikut ini semua yang perlu anda ketahui tentang tanaman blueberry:

Info Tanaman Blueberry
  • Zona Kekerasan : 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10
  • Tanah: Tanah biasa, lempung, berpasir, PH antara 4 hingga 4,8, berdrainase baik, subur, kaya bahan organik
  • Paparan Matahari: Sinar matahari penuh
  • Penanaman: Awal musim semi
  • Jarak: 4 sampai 5 kaki di antara tanaman dan 8 hingga 9 kaki di antara baris
  • Kedalaman: 9 hingga 10 inci
  • Sahabat Terbaik: Ek, pinus, kemangi, thyme, anggur hyacinth
  • Sahabat Terburuk: Kubis, labu, bayam, kentang, tomat, mentimun
  • Penyiraman: Air secara teratur dan dalam, 1 hingga 2 inci per minggu
  • Pemupukan: Gunakan pupuk serba guna 1 tahun setelah tanam dan setiap tahun sesudahnya
  • Masalah Umum: Pembusukan botrytis blossom, mumi berry, embun tepung, tali sepatu, kanker batang, busuk akar phytophthora, tungau kuncup blueberry, kutu kutu, kumbang Jepang, wereng berhidung tajam, thrips.
  • Panen: 3 hingga 6 tahun setelah tanam, pilih buah pada akhir Juli hingga pertengahan Agustus


Varietas Blueberry untuk Ditanam

Ada lima varietas utama blueberry. Maka anda memiliki berbagai kultivar yang bervariasi dari varietas tersebut. Berikut adalah varietas blueberry yang dapat anda pilih bersama beberapa kultivar lainnnya:

1. Lowbush Blueberry

Lowbush Blueberry

Lowbush adalah pilihan yang lebih pendek dari variasi tanaman blueberry pada umumnya. Jenis ini adalah jenis yang banyak orang tumbuhkan di rumah kecil yang tetap menginginkan memiliki tanaman semak hias yang bisa mereka tanam. Juga, orang-orang menggunakan jenis varietas ini dalam wadah berkebun juga. Varietas ini juga rendah pemeliharaan karena tidak memerlukan banyak pemangkasan sama sekali.

2. North Highbush Blueberry

North Highbush Blueberry

Tumbuhan blueberry ini sangat cocok untuk tumbuh terbaik di wilayah dingin. Model jenis ini tumbuh setinggi sekitar lima hingga sembilan kaki, dan mereka memang membutuhkan pemangkasan yang konsisten.

Beberapa opsi untuk varietas ini adalah:
  1. Bluecrop
  2. Duke
  3. Legacy
  4. Hardyblue


3. Southern Highbush Blueberry

Southern Highbush Blueberry

Jenis blueberry ini baik untuk tumbuh paling baik di daerah sejuk. Ini dimaksudkan untuk berproduksi di iklim yang memiliki musim dingin yang sejuk. Selain itu, jenis ini akan tumbuh dengan ukuran enam hingga delapan kaki. Namun buah tipe ini tidak semanis seperti beberapa varietas lainnya.

Beberapa opsi untuk varietas ini adalah:
  1. Misty
  2. Sharpblue
  3. Sunshine Blue


4. Rabbit Eye Blueberry

Rabbit Eye Blueberry

Varietas ini adalah yang paling menghasilkan yang terbaik di kondisi hangat. Blueberry ini cocok jika ada musim panas yang panjang dan panas. Juga, karena buah ini sangat tahan terhadap panas, tipe ini akan mengembangkan kulit yang lebih tebal dan biji yang lebih menonjol.

Beberapa opsi untuk varietas ini adalah:
  1. Brightwell
  2. Powder Blue
  3. Premier


5. Half-High Blueberry

Half-High Blueberry

Varietas ini tampaknya merupakan campuran antara varietas Highbush dan varietas Lowbush. Tingginya hanya sekitar tiga hingga empat kaki sehingga begitu mudah untuk di petik.

Beberapa opsi untuk varietas ini adalah:
  1. Friendship
  2. Patriot
  3. Northsky


Panduan Menanam Blueberry

Blueberry adalah tanaman yang mudah untuk tumbuh. Buahnya dapat digunakan untuk banyak hal yang berbeda, dan mereka juga sangat mudah di tanam. Berikut adalah beberapa langkah yang anda perlukan untuk menumbuhkannya dengan sukses:

1. Persiapan Tanah

Tanaman blueberry memiliki akar yang dangkal, dan mereka juga memiliki kebutuhan nutrisi tertentu. Ini berarti anda harus menyiapkan tanah sebelum menanamnya.

Pertama, anda tambahkan kompos ke dalam tanah seminggu hingga beberapa hari sebelum penanaman. Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk menguji tanah anda untuk tingkat pH yang tepat. Blueberry menyukai tanah yang asam. Tingkat pH terbaik untuk blueberry adalah antara empat sampai lima.

Selanjutnya, anda harus memastikan bahwa area tempat anda menanam tidak terlalu berair atau tanahnya juga jangan terlalu kering. Blueberry juga membutuhkan tanah yang bisa menahan kelembapan tetapi juga air bisa mengalir dengan baik. Dan pastikan bahwa tempat yang anda inginkan untuk menanam blueberry anda berada di bawah sinar matahari penuh.

2. Penanaman

Panduan Cara Menanam, Merawat, dan Memanen Blueberry

Anda bisa menanam blueberry dari biji. Hanya saja ini akan butuh waktu lama. Anda juga bisa menanam blueberry dari stek. Dan ini juga membutuhkan waktu lebih lama untuk menghasilkan juga. Itulah mengapa disarankan bahwa, ketika memulai ini sebaiknya anda membeli tumbuhan blueberry yang telah berusia tiga tahun. Anda juga bisa mencari yang sedikit lebih muda jika diperlukan.

Setelah anda memiliki tanaman blueberry dan tanah anda sudah siap, maka anda harus mulai menggali lubang tanah untuk tanaman anda. Lebih baik lubangnya dua kali lebih besar dari luas sistem akar tanaman.

Anda juga harus memastikan bahwa setiap tanaman berjarak lima kaki di barisan dan setiap baris berjarak delapan kaki.

Sekarang, anda harus meletakkan tanaman ini di lubang dan pastikan akarnya dipisahkan dari pot. Ketika anda telah menempatkannya di dalam lubang, pastikan untuk mengisi lubang itu kembali dengan tanah.

Akhirnya, adalah baik untuk mengisi ember lima galon dengan air dan menuangkannya di atas tanah saat anda menekan tanah dengan kaki anda untuk memadatkannya. Saat air tidak lagi terserap ke tanah dan tanahnya sudah dipadatkan, maka anda telah selesai menanam tanaman blueberry anda.

3. Pemupukan

Langkah terakhir dalam menanam tanaman anda datang sebulan setelah tanam. Anda harus kembali ke kebun anda dan menambahkan pupuk ke pangkal tanaman. Kemudian pekerjaan anda selesai, dan anda bisa membiarkan tanaman anda untuk berkembang dengan sendirinya.

Merawat Tanaman Blueberry Anda

Anda sebaiknya mengikuti beberapa langkah untuk merawat tumbuhan blueberry dengan benar. Maka anda hakan menikmati blueberry selama bertahun-tahun yang akan datang.

1. Mulsa

Panduan Cara Menanam, Merawat, dan Memanen Blueberry

Blueberry membutuhkan kelembapan di tanahnya karena memiliki akar yang dangkal. Mereka juga membutuhkan tanah dimana air bisa mengalir dengan baik juga.

Cara yang bagus untuk membuat keseimbangan ini bekerja adalah dengan menerapkan mulsa di sekitar pangkal tanaman blueberry. Dengan cara itu ia akan menahan kelembapan dan mengeluarkan kelebihannya secara sporadis sesuai kebutuhan tanaman.

2. Air
Tumbuhan blueberry membutuhkan satu hingga dua inci air per minggu. Ini berarti jika alam tidak menyediakannya, maka anda perlu menyirami tanaman ini secara konsisten.

3. Pupuk
Setelah anda memupuk pada titik selama satu bulan, kemudian anda hanya perlu memupuk satu kali per tahun setelah itu. Anda bisa menggunakan metode 10-10-10 untuk pemupukan.

Sekarang, aturannya adalah anda menggunakan satu ons per tahun hingga delapan ons. Tahun pertama, anda akan menggunakan satu ons, tahun kedua anda akan menggunakan dua ons, dan seterusnya sampai anda mencapai delapan ons. Jangan melampaui delapan ons pada tahun sembilan dan selanjutnya.

4. Menyunting Bunga

Panduan Cara Menanam, Merawat, dan Memanen Blueberry

Jika anda tidak ingin tanaman blueberry anda menghasilkan satu atau dua tahun lebih awal demi untuk mendapatkan panen yang lebih bagus di masa depan. Maka anda bisa memangkas bunga mekar di tanaman blueberry seperti yang anda lihat dalam foto diatas.

5. Pemangkasan

Panduan Cara Menanam, Merawat, dan Memanen Blueberry

Pemangkasan juga diperlukan untuk tanaman blueberry. Anda tidak perlu memangkas sama sekali selama empat tahun pertama. Namun, setelah itu, anda harus memangkas setiap akhir musim dingin atau pada tanda pertama musim semi. Ini akan membuat tanaman anda menghasilkan seperti yang anda inginkan.

Masalah Umum dengan Tanaman Blueberry

Setiap tanaman memiliki masalah dan blueberry juga tidak berbeda. Berikut adalah masalah yang mereka hadapi:

1. Burung

Panduan Cara Menanam, Merawat, dan Memanen Blueberry

Burung akan sering datang dan merampas panen anda sebelum anda punya kesempatan. Solusi untuk mengalahkan hama ini cukup sederhana. Anda dapat membeli kelambu dan menyelubunginya ke tanaman blueberry anda. Kemudian ketika anda siap untuk memanen, anda hanya butuh mencopot jaring tersebut untuk mengambil dan memasangnya kembali setelah selesai.

2. Ulat Blueberry

Panduan Cara Menanam, Merawat, dan Memanen Blueberry

Hama berikutnya dalam daftar ini adalah Ulat blueberry. Ini terjadi ketika lalat bertelur dengan menyimpan telurnya ke dalam buah blueberry yang baru mulai tumbuh.

Kemudian saat blueberry tumbuh, begitu pula ulat di dalamnya. Ini tidak membahayakan tanaman, tetapi merusak hasil panen anda.

Solusinya adalah menyemprot tanaman anda dengan pestisida untuk mencegah lalat, atau memilih varietas yang menyulitkan serangga untuk bertelur. Kultivar seperti Northland dan Herbert adalah pilihan yang baik.

3. Jamur Tepung

Panduan Cara Menanam, Merawat, dan Memanen Blueberry

Jamur Tepung adalah jamur yang terlihat seperti bubuk putih di seluruh bagian tanaman blueberry anda. Satu-satunya cara untuk menghilangkan jamur ini adalah dengan menggunakan fungisida atau menghilangkan bagian tanaman yang terinfeksi.

Tanaman Pendamping Terbaik untuk Blueberry

Ada beberapa tanaman yang lebih baik jika ditanam dekat satu sama lain. Blueberry tidak memiliki banyak pilihan untuk ini, tetapi mereka memiliki beberapa sahabatnya di sini, antara lain adalah:

1. Rhododendron

Tumbuhan dengan bunga-bunga indah ini memiliki cara memberikan warna yang cukup untuk akar blueberry yang melindungi mereka dari panas selama musim panas.

2. Basil

Blueberry tidak memiliki banyak sahabat karena tanah asam yang mereka sukai untuk tumbuh. Namun, kemangi juga dapat tumbuh di tanah yang sedikit asam. Juga, karena blueberry adalah tanaman yang lebih pendek, maka blueberry tidak akan menghasilkan buah blueberry terlalu banyak.

3. Thyme

Thyme seperti kemangi, dapat tumbuh di tanah yang asam, dan lebih pendek yang berarti tidak menganggu tanaman anda dari mendapatkan sinar matahari yang dibutuhkan dan untuk menghasilkan buah yang diinginkan.

Cara Memanen dan Menyimpan Blueberry anda

Memanen dan menyimpan blueberry adalah proses sederhana dari proses penanaman. Inilah yang perlu anda ketahui:

1. Panen Buah Anda

Panduan Cara Menanam, Merawat, dan Memanen Blueberry

Saat blueberry anda berubah warna menjadi biru tua, disini anda akan tahu bahwa blueberry siap untuk dipetik. Kemudian anda akan menggunakan ember kecil untuk berjalan di sekitar kebun blueberry anda dan mengumpulkan blueberry. Cukup mudah mengambil buahnya karena ketika buah sudah cukup matang, mereka akan mudah jatuh ke tangan anda. Dan ini akan sangat menyenangkan.

2. Cuci Blueberry Anda
Setelah dipetik, anda siap membawa blueberry dan mencucinya. Anda bisa mencucinya untuk menghilangkan semua kotoran yang ada.

3. Pilih Metode Pemanfaatan Buah

Panduan Cara Menanam, Merawat, dan Memanen Blueberry

Kemudian anda dapat memilih metode mana yang anda sukai. Sangat bervariasi untuk penyimpanan dan produksi antara lain pembekuan, pengalengan, pengeringan, sirup, selai dan banyak lagi bergantung pada kreativitas anda sendiri. Nah selamat menanam blueberry. Semoga bermanfaat dan Wassalamualaikum.