Belajar Fotografi HDR -->

Advertisement

Belajar Fotografi HDR

Rumput & Kerikil
Kamis, 16 Januari 2020

Belajar Fotografi HDR

Halo sahabat emosi muda,.. Assalamualaikum. Trey Ratcliff adalah seorang guru dalam bidang fotografi HDR, penjelajah, dan seorang pria hebat yang serba bisa. Dalam tutorial ini, Trey akan mengajarkan anda cara mengambil gambar HDR terbaik, perangkat lunak apa yang harus dipilih, cara menggunakannya, dan mengambil beberapa trik rapi di sepanjang jalan. Baca terus tutorial ini, dan pelajari cara memotret HDR seperti pro!


Tehnik Fotografi HDR

HDR adalah singkatan dari High Dynamic Range. Jika anda menggunakan beberapa perangkat lunak HDR khusus, anda dapat melihat semua cahaya di foto akhir yang dapat anda lihat ketika anda berdiri di tempat kejadian. Mungkin anda pernah berada di tempat yang indah dan mengambil foto dan hasilnya datar dan mengecewakan. Dengan pemrosesan HDR, tidak ada lagi kebutuhan untuk itu, dan sekarang gambar akhir dapat benar-benar menggugah seperti ketika anda berada di sana.

Mata manusia dapat melihat lebih dari satu bidikan dari kamera anda! Saya katakan tidak perlu menerima batasan kamera. Anda dapat menggunakan kamera dengan cara yang sederhana dan inovatif untuk mereplikasi apa yang dapat dilakukan mata. Anda akan menggunakan kombinasi kamera dan beberapa perangkat lunak untuk mencapai tampilan akhir.

Mata manusia dapat melihat sekitar 11 titik cahaya. Sebuah stop adalah jumlah cahaya yang dapat diukur. Sebuah kamera dapat melihat sekitar 3 stop cahaya. Ini berarti anda akan mengatur kamera anda untuk mengambil beberapa foto pemandangan, semuanya dengan kecepatan rana yang berbeda, sehingga anda mendapatkan rentang cahaya yang penuh. Jangan khawatir, itu cukup mudah!

Contoh HDR
Contoh HDR
Berikut adalah beberapa foto HDR menarik yang saya ambil yang sepertinya disukai orang. Gambar pertama di bawah ini adalah foto HDR pertama yang digantung di Smithsonian Institution di DC. Saya pikir ini menunjukkan bagaimana arus utama dan penerimaan HDR bisa di dapat, jika teknik ini diterapkan dengan benar.

Langkah 1: Alat & Perangkat Lunak

Pertama, anda perlu mengumpulkan peralatan anda (kamera, lensa, tripod) dan perangkat lunak. Berikut adalah beberapa kiat dalam memilih kamera anda dan alat apa yang saya rekomendasikan untuk dibawa serta. Peralatan apa yang saya miliki? Saya mulai dengan kamera yang sangat low-end, dan saya terus meningkatkan dari waktu ke waktu. Saat ini, saya menggunakan Nikon D800.

Kamera

90% kamera yang terjual hari ini dapat mengambil foto HDR yang bagus. Untuk membuat gambar HDR, dapatkan kamera yang cocok dengan salah satu dari yang berikut ini:

  • Ambil beberapa foto dalam sesuatu yang disebut “Mode bracketing otomatis” atau “Mode eksposur otomatis” atau “Bracketing Eksposur” – semuanya adalah hal yang sama.
  • Memungkinkan anda memotret di Aperture dan menyesuaikan eksposur ke +1 atau +2 misalnya. Jika ini membingungkan anda, jangan khawatir, kita akan membahasnya.
  • Bidik satu foto RAW. Ya, anda dapat membuat gambar HDR yang indah hanya dari satu RAW!


Tripod

Anda mungkin ingin menggunakan tripod jika anda berencana untuk memfoto cahaya rendah seperti matahari terbenam dan hal-hal semacam ini. Anda dapat melakukan semuanya dengan tangan anda, tetapi menggunakan tripod sebenarnya sangat menyenangkan.

Software

Box of 64 Crayon akan menjadi perangkat lunak anda. Saya menyiapkan daftar perangkat lunak yang saya gunakan untuk menyatukan foto HDR. Daftar perangkat lunak pertama adalah mutlak pribadi saya (dan akan dibahas dalam tutorial ini), dan set kedua adalah perangkat lunak yang direkomendasikan. Semua program yang saya sebutkan berfungsi pada Mac atau Windows. Saya telah mengkonversi dari Windows ke Mac. Saya dulu tidak suka Mac OS dan menganggapnya cukup
menjengkelkan, tapi sekarang saya menyukainya.

Perangkat Lunak HDR yang disarankan:

  1. Photomatix Pro – Ada versi gratis (dengan water mark) dan versi berbayar yang bisa anda dapatkan dengan diskon, cukup gunakan kode “STUCKINCUSTOMS” di checkout.
  2. Orang-orang juga menikmati Preset Photomatix yang akan membantu memberikan foto anda banyak tampilan.


Perangkat Lunak HDR Menyenangkan lainnya & opsional:

  1. Adobe Lightroom – Langkah terakhir dari tutorial saya membuat dengan menggunakan Lightroom untuk beberapa sentuhan akhir. Anda bisa mendapatkan versi uji coba di situs web Adobe.
  2. Nik dan OnOne – Ini adalah dua paket hebat yang harus anda miliki. Setelah memulai pemrosesan, anda akan menginginkan semua krayon di dalam kotak! Seperti biasa, gunakan kode diskon STUCKINCUSTOMS untuk menghemat uang anda.
  3. Topaz Adjust – Ini akan membantu membawa “pop” dan ketajaman kembali ke foto akhir. Seluruh bundel Topaz di situs ini juga merupakan pilihan yang baik jika anda menginginkan semua alat yang mereka tawarkan.
  4. Noiseware Professional – Ini adalah perangkat lunak pengurang noise terbaik. Tersedia untuk Windows dan Mac.
  5. Adobe Photoshop or Elements – Apa pun yang memungkinkan anda bekerja untuk menjadi lebih baik, dan ini yang paling populer. Elemen yang jauh lebih murah jika anda memiliki anggaran! Anda dapat mencoba keduanya secara gratis di situs web Adobe.


Langkah 2: Pergi keluar dan ambil foto

Sekarang setelah peralatan anda siap dan baterai kamera diisi maka pergi ke suatu tempat dengan tampilan yang bagus dan pada waktu yang baik (ketika langit cerah dan biru atau saat matahari terbenam / matahari terbenam) dan ambil foto. Anda harus mengambil banyak foto dari pemandangan yang sama pada eksposur yang berbeda, sehingga nantinya anda bisa menjahit foto-foto ini menjadi satu gambar HDR. Inilah saatnya memiliki tripod akan berguna.

Idenya adalah untuk mengambil foto yang terpapar, terpapar berlebihan dan foto dengan pencahayaan normal. Nanti anda akan menggabungkan foto-foto ini dengan perangkat lunak pasca-pemrosesan dan akan mengkompensasi kisaran dinamis tinggi yang tidak bisa dilihat oleh kamera anda, tetapi mata anda bisa.

Berikut adalah beberapa tips hebat yang akan membantu anda saat memotret:

  • Bracketing. Meskipun anda dapat membuat foto HDR yang bagus dari single RAW, tetapi saya sering lebih suka menggunakan Autobracketing. Autobracketing memungkinkan kamera anda untuk mengambil banyak foto (misalnya 3) dalam urutan cepat. Masing-masing foto tersebut akan berada pada kecepatan rana yang berbeda. Jika anda mengotak-atik menu kamera anda sekarang, sama seperti untuk huruf “BKT” untuk Bracket, dan mungkin anda dapat melihat bagaimana anda dapat mengaturnya untuk tiga eksposur pada -2, 0, dan +2.
  • Aperture priority. Masukkan kamera anda ke mode Prioritas Apertur dan nyalakan Autobracketing. Atur autobracketing anda untuk mengambil tiga foto di -2, 0, dan +2. Beberapa kamera dapat berbuat lebih banyak, beberapanya lebih sedikit. Lakukan apa yang anda bisa dengan kamera anda. Sebagai contoh, pada Nikon D800 saya, dapat mengambil 9 foto, melangkah 1, sehingga saya bisa melakukan -4, -3, -2, -1, 0, +1, +2, +3, +4. Tapi itu cukup gila. Saya sangat jarang melakukan itu. 95% dari waktu, saya mengambil 5 foto dari -2 hingga +2. Tidak ada keuntungan yang terlihat dalam melangkah dengan 1. Saya hanya memberi tahu anda bahwa sebagian besar kamera berbeda, dan jangan khawatir jika kamera anda melakukannya secara berbeda.


Praktik terbaik:

  1. Pastikan anda memotret dalam mode RAW, bukan JPG. Ini akan memberi anda lebih banyak fleksibilitas dan jarak dalam pemotretan anda.
  2. Jika anda menembak ke matahari, anda mungkin ingin mengambil “-3 juga karena itu akan sangat cerah.
  3. Jika dalam kondisi cahaya redup, gunakan tripod sehingga anda memiliki bidikan yang lebih mantap. Tidak ada tripod? Jangan khawatir. Photomatix dapat menyelaraskannya.
  4. Jika anda menggunakan tripod memotret pada kondisi cahaya redup, setel ISO anda serendah mungkin. Ini akan membantu anda menghilangkan noise.


Ini foto yang saya ambil di Milford Sound, Selandia Baru, yang sangat dekat dengan rumah baru saya di Queenstown. Saya suka pergi ke tempat ini. Selalu terasa epik dan indah, tetapi seperti yang Anda lihat, foto aslinya tidak terlalu menarik. Saya akan membagikan sebelum dan sesudah, maka kita akan melalui semua langkah bersama.

Belajar Fotografi HDR

Langkah 3: Buat HDR dengan Photomatrix

Sekarang dalam bidikan di bawah ini, anda dapat melihat kelima gambar yang saya ambil di Milford Sound, mulai dari -2 hingga +2. Saya akan menggabungkan kelima foto menjadi satu gambar HDR dengan perangkat lunak Photomatrix Pro.

Berikut adalah langkah-langkah bagaimana anda dapat melakukannya juga:

Belajar Fotografi HDR

1) Buka Photomatix dan muat di semua gambar yang ada. Untuk melakukan ini, saya menyeret kelima gambar dari Lightroom ke ikon Photomatix, tetapi ada banyak cara untuk melakukannya. Anda dapat memilih gambar dari folder atau menggunakan Photomatix untuk memuatnya.

Belajar Fotografi HDR

2) Setelah itu, anda akan melihat dialog yang menyenangkan ini. Ini terlihat menakutkan, tetapi tidak. Anda dipersilakan untuk bereksperimen dengan semua area ini, tetapi satu-satunya yang biasanya saya periksa adalah opsi bawah. Jika saya melakukan bidikan genggam tanpa tripod, maka saya juga akan memilih yang pertama di sana untuk meluruskan otomatis.

Belajar Fotografi HDR

3) Klik Preprocess dan komputer anda akan memproses, melakukan hal-hal ajaib dan misterius. Dan kemudian anda akan melihat … ini!

Belajar Fotografi HDR

Mari kita lihat apa yang anda lihat di atas:
Di sebelah kiri adalah serangkaian slider yang memungkinkan saya mengubah tampilan foto. Di sebelah kanan adalah preset saya. Setiap kali saya mengklik pada preset, itu secara dramatis bergerak di sekitar slider dan drop-down di sebelah kiri. Anda dapat membuat preset anda sendiri atau mengunduhnya dari internet.

Setiap foto adalah unik, dan anda tidak akan pernah mendapatkan hasil yang sama di antara berbagai jenis foto. Matahari terbenam, tengah hari, interior, dll. Ini liar! Jadi, saya biasanya datang ke Photomatix dan cukup mengklik banyak preset saya yang berbeda. Beberapanya cukup mengerikan untuk satu situasi tetapi luar biasa untuk yang lain! Itu selalu berubah. Pada contoh di atas, saya mulai dengan preset, “Quaint Hobbit Holes” dan kemudian memodifikasi beberapa slider dari sana.

Oke, di sinilah ini bisa membingungkan bagi orang baru, tetapi saya akan menjelaskannya. Apakah anda melihat di bagian atas bagaimana dikatakan “Tone Mapping” dan yang dipilih? Dan kemudian di bawahnya ada “Detail Enhancer” yang dipilih? Yah, tergantung pada apa yang anda pilih di dua area teratas, itu secara dramatis mengubah slider dan opsi di bawah! Jangan biarkan itu membingungkan anda.

4) Saya sering menggunakan kombinasi Tone Mapping / Details Enhancer ini karena cukup kuat. Tapi saya menggunakan banyak kombinasi lainnya juga. Setelah bersenang-senang bermain dengan bilah geser, klik Proses dan kemudian Anda siap untuk Finishing Touches. Sentuhan akhir memungkinkan anda untuk membuat beberapa perubahan terakhir dalam Photomatix sebelum anda menyimpan gambar.

Belajar Fotografi HDR

5) Setelah anda membuat beberapa keputusan akhir, klik Selesai dan simpan!

Anggap saja anda sudah selesai sekarang. Anda mungkin sangat senang dengan hasil anda, atau setidaknya sedikit terkejut betapa menyenangkannya itu, ya? Secara pribadi, saya tidak berhenti di sini. Saya memiliki beberapa langkah lagi yang saya lalui menggunakan alat yang berbeda untuk mendapatkan gambar akhir.

Belajar Fotografi HDR

Langkah 4: Pasca-pemrosesan

Sekarang setelah anda selesai menggabungkan foto menjadi satu foto HDR, maka anda dapat terus mengedit bidikan dalam program pemrosesan favorit anda. Saya menggunakan Lightroom & Photoshop.

Pengeditan Lightroom

Saya sering lebih suka menggunakan alat seperti Photomatix dan Lightroom untuk membuat banyak “versi” gambar, masing-masing hanya menjadi eksperimen pikiran. Hari ini, kita akan menggunakan Lightroom untuk membuat versi lain dari gambar itu. Dalam pemrosesan saya sehari-hari yang sebenarnya, saya dapat membuat beberapa versi Photomatix dan beberapa versi Lightroom.

Langkah terakhir, anda akan melihat, jika anda membiarkan saya melompat ke depan, adalah untuk melapisi semuanya di Photoshop dan kemudian menggabungkannya menjadi sesuatu yang benar-benar unik yang berbicara dengan kepribadian anda dan rasa seni-diri anda. Mungkin ini berarti bagi diri anda sendiri.

1) Buka Lightroom dan impor gambar HDR anda yang baru digabungkan. Kemudian masuk ke mode Kembangkan dan terapkan atau buat preset yang akan menambahkan drama ke tengah foto anda. Biasanya sketsa yang sudah pudar akan berhasil.

Belajar Fotografi HDR

2) Setelah menerapkan perubahan itu lihat slider di sebelah kanan. Banyak dari mereka melakukan hal-hal yang dilakukan HDR. Slider paling penting ditunjukkan pada gambar di bawah di kiri atas. Seperti semua ini, anda dapat mengklik untuk memperbesar gambar di atas sehingga anda dapat mendekonstruksi cara kerja preset.

3) Setelah saya selesai dengan Lightroom, saya mengekspor gambar ke direktori sementara. By the way, itu adalah direktori sementara yang sama di mana saya punya file Photomatix saya. Di bawah, anda dapat melihat dua gambar berdampingan.

Belajar Fotografi HDR

Pengeditan Photoshop

Tunggu sebentar di sini … anda tidak berpikir, “Ohhhh, saya payah di Photoshop,” kan? Saya harap tidak! Tidak ada yang perlu ditakutkan. Inilah yang dilakukan teman, kan? Kita saling mendorong dengan keluar dari zona nyaman kami. Jadi saya memberi anda sedikit dorongan di sini. Anda tidak perlu memahami SEMUA HAL di Photoshop untuk melakukan beberapa hal yang akan saya ajarkan.

1) Buka Photoshop. Kemudian tambahkan dua gambar: satu anda baru saja selesai di Lightroom dan foto HDR asli anda. Lapisan satu di atas yang lain.

Belajar Fotografi HDR

2) Frankenstein dua gambar ini bersama-sama menggunakan masking. Jika anda belum pernah melakukan Masking di Photoshop, tonton tutorial praktis ini . Petunjuk cepat: Ketika anda menekan tombol backslash, anda dapat melihat di mana anda menyembunyikannya. Semakin intens warna merah muda, semakin banyak anda telah menutupi untuk melihat lapisan di bawahnya.

Belajar Fotografi HDR

3) Ketika selesai dengan masking, gabungkan layer menjadi satu. Anda dapat melakukan ini dengan memilih Layers & Merge Layers dari menu atau Ctrl + E.

4) Untuk sentuhan akhir, saya mengurangi noise dan menajamkan pinggirannya. Saya menjalankan kedua tindakan menggunakan beberapa perangkat lunak yang disarankan

5) Anda sekarang sudah selesai dan dapat menikmati gambar akhir!

Belajar Fotografi HDR


Tutorial ini didasarkan pada Tutorial HDR asli Trey Ratcliff – Cara Membuat Foto HDR yang Cantik Dengan Mudah.