Tutorial SEO Singkat Dan Lengkap Page 1 Dalam Beberapa Menit -->

Advertisement

Tutorial SEO Singkat Dan Lengkap Page 1 Dalam Beberapa Menit

Spesialis SEO Masakini
Selasa, 31 Desember 2019

Gambar Tutorial SEO Singkat Dan Lengkap Dalam Beberapa Menit

Halo.. Emosi Muda,.. Assalamualikum. Tutorial SEO Singkat Dan Lengkap Page 1 Dalam Beberapa Menit - Search Engine Optimization terdiri dari 2 Element penting, antara lain SEO OnPage dan Offpage. Salah satu tehnik favorit di kalangan para publisher, sampai di tingkat profesional bisnis. Karena dengan menggunakan tehnik SEO, akan menghemat biaya pengeluaran.

Search engine optimization merupakan sebuah tehnik, kami berharap ini akan menjadi bagian dari edukasi formal di suatu hari nanti. Dan mungkin kami salah satu guru dari pendidikan formal tersebut, tidak ada yang mustahil bila di beri kesempatan bukan begitu.

Cara mempelajari SEO terbilang mudah, namun banyak fakta yang mengatakan cukup sulit. Dari pengalaman yang ada, secara pribadi kami mempelajari SEO dari dasar itu butuh waktu sekitar 3 bulan. Murni tanpa ada mentor atau pembimbing. Di awali hanya dengan melakukan postingan secara rutin, namun ada teman kami yang berkata "Coba Pelajari SEO", langsung kami pun mencari tahu apa itu SEO dari bilik Google search.

Awalnya pribadi saya tidak langsung praktek, namun kami melihat dan membaca dari berbagai website referensi dari google. Setelah di amati, dan mencoba melihat-lihat, kami langsung analisah sendiri, baru mulai praktek.

Satu bulan pertama menulis asal-asalan, setelah dapat kata kunci di data statistik blogger, dengan inisiatif mencoba di cari sendiri keyword tersebut. Setelah di cari berada di Page 1 halaman Google, namun masih di peringkat 5. Singkat cerita mendapatkan ide lagi, dari seorang teman, coba pelajari tehnik LSI.

Bulan kedua sampai seterusnya, saya mempelajari LSI, dan ada beberapa keyword yang berhasil di cari oleh visitor website waktu itu. Bulan ketiga dan seterusnya, kami pun mempelajari tehnik lain yaitu silo, dan menganalisah darimana sumber Trafik tersebut selain dari google. Dan memutuskan menganalisah di Google analytics sampai ke Webmaster. Pada saat itu, mulai paham bahwa visitor terbagi 2 antara OnPage dan Offpage.

Tutorial Singkat SEO OnPage Dan Offpage

Setelah Anda membaca flashback dari pengalaman singkat diatas, kita akan membahas tentang SEO OnPage dan Offpage dahulu, agar mudah di pahami dengan baik. Disini kami berupaya akan menjelaskan semua dengan detail, dengan gaya dan tutur bahasa yang dapat di mengerti.

Pengertian Dan Penjelasan SEO OnPage

Search engine optimization dengan mengandalkan OnPage ialah salah satu tehnik yang hanya terpaku dari hasil pencarian organik. Hampir 90-100% visitor yang di hasilkan dari mesin penelusuran, seperti Bing, Yahoo, Google, Yandex, Baidu, dan seluruh mesin pencarian yang ada di belahan dunia.

Para pengguna yang mempelajari tehnik ini, biasanya hanya melakukan posting, kemudian di submit ke halaman Webmaster/Search Console. Tanpa melakukan promosi di media sosial, jaringan periklanan, banner di dunia nyata, ataupun memasang stiker khusus di kendaraan dan lingkungan sekitar.

Apabila seseorang menguasai tehnik OnPage, maka orang tersebut biasanya sudah bisa menyajikan konten yang baik. Sehingga beberapa keyword yang mereka tulis, masuk ke halaman 1 mesin pencarian. Ini sudah termasuk tehnik SEO OnPage yang secara singkat kami jelaskan.

Pengertian dan Penjelasan SEO Offpage

Sementara search engine optimization Offpage, merupakan sebuah cara untuk meningkatkan trafik dari hasil OnPage di mesin penelusuran tadi. Simple dan mudah dalam pengerjaan Offpage, kita hanya mempromosikan konten yang sudah di rilis, ke berbagai media sosial.

SEO Offpage terbagi dari 2 cara lain, pertama versi gratis, yaitu dengan cara membagikan konten ke media sosial, menanam backlink, dan saling berkunjung diantara para pemilik website. Yang kedua versi premium, yaitu dilakukan dengan memasang iklan, membeli Content placement, memasang banner di website orang lain, atau spanduk di lingkungan sekitar, serta membuat stiker untuk di tempel di slot kendaraan dan tempat-tempat umum lainnya.

Offpage sendiri bisa di dapatkan dari website lain, biasanya hal ini akan terjadi, apabila konten yang sudah di publikasikan itu memiliki kualitas baik. Postingan tersebut biasanya akan menjadi rekomendasi untuk ide dari penulis website lain.

Hal ini tentunya akan menaikkan reputasi website tersebut, yang biasa kita kenal domain authority. Mungkin dari Anda pernah melihat postingan dari beberapa website berita, entah dari gambar yang mereka posting, atau dari isi konten yang mereka rilis, disana akan tertera sumber artikel hasil tulisan mereka yang di dapat dari salah satu website. Nah ini sudah termasuk ke dalam SEO Offpage.

Apakah bisa Kedua Cara diatas Di Gabungkan?

Sangat bisa, apabila Anda ingin menggabungkan kedua cara diatas, baik secara gratis maupun dengan membayar sebuah layanan jasa. Lantas manfaatnya untuk apa saja ketika di gabungkan ?, cukup banyak sekali Manfaat yang akan di peroleh Antara lain:

Manfaat Search Engine Optimization Secara Umum

  • Dapat meningkatkan trafik pada website
  • Meningkatkan calon pengunjung baru
  • Meningkatkan omset penjualan produk dan jasa
  • Memperkenalkan merek dagang/produk secara cepat
  • Memperkuat dan menaikkan reputasi website terhadap pengunjung dan juga mesin pencarian
  • Menjadi pondasi yang kuat terhadap berbagai algoritma yang selalu update
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya

Catatan Penting: Apabila seseorang sudah dapat memahami SEO, maka orang tersebut dapat membuka layanan jasa, kursus, untuk menghasilkan pundi-pundi uang. Nah di era digital seperti ini, tingkat pengangguran akan berkurang, apabila semua masyarakat dapat mempelajari dan memahami dengan baik.

Langkah Optimasi SEO Secara Singkat dan Mudah

Sebelum kita memulai tutorialnya, jangan lupa untuk memahami beberapa point penting yang akan di bagikan. Bagi yang tidak mempunyai background pendidikan tinggi, siapapun dapat mempelajari SEO. Jadi tidak perlu khawatir, lantaran Anda tidak mempunyai keahlian apapun.

Disini kita hanya memerlukan niat untuk belajar secara serius, tentunya akan memahami seluruh tehnik yang di berikan. Memang perlu waktu, dan tidak mudah dalam setiap edukasi yang di berikan. Akan tetapi apabila Anda beruntung, dalam sekejap sudah memahami, dan beraksi sesuai keinginan. Tidak ada kalimat mustahil, untuk menggapai kesuksesan dengan cepat.

1. Membuat Blog Atau Website

Disini kami tidak akan menjelaskan bagaimana cara membuat blog atau website. Jadi silahkan Anda cari tahu di mesin pencarian cara membuat blog atau website tersebut. Pada bagian ini saya akan memberikan tips saja, blog dan website sesuai kaidah SEO pada umumnya antara lain:

1. Judul blog atau website akan menjadi salah satu merek Anda nanti, jadi saran berikan nama yang mudah di ingat, dan unik tentunya, apabila seseorang mempunyai bisnis, maka berikan nama website sesuai bisnis yang sedang di kelola.

2. Jangan lupa memberikan deskripsi web dan blog, dengan panjang karakter maksimal 160.

3. Anda perlu memperhatikan bagian meta tag, dari mulai meta keyword, meta deskripsi, bagian heading, sampai ke minor heading, penjelasannya ada di sini Pentingnya Tag H1 untuk SEO.

4. Gunakan tema blog atau website yang responsive, tidak lambat soal Loading, dan sedap dipandang mata pengunjung, berfungsi agar para visitor web akan betah mengunjungi situs Anda.

5. Dalam pemilihan domain, lebih baik menggunakan domain fresh, karena lebih bersih.

2. Penggunaan Gambar

Penggunaan Gambar SEO

Dalam kasus gambar terkadang kita selalu memilih gambar yang bagus saja. Dari segi ukuran tidak pernah di perhatikan sebelumnya, justru gambar menjadi salah satu daya tarik tersendiri, untuk meningkatkan kualitas SEO OnPage maupun Offpage.

Sebagai rekomendasi penggunaan gambar yang baik memerlukan size minimal 600x400. Namun kami terbiasa dengan ukuran gambar 800x600, alasannya ini ukuran gambar yang baik untuk mesin pencarian maupun media sosial. Sebelum Anda upload gambar, silahkan kompress dahulu agar lebih ringan, extensi file yang baik .JPG, dan .JPEG.

Selain dari segi ukuran, jangan lupa untuk memberikan properti pada setiap gambar yang telah di upload, tulis judul dan juga Alt gambar. Di larang menduplikasi gambar milik orang lain. Lihat juga link upload gambar, yang tentunya saat di unggah memiliki kata kunci yang akan di bidik.

3. Tulis Artikel Yang Baik Untuk Pengunjung

Informasi dari setiap konten yang akan di berikan, harus secara detail, hal ini tentunya akan menjadikan artikel Anda sangat berkualitas. Para pengunjung ingin membaca secara nikmat, ketika berkunjung ke website Anda. Walaupun kita sudah menargetkan kata kunci sedemikian rupa, namun isi dari artikel tersebut tidak ada point yang jelas, hal ini akan menjadikan nilai kekurangan.

Gambar Permalink tag atau label

Tentu dalam memberikan informasi, dalam setiap artikel tersebut mengandung unsur beberapa penjelasan, sesuai dengan tema yang di bahas. Agar pengunjung nanti mendapatkan apa yang mereka inginkan. Hal ini akan menjadi nilai plus untuk website tersebut, dan memiliki kualitas konten yang baik, apalagi kita menargetkan kata kunci di dalamnya. Jangan lupa judul artikel terdapat sebuah kata kunci, tidak luput juga berikan pada bagian deskripsi, permalink, tag atau label, serta setiap paragraf sampai akhir postingan.

4. Penggunaan Backlink Untuk Optimasi

Backlink merupakan sebuah umpan balik, agar pengunjung selalu berada di website yang kita miliki. Backlink terdiri dari 3 unsur, antara lain internal link atau link mengarah ke artikel lain, outbondlink tautan yang mengarah ke luar website, dan PBN link jenis tautan yang diarahkan dari website luar ke situs yang kita kelola.

Agar lebih jelasnya mengenai backlink silahkan Anda baca artikel Tips Backlink Pro. Jangan lupa pemakaian anchor harus jelas, terdapat title yang berfungsi untuk menciptakan, atau menaikkan keyword yang ditargetkan ke mesin pencarian. Kami sudah menganalisah masalah anchor link ini, sangat efektif dalam menciptakan sebuah keyword yang baru maupun abadi, selain itu dapat mempertahankan serta menaikkan posisi target kata kunci di SERP.

5. Mengindeks Postingan Ke Webmaster

Karena tutorial mengenai index Webmaster sudah banyak, nah saya tidak akan membahas untuk pendaftaran Webmaster, ada baiknya sebelum melakukan indeks ke sini. Semua pemetaan situs harus sudah di lakukan, Baik dari segi peta situs blog atau website, dan juga mengirim peta situs ke Webmaster.

Setelah cara diatas dilakukan, Anda langsung saja submit url postingan terbaru, ke mesin index milik Google dan dan bing. Tunggu beberapa saat sampai selesai, dan dalam beberapa menit keyword yang Anda bidik dengan SEO silahkan cari di mesin pencarian Google.

Dalam kasus ini ada jenis keyword yang memiliki volume dan kompetitor yang ketat. Jadi tidak semua keyword akan berhasil dalam Tempo singkat, berada di halaman pertama, kecuali artikel Anda memiliki keunikan yang bagus, dan memberikan informasi yang baik.

Biasanya jenis ini akan terjadi dari beberapa faktor penting, antara lain website tersebut sudah mumpuni dari segi domain authority, serta page authority. Semakin tinggi nilai kedua nya, maka semakin cepat dalam proses perayapan, terlebih lagi mesin penelusuran akan memprioritaskan website tersebut.

Cuplikan Video Tutorial SEO Untuk Blogger



Semoga dengan adanya cuplikan video diatas, dapat mempermudah dalam memahami, dan mempelajari SEO. Hal ini kami lakukan untuk memberi sarana edukasi bagi siapapun yang ingin mempelajarinya.

Cuplikan Tutorial Video SEO Untuk Wordpress



Dengan belajar melalui blogger secara gratis, Anda nantinya akan mudah memahami dalam penerapan SEO di website yang berbasis CMS lain seperti wordpress. Silahkan nikmati video di atas, apabila bermanfaat, mohon di bagikan kepada yang lain, agar semua masyarakat dapat mempelajari dan memahami apa yang sedang di bahas. Bagi Anda yang mungkin ingin cepat tanpa harus belajar, kami menyediakan jasa seo, tentu dengan biaya yang terjangkau, silahkan lihat harga dan cara memesan di Jasa SEO Murah.

Penutup

Pesan sebelum Anda praktek, kami harap dapat memahami dengan baik, dan coba melihat dahulu apa yang sedang di bahas disini, terutama perhatikan gaya menulis dari paragraf awal sampai akhir. Demikian yang dapat Emosianisme.net sampaikan, tentang Tutorial SEO Singkat Dan Lengkap Page 1 Dalam Beberapa Menit. Dan mohon maaf apabila ada salah kata dalam penuturannya, sampai jumpa kembali di informasi lainnya, terima kasih sudah berkunjung.