Platform Blog Paling Tua - Emosianisme
Update
Loading...

Rabu, 04 Desember 2019

Platform Blog Paling Tua

Platform Blog Paling Tua

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Platform blogging memang merupakan salah satu pilihan paling praktis untuk langsung terjun ke dalam media sharing informasi online, terlebih sejak hadirnya berbagai platform blogging gratis yang memberikan akses kemudahan untuk menjadi blogger.

Meskipun spell check dari Microsoft menegaskan bahwa "blog" dan "blogger" bukanlah kata-kata yang "nyata" dalam artian harfiah, namun kata ini sudah tersedia di kamus sejak tahun 2003. Blog memiliki sejarah panjang dalam dunia internet.

Awalnya blogging tidaklah seperti yang kita lihat hari ini. Dulu blogging hanya mendapatkan momentum di kampus-kampus perguruan tinggi. Pada tahun 1994, seorang mahasiswa Swarthmore College Justin Hall memulai buku harian online yang disebut Justin's Links from the Underground. Situs tersebut adalah situs yang pertama kali dimulai sebagai panduan web, dan segera berubah menjadi kisah kehidupan Hall, dan membuatnya mendapatkan gelar pelopor blogger yang sangat populer. Tiga tahun kemudian, Jorn Barger menciptakan istilah "weblog," dan bentuk singkatnya menjadi, "blog," diciptakan oleh Peter Merholz.

Platform Blogging Tertua

Saat ini, web terdiri dari jutaan blog yang mencakup setiap topik yang begitu melimpah. Berikut ini adalah sejarah singkat dari beberapa platform media yang paling populer. Mungkin beberapa platform blogging gratis tersebut sebahagiannya sudah mulai terlupakan di gerus persaingan zaman, beberapa platform blog yang paling tua adalah:

1. Open Diary
Didirikan pada tahun 1998 oleh Bruce Ableson, Open Diary adalah situs web pertama yang menyatukan para pelaku jurnal online sebagai sebuah komunitas, karena para pengguna memiliki kemampuan untuk membaca jurnal mereka satu sama lain dan memberikan komentar pada mereka. Hingga saat ini, situs ini telah menjadi tuan rumah lebih dari lima juta buku harian sejak diluncurkan, dengan lebih dari setengah juta buku harian saat ini digunakan.

2. Live Journal
Live Journal diluncurkan pada bulan April 1999 oleh Brad Fitzpatrick dari Danga Interactive. Dan merupakan adalah salah satu platform blogging gratis dan komunitas online. Untuk beberapa tahun pertama, layanan ini hanya bisa di akses dengan undangan tetapi akhirnya dapat diakses oleh semua orang.

3. Xanga
Mirip dengan MySpace, Xanga dimulai pada tahun 1999 sebagai situs jejaring sosial yang sering dikunjungi oleh remaja. Satu tahun kemudian, Xanga menambahkan kemampuan blogging. Situs ini diperkirakan memiliki 40 juta pengguna (meskipun saya belum pernah mengenal seorangpun yang menggunakannya), dan ini merupakan situs ke-1.438 paling banyak dikunjungi di dunia.

4. Blogger
Blogger diciptakan oleh sebuah perusahaan San Francisco Pyra Labs pada tahun 1999. Dibuat atas prinsip "Hasrat" menurut situs tersebut, kemudian Blogger segera meningkat tajam, mendapatkan popularitas. Situs ini kemudian dibeli oleh Google pada tahun 2003, dan blog yang sedang anda baca saat ini menggunakan Blogger sebagai platformnya.

5. Dead Journal
Hadir dengan Open Source yang sama dengan Live Journal tetapi dengan tema yang lebih gelap, Dead Journal diciptakan oleh Frank Precissi pada tahun 2001, dan menjadi tempat bagi anak-anak Goth dan emo untuk menulis pikiran mereka yang gelap dan gelisah.

6. TypePad
Diluncurkan pada tahun 2003, TypePad berasal dari pembeli Live Journal, Six Apart. TypePad didasarkan pada platform Movable Type dengan keduanya berbagi template, teknologi, dan API yang sama. TypePad adalah platform Six Apart untuk blogger non-teknis. Tidak seperti kebanyakan situs blog, TypePad tidaklah gratis, tetapi pengguna bisa mendapatkan nama domain dot com sendiri.

7. WordPress
"WordPress lahir dari keinginan untuk sistem penerbitan pribadi yang elegan, terstruktur dengan baik yang dibangun di atas PHP dan MySQL dan dilisensikan di bawah GPL," menurut situs tersebut. Platform ini diluncurkan pada tahun 2003 sebagai hasil kreasi bersama antara Matt Mullenweg dan Mike Little sebagai penerus situs blog b2/cafelog Michel Valdrighi. Hari ini, WordPress adalah platform blogging paling populer di dunia terutama untuk self hosted Wordpress (Wordpress yang di install di hosting sendiri).

8. MySpace
MySpace diluncurkan pada tahun 2003 siap untuk mengambil Friendster sebagai jejaring sosial saat itu. Dibuat oleh Brad Greenspan, Chris DeWolfe dan Tom Anderson, situs ini mirip dengan tampilannya hari ini; hosting profil lengkap dan opsi blogging yang sangat mendasar. Hari ini, menurut MySpace, ada 225.747.687 blog di situs tersebut.

9. Tumblr
Dibuat oleh wunderkind David Karp pada tahun 2007, Tumblr adalah tambahan baru untuk blogosphere. Pengguna dapat dengan mudah mengunggah foto, teks, gambar, video dan percakapan ke situs tersebut dalam postingan. Situs ini menekankan kemudahan penggunaan dan mendorong berbagi dengan pengguna lainnya untuk "memposting ulang blog" yakni postingan yang mereka sukai. Dengan lebih dari 6 juta blog, sebuah media berita ternama Amerika The New York Times (anehnya) menyebutnya sebagai, "Pesaing baru Facebook dan Twitter."

Yup demikianlah informasi singkat tentang paltform-platform blogging tertua yang ada di internet saat ini, jika anda seorang blogger, platform manakah yang paling favorit menurut anda? Terimakasih dan Wassalamualaikum.
Post anyar
Ini adalah postingan terbaru
Komentar

Jika anda menemukan postingan ini menarik atau anda menemukan link error harap berikan komentar anda di bawah ini. Terimakasih.
EmoticonEmoticon

Notifikasi
Jangan lupa untuk berlangganan untuk mendapatkan update terbaru.
Tutup