Apa Itu Click Bait Berikut Penjelasannya -->

Advertisement

Apa Itu Click Bait Berikut Penjelasannya

Spesialis SEO Masakini
Selasa, 24 Desember 2019

Gambar Apa Itu Click Bait Berikut Penjelasannya

Halo Emosi muda,.. Assalamualaikum. Apa Itu Click Bait Berikut Penjelasannya - Click bait merupakan sebuah umpan, agar seseorang dapat mengklik sebuah judul konten. Click bait merupakan suatu istilah peyoratif, yang merujuk kepada konten website, bertujuan untuk mendapatkan penghasilan dari sebuah layanan iklan daring, terutama dengan mengorbankan kualitas atau akurasi yang sedang di bahas dalam halaman tersebut. Biasanya para pembuat konten seperti ini, mempunyai tujuan khusus agar para pengguna dapat berlangganan.

Terdapat pula jenis konten yang bergantung kepada tajuk sensasional dalam metode seperti ini. Tidak luput pada pemberian gambar mini yang menarik mata, guna mengundang click through pada sebuah halaman. Click bait mempunyai tajuk umpan klik bertujuan untuk mengeksploitasi kesenjangan, dengan memberikan informasi yang cukup membuat para pembaca merasa penasaran. Hal ini menjadi media dan sarana mengklik tautan atau pranala yang diberikan.

Sistem Click Bait Yang Jelas

Click bait merupakan cara membuat judul atau umpan yang dapat menarik minat pembaca. Fenomena click bait sudah lama beredar di berbagai media sosial, biasanya para pembuat konten yang menggunakan unsur click bait untuk menarik perhatian para pembaca, yang pada akhirnya mengklik judul unik tersebut.

Saat ini sudah banyak media masa yang memberikan judul dengan nuansa click bait. Apakah dengan cara ini dapat meningkatkan jumlah pengunjung situs?. Atau dengan penerapan click bait seperti ini akan meingkatkan click through pada sebuah halaman?. Para ahli SEO di dunia telah sepakat, sistem ini termasuk ke dalam kategori yang kurang ramah lingkungan. Namun dari sekian banyak pembuat konten, cara seperti ini masih saja tetap di gunakan.

Dari beberapa pertanyaan diatas, memang betul penggunaan click bait akan dapat meningkatkan jumlah pengunjung. Tetapi hal ini menjadikan jenis konten kita tidak bermutu, biasanya pengguna click bait seperti ini hanya mengejar daya tarik pengunjung, tanpa memperhatikan kualitas konten di dalamnya.

Adakah Kaitannya Click Bait Dengan Tehnik SEO?

Gambar Ingin Belajar SEO? Disini Tempatnya

Dari para ahli Institute of Technology yang berada diberbagai belahan dunia, sepakat bahwa unsur click bait tidak ada kaitannya dengan tehnik SEO. Bahkan sudah ratusan kali kami melakukan riset, dan menganalisah tentang unsur click bait di dalam konten, baik itu artikel, gambar, maupun jenis video.

Click bait merupakan sebuah istilah untuk judul berita yang akan dimuat pada halaman. Berfungsi untuk membuat penasaran para pembaca, dengan begitu mereka akan mengklik tautan atau judul dari pembahasan tersebut. Biasanya mereka akan menggunakan bahasa yang sifatnya provokatif tetapi menarik untuk dibaca. Karena judul merupakan elemen penting dari sebuah tema yang akan disajikan.

Sedangkan tehnik SEO berkaitan pada optimasi sebuah keyword yang akan ditargetkan pada mesin pencarian. Cukup beda sekali antara ranah clik bait, dengan metode SEO, apalagi dengan aliran white hat. White Hat SEO merupakan tehnik untuk menargetkan kata kunci pada halaman pertama mesin penelusuran. Sistem yang dipakai adalah menciptakan konten yang berkualitas, bukan membuat konten yang sifatnya mengundang rasa penasaran.

Apakah Bisa Kita Gabungkan Antara Clik Bait Dan SEO?

Secara garis besar, perusahaan raksasa seperti Google Inc, sudah menjelaskan di dalam peraturan yang berlaku. Google sangat tidak suka jenis konten yang mengundang click bait, karena mempunyai unsur yang sifatnya negatif bagi para pembaca. Apalagi baru-baru ini algoritma google sudah di perbarui dengan adanya BERT (Bidirectional Encoder Representations From Transformers).

Apa hubungannya dengan click bait, SEO, dan juga Google BERT?. Banyak sekali kaitannya dengan ini, karena setiap unsur kalimat yang disajikan tentu harus benar-benar relevan. Seperti contohnya harus menggunakan bahasa yang baik dan benar, agar dapat di terjemahkan oleh berbagai bahasa yang ada di dunia.

Sementara dalam kamus click bait, biasanya konten yang disajikan kurang dalam tatanan bahasa yang baik dan benar. Disini kita harus menyikapi penataan gaya bahasa agar lebih familiar. Nah kembali ke topik yang sedang di bahas, dalam penggabungan antara click bait dan SEO bisa saja di lakukan, namun jangan sampai mengundang unsur kalimat kontroversial, provokatif yang justru akan menjadi boomerang untuk pembuat konten tersebut.

Cara Penerapan SEO Bersama Clik Bait Yang Relevan

Gambar Pasang Iklan Gratis

Sebelum membahas ke metode yang super duper keren ini, ada baiknya Anda memahami tentang google Intent. Sudah lama google mengembangkan algoritma seperti ini. Google Intent merupakan jawaban bagi para pemula untuk memahami tehnik White Hat SEO. Para pemula biasanya berfikir bahwa SEO itu merupakan tehnik link building yang di disajikan secara frontal.

Akan tetapi para pakar SEO sepakat, bahwa tehnik dasar dari metode White Hat ialah konten yang berkualitas. Link building atau yang biasa kita sebut adalah backlink merupakan sebuah pondasi pada website. Sekarang bagaimana cara menerapkan SEO ditambah dengan Click Bait di dalamnya?, sebaiknya Anda jangan terlalu membuat konten yang mengandung kalimat negatif, untuk menciptakan sebuah karya agar terlihat relevan. Dalam pemilihan kalimat seperti ini sangat disarankan, karena para pengunjung pastinya ingin mencari konten yang sesuai dengan kebutuhan yang mereka cari melalui mesin penelusuran.

Simple dan mudah, apabila kita sudah memahami sebuah judul yang akan membuat pengunjung tetap berlangganan terhadap situs kita. Judul memang manjadi nilai yang baik dalam media manapun, hal ini telah terbukti dalam tingkat konverensi secara global. Terlebih lagi bila Anda seorang marketing dalam bidang tertentu, penggunaan judul seperti unsur click bait akan mengundang calon buyer terhadap omset penjualan yang ditawarkan oleh Anda.

Namun saran kami sebagai team analisah dibidang ini, ada baiknya pemilihan dalam sebuah kalimat memiliki sifat yang positif. Bukan hanya untuk diri pribadi sendiri khususnya, tapi untuk kualitas konten yang baik bagi para pembaca. Kami telah menganalisah ratusan, bahkan ribuan konten terkait dengan judul yang memiliki unsur click bait tersebut. Setelah kami telusuri didalamnya, malah cukup membingungkan ketika di baca, tidak sesuai dengan topik yang akan di sajikan, maka dari itu seluruh mesin penelusuran selalu saja memperbarui algoritma mereka.

Penutup

Disini kita bisa merasakan penggunaan clik bait akan berakibat seperti apa, namun kami tidak akan memberi kesimpulan dari tema tersebut, melainkan akan mengajak dan berfikir tentang nilai yang berhubungan dengan judul ini. Demikian emosianisme.net sampaikan, tentang apa itu click bait berikut penjelasannya untuk para jiwa muda, yang saat ini sudah memasuki masa tercanggih dalam sejarahnya. Sampai jumpa kembali di episode selanjutnya, dan terima kasih sudah berkunjung, Wassalammualaikum.