31 Alasan Mengapa Jangan Menjadi Blogger

31 Alasan Mengapa Jangan Menjadi Blogger

Halo emosi muda Assalamualaikum. Kita semua ingin hidup nyaman dan bahagia. Justru alasan itu yang memicu alasan lain hingga hadirlah judul di atas tentang mengapa Anda jangan sampai memulai membuat blog aka menjadi blogger. Jika anda mengidentifikasi salah satu dari hal ini, pikirkan dua kali sebelum anda membuat blog. Ini terutama berlaku jika anda memiliki kecanduan internet. Memang saya telah sering membahas alasan mengapa anda sebaiknya memiliki blog. Namun sekarang saatnya saya menjadi kontradiksi dan kita akan melihat sisi gelap dan mencari alasan untuk TIDAK memulai blog sama sekali.

Nah jika anda terganggu oleh hal-hal berikut, anda harus secara serius mempertimbangkan untuk mengejar sesuatu selain blogging.


1. Anda Mengalami Kecanduan Internet

Kecanduan internet itu nyata! Ini disebut sebagai Compulsive Internet Use/Penggunaan Internet Kompulsif (CIU), Internet Addiction Disorder/Gangguan Kecanduan Internet (IAD), atau Problematic Internet Use/Penggunaan Internet Bermasalah (PIU).

Meskipun Penggunaan Internet Kompulsif saat ini tidak diakui sebagai diagnosis resmi oleh beberapa badan kesehatan di dunia, namun tetap saja hal itu berbagi karakteristik dengan gangguan / kecanduan lainnya.

Kecanduan internet umum termasuk tetapi tidak terbatas pada:

  • Any Communication Addiction Disorder (CAD) yang terkait dengan media sosial, email, blogging, kencan online, dan komunikasi virtual lainnya.
  • Cybersex
  • Kecanduan judi online
  • Gangguan game internet
  • Belanja online
  • Perdagangan saham online
  • Kecanduan realitas virtual
  • Berselancar web


Penggunaan Internet Kompulsif terus meningkat. Jika anda menderita kecanduan internet, blog bukan ide yang bagus. Blogging malah dapat memicu kecanduan anda pada aktivitas internet.

2. Anda Ingin Cepat Menjadi Kaya

Blogging BUKAN (ingat sekali lagi BUKAN) jalan untuk menjadi kaya dengan cepat. Anda harus terjun ke dalamnya untuk jangka panjang.

Beberapa blogger mulai menghasilkan uang sejak hari-hari pertama ngeblog seolah-olah mereka di timpa karungan uang, tetapi itu sangat langka. Yang benar adalah bahwa hal itu bisa memakan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun sebelum anda akhirnya dapat melihat segala jenis penghasilan dan bahkan upah anda per jam akan sangat rendah.

Kurangnya penghasilan adalah mengapa begitu banyak orang berhenti ngeblog dan itu bagus karena telah mengurangi persaingan, termasuk bersaing dengan saya.

3. Tidak Ada Penghasilan Tetap

Penghasilan anda sebagai blogger akan berfluktuasi. Namun, sudah menjadi pengalaman saya bahwa pendapatan anda biasanya akan tumbuh kecuali ada kemunduran dalam beberapa hal.

Kemunduran bisa terjadi. Situs dapat turun atau memiliki masalah. Peringkat anda di mesin pencari bisa turun. Anda mungkin memiliki masalah kesehatan yang mencegah anda dari tugas blogging anda. Persiapkan diri anda untuk kemunduran ini sampai anda mendapatkan penghasilan pasif yang akan menutupi kebutuhan anda melalui masa-masa sulit ini.

4. Anda Menginginkan Gratifikasi Instan

Tidak masalah apakah anda mencari uang, ketenaran, jumlah pembaca, hubungan... Blogging membutuhkan waktu. Ada kurva pembelajaran dan anda harus membangun konten, pengikut, dan peringkat di mesin pencari seperti Google dan Pinterest.

Hanya setelah anda membayar "iuran" anda, maka anda akan mulai mencapai beberapa tujuan blogging ini.

5. Peningkatan Waktu di Komputer dan Internet

Tidak perduli apakah anda blogging penuh atau paruh waktu. Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu itu di komputer dan Internet.

Kebanyakan blogger penuh waktu yang saya kenal menghabiskan lebih dari 40 jam seminggu untuk menulis blog. Saya sendiri menghabiskan sekitar 60 jam seminggu kecuali jika mood saya sedang tidak bagus.

Waktu di komputer membuat anda jauh dari banyak kegiatan lain, teman, dan keluarga. Pastikan itu sepadan dengan mimpi sebuah mobil ferarri yang anda harapkan dari ngeblog.

6. Blogging Bisa Berbahaya bagi Kesehatan Anda

Duduk di depan komputer anda dapat memengaruhi kesehatan anda.

Ketidakaktifan Fisik
Duduk untuk waktu yang lama dapat menyebabkan masalah kesehatan serius yang mempersingkat hidup anda menuju ke alam baka yang anda rindukan atau anda takuti.

Duduk seharian meningkatkan risiko anda di antaranya adalah:
  1. Kanker
  2. Diabetes
  3. Penyakit jantung
  4. Kegemukan
  5. Trombosis vena dalam (DVT)
  6. Varises
  7. Osteoporosis 
  8. Tekankan punggung, leher, dan tulang belakang anda


Ketidakaktifan fisik bisa menyebabkan kematian. Sesederhana itu, iya sesederhana itu saja! Ingin mati? Di coba saja!

Jika anda menulis blog, berhentilah secara teratur dan berkeliling. Biarkan darah mengalir, regangkan dan lakukan semacam latihan seperti menari, tai chi atau bertingkah gila yang penting badan anda bergerak.

Cobalah jadwalkan istirahat anda setiap 30 menit bro!.

Melihat layar dalam waktu lama
Penggunaan monitor dalam waktu lama termasuk telepon pintar dapat menyebabkan:

  • Computer Vision Syndrome (CVS) atau Digital Eye Strain: Computer Vision Syndrome menyebabkan kelelahan mata, penglihatan kabur, mata kering, sakit kepala, penglihatan kabur, dan nyeri leher dan bahu.
  • Resiko rabun: Kedekatan jarak dengan monitor untuk jangka waktu yang lama dapat menyebabkan perkembangan rabun jauh.
  • Gangguan Tidur: Paparan sinar biru di malam hari menekan sekresi melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur anda.

Kecanduan Blogging
Ya, orang bisa saja menjadi kecanduan blogging. Kecanduan blogging adalah bentuk Communication Addiction Disorder (CAD). Ada sejumlah alat yang digunakan dalam blog yang berkontribusi terhadap Gangguan Kecanduan Komunikasi: media sosial, email, dan komunikasi virtual lainnya.

Memeriksa seberapa baik kinerja traffic anda dan berapa banyak uang yang anda hasilkan juga merupakan aspek yang membuat kecanduan dari blogging.

Meningkatkan Kecemasan
Sendiri untuk waktu yang lama dapat menyebabkan masalah kecemasan termasuk kecemasan sosial yang dapat menyebabkan penarikan diri dari lingkungan teman dan keluarga bahkan TUHAN!.

7. Anda Sedang Mencari Ketenaran

Ketenaran internet sulit dicapai dan cepat berlalu.

Jangan memulai blog dengan harapan mencapai ketenaran internet.

8. Anda Lebih Memilih Menjadi Anonim

Jangan membuat blog jika anda lebih suka tetap anonim. Anda harus menempatkan diri anda di sana. Blog anonim tidak akan bekerja dengan baik.

Orang ingin tahu siapa yang menulis posting yang sedang mereka baca. Sulit juga untuk membangun pengikut jika anda tidak menempatkan diri di luar sana. Membaca posting blog adalah investasi waktu. Saya tidak menginvestasikan waktu berharga saya untuk membaca blog anonim yang merasa dirinya adalah seorang alien dari planet saturnus dimana identitasnya harus di tutup-tutupi biar tidak di tangkap oleh agen NASA.

Blog anonim memberi tahu pembaca bahwa blog anda lebih berkualitas rendah dan anda sendiri malu dengan apa yang anda tulis atau lebih buruk dari itu, kontennya adalah spam yang dirancang untuk menipu orang dengan motif uang.

9. Anda Mungkin Menemukan Ketenaran Internet

Oke, terkadang blogger menemukan ketenaran internet tanpa mencarinya. Tapi ini jarang terjadi dan faktor face sangat tinggi, ingat banyak orang nusantara melihat orang dari segi FACE ketimbang isi dompet!

Ketenaran internet bisa jadi sulit bagi siapa pun yang menghargai privasi mereka. Stres mental, kecemasan, dan cyberbullying sering kali menyertai ketenaran internet. Jika anda tidak tahan di bully, stop bermimpi untuk menjadi terkenal, jika anda muka tembok mungkin masih ada kemungkinan, tapi ingat faktor face harus mendukung!

10. Berbagi berlebihan

Apakah anda memiliki kecenderungan untuk berbagi informasi secara berlebihan? Akankah berbagi berlebihan entah bagaimana membahayakan anda sendiri atau nyawa orang lain? Jika demikian, anda harus berpikir dua kali sebelum memulai blog.

Kesalahan berbagi yang berlebihan dapat berakibat, tidak hanya dalam hidup anda sendiri tetapi dalam kehidupan orang lain. Begitu sesuatu diletakkan di Internet, informasi itu akan tetap ada di sana selamanya. Bahkan jika anda menghapusnya, seseorang atau beberapa server internet kemungkinan besar menyimpannya.

Kesalahan berbagi berlebihan yang dilakukan oleh blogger:

  1. Lokasi: Jangan berbagi lokasi seperti tempat anda tinggal, bekerja, bermain, atau tempat lain yang akan membuka privasi anda untuk kunjungan dari beberapa orang sirik atau pencuri saat anda jauh dari rumah.
  2. Detail Sangat Pribadi: Data pribadi, detail keluarga, rahasia, ukuran celana dalam, detail ketimpangan psiko ...
  3. Menjadi Negatif: Jadilah nyata, tetapi jadilah positif. Tidak ada yang mau membaca banyak posting negatif kecuali orang-orang yang depresi.
  4. Posting atau Menanggapi Kemarahan: Menyiarkan keluhan dan ketidaksepakatan di blog dapat menyebabkan masalah dan mengasingkan pembaca.
  5. Mengumpat: Hindari mengumpat di blog. Jika anda tidak dapat berkomunikasi tanpa memaki, jangan membuat blog. Banyak orang tidak menyukainya. Anda akan sangat membatasi audiens anda dan potensi.
  6. Detail Kotor: Detail tentang luka, penyakit, kotoran, dll dan ini adalah hal-hal yang menjijikkan.


11. Weirdos di Web

Blogging membuka kesempatan anda untuk mendapat perhatian dari hal yang tidak diinginkan, mulai dari pengganggu, pencabul, penguntit, dukun gila... Ya sebut saja orang-orang aneh di luar sana.

12. Blogging Adalah Kerja Keras

Apakah menurut anda blogging terlihat mudah?

BUKAN!

Blogging adalah pekerjaan yang membutuhkan kesabaran, stamina, dedikasi, dan disiplin diri yang luar biasa. Itu menyenangkan sebagian besar waktu, tetapi tetap saja itu sebuah pekerjaan.

Jika anda tidak mau bekerja keras, jangan membuat blog, cukup ongkang-ongkang kaki saja dan berharap ada Jin yang datang mengantarkan segepok uang setiap harinya dengan catatan anda menjadi budaknya setelah mati kelak.

Beberapa blogger akan memberi tahu anda betapa mudahnya menjadi blogger yang sukses. Sebagian besar blogger ini mencoba menghasilkan uang dengan cara tertentu yang mereka rahasiakan, banyak dari mereka membuat berbagai motivasi blogging seolah-olah blogging itu begitu mudah tanpa membagikan resep sihir ajaibnya (maklum, takut saingan).

Mari kita hadapi kenyataan!

Blogging bisa jadi sulit tetapi anda bisa melakukannya jika anda tidak takut pada resiko pekerjaan itu.

13. Kewajiban dan Hukum

Ada aspek hukum blogging yang harus anda ketahui sebelum memulai blog.

Jenis blog tertentu membuat anda memiliki tanggung jawab lebih besar daripada yang lain, meskipun beberapa ranah hukum cukup sederhana cenderung mencakup sebagian besar kebutuhan hukum anda seperti memasang Kebijakan Privasi dan Ketentuan Penggunaan.

Jangan membuat blog jika anda menemukan legalitas dan kewajiban terlalu berisiko. Misalnya saja anda membuat blog niche kesehatan terus main posting saja tentang manfaat daun ini dan daun itu sementara anda bukanlah seorang apoteker ataupun dokter, anda tidak tahu efek samping atau zat berbahaya apa yang ada di dalamnya. Kebetulan ada user panik yang mencoba resep ramuan anda yang belum teruji dan berakhir di kamar gawat darurat!

14. Blogging Membutuhkan Waktu

Apakah anda memiliki waktu untuk blog? Blogging membutuhkan investasi waktu.

Butuh waktu untuk menulis posting blog, membuat grafik, mempelajari teknologi baru, berinteraksi dengan audiens anda, terlibat dengan media sosial, dan kegiatan lainnya.

Blogging juga merupakan permainan jangka panjang. Butuh waktu untuk membangun pengikut sosial dan peringkat di mesin pencari. Mungkin butuh 3 bulan, 6 bulan, bahkan bertahun-tahun atau di kehidupan anak cucu anda, nah sebelum anda mendapat peringkat di Google Search. (Catatan: Pencarian Pinterest memberikan hasil yang lebih cepat. Terutama menggunakan alat-alat seperti Tailwind.)

Semakin lama anda bertahan dengan blogging maka itu semakin baik kemungkinannya.

15. Anda Ingin Keseimbangan Pekerjaan / Kehidupan yang Lebih Baik

Jangan membuat blog jika anda menginginkan keseimbangan kerja / kehidupan yang lebih baik. Bagi sebagian besar orang, blog malah menambah beban kerja.

Apakah bekerja penuh waktu dan blogging paruh waktu atau anda berpikir untuk blogging penuh waktu. Blogging membutuhkan banyak waktu!

Saya pernah menjadi blogger penuh waktu. Saya biasanya menghabiskan 60 jam seminggu, dan saya merasa selalu ketinggalan banyak hal karena itu. Saya suka blogging! Saya menemukan hal itu memang menarik!

Setidaknya saya ada melakukan istirahat singkat dengan blogging. Hanya berjalan kaki singkat dari tempat tidur saya ke meja saya. Pergi ke kamar mandi untuk plonga-plongo sebentar atau untuk minum kopi di tepi jalan sambil bergosip politik dengan tukang becak.

16. Pekerjaan Anda Selalu Membayangi Anda

Anda tidak pernah meninggalkan pekerjaan blog anda seperti anda bisa lakukan dengan beberapa pekerjaan konvensional anda.

Beberapa orang benar-benar meninggalkan pekerjaannya demi blogging. Saat anda menjadi seorang blogger, pekerjaan itu selalu hadir bersama anda. Bahkan saat anda berlibur!

Dengan teknologi saat ini, akses ke blog anda selalu ada di tangan, apakah itu komputer di warnet, laptop, atau smartphone. Yap, smartphone. Sebagian besar tugas blogging saat ini dapat dilakukan di ponsel anda.

Saya telah bekerja untuk diri saya sendiri selama lebih dari bertahun-tahun. Saya memiliki kantor pusat (warung kopi) dimana sebagian besar waktu ngeblog saya habiskan disitu. Saya benci berjalan-jalan gak karuan di depan laptop saya karena tahu saya bahwa saya belum menyelesaikan artikel. Apalagi berjalan-jalan di warung kopi tentu saja menimbulkan pandangan aneh dari pemabok kopi lainnya.

Bagaimana dengan kamu? Apakah tugas-tugas blog menjulang membuat anda stres? Jika demikian, blogging mungkin bukan untuk anda. Lain halnya jika anda pecinta stres, mari kita ngeblog!

17. Asupan Kopi Anda Akan Meningkat

Saya minum kopi dalam jumlah besar untuk terus bekerja. Apakah anda akan blogging dari rumah atau di kedai kopi favorit anda. Tagihan kopi anda cenderung meningkat. Harus tetap waspada! Karena tingginya penggunaan kopi bisa menyebabkan pedagang teh menjadi rugi.

18. Orang Tidak Akan Memahami Apa yang Anda Lakukan

Pernah ditanya apa pekerjaan anda? Saya yakin anda pasti punya ya kan?

Apa yang akan anda katakan kepada orang-orang jika anda seorang blogger? Kebanyakan orang tidak mengerti blogging. Banyak orang yang akan menghakimi anda secara membabi buta, meng-anjing buta dan memonyet buta.

Pernah suka membicarakan hari-hari anda di tempat kerja? Jika anda seorang blogger, non-blogger (bahkan teman atau tetangga anda) cenderung merespons dengan tatapan kosong. Orang-orang tidak akan mengerti apa yang anda bicarakan.

Melampiaskan atau menyombongkan tentang prestasi anda kepada teman dan keluarga juga mungkin akan membuat mereka semakin bingung. 🙁

19. Anda Benci Teknologi

Nah, jika anda membenci hal teknologi. Jangan ngeblog! Simpel seukali bukan?

20. Anda benci menulis

Jika anda tidak suka menulis, blog bukan untuk anda. Blogging membutuhkan pembuatan konten asli, unik, asyik dan berkualitas secara teratur.

YouTube atau podcasting mungkin masih menjadi pilihan untuk anda pertimbangkan. Jika anda juga tidak menyukai itu, saya hanya bisa geleng-geleng kepala.

21. Anda Benci Media Sosial

Jika anda membenci media sosial, maka berfikir panjang dan keraslah sebelum memulai blog. Media sosial sering kali merupakan media yang sangat di perlukan. Blog dan sosial media sering berjalan beriringan.

Saya sejatinya bukan penggemar media sosial untuk penggunaan pribadi saya, tetapi saya menghargainya sebagai alat bisnis.

22. Berpikir Bahwa Blog Adalah Tentang Anda

Semua orang ingin tahu apa untungnya bagi mereka. Seperti itulah adanya fakta bro.

Blogging yang sukses adalah tentang memenuhi kebutuhan orang lain. Orang-orang hanya akan membaca posting blog yang bermanfaat bagi mereka.

Jika anda ingin sebuah blog murni untuk kepuasan diri, anda mungkin membuang-buang waktu.

23. Anda Membenci Orang

Blog yang sukses adalah tentang membantu orang dan jaringan. Jika anda tipe pembenci orang lain, maka anda tidak akan senang blogging dan pembaca anda akan tahu. Bisa saja juga mereka akan mulai membenci anda dan menjadwalkan untuk menantang anda baku hantam di MMA.

24. Mempengaruhi Orang

Anda dapat memengaruhi orang-orang dengan blog anda. Itu adalah tanggung jawab yang tidak boleh anda anggap enteng. Orang-orang akan memandang anda sebagai seorang ahli dalam niche anda.

Apakah anda siap menjadi perubahan untuk menjadi lebih baik?

25. Anda Pengecut

Membuat blog berarti mengambil risiko. Anda memiliki semua risiko yang sama dengan memulai bisnis lainnya (uang, waktu, dll.) Dan ini sangat umum. Anda menerbitkan ide-ide anda untuk di lihat dunia dan mempertaruhkan reputasi anda pada penolakan massal. Ya semua itu adalah resiko yang harus di hadapi, jika anda tidak berani sebaiknya jangan ngeblog, cukup nonton teletubies saja.

26. Akuntabilitas

Akuntabilitas mirip dengan tanggung jawab tetapi ketika anda bertanggung jawab, tanggung jawab berhenti pada anda. Anda membuat keputusan dan pada akhirnya bertanggung jawab atas keputusan itu.

Anda dimintai pertanggungjawaban publik atas pernyataan dan tindakan anda sebagai seorang blogger, jadi pastikan anda tetap jujur ​​dan melindungi diri anda secara hukum meski hukum bisa saja di beli.

27. Biaya

Ada biaya awal untuk membuat blog yang sukses.

Apakah anda tahu berapa biaya untuk memulai blog dan dapatkah anda melakukan investasi yang diperlukan?

Seiring blog anda tumbuh membesar, investasi tambahan perlu dilakukan.

Pada waktunya, jika anda memposting konten berkualitas yang membantu orang lain, penghasilan anda harus melebihi investasi bulanan anda ... Untung! Haiiya.. lo untung lo ganda maaa.

28. Teknologi Selalu Berubah

Jika anda tidak suka mengikuti teknologi, blog mungkin tidak cocok untuk anda karena anda mungkin lebih suka tinggal di hutan di era parasejarah dimana badan nyamuk masih berukuran gaban.

Perubahan dalam teknologi sering melibatkan pembelajaran, pengeluaran biaya, dan pembaruan ke blog anda. Ada saat-saat ketika saya harus kembali dan melakukan perubahan pada setiap posting blog. Memang membosankan tapi itu perlu.

29. Blogging itu Kesepian

Blogging mengisolasi kehidupan anda. Ini terutama jika dilakukan sendiri. Bahkan jika anda jauh dari rumah dan ngeblog di kedai kopi yang ramai, Anda hanya dikelilingi oleh orang-orang. Kerumunan terkadang membuat seseorang bisa merasa kesepian.

Ya, anda mungkin akan mendapatkan email dan komentar. Anda akan berinteraksi dengan orang-orang di media sosial. Tetapi anda jarang bertemu orang-orang ini secara langsung, dan jika pernah maka anda sangat beruntung, kecuali anda bertemu dengan psikopat.

Bisakah anda menangani isolasi yang menyertai blogging?

30. Anda seorang perfeksionis

Anda harus melepaskan perfeksionisme jika anda akan meluncurkan blog dan memposting secara teratur. Benar-benar tidak ada blog yang sempurna dan itu akan menjadi biaya dan waktu yang dihabiskan untuk mencoba kesempurnaan.

31. Anda benci mempelajari hal-hal baru

Jika anda benci mempelajari hal-hal baru, maka blog bukan untuk anda. Sebenarnya ada banyak hal untuk blogging.

Blogging lebih dari sekedar menulis. Ada banyak teknologi, analisis statistik, hal-hal bisnis, jaringan dan daftar itu kadang-kadang tampak tak ada habisnya.

Bagian baiknya, anda tidak harus tahu semuanya untuk memulai blog anda. Ini adalah hal-hal yang akan anda pelajari dari waktu ke waktu.

Haruskah anda Mulai Membuat Blog?

Haruskah anda memulai sebuah blog? Saya tidak bisa menjawabnya untuk anda. Tapi saya sendiri senang menjadi seorang blogger.

Jika anda berpikir blogging itu bagus untuk anda, Anda dapat memesan pembuatan blog dari saya jika anda ingin segera menulis dan tidak ingin pusing dengan segala setingan tetek bengek ini itu seperti yang saya alami bertahun-tahun yang lalu ... Yah, agak seperti yang saya lakukan saat ini lah! Jauh lebih mudah sekarang! Cukup hubungi saya, kasi panjar 50% dan jadi deh.... Tunggu apa lagi? Sekian dan Wassalamualaikum.

Biografi lengkap penulis bisa anda lihat di Tentang Kami

Artikel Lainnya
Previous
Next Post »

5 Comments

  1. Pertanyaan saya, kenapa Anda senang menjadi seorang blogger? Dan menulis di dunia blogging? Jawab secara detail alasannya, dan jangan super singkat ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya menjadi seorang blogger demi masa depan wak, disini bisa menjadi media promosi skill dan kemampuan saya dengan demikian saya bisa meminta orang-orang untuk menggunakan jasa saya hahahah

      Hapus
    2. Wah patut di contoh ini, tapi kok dari tema ini ada keanehan luar biasa ya Om, entahlah mungkin saya terlalu terbawa suasana, semoga saya jadi ketua blogger Indonesia di masa yang akan datang

      Hapus
    3. Hahahha... silahkan om, ane ikut aja dah, ane cuma berharap penghasilan blogger dalam sehari cukup untuk makan setahun wkwkkw

      Hapus