Seni Membuat Paludarium atau Aquaterrarium

Seni Membuat Paludarium atau Aquaterrarium

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Mungkin anda pernah melihat bentuk ini di kebun binatang atau di alam natural. Paludarium adalah kombinasi dari terarium dan akuarium konvensional. Di atasnya berupa hutan hujan, dan di bawahnya ada akuarium. Aqua-terarium, juga disebut paludarium (bahasa latin: palus = rawa), sangat populer di kalangan penggemar biotope. Dengannya anda dapat mensimulasikan zona tepi sungai, lanskap dengan air terjun dan mata air yang sangat otentik. Paludarium, juga disebut aquaterrarium atau akuarium air terjun, adalah perpaduan dari seni Aquascaping (Seni berkebun di dalam air), akuarium dengan terarium. Sebagian besar, paludaria digunakan sebagai habitat bagi ikan atau hewan amfibi seperti katak atau kepiting semi-akuatik, tetapi juga untuk reptil seperti kura-kura. Biasanya, bagian akuatik akan masuk ke area daratan. Ada bentuk khusus dari paludarium, yang disebut "Riparium". Bagian ini didedikasikan untuk desain zona riparian. Paludaria meniru biotop seperti rawa, disertai dengan kelembaban udara yang lebih tinggi. Untuk menjaga kondisi ini, perlu dilakukan tindakan teknis atau struktural khusus.

Aquaterarium

Selain paludaria di mana hewan dipelihara, ada juga tata ruang yang terfokus pada tanaman air saja. Bentuk-bentuk ini terkait erat dengan bentuk budidaya tanaman Wabi-Kusa dan metode Dry Start. Karena desain khusus paludarium, tanaman akuarium dapat dibudidayakan dan dilihat dalam bentuk terendam (di bawah garis air) dan juga muncul (di atas garis air).

Peralatan yang diperlukan

Peralatan teknis yang diperlukan untuk paludarium sangat mirip dengan akuarium dan aquascaping, misalnya filtrasi dan lampu. Namun, peralatan teknis harus disesuaikan dengan keadaan yang sedikit berbeda. Faktor penting yang harus diperhitungkan dalam aquaterrarium atau paludarium adalah kelembaban yang tinggi. Kita akan melihat lebih dekat pada masing-masing poin di bawah ini.

1. Tangki kaca

Untuk aquaterrarium, biasanya digunakan desain khusus wadah kaca. Ada tangki tertutup dengan sistem tutup dan terbuka. Versi yang terakhir sering memiliki panel depan yang jauh lebih rendah, yang memberikan pandangan tanpa hambatan dari desainnya. Cukup sering panel depan paludaria terlihat buram karena kondensasi dan tampilan ini tidak benar-benar menarik.

Tangki kaca
Inlet filter kaca ekstra dalam dan pipa jet yang berfungsi sebagai outlet filter disertakan, sesuai dengan desain. Langkah-langkah kaca di dalam tangki memfasilitasi desain naik ke arah belakang tangki, meningkatkan efek air terjun.

Perhatian: Jika anda berencana memelihara hewan seperti kepiting yang suka menjelajah, anda harus memilih sistem tertutup! Pada dasarnya anda dapat dengan mudah mengubah akuarium klasik menjadi aquaterrarium atau paludarium, hanya dengan membuat sedikit adaptasi pada peralatan teknis dengan kondisi baru.


2. Penyaringan

Pada dasarnya, bagian akuatik dari paludarium membutuhkan peralatan teknis yang sama dengan akuarium klasik. Air perlu dijaga kebersihannya dengan menggunakan filter yang sesuai dalam bentuk khusus ini juga. Anda harus mempertimbangkan sedikit air dalam paludarium, atau lebih tepatnya tingkat air yang rendah di dalam tangki saat anda memilih filter. Beberapa filter internal dapat dioperasikan secara horizontal dan karenanya sangat cocok untuk permukaan air yang lebih rendah.

Jika anda berencana menggunakan filter eksternal, anda harus menyesuaikan pipa masuk dan keluar ke permukaan air. Inflow harus mencapai turun cukup jauh sehingga tidak malah menghisap udara. Dan filter outflow, kami merekomendasikan bar semprotan atau solusi multichannel lainnya. Misalnya, anda dapat membagi ujung selang filter tebal menjadi tiga selang yang lebih kecil dengan diameter 4/6 mm. Ini memperlambat aliran air secara signifikan. Dengan trik kecil ini, anda dapat menyirami kelompok tanaman yang berbeda secara individual dan tepat.

Selang filter paludarium


3. Penerangan

Sistem pencahayaan harus dipilih dengan cara yang memberi cahaya bagi tanaman baik di bawah maupun di atas garis air. Di sini anda dapat kembali ke sistem pencahayaan yang dapat diinstal, misalnya, cahaya tinggi. Dengan cara ini, pengaturan hardscape dan tanaman yang lebih tinggi dapat ditampung. Pilihan yang baik adalah ADA Aquasky High Type atau seri A-plus oleh Chihiros.

Chihiros - Sistem LED - A451 plus
Lampu penerang paludarium Chihiros - Sistem LED - A451 plus


4. Kelembaban

Harap perhatikan kelembaban udara di akuarium, akuarium air atau air terjun mini anda. Jika anda memelihara tanaman akuarium khas dalam bentuk yang muncul pada kelembaban ruangan normal, kemungkinan besar akan mengering dan mati. Kelembaban dapat dijaga pada tingkat yang cukup dalam sistem tertutup jauh lebih mudah daripada paludarium model terbuka. Saat anda menggunakan tangki terbuka, anda perlu menyemprot tanaman dengan air secara teratur, yang dapat dilakukan secara manual (dengan botol semprotan praktis) atau secara otomatis dengan bantuan beberapa peralatan teknis yang sesuai. Sistem sprinkler dan fogger ultrasonik yang tersedia untuk terraria cukup cocok untuk tujuan ini, misalnya. Alternatif mudah untuk ini adalah metode penyiraman yang telah kami jelaskan di atas, di bawah titik "Filtrasi": penggunaan aliran keluar filter multichannel (misalnya bilah semprotan). Saat anda mengatur tata letak hardscape anda dan tanaman dalam desain bertingkat, cukup tempatkan saringan keluar setinggi mungkin di paludarium anda, sehingga air dapat mengalir secara permanen ke bawah di atas tanaman, batu dan kayu dan berikan mereka kelembaban yang cukup di samping.

4. Peralatan teknis lainnya

Jika diperlukan suhu yang lebih tinggi (misalnya untuk beberapa hewan paludarium), anda harus memasang pemanas. Di sini, anda juga dapat menggunakan variasi yang lebih ringkas dan lebih pendek. Jika anda ingin menyediakan tanaman terendam dengan jumlah nutrisi yang optimal, maka sistem CO 2 sangat diperlukan. Seperti halnya tabung filter, level air rendah harus diperhitungkan, jadi anda harus memilih diffuser yang dapat dipasang cukup dalam.

Nah demikian info dasar dari seni Paludarium, kreativitas dan pengalaman akan sangat diperlukan untuk membuat seni aquaterrarium dengan sukses.

Video contoh:

Terakhir, kami ingin menunjukkan kepada anda sebuah video pembuatan aquaterarium yang mungkin bisa menginspirasi anda untuk membuat versi kreatif anda sendiri. Selamat mencoba.


Biografi lengkap penulis bisa anda lihat di Tentang Kami

Artikel Lainnya
Previous
Next Post »