Tips Memilih Hosting Indonesia - Emosianisme
Update
Loading...

Minggu, 24 Maret 2019

Tips Memilih Hosting Indonesia

Tips Memilih Hosting Indonesia

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Jika anda atau bisnis anda mulai terjun kedalam ranah internet global, tentunya anda akan membutuhkan semua sarana berbasis IT untuk mendukung bisnis anda, dalam hal ini akan selalu ada pertanyaan dan tantangan yang harus bisa bersinergi dengan bisnis anda, salah satu dari pertanyaan tersebut adalah tentang apa hal yang penting yang perlu anda ketahui tentang hosting?

Memilih Hosting Terbaik

Hosting hebat selalu bermuara pada 3 hal yakni: Kecepatan, Dukungan, dan Keamanan, anda memerlukan kemampuan untuk mengukur situs web anda dengan cepat seiring dengan meningkatnya target audiens anda serta ketahanan untuk menangani ledakan trafik tinggi yang bisa saja datang tiba-tiba. Layanan hosting tersedia dalam berbagai tipe, dimulai dari beberapa ribu rupiah per bulan hingga ratusan ribu. Jika anda memulai bisnis kecil, anda mungkin dapat menggunakan servis hosting paket dasar, dan anda bisa mengupgrade hosting anda kapan saja yang anda inginkan, tentunya sesuai dengan budget yang anda miliki. Disini akan ada banyak pilihan yang sesuai dengan bisnis anda.

Putuskan berapa banyak yang anda butuhkan. Layanan dasar biasanya menyediakan akses ke email, tiket, dan dukungan telepon. Namun, waktu penyelesaian permintaan akan bervariasi. Beberapa penyedia layanan bahkan menawarkan dukungan telepon 24 jam penuh. Faktor pembatas untuk layanan yang tidak dikelola dengan benar adalah bahwa meskipun vendor anda dapat menjawab pertanyaan tentang konfigurasi dasar, namun mereka tidak akan menjadi manajer sistem anda.

Jika anda ingin mendelegasikan pengelolaan situs anda sepenuhnya, maka anda sebaiknya mempertimbangkan layanan terkelola. Penyedia layanan yang dikelola akan memastikan sistem anda dikonfigurasi dengan benar untuk beban situs anda, mengawasi masalah keamanan, menambal perangkat lunak anda jika ada celah keamanan sesuai kebutuhan dan mengelola back up di antara tugas-tugas lainnya.

Perkirakan Jumlah Trafik

Penyedia Web Hosting umumnya mengenakan biaya berdasarkan penyimpanan dan penggunaan bandwidth. Bandwidth adalah ukuran berapa banyak data byte yang anda gunakan selama periode tertentu. Jika situs anda hanya ditujukan untuk beberapa orang untuk mengunjungi situs anda, maka penggunaan bandwidth akan rendah. Tetapi jika situs anda ditampilkan di pencarian utama Google atau produk anda menjadi viral, disini anda dapat mempertimbangkan untuk meningkatkan bandwidth.

Selama anda jujur ​​pada diri sendiri untuk hal yang anda butuhkan, rasanya tidak akan ada banyak risiko. Misalnya, jika situs anda berencana hanya melayani beberapa halaman untuk beberapa pelanggan lokal, tentu saja web anda tidak akan pernah melebihi batas apa pun baik dari kapasitas penyimpanan maupun bandwidth. Tetapi jika anda tahu bahwa anda benar-benar ingin membangun situs yang ditujukan untuk menampung trafik dalam jumlah besar, pastikan untuk memilih server khusus atau berbasis cloud yang memiliki kapasitas besar yang cocok untuk segala macam keperluan bisnis anda.

Memahami Jenis Server

1. Shared Hosting
Hosting paling murah biasanya selalu tersedia di server bersama, di mana satu server dapat menjalankan banyak situs web sekaligus. Kinerja situs anda tergantung pada beban yang ditempatkan pada situs lainnya yang berada di host yang sama. Hosting bersama juga membatasi akses anda ke kemampuan server, umumnya membatasi anda untuk mengunggah file melalui FTP atau SFTP, mencegah akses shell, membatasi program apa yang dapat anda jalankan pada layanan dan membatasi jumlah akses database situs anda.

2. VPS
Tingkat berikutnya adalah VPS (Virtual Private Server), yang merupakan contoh lengkap dari mesin virtual (komputer yang disimulasikan) yang berjalan pada sebuah host khusus. Biasanya, penyedia hosting menjalankan banyak instance VPS dalam satu layanan, tetapi kinerjanya hampir selalu lebih baik daripada layanan bersama tingkat dasar. Jika anda menggunakan VPS, maka anda harus terbiasa dengan pengelolaan maintenance dan manajemen server dasar.

Jika anda tidak ingin berbagi kinerja dengan situs lain, pertimbangkan server hosting khusus ini, VPS adalah server fisik yang disewa untuk anda. Bisa dikatakan VPS sama seperti memiliki komputer server yang terduduk di belakang meja anda, hanya saja server itu sendiri terletak di pusat data penyedia layanan hosting dan untuk ini anda dituntut untuk memiliki keterampilan manajemen sistem yang berlaku.

3. Cloud Server
Server cloud mungkin merupakan pilihan yang lebih baik. Server jenis ini biasanya berjalan di cloud publik raksasa, seperti Amazon Web Services atau Microsoft Azure. Penyedia layanan ini dapat membangun konfigurasi apa pun yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan mereka. Manfaat besar dari server cloud adalah anda dapat mengatur segalanya dengan mulus. Jika anda di tuntut harus mampu menangani lonjakan lalu lintas yang cukup besar, anda hanya cukup membayar tambahan ke penyedia server anda. Tidak ada yang perlu dipindahkan atau dibangun kembali.

Tips Memilih Hosting Indonesia

Waspadai Penawaran Unlimited

Beberapa penyedia hosting menawarkan apa yang disebut penyimpanan tidak terbatas dan unlimited bandwidth dengan jumlah tertentu perbulannya. Kesepakatan ini sering kali tidak seperti apa yang tampak. Jika anda membayar misalnya sebesar 30 ribu rupiah sebulan untuk hosting, kemungkinan akan ada sesuatu yang akan di tambahkan ke dalam persyaratan layanan anda yang memungkinkan penyedia hosting anda untuk mempercepat kinerja situs anda atau mematikan hosting anda setelah tingkat penggunaan tertentu yang dianggap menguras source penyedia hosting anda.

Selalu Back Up Situs Anda

Sebagian besar layanan hosting saat ini memang sudah cukup bagus, tetapi waktu selalu berubah. Perubahan manajemen, akuisisi, dan pergeseran teknologi dapat mengubah paket hosting web anda. Pastikan situs anda tidak terkunci di salah satu hosting, dan anda sebaiknya memiliki back up untuk mengantisipasi setiap kemungkinan buruk.

Untuk bisnis saya sendiri, saya akan fokus untuk memastikan bahwa saya menggunakan sistem manajemen konten dengan penyedia hosting yang saya anggap bagus. Banyak orang menggunakan WordPress, sebuah CMS paling banyak digunakan saat ini. Jika anda menggunakan WordPress pastikan anda melakukan pembaruan rutin dan memback-up situs anda, sehingga anda selalu memiliki akses ke data, media, dan struktur situs anda. Pendekatan ini berarti semua yang perlu anda lakukan adalah memuat cadangan anda di layanan penyedia lain dan arahkan nama domain anda ke penyedia itu. Untuk memulai situs berbasis WordPress saya rasa anda sangat perlu untuk mempertimbangkan WordPress Hosting yang memang di dedikasikan untuk segala sesuatu yang menyangkut dengan kepentingan web berbasis WordPress.

Nama Domain Bisnis

Nicholas Rubright, pendiri dan CEO layanan streaming musik Dozmia, merekomendasikan bahwa semua bisnis pemula wajib memiliki domain branding. "Pastikan anda memiliki domain. Dengan begitu anda dapat mengubah penyedia layanan hosting anda jika diperlukan, dan memiliki manfaat SEO apa pun yang diperoleh," kata Rubright.

Sekarang setelah anda tahu cara membuka situs anda di internet, tentunya anda sudah siap untuk memulai. Majulah dan bangunlah sesuatu yang hebat. Pertimbangkan penyedia hosting yang ada untuk menemukan layanan yang sesuai untuk bisnis anda. Di akhir artikel ini saya merekomendasikan sebuah layanan penyedia hosting yang mungkin bisa anda pertimbangkan, cukup klik tautan berikut "Web Hosting Indonesia". Semoga bermanfaat, sekian dan Wassalamualaikum.
Komentar

Jika anda menemukan postingan ini menarik atau anda menemukan link error harap berikan komentar anda di bawah ini. Terimakasih.
EmoticonEmoticon

Notifikasi
Jangan lupa untuk berlangganan untuk mendapatkan update terbaru.
Tutup