Membuat #Sitelinks Search Box Di Blogger Dan Wordpress - Emosianisme
Update
Loading...

Rabu, 20 Maret 2019

Membuat #Sitelinks Search Box Di Blogger Dan Wordpress

Gambar Membuat #Sitelinks Search Box Di Blogger Dan Wordpress

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Cara Membuat #Sitelinks Search Box Di Blogger Dan Wordpress - Pasti Anda telah memperhatikan dari hasil pencarian tertentu dalam #SERP, bahwa setiap wesbite atau blog terdapat skema markup. Semua pengunjung dapat mencari situs dalam hasil pencarian. Sebelumnya google telah mengumumkan sitelinks kotak pencarian (Sitelinks Search Box). Dan sebagian besar blogger, WordPress, pengembang website dapat menampilkan kotak pencarian di sitelinks hasil pencarian Google tersebut. 

Banyak manfaat yang ada dalam hal #SEO, dengan adanya tambahan yang di berikan oleh Google, tentu dapat mengumpulkan data situs untuk meningkatkan lalu lintas. Banyak dari Anda mencoba menambahkan Google Sitelinks, tetapi masih diperlukan Sitelinks Search Box, dan kebanyakan tidak dapat menampilkan di SERP mereka. Di sini kita akan melihat bagaimana menerapkan Sitelinks Search Box di Blogger, Wordpress atau Website lainnya dengan menggunakan schema.org markup. 

2 Cara Menampilkan Sitelinks Search Box Pada Situs



Langkah untuk mengaktifkan fitur tersebut di SERP, kita perlu mengubah beberapa script pada template situs tersebut. Bagaimana cara untuk menampilkan situs, dalam hasil pencarian google dengan kotak pencarian Sitelinks?, seperti pada gambar diatas dari situs Alibaba. Untuk menerapkan fitur Sitelinks Search Box seperti ini pada sebuah situs atau blog, situs web kita harus memiliki SearchAction markup.

Kotak Pencarian Sitelinks Dari Schema.org

Situs ini memberikan markup schema.org/SearchAction, dimana salah satu markup paling populer. Setelah Anda menginstal markup maka webmaster (console), dapat menggunakan schema.org dari halaman indeks mereka. Markup pada situs kita harus memiliki nila "@type", agar dapat menentukan jenis situs Anda. Selain itu, terdapat juga nilai "url". Markup pada situs Anda mempunyai nila "PotentialAction" & "target". Mari kita langsung saja pada tips membuat skema markup di dalam situs Anda, agar mendapatkan Sitelinks Search Box yang di berikan oleh SERP.


1. Cara Mendapatkan Sitelinks Search Box Blogger Di Hasil Pencarian Google

Gambar Cara Mendapatkan Sitelinks Search Box Blogger

  • Silahkan Anda buka HTML Codes pada template, jangan lupa perhatikan contoh gambar di atas.
  • Salin dan masukan kode berikut sesuai dengan situs Anda tepat pada bagian kode navigasi atau </form>, langsung saja tekan CTRL+F tulis form. Kode nya di bawah.
Catatan: di sini Anda perlu untuk mengubah "yoursite.com", dengan domain Anda dan "target" entitas seperti link pencarian situs Anda.
  • Simpan template dan menunggu Google untuk menjelajah situs Anda.

2. Menampilkan Sitelinks Search Box Pada Situs Wordpress Atau CMS Lainnya

  • Silahkan Anda buka situs wordpress, lalu klik editor tema, kemudian ke folder header.php.
  • Salin dan masukan kode sesuai dengan situs Anda tepat pada bagian atas kode </head>.
  • Simpan template dan tunggu Google untuk menjelajah situs Anda.
Catatan: Apabila tidak ingin menggunakan cara ini pada wordpress, Anda dapat menggunakan Sitelinks Search Box Wordpress Plugin.

Secara default, pencarian dilakukan dalam kotak sitelinks mengirim pengguna kedua hasil Google, agar dapat memasukkan hasil dari situs target. Halaman kedua juga biasa termasuk fitur tambahan dari Google, memberikan pengunjung berkesempatan untuk menemukan konten yang mereka cari di dalam situs Anda. Sebagai tambahan untuk support pada meta tag, silahkan gunakan kode berikut tepat di bagian bawah <head>:


Baca Juga: Jasa SEO Murah Berkualitas Profesional Serta Bergaransi

Penutup

Apabila Anda ingin mendapatkan lebih banyak lalu lintas tanpa kehilangan pengunjung, maka SearchAction dapat kita berikan pada situs milik Anda. Yang nantinya ketika sudah di rayapi oleh google index, tentu akan mempunyai kualitas, dan memberikan peringkat yang cukup tinggi di SERP. Demikian yang dapat emosianisme.net sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua, dan sampai jumpa kembali di informasi selanjutnya terima kasih.

9 komentar

  1. Wahhh.. makasih mas e.. work :)

    BalasHapus
  2. Terima kasih infonya.. Apa semua design templat blogger yg gratis pun bisa setting seperti cara diatas ? Saya sangat penasaran sekali dan pingin blog saya dapat tempil dengan sitelink dan search box di google pencarian.. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa om, tetapi kalo sitelink search box itu memang lumayan agak lama, dan web yg memiliki performa baik yg akan dapat fitur itu, nah saya sarankan setelah om pakai metode ini, rajin urus web nya.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. OM Master, saya sudah coba cara diatas, namun terdapat kode bawaan tempalte yang eror.. Gimana cara mengatasinya? Mohon petunjuk

      Hapus

Jika anda menemukan postingan ini menarik atau anda menemukan link error harap berikan komentar anda di bawah ini. Terimakasih.
EmoticonEmoticon

Notifikasi
Jangan lupa untuk berlangganan untuk mendapatkan update terbaru.
Tutup