Tutorial Wordpress Self Hosting Part 2 Yoast Dan Webmaster Config

Gambar Tutorial Wordpress Self Hosting Part 2 Yoast Dan Webmaster Config

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Tutorial Wordpress Self Hosting Part 2 Yoast Dan Webmaster Config - Sebelumnya kita sudah membahas website wordpres pada bagian pertama, nah kali ini kami akan mengulas wordpress self hosting part 2, dimana rancangan nya ialah dengan cara instalasi plugin yoast dan webmaster config.

Rancangan Optimasi Wordpress Self Hosting Part 2:

  1. Setting Features Yoast
  2. Konfigurasi Kode Verifikasi Webmaster Di Plugin Yoast
  3. Mengatur General Yoast
  4. Setting Content Types Pada Yoast
  5. Mengatur Media Yoast
  6. Config Taxonomies Yoast
  7. Setting Archives pada Yoast
  8. Enable Breadcrumbs Yoast
  9. Setting Search Console Yoast
  10. Mengaktifkan Robot TXT Yoast
  11. Mengatur Peta Situs Google Webmaster
  12. Penargetan Internasional Google Webmaster
  13. Mengatur Kecepatan Perayapan Google Webmaster
  14. Submit URL Google Webmaster
  15. Mengatur Peta Situs Bing Webmaster
  16. Menargetkan Geo Targeting Bing Webmaster
  17. Submit Url Bing Webmaster
  18. Setting Plugin WP Sitemap Page Pada Wordpress

Mungkin 18 rancangan pola pada tutorial wordpress self hosting part 2 kali ini cukup untuk kita semua. Baiklah langsung saja kita ulas cara optimasi wordpress self hosting, silahkan simak di bawah ini.

1. Setting Features Yoast

Gambar Features Yoast

Pada gambar di atas merupakan settingan features yoast plugin, sahabat emosi bisa mengaturnya dengan cara deflaut setting, seperti pada screen shoot tersebut.

2. Konfigurasi Kode Verifikasi Webmaster Di Plugin Yoast


Gambar Kode Verifikasi Webmaster Di Plugin Yoast

Selanjutnya adalah menambahkan kode verifikasi pada google webmaster, bing, dan juga yandex, tempatnya pada webmaster tools yoast seperti pada gambar di atas.

3. Mengatur General Yoast



Gambar General Yoast

Pada settingan general yoast, merupakan pengaturan umum seperti pada wordpress, yang sebelumnya kita bahas di part 1, silahkan isi sesuai contoh pada gambar di atas, dengan website masing-masing.

4. Setting Content Types Pada Yoast


Gambar Content Types Pada Yoast

Pengaturan content types pada yoast, atur menurut gambar diatas, ini merupakan settingan deflaut yoast, dalam optimasi awal wordpress self hosting yang sedang kita bahas.

5. Mengatur Media Yoast


Gambar Media Yoast

Silahkan setting media sesuai dengan gambar di atas, pada pengaturan utama plugin yoast di wordpress.

6. Config Taxonomies Yoast


Gambar Taxonomies Yoast

Pada bagian config taxtonimies, atur sesuai dengan arahan gambar di atas.

7. Setting Archives pada Yoast


Gambar Archives Yoast

Pengaturan arsip yoast, silahkan sesuaikan dengan gambar diatas, untuk mempermudah sahabat emosianisme cara mengaturnya.

8. Enable Breadcrumbs Yoast


Gambar Breadcrumbs Yoast

Mengatur breadcrumbs yoast cukup sederhana, dan mudah silahkan setting seperti screen shoot yang sudah di sediakan.

9. Setting Search Console Yoast


Gambar Search Console Yoast

Rancangan search console yoast merupakan untuk mengkonfigurasikan antara plugin dengan console webmaster. Sahabat emosianisme dapat mengaturnya seperti pada gambar contoh, dengan menggunakan api key nantinya.

10. Mengaktifkan Robot TXT Yoast


Gambar Robot TXT Yoast

Pengaturan robot txt di dalam plugin yoast cukup mudah, Anda tinggal arahkan cursol ke menu Tools Yoast, kemudian klik file editor, lalu aktifkan robots txt yang terdapat pada plugin yoast, dan contohnya seperti gambar diatas. Settingan yoast sudah kita atur, sekarang tinggal konfigurasi webmaster google.

11. Mengatur Peta Situs Google Webmaster Untuk Wordpress


Gambar Peta Situs Google Webmaster Wordpress

Peta situs merupakan bagian yang sangat penting, dalam pengindexan webmaster google, maka dari itu perlu kita tambahkan sitemap wordpress pada google webmaster tools, silahkan Anda lihat gambar diatas, untuk menambahkan peta situs wordpress self hosting pada google.

12. Penargetan Internasional Google Webmaster


Gambar Penargetan Internasional Google Webmaster

Penargetan negara sangat penting, agar dapat konten kita dilihat oleh masyarakat wilayah tersebut, karena ini jenis konten Indonesia, maka settingannya harus berada di wilayah target pasar kita, seperti pada contoh gambar di atas.

13. Mengatur Kecepatan Perayapan Google Webmaster


Gambar Mengatur Kecepatan Perayapan Google Webmaster

Kenapa sebuah perayapan bisa cepat, inilah jawabannya, pada gambar google webmaster diatas, kita dapat meningkatkan kecepatan crawler akses, caranya silahkan ikuti petunjuk yang ada, dan cara ini hanya dapat kita atur dengan domain berbayar atau TLD.

14. Submit URL Google Webmaster


Gambar Submit URL Google Webmaster

Hal yang terpenting untuk mempercepat indexing ialah melakukan submit atau fetch as google pada webmaster tools. Ketika sudah di submit, maka otomatis beberapa keyword dan url langsung akan di rayapi oleh mesin telusur. Cara submit URL pada webmaster silahkan perhatikan gambar di atas ya guy's.

15. Mengatur Peta Situs Bing Webmaster Wordpress


Gambar Peta Situs Bing Webmaster Wordpress

Pengaturan peta situs pada bing webmaster, sama seperti dengan google webmaster, silahkan simak gambar di atas bila kurang jelas.

16. Menargetkan Geo Targeting Bing Webmaster


Gambar Geo Targeting Bing Webmaster

Hampir sama dengan penargetan internasional pada google webmaster tools, di bing webmaster pun sama seperti target yang di inginkan, hanya saja module nya sedikit berbeda dengan google, silahkan lihat gambar diatas untuk lebih jelasnya.

17. Submit Url Bing Webmaster Pada Wodpress


Gambar Submit Url Bing Webmaster Wordpress

Ini sedikit berbeda dengan pengaturan webmaster google, pada bing webmaster URL wordpress, atau permalink diisikan semua, sedangkan pada google hanya sebagian lantaran domain utamanya sudah ada di tempat silahkan simak saja tampilan diatas.

18. Setting Plugin WP Sitemap Page Pada Wordpress


Gambar Plugin WP Sitemap Page

Point penting yang terakhir adalah peta situs di dalam wordpress self hosting, silahkan install plugin WP Sitemap Page, kemudian buat halaman baru, di menu page dengan tulisan title Sitemap, atau Daftar isi, dan ambil beberapa kode seperti contoh gambar di atas, atau dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Setelah itu posting dan submit ke webmaster ya, dengan url contoh https://www.exmaple.com/sitemap/.


Penutup

Demikian yang dapat kami sampaikan, untuk sahabat emosianisme yang sedang belajar optimasi wordpress self hosting, dengan judul Tutorial Wordpress Self Hosting Part 2 Yoast Dan Webmaster Config. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua, sampai jumpa di informasi selanjutnya dan jangan lupa share bila bermanfaat, sekian dan terima kasih sudah meluangkan waktu di emosianisme.net. Wassalammu'alaikum.

Biografi lengkap penulis bisa anda lihat di Tentang Kami

Artikel Lainnya
Previous
Next Post »