Koleksi Foto-foto Viral Palsu Yang Menipu Banyak Orang

Koleksi Foto-foto Viral Palsu Yang Menipu Banyak Orang

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Baru-baru ini, istilah 'Hoax' telah menjadi sangat populer, ada banyak sematan hoax yang diterapkan, mulai dari berita hoax, video hoax, cerita hoax dan termasuk juga foto hoax, tetapi dalam postingan kali ini, saya akan mengkonsentrasikan hoax ini pada gambar, ya tentunya dengan kemampuan photoshop saat ini, bahkan kita yang memiliki mata paling jeli dapat dengan mudah tertipu. Dari gelombang viral di sosial media, berapa banyak foto yang anda yakini 100% asli ternyata hanyalah hoax semata? Daftar kali ini yang saya susun dari Bored Panda akan menunjukkan kepada anda kenyataan di balik foto-foto viral yang paling populer, jadi persiapkan diri anda untuk melihat beberapa foto yang membuka mata yang akan membuktikan sekali lagi bahwa anda tidak dapat mempercayai semua yang anda lihat di dunia online.


1. Foto Di Balik Layar MGM Intro

Di Balik Layar Foto MGM Intro

Foto seekor singa yang diikat untuk membuat ikon MGM menjadi intro singa mengaum sebenarnya adalah foto seekor singa yang sedang didiagnosis di ruangan dokter hewan. Untungnya, singa tersebut telah pulih dan sekarang benar-benar sehat. Fakta yang menarik adalah bahwa ada 7 ekor singa yang digunakan untuk membuat intro MGM yang sebenarnya, yang sekarang namanya Leo, telah muncul di sebagian besar film sejak tahun 1957.

2. Gelombang Nasi Goreng Yang Menakjubkan

Seorang Pria Membuat Gelombang Nasi Goreng Yang Menakjubkan

Salah satu sensasi viral baru-baru ini adalah 'meme nasi goreng' yang menunjukkan seorang pria membuat gelombang nasi yang luar biasa di panci penggorengan. Gambar ini dengan cepat mendapat banyak perhatian online dan orang-orang dari seluruh dunia. Sayangnya, foto itu sendiri adalah palsu karena gelombang nasi itu sebenarnya hanyalah aksesoris semacam patung yang dijual di toko makanan palsu di Tokyo.

3. Seorang Anak Tidur Di Dekat Kuburan Orang Tuanya Di Suriah

Seorang Anak Tidur Di Dekat Kuburan Orang Tuanya Di Suriah

Foto seorang anak yang tidur di dekat makam orangtuanya yang meninggal di Suriah ternyata sepenuhnya dipentaskan sejak anak itu tahu fotografer dan kuburan itu bukan milik orang tuanya. Meskipun jenis fotografi ini benar-benar memilukan, namun itu membuktikan sekali lagi anda tidak bisa mempercayai semua yang anda lihat di dunia maya.

4. Ganja Astronot Di Luar Angkasa

Astronot Merokok Marijuana Di Luar Angkasa

Well saya sendiri terkadang masih meragukan keberadaan satelit yang konon melayang-layang di luar angkasa, namun tetap saja foto hoax tentang itu menarik perhatian. Ada banyak orang yang mengagumi Chris Hadfield sebagai salah satu Astronot yang paling populer. Vlognya yang luar biasa dari luar angkasa menjawab begitu banyak pertanyaan tentang kehidupan dalam gravitasi nol, dari membersihkan gigi hingga tidur, semuanya berbeda di ruang angkasa. Meskipun bentuk vlogging ini sangat unik, namun anda tidak boleh berpikir bahwa pria yang luar biasa ini akan menggunakan segala jenis narkoba sambil benar-benar terbang di ruang angkasa. Chris sebenarnya hanya mencoba untuk mengejutkan rekan kerjanya dengan beberapa telur Paskah!

5. Kastil Ajaib

Kastil Ajaib

Kastil ajaib yang mungkin sebagian besar dari kita ingin kunjungi atau bahkan tinggal di dalamnya, sayangnya kastil ini hanya merupakan kombinasi dari foto batu di Thailand dan sebuah istana di Jerman.

6. Kumis Saja Tidak Cukup

Kumis Tidak Cukup, Harus Ditambahkan Alis

Hewan juga sangat populer di internet, terutama jika mereka terlihat aneh atau lucu, atau keduanya sekaligus. Jadi tidak mengherankan bahwa foto kucing dengan kumis dan alis yang menggemaskan akan menjadi viral. Nah, ada kaitan pada gambar ini, kucing itu sebenarnya hanya memiliki kumis yang luar biasa tanpa alis.

7. Venesia Membeku

Venesia beku

Venesia jelas merupakan salah satu tempat paling indah untuk dikunjungi sehingga tidak perlu photoshop pun memang sudah terlihat indah, dan foto Danau Baikal beku di Rusia di tambahkan untuk membuat tempat itu terlihat lebih menakjubkan.

8. Perubahan Lingkungan

Perubahan Lingkungan

Baru-baru ini tagar # tentang 10 tantangan perbedaan selama 10 tahun telah menjadi viral dengan orang-orang dari seluruh dunia membagikan perubahan mereka sepanjang tahun. Beberapa orang memutuskan untuk menggunakan tagar untuk memperingatkan orang-orang tentang dampak buruk yang kita alami di bumi ini. Salah satunya adalah masalah lingkungan terbesar di abad 21 adalah perusakan hutan, dan itulah tepatnya yang orang coba peringatkan tentang kita. Sayangnya, gambar yang digunakan untuk menyebarkan pesan itu adalah foto hoax, foto sebelum dan sesudah hutan hujan ditebang sepenuhnya sebenarnya adalah foto yang sama.

9. Nama Perguruan Tinggi

Tanda Nama Perguruan Tinggi yang Tidak Direncanakan

Beberapa waktu lalu foto ini adalah representasi absolut dari humor internet, kesalahan ironisnya adalah sesuatu yang terus-menerus dibagikan orang secara online. Sayangnya, foto itu dipotret dengan sangat baik, tidak mudah untuk meneliti bahwa itu sebenarnya adalah foto palsu hasil editan.

10. Awan Lenticular Sempurna

Awan Lenticular Sempurna

Awan lenticular sudah cukup keren, dan tidak perlu photoshop yang berlebihan untuk membuatnya terlihat lebih baik. Sayangnya, pengedit ahli photoshop tidak berpikir seperti itu. Yah, kita kira seluruh internet tidak berpikir seperti itu, karena foto palsu yang menjadi background desktop pilihan bagi banyak orang ini sudah terlanjur sering dianggap nyata.

11. Selfie Pilot Berbahaya

Pilot Selfie Berbahaya

Selfie ikonik dari seorang pilot yang memotret dirinya sendiri di udara sebenarnya adalah foto dirinya ketika ia mendarat dengan selamat, tetapi penting untuk menyebutkan, bahwa bahkan di darat saja, itu selfie yang cukup keren!

12. Singa Hitam

Singa Hitam Unik

Jika kita bisa membuat daftar topik yang paling disukai di internet, hewan-hewan aneh pasti akan berada di posisi 10 besar. Tampaknya menemukan spesies aneh dan unik adalah sesuatu yang berkembang pesat di pikiran banyak orang, dan meskipun itu adalah hal yang keren untuk menemukan sebuah binatang yang unik, tidak perlu membuatnya dengan photoshop, atau jika anda melakukannya, jangan mencoba menipu orang agar berpikir bahwa hewan itu benar-benar ada.

13. Super Moon Bertengger Di Gedung Pencakar Langit

Bulan Sempurna Pas Pada Pencakar Langit

Ada obsesi aneh dengan bulan dalam foto viral ini, tampaknya jika anda benar-benar ingin memiliki foto populer, tambahkan saja bulan di tempat yang paling tidak realistis dan di sana anda akan memilikinya. Itulah yang terjadi dengan foto yang diambil oleh Mo Aoun ini. Ya namun tetap saja itu foto hoax!

14. Pengendara Sepeda Di Kejar Beruang

Pengendara Sepeda Di Kejar Beruang

Foto beruang yang mengejar pengendara sepeda akan memiliki efek yang jauh lebih besar pada pandangan anda daripada foto beruang yang sedang berjalan di jalan sepi, untungnya, tidak ada yang dirugikan dalam pembuatan foto ini. Meskipun tidak ada banyak informasi tentang foto asli, diyakini foto itu diambil di Taman Nasional Yellowstone AS.

15. Jerapah Pendek

Gambar Jerapah Kerdil

Foto jerapah dengan dwarfisme (kerdil) telah digunakan online beberapa kali, jerapah, seperti hewan lain, memang dapat memiliki dwarfisme, namun foto ini sebenarnya palsu.

16. Beruang Mengejar Fotografer National Geographic

Beruang Mengejar Fotografer Geografis Nasional

Sebuah foto yang memperlihatkan beruang yang sedang mengejar sekelompok fotografer National Geographic akan membuat orang-orang merasa ngeri. Hanya dengan membayangkan berada dalam situasi berbahaya seperti itu saja sudah cukup menakutkan. Tetapi karena kita telah berulangkali membuktikan bahwa tidak ada gunanya memercayai semua yang anda lihat di dunia online, anda dapat berhenti merasa buruk tentang fotografer ini, karena beruang dalam foto tersebut sebenarnya diambil dari Stock Photo yang dapat dengan mudah ditemukan secara online.

Pria di sebelah kiri yang tersenyum. Mereka berada di Colorado untuk sebuah film yang tidak pernah diproduksi dan berpikir akan lucu untuk mengirim foto lelucon ke teman dan keluarga mereka.

17. Kerangka Raksasa

Kerangka Raksasa Ditemukan

Internet dipenuhi dengan foto-foto yang dipotret dari para arkeolog yang menemukan kerangka besar yang mungkin milik para raksasa. Jika ini adalah kenyataan, bab baru dalam sejarah akan terbuka dan kita dapat menganggap beberapa peluang keberadaan manusia raksasa itu benar adanya. Sayangnya, tidak ada museum sains atau sejarah yang pernah menerima temuan ini karena satu alasan sederhana yakni: foto-foto yang menunjukkan kerangka ini sepenuhnya adalah foto palsu.

18. Pulau yang Tampak Seperti Bulan Bintang

Pulau Yang Tampak Seperti Bintang

Foto-foto seperti ini pasti akan memicu keinginan besar anda untuk melakukan traveling. Bayangkan dimana diri anda meminum koktail lezat sambil bersantai di sebuah pulau di tengah lautan yang berbentuk bintang. Sayangnya, pulau seperti itu tidak ada, tetapi yang bisa anda lakukan adalah mengunjungi pulau berbentuk bulan bernama Molokini, yang terletak di antara pulau Maui dan Kahoolawein Hawaii.

19. Bukit Kura-kura

Gunung Kura-kura

Ini akan menjadi gunung yang menakjubkan untuk dikunjungi, tetapi jika itu benar-benar ada, ada kemungkinan besar anda akan tahu lebih banyak tentangnya dan lebih banyak orang akan mengunjunginya. Juga, akan ada jumlah foto yang jauh lebih besar dari lokasi ini. Jadi, ketika seseorang pergi ke lokasi itu dan benar-benar mengambil foto gunung itu, tidak mengherankan bahwa "Turtle Mountain" sebenarnya hanyalah "Pilot Mountain" yang sederhana, namun indah berada di North Carolina AS.

20. Sapi Bersantai Di Atas Mobil

Sapi Bersantai Di Atas Mobil

Internet penuh dengan foto-foto yang dipotret dengan foto yang tidak masuk akal dan terkadang kita masih bisa memercayainya. Salah satu foto viral palsu itu adalah gambar seekor sapi yang sedang bertengger di sebuah mobil BMW. Yah ternyata, tidak ada mobil yang rusak dalam pembuatan foto ini karena sapi itu sebenarnya sedang mengunyah rumput seperti seharusnya seekor sapi.

21. Dab Pertama Dalam Sejarah

Dab Pertama Dalam Sejarah

Banyak orang mungkin berpikir bahwa ini kembali pada abad ke-20, yang berarti gerakan ikonik ini tidak pernah menua, sayangnya, foto ini sebenarnya adalah foto di belakang layar dari film Dunkirk, yang diambil pada tahun 2017.

22. Einstein Mengendarai Sepeda Saat Bom Meledak

Einstein Mengendarai Sepeda Saat Bom Meledak

Foto ledakan ini sebenarnya diambil 7 tahun setelah kematian Einstein, jadi walaupun ia sendiri tidak melihat ledakan itu, namun ini jelas bukan masalahnya. Masalahnya adalah itu hanya foto hoax.

23. Foto Seorang Pria Yang Diambil Sesaat Sebelum Tragedi 9/11

Foto Seorang Wisatawan Diambil Sesaat Sebelum 9/11

Kisah tragedi serangan 9/11 yang mengerikan masih tetap menjadi misteri sebagian besar orang, berbagai teori konspirasi menjelajahi Internet tanpa ada yang memberikan jawaban nyata. Jadi, tidak ada keraguan bahwa ketika foto yang diambil sesaat sebelum tragedi itu terjadi diposting secara online, orang-orang dengan cepat mulai membagikannya. Yah, untungnya pria di foto itu tidak benar-benar menyaksikan tragedi itu terjadi. Itu mungkin satu-satunya hal baik yang bisa dikatakan tentang peristiwa mengerikan ini.

24. Foto Pesawat Luar Angkasa 

Foto Pesawat Luar Angkasa

Foto yang luar biasa dari pesawat ulang-alik sekali lagi membodohi banyak orang dan dengan cepat menjadi gambar populer untuk dibagikan secara online dan viral.

25. Kota Berbentuk Sidik Jari

Kota Dalam Bentuk Sidik Jari

Ada mitos yang beredar di Internet tentang orang-orang yang mengklaim bahwa ada sebuah kota dalam bentuk sidik jari di Jerman. Namun mitos itu dirusak setelah seseorang membagikan sampul majalah yang menggambarkan itu.

Yah sebenarnya ada begitu banyak foto hoax yang menyebar di dunia maya dan dipercaya sebagai foto asli dan tidak saya sertakan semuanya disini, terlebih lagi menjelang pilpres kali ini, ada terlalu banyak hoax yang menyebar, saking banyaknya membuat saya menjadi muak. Ya sudahlah, semoga menambah wawasan anda dan terimakasih telah membaca, Wassalamualaikum.

Biografi lengkap penulis bisa anda lihat di Tentang Kami

Artikel Lainnya
Previous
Next Post »