Jangan Khawatirkan Apa Yang Orang Pikirkan Tentang Anda

Jangan Khawatirkan Apa Yang Orang Pikirkan Tentang Anda

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Apakah terdengar familiar di saat anda sedang berbicara dengan seseorang, dan mereka sepertinya tidak tertarik, lelah, bosan. Bahkan setelah anda berhenti berbicara dengan mereka dan melanjutkan hari-hari anda, yang dapat anda pikirkan hanyalah: Apakah saya melakukan kesalahan? Apakah mereka marah padaku? Atau apakah saya hanya orang yang sangat membosankan untuk diajak bicara? Wow, mungkin semua orang merasa lelah ketika mereka berbicara dengan saya. Dan untuk di sisa hari, anda begitu sibuk dengan pemikiran seperti ini, meragukan diri anda sendiri, bahwa anda terlalu terganggu untuk benar-benar menikmati hal lain, karena akan ada suara kecil di belakang kepala anda yang mengatakan kepada anda bahwa mungkin semua orang dalam hidup anda secara diam-diam berpikir bahwa anda tidak dapat melakukan percakapan untuk menyelamatkan muka kehidupan anda sendiri. What the fttt....!

Stop.!!! Kemungkinannya, mereka mungkin hanya mengalami hari yang panjang, atau sesuatu yang terjadi yang membuat mereka lelah. Ada lebih dari satu alasan untuk tindakan seseorang, dan itu tidak selalu di karenakan oleh anda. Anda tahu apa yang anda lakukan? Anda menghabiskan begitu banyak waktu untuk mengkhawatirkan apa yang orang lain pikirkan tentang anda sehingga anda menghabiskan terlalu banyak waktu untuk memikirkannya, mungkin anda akan mencoba untuk mengubah diri sendiri, atau anda akan terus larut dalam hal tersebut. Efeknya, hari-hari anda terganggu, stres, kepanikan, rendah diri dan hal paling buruknya bisikan kejelekan yang tergiang-ngiang di telinga anda untuk mencari kesalahan orang lain agar anda terlihat lebih baik atau merasa benar?

Sebelum anda menyusuri jalan setapak untuk mengubah diri yang anda anggap "belum sempurna", baiknya mundur selangkah dulu. Jika anda menyingkirkan semua kecemasan yang orang-orang di sekitar anda memutuskan untuk menghabiskan seluruh waktu mereka memikirkan dan menilai anda, maka anda akan menyadari bahwa benar-benar tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Jika anda masih membutuhkan sedikit bantuan untuk sampai ke sana, berikut adalah beberapa trik yang saya susun yang mungkin bisa membantu anda:

Cari tahu mengapa anda peduli

Banyak orang seringkali merasa sangat khawatir, tetapi tidak meluangkan waktu untuk berhenti dan berpikir mengapa kita melakukan semua pemikiran dan upaya ini sehingga orang lain tidak menilai buruk sejak awal. Apa hal terburuk yang bisa terjadi jika teman sekampung anda yang bahkan tidak pernah anda ajak bicara menganggap anda adalah pribadi yang buruk? Mengapa anda membiarkan pendapatnya memengaruhi pikiran anda? Apa hal terburuk yang bisa terjadi jika orang asing yang anda lihat di sebuah warung kopi tidak menyukai gaya rambut anda? Ini tidak seperti yang anda bayangkan. Itu hanya pikiran buruk yang belum tentu benar, jangan biarkan semua itu memfitnah kehidupan anda. Dan pula jangan biarkan rasa takut itu menghentikan anda dari kreativitas yang anda cintai.

Pikirkan tentang orang-orang dalam hidup anda yang benar-benar anda pedulikan dan yang anda sayangi. Itulah orang-orang yang memiliki pendapat yang penting bagi hidup anda, mereka mengenal anda dengan sangat dekat, dan itu berarti mereka tahu kelebihan dan kekurangan anda. Dan jika anda memilih orang yang tepat, mereka tidak akan menjadi orang yang menghakimi anda dan menjatuhkan anda, tetapi orang yang memberi anda umpan balik konstruktif untuk membuat anda menjadi orang yang lebih baik. Mereka tidak akan mengharapkan anda menjadi sempurna. Jangan biarkan pendapat yang tidak relevan menghalangi anda untuk menjadi diri anda yang paling otentik.

"Kamu hidup untuk hidupmu atau untuk penilaian orang lain yang bahkan tak perduli padamu?"

Orang-orang begitu terobsesi untuk mencoba menampilkan gambar sempurna dari hidup mereka sehingga mereka lupa untuk benar-benar menjalaninya. Apa gunanya semua orang berpikir bahwa anda memiliki kehidupan yang sempurna jika anda harus kehilangan diri anda sendiri? Perlu diingat bahwa semua orang sibuk dengan kehidupan mereka sendiri.

"Kamu tidak akan terlalu khawatir tentang apa yang orang lain pikirkan tentangmu jika kamu menyadari betapa jarangnya mereka melakukannya." - Eleanor Roosevelt

Itu benar-benar alami dalam hidup manusia, kita diciptakan sebagai makhluk sosial, dan itu berarti kita membutuhkan penerimaan dari masyarakat, bahkan, seringkali ada keinginan untuk diterima secara utuh dan sempurna. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Tony Robbins dan Cloe Madanes menunjukkan bahwa kebutuhan untuk menyesuaikan diri sebenarnya adalah satu dari enam kebutuhan dasar manusia. Tapi disini kita bicara jujur, yup manusia seringkali hanya mementingkan diri sendiri! Semua orang sibuk memikirkan masalah mereka sendiri, mereka tidak hanya menyisihkan waktu dalam hidup mereka untuk memikirkan hal kecil yang anda lakukan hari ini.

Katakanlah anda baru saja bertemu seseorang, dan berbicara dengan mereka. Meskipun anda sibuk mengkhawatirkan apakah mereka menyukai anda atau tidak, mereka tidak memikirkan apakah anda membuat kesan yang baik, tetapi jika mereka melakukannya! Jika anda memikirkannya seperti itu, anda akan menyadari bahwa orang tidak akan menghabiskan waktu sebanyak anda untuk menilai anda seperti yang anda pikirkan. Jika kita membalikkan peran ini, apakah anda akan menghabiskan waktu berjam-jam untuk memikirkan bagaimana kesilapan rekan kerja anda yang mengacaukan presentasi di tempat kerja dan “semua orang” menilai? Tidak, anda mungkin hanya berpikir bahwa itu adalah kesalahan biasa yang dilakukan oleh semua manusia normal.

Inilah yang saya bicarakan. Untuk mendapat penerimaan sosial kita cenderung jauh lebih keras pada diri kita sendiri, dan di mata kita, mungkin hanya sebuah kesalahan kecil dan tidak penting jika orang lain yang melakukannya, namun bisa berubah menjadi malapetaka jika pada gilirannya kita sendiri yang membuatnya. Di lain waktu anda merasa malu karena sesuatu yang anda lakukan, perlu diingat bahwa orang mungkin bahkan tidak memperhatikan hal itu. Orang-orang tidak punya waktu untuk menghakimi orang lain, jadi bukan mereka yang menilai anda, tapi anda telah menilai diri sendiri. Anda bisa tersiksa oleh pikiran anda sendiri.

Belajarlah untuk menerima dan tidak menilai diri sendiri terlebih dahulu

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Katharine Omwake menunjukkan bahwa ada hubungan kuat antara bagaimana anda memandang diri sendiri dan bagaimana anda berpikir orang lain memandang anda, yang kedua tergantung pada yang pertama. Jika anda berpikir anda memiliki rambut yang bagus, itu akan membuat anda yakin semua orang juga melihatnya. Benar?

Mengetahui hal ini, hal pertama yang perlu anda lakukan adalah menerima diri anda sendiri. Ketahui dan sadarilah bahwa anda kuat dan mandiri, dan anda layak! Melakukan ini akan memastikan nilai anda terserah anda, bukan orang lain.

Fokus pada diri dan tujuan anda

Yang paling penting di sini adalah benar-benar mengenal diri sendiri. Ketahui tujuan anda, dan apa yang anda inginkan dalam hidup. Ketahui di mana anda berada, dan di mana anda ingin berada. Ketahui siapa diri anda, dan siapa yang anda inginkan. Begitu anda benar - benar melakukannya dan anda benar - benar menginginkannya, pendapat orang lain tidak akan menghalangi anda. Percayalah!

“Persetujuan diri muncul dari penerimaan diri, yang muncul dari pengakuan bahwa kita, pada kenyataannya, cukup, sebagaimana diri kita sendiri. Dengan pengakuan itu, kita dapat membebaskan diri dari rasa takut, kita tidak perlu lagi melihat ke luar untuk validasi, di dalam sudah jelas. Kita hadir dalam kekuatan kita sendiri, kemanusiaan penuh kita, dalam pengakuan bahwa sifat dasar kita adalah yang kita butuhkan untuk sepenuhnya menjadi diri kita sendiri. ” - Michael Formica, fisiolog dan life coach.

Beberapa waktu yang lalu, saya perhatikan bahwa tanpa menyadarinya, saya mengubah diri saya di sekitar orang atau kelompok yang berbeda. Saya mengubah diri saya menjadi yang saya pikir mereka harapkan atau inginkan, dan saya melakukannya pada semua orang. Lantas saya mulai merasa memiliki begitu banyak kepribadian, dan itu bukan karena saya mencoba untuk berpura-pura, tetapi karena saya ingin orang-orang menyukai atau menerima saya.

Saya melakukan ini ke titik di mana saya bahkan tidak berpikir saya tahu siapa diri saya sebenarnya lagi. Dan itu sangat menyebalkan. Jadi saya duduk dan menulis ide umum tentang siapa dan apa yang saya inginkan. Melakukan ini, saya menyadari bahwa tidak ada kepribadian yang saya anggap benar-benar seperti yang saya inginkan. Saya tidak ingin menjadi orang yang selalu disukai oleh orang lain, orang yang selalu akan mendapat pengutamaan, Akankah orang-orang menyukai saya jika saya melakukan ini? Ataukah melakukan hal ini akan membuat saya lebih bahagia / mendekatkan saya lebih dekat pada tujuan saya? Jadi, perlahan, saya sedang mengusahakannya. Lain kali saya merasakan dorongan untuk melakukan sesuatu yang membuat saya tidak nyaman hanya karena itu mungkin membuat orang lain lebih menyukai saya, dan saya akan menghentikan diri saya sendiri dari semua omong kosong ini.

Ini hidupmu, bukan hidup mereka

Penting untuk menyadari bahwa semua pendapat orang tentang anda berasal dari sudut pandang mereka. Itu yang mereka anggap benar. Apa mungkin benar bagi mereka bisa sangat salah bagi anda. Dan jujur, apa yang membuat anda yakin bahwa mereka tahu apa yang baik dan benar bagi anda?

Bahkan jika mereka mencoba berpikir dari sudut pandang anda, mereka tidak tahu semua yang terjadi dalam hidup anda. Mereka tidak tahu apa yang baik atau buruk untuk anda, dan setiap pendapat yang mereka buat didasarkan pada asumsi yang mereka buat dari fraksi anda yang sebenarnya yang mereka lihat. Jika anda melakukan apa yang anda anggap benar, bahkan jika anda gagal, anda akan belajar. Anda tidak berpikir, Mengapa saya membiarkan pendapat mereka memanipulasi saya untuk melakukan ini? Anda membuat pilihan itu, dan itu bagian dari pertumbuhan anda sebagai seorang pribadi. Apa yang anda lakukan dengan hidup anda memengaruhi diri anda sendiri, bukan mereka. Jika anda mendengarkan mereka dan melakukan sesuatu yang terasa sepenuhnya salah, andalah yang terjebak dengan apa yang akhirnya terjadi.

Pahamilah bahwa tidak semua orang akan menyukai anda

Anda harus mengingat ini: Anda tidak mungkin menyenangkan semua orang! Catat! Anda tidak akan bisa! Bukankah anda lebih suka dicintai oleh beberapa orang yang benar-benar peduli dengan anda dan menerima anda apa adanya daripada disukai banyak orang sehingga anda harus terus-menerus mengubah diri sendiri dan khawatir bagaimana mereka melihat anda ketika anda berada di sekitar mereka?

Terutama sekarang di masa ketika media seringkali memberi tahu anda bahwa perlu cara berpakaian khusus, berbicara, dan bertindak agar orang-orang menyukai anda, dan semua infomasi ini sering mengikat kita sehingga kita semua harus menjadi anggota masyarakat yang sempurna ini yang berbaur dengan kerumunan, seolah-olah kita semua adalah makhluk-makhluk yang sempurna.

Mereka yang konon sempurna ini melarang anda untuk melakukan sesuatu yang tidak biasa, karena jika anda melakukannya maka anda akan menjadi orang yang "aneh". Tidak.. persetan dengan itu! Ubah pola pikir anda, percayalah bahwa yang normalnya dilakukan belum tentu benar dalam artian yang sesungguhnya, katakan bahwa ini saya, saya punya sifat-sifat unik saya, tetapi saya lebih suka orang-orang menyukai saya, dengan keunikan dan keanehan saya dan sebagainya, daripada menyukai versi saya yang dengan putus asa berusaha menyesuaikan diri dengan cetakan yang diciptakan oleh masyarakat yang menuntut kesempurnaan itu.

Pada akhirnya, hidup ini singkat. Jangan habiskan untuk mengkhawatirkan orang lain dan apa yang mereka pikirkan, jalani hidupmu! Fokus pada tujuan hidup anda dan untuk menyenangkan diri sendiri, bukan orang lain. Terlalu khawatir tentang apa yang orang lain pikirkan berarti anda menyerahkan kebahagiaan dan hidup anda kepada orang lain. Saya tidak mengatakan bahwa anda bisa menghilangkan kekhawatiran anda, tetapi belajarlah untuk tidak fokus pada mereka, tetapi lebih baik tingkatkan diri anda sendiri, dan percayalah, anda akan lebih bahagia karenanya. Kecuali versi unik anda adalah sesuatu yang bisa membahayakan lingkungan disekitar anda, maka dalam pengecualian ini anda harus berhenti menjadi diri anda sendiri dan berubah menjadi lebih baik.

Anda adalah penulis kisah hidup anda, dan terus-menerus mengkhawatirkan apa yang orang lain pikirkan tentang anda hanya menghabiskan usia hidup anda sendiri dan membuat anda tersiksa kerananya. Pikirkan saja untuk membiasakan yang benar, bukan membenarkan yang biasa. Toh semua ini akan berakhir kelak, ada yang lebih pantas untuk anda mintai penilaian dan yang kelak memutuskan keadaan anda, itulah Allah pencipta semesta. Ikuti perintahNya dan hiduplah dengan diri anda sendiri beserta orang-orang yang perduli untuk menerima anda. Semoga tercerahkan dan Wassalamualaikum.

Baca Juga; Pencaci Tangguh

Biografi lengkap penulis bisa anda lihat di Tentang Kami

Artikel Lainnya
Previous
Next Post »