Fenomena Tangan Api, Pirokinesis, dan Terbakarnya Tubuh Manusia Secara Spontan

Fenomena Tangan Api, Pirokinesis, dan Terbakarnya Tubuh Manusia Secara Spontan

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Salah satu fitur yang meresap pada lanskap di luar kenormalan adalah apa yang sering disebut sebagai "spontaneous human combustion." Dan ini biasanya melibatkan para korban yang tiba-tiba dan entah kenapa bisa terbakar tanpa sebab, sering membakar korbannya hingga menjadi abu sementara anehnya area lingkungan mereka sendiri tidak turut terbakar. Ada banyak kasus orang terbakar hingga hangus hanya untuk meninggalkan kursi, furnitur, dan bahkan kertas atau pakaian di sekitar mereka sama sekali tidak tersentuh api, sangat aneh mengingat suhu yang sangat besar yang diperlukan untuk membakar tubuh manusia yang sebagian besar terdiri dari air, sampai ke tingkat itu. Seringkali ada bukti mayat telah terbakar dari dalam tubuh dan bukan dari luar, dan semuanya itu adalah fenomena yang sangat aneh yang memiliki banyak spekulasi tetapi hanya ada sedikit jawaban.

Fenomena Si Tangan Api

Urutan laporan yang sangat aneh dimulai terjadi antara tahun 1822 dan 1827 dan dikompilasi di situs AnomalyInfo, dengan serangkaian kasus membingungkan yang melibatkan dengan apa yang hanya dapat digambarkan sebagai tangan dengan api yang menyala-nyala. Kejadian aneh pertama ini konon terjadi pada 5 September 1822, di daerah Bordeaux, Prancis, di sebuah desa kecil bernama Loignan. Pada hari tersebut seorang pandai besi desa setempat, bernama Renateau sedang mengurus pekerjaannya ketika tiba-tiba jari telunjuk kanannya tiba-tiba tersentak oleh rasa sakit yang luar biasa. Karena penasaran dengan apa yang sedang terjadi, dia mengangkat jarinya ke wajahnya untuk melihat, dan tampak jelas jari itu sedang terbakar. Dia dengan panik mencoba untuk memadamkan api yang tidak dapat dijelaskan tersebut, dalam proses tersebut api membakar celananya, setelah celananya turut terbakar ia mulai berlari panik. Ketika semua ini terjadi, api menyebar dari jari ke jari, dia menepuk-nepuk tangan berusaha untuk memadamkan api, namun tangan kirinya juga mulai terbakar.

Pria itu berlari di sepanjang jalan pulang, api dan asap mengikuti di belakangnya, tangannya masih diselimuti nyala api, dan ketika sampai di rumah ia segera mendorong kedua tangannya ke dalam air. Seharusnya cara ini benar-benar berhasil untuk memadamkan api, tetapi tangannya malah segera menyala kembali begitu dia menariknya keluar dari air. Konon tidak lama kemudian seorang saksi memberinya air suci sehingga akhirnya api dapat dipadamkan. Kasus ini kemudian diselidiki oleh Dr. Moulinni√©, yang mewawancarai para saksi dan memeriksa luka yang telah ditinggalkan di tangan korban, dan sampai pada kesimpulan bahwa, meskipun skeptisisme terjadi pada awalnya, tampaknya peristiwa itu sangat dapat dipercaya, meskipun dia tidak dapat memahami mengapa hanya air suci yang bisa memadamkan api. Dia akhirnya menduga bahwa api itu pasti sudah sangat kecil dengan berbagai upaya untuk memadamkannya sebelum air suci diberikan, membuatnya hanya tampak bahwa itu adalah satu-satunya hal yang dapat memadamkannya. Mengenai apa yang menyebabkan api misterius muncul atau mengapa mereka harus muncul di tangan korban secara spontan dia tidak tahu.

Hanya selang beberapa tahun kemudian, pada Januari 1825, ada laporan yang agak mirip dari Hamburg, Jerman. Pada tanggal 25 Januari tahun itu, seorang wanita muda yang berprofesi sebagai penjahit memeriksakan diri ke Rumah Sakit Umum Hamburg dengan luka di tangan kiri yang ditutupi dan ia dihantui oleh rasa sakit yang membakar seluruh lengannya. Dia mengatakan kepada dokter bahwa masalahnya telah dimulai beberapa hari sebelumnya, ketika dia tiba-tiba merasa di hinggapi demam parah ketika dia duduk di sana saat menjahit. Tetapi tubuhnya tampaknya mulai terbakar, dan panas ini kemudian mulai tertarik ke arah tangan kirinya untuk terfokus pada jari telunjuk, bersamaan dengan itu "sensasi terbakar hebat" serta memancarkan bau belerang yang tak henti-hentinya terus muncul. Ketika dia memeriksa tangannya, dia melihat hal yang aneh dari jarinya yang memuntahkan nyala api kecil berwarna biru keputihan.

Penjahit itu telah mencoba memasukkan jarinya ke dalam air dan membungkusnya dengan handuk basah di sekitarnya, tetapi tidak peduli apa yang dia lakukan api tersebut tidak jua padam, selalu ada dengan pijar biru yang menyeramkan tidak peduli apa yang dia lakukan, dan sebaliknya nyala api mulai terus tumbuh dan membakar seluruh tangannya, menyebar ke pakaiannya ketika dia mencoba mematikan api dengannya. Dia akhirnya mencoba menyiram api misteri tersebut dengan susu, dan ini tampaknya sedikit membantu, tetapi bau belerang tidak juga hilang. Dia akhirnya memutuskan untuk pergi ke rumah sakit, di mana dia sekarang menceritakan seluruh kisah anehnya kepada dokter dan perawat yang bingung. Selain luka bakar, bukti lain yang mendukung kisah aneh gadis itu adalah fakta aneh bahwa lengan kirinya itu menunjukkan suhu yang secara dramatis lebih tinggi daripada bagian tubuhnya yang lain tanpa alasan yang jelas.

Menyusul peristiwa-peristiwa aneh ini adalah kasus seorang pria berusia 24 tahun bernama Mr. Dessimont, di Perancis, yang pada 19 April 1827 pergi mengunjungi saudaranya dan ia mengalami beberapa peristiwa aneh ketika dia ada di sana. Dimulai dengan saudaranya yang bermain-main dengan api, membakar sedikit belerang di atas nyala lilin untuk hiburan, tetapi malah meledak menjadi percikan api yang menyembur ke pakaiannya, menyebabkan nyala api di pakaiannya. Dessimont mampu memadamkan api dan semuanya tampak baik-baik saja, sampai tiba-tiba tangannya dan tanpa peringatan apapun diselimuti oleh api biru yang berasal entah dari mana beberapa saat kemudian. Nyala api ini tidak dapat dipadamkan dengan air atau cara lain apa pun yang mereka miliki, dan memang air tampaknya malah membuat api menjadi lebih ganas. Sampai pada titik di mana ia berlari ke tetangganya dengan nama Dr. Richond-des-Brus, yang merekomendasikan agar tangannya direndam dalam air dingin sampai api mati. Sepertinya berhasil, dan Dessimont pulang dengan sedikit terguncang, tetapi kebanyakan tidak terluka kecuali beberapa luka bakar kecil. Sial baginya, peristiwa kemunculan api biru misterius ini terulang lagi.

Di rumah saudara laki-lakinya, dia terus meletakkan tangannya di dalam air agar tidak banyak berpengaruh dengan panasnya, dengan air yang mencapai suhu yang hampir mendidih saat dia melakukannya, setelah air dirasa cukup panas, ia akan menggantinya dengan air lain dan sekali lagi air mencapai suhu panas kembali. Api akhirnya memang padam, namun akan menyala kembali dan memulai seluruh proses lagi. Di pagi hari dokter tiba untuk memeriksa misteri ini sekali lagi, menemukan tangan Dessimont telah mengalami luka lepuh parah dan hampir tidak memiliki lapisan kulit di bagian paling atas, meninggalkannya bekas luka berwarna warna abu-abu yang dirasa sangat menyakitan. Api tampaknya berangsur-angsur mereda setelah itu, meskipun ada rasa sakit yang tajam dan berulang-ulang dimana kuku jarinya mulai rontok satu per satu. Richond-des-Brus mencari tahu beberapa kemungkinan untuk fenomena aneh ini, tetapi tidak bisa sampai pada kesimpulan rasional mengapa tangan-tangan ini harus terus menyala dan tetap menyala bahkan dengan penyiraman air yang kontinyu, semuanya ini sementara meninggalkan luka yang relatif ringan, setelah semua hal dipertimbangkan. Api itu tetap menjadi misteri.

Misteri kemampuan Pyrokinesis

Ada banyak kasus lain di sepanjang garis keanehan ini di tahun-tahun kemudian. Pada tahun 1878 ada seorang gadis berusia 12 tahun bernama Ann Kidner, yang tampaknya api selalu mulai menyala ke mana pun dia pergi dan dimanapun dia berada. Pada tahun 1882, ada kasus AW Underwood, di kota Paw Paw, Michigan, di Amerika Serikat, yang tampaknya dapat menyebabkan objek meledak menjadi api hanya dengan memberi nafas. Kemampuan-kemampuan ini dipelajari oleh Dr. LC Woodman, yang tidak dapat menemukan penjelasan untuk itu semua, dan ia mengatakan tentang fenomena yang menakutkan:

Dia mengambil sapu tangan dan memegangnya ke mulut, menggosoknya dengan kuat dengan tangannya sambil bernapas di atasnya dan segera itu terbakar habis. Dia lucuti  (untuk membuktikan apakah ada tipuan) dan dibilas mulutnya dengan seksama, mencuci tangannya dan melakukan pemeriksaan yang detil untuk mencegah kemungkinan tipuan, dan kemudian dengan nafasnya yang ditiup pada kertas atau kain yang lantas mengeluarkan api. Dia akan, saat api menyala dan tanpa korek api, setelah mengumpulkan daun kering dan dengan bernapas pada mereka maka menyalalah api.

Dan semua ini tampaknya terjadi di depan banyak saksi mata, tidak peduli berapa banyak mulut pria itu telah dibasuh atau dibersihkan dengan berbagai cara. Pada bulan Oktober 1886, seorang bocah lelaki bernama Willie Brough tinggal di Madison County, California, di mana ia tampaknya dapat menyebabkan kebakaran hanya dengan melihat benda-benda, sesuatu yang tampaknya memiliki semacam kemampuan mengendalikan api. Kemudian pada tahun 1890 ada kasus seorang gadis yatim piatu berusia 14 tahun bernama Jennie Bramwell, yang tinggal bersama keluarga angkatnya di daerah pedesaan dekat Toronto, Kanada. Jennie konon mengalami kesurupan, setelah itu dia menyebabkan api muncul entah dari mana yang sulit untuk dipadamkan, dan kadang-kadang pakaiannya sendiri akan muncul api juga, meskipun secara aneh tidak turut terbakar. Keadaan menjadi begitu buruk sehingga dia dikembalikan ke panti asuhan oleh orang tuanya karena takut. Pada tahun-tahun berikutnya, telah diduga bahwa dia telah memulai kebakaran lainnya, tetapi misteri ini belum pernah terpecahkan.

Hanya beberapa tahun kemudian, pada tahun 1895, ada laporan lain dari Brooklyn, New York, di mana seorang pria bernama Adam Colwell tinggal bersama istri dan anak angkatnya, Rhoda. Pada bulan Januari tahun itu, api mulai muncul entah dari mana, dan polisi dipanggil ke tempat kejadian dan bahkan petugas pemadam kebakaran dikatakan telah menyaksikan kobaran api ini muncul tanpa sebab, selalu di hadapan anak gadisnya itu. Tidak ada tanda-tanda tipuan yang dapat ditemukan, dan seorang polisi Kapten Rhoades mengatakan tidak mungkin ada "penyebab lain selain kemungkinan supernatural." bisa muncul secara misterius di bawah pengawasan ketat penegak hukum dan otoritas pemadam tanpa penjelasan apapun.

Fenomena Tangan Api, Pirokinesis, dan Terbakarnya Tubuh Manusia Secara Spontan

Pada 1900-an juga hadir kasus seorang mekanik mobil bernama Charles Dawes di Memphis, Tennessee, yang napasnya diduga dapat menyebabkan kebakaran, bahkan terjadi pada benda-benda yang biasanya dianggap tidak mudah terbakar. Pada tahun 1982 ada seorang anak lelaki Italia bernama Benedetto Supino, yang konon dapat menyebabkan buku-buku dan benda-benda lain terbakar di tangannya, kemampuan yang tampaknya disaksikan oleh banyak orang lain, tidak ada yang bisa membuktikan bagaimana ia melakukannya. Salah satu laporan menyebutkan kemampuan menakutkan ini seperti berikut:

Pada kesempatan lain, benda plastik kecil yang dipegang di tangan pamannya mulai terbakar ketika Benedetto menatapnya. Ke mana pun dia pergi, perabot, kertas, buku, dan barang-barang lainnya akan mulai membara atau terbakar. Beberapa saksi mata bahkan mengaku melihat tangannya bersinar pada saat-saat ini. Kotak sekering menyala, surat kabar terbakar dan 'benda kecil' yang tidak spesifik akan berasap dan terbakar.

Tidak ada cara untuk benar-benar mengetahui ada berapa banyak kebenaran dari semua kasus ini, tetapi jika semuanya memang nyata maka mereka tampaknya mengisyaratkan kemungkinan beberapa kemampuan laten dalam pikiran manusia untuk benar-benar menyulut api ini. Apakah ada manfaat untuk ini sama sekali, dan bisakah kemampuan orang-orang ini untuk mengendalikan atau menghasilkan api mungkin memiliki kaitan dengan fenomena terbakarnya tubuh manusia secara spontan yang telah lama dibahas? Atau apakah ini bisa dijelaskan, mungkin hanya salah laporan atau salah diartikan, dan apakah ada penjelasan yang lebih masuk akal untuk itu semua dibandingkan dengan alasan supranatural seperti keterlibatan jin atau energi gaib? Mungkin suatu hari nanti kita akan tahu, tetapi sementara itu kisah-kisah tentang orang-orang yang terbakar secara misterius dan tentang pemicu kebakaran psikis terus berlanjut tanpa ada penjelasan yang memuaskan meski teknologi manusia saat ini sudah sangat canggih. Bagaimana menurut anda sendiri? Semoga kita berpikir dan Wassalamualaikum.