Belajar Wordpress Self Hosting Part 1 Dengan White Hat SEO

Gambar Belajar Wordpress Self Hosting Part 1 Dengan White Hat SEO

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Belajar Wordpress Self Hosting Part 1 Dengan White Hat SEO - Sebelum membahas tentang tutorial wordpress kali ini, saya anggap kawan-kawan sudah instalasi CMS ini ya, dan yang ingin belajar teknik White Hat SEO untuk platfrom wordpress saya akan bahas step by step sampai tuntas. Tips wordpress self hosting pada part 1, ialah membahas tentang bagaimana caranya mengatur rancangan situs itu sendiri.

Beberapa Cara Optimasi Wordpress Self Hosting Part 1

Pada bagian pertama kali ini, ada beberapa cakupan materi yang akan di bahas, diantaranya silahkan lihat di bawah.
  1. Pengaturan Umum Dalam Settingan Wordpress
  2. Pengaturan Permalink Untuk Wordpress
  3. Pengaturan Meta Keyword, Deskripsi, Geo Placement
  4. Pengaturan Hreflang Dan Canonical Pada Wordpress
Mungkin cukup 4 materi dahulu, dalam pembahasan wordpress part 1 ini ya, sesuai dengan optimasi white hat SEO, mari kita langsung ke point yang dibawah si bawah ini.

1. Pengaturan Umum Dalam Settingan Wordpress

Layaknya sebagai rumah, sebuah situs perlu kita rancang dahulu isi didalamnya, anggap saja sebagai pondasinya, di dalam pengaturan umum ini Anda bisa melihat beberapa settingan yang ada di dalam wordpress seperti pada gambar berikut:

Gambar Pengaturan Umum Dalam Settingan Wordpress

Dalam pengaturan diatas silahkan setting sesuai website masing-masing, untuk judul bisa kawan-kawan isi dengan tema website tersebut, yang akan dijadikan branding nantinya. Pada bagian slogan isi juga dengan maksimal 150 kata, bisa berupa keyword, ataupun slogan sesuai tema websitenya. Pada bagian wordpress dan alamat situs, isi dengan mengunakan tautan yang aman contohnya https://www.emosianisme.net. Zona waktu dan selanjutnya silahkan sesuaikan dengan daerah masing-masing. Dan pada format tanggal bisa di sesuaikan sendiri atau bisa memakai contoh pada gambar dengan menambahkan Y-m-d H:i.

2. Pengaturan Permalink Untuk Wordpress

Disini kita akan melihat beberapa jenis permalink yang akan kawan-kawan bisa setting atau atur sendiri. Untuk mengoptimalkan jenis permalink menurut Teknik SEO sendiri, Anda dapat mengatur permalink wordpress dengan cara seperti pada gambar. Namun apabila tidak ingin membuatnya dengan struktur SEO, sesuaikan dengan keinginan masing-masing, berikut contoh gambarnya.

Gambar Pengaturan Permalink Untuk Wordpress

3. Pengaturan Meta Keyword, Deskripsi, Geo Placement

Meta keyword, meta deskripsi, Geo placement sangat berperan penting dalam struktur SEO, karena akan mempermudah robot engine mencari website dengan kata kunci yang kita tanamkan, di dalam wordpress mengatur sistem meta seperti ini ada pada bagian dalam template. Caranya tekan tampilan, lalu klik editor, dan menuju ke header.php. Pasang beberapa meta key seperti ini tepat pada diantara <head> dan sebelum </head>, sedangkan untuk geo placement silahkan mengunakan geo tag generator kodenya seperti ini:



Gambar Pengaturan Meta Keyword, Deskripsi, Geo Placement

4. Pengaturan Hreflang Dan Canonical Pada Wordpress

Masih pengaturan dalam header.php, yaitu kita akan setting bagian hreflang, dan juga canonical otomais, fungsi hreflang sendiri adalah dapat mengubah multy bahasa secara otomatis bila ada pengunjung dari negara lain. Sehingga akan bisa di cocokan sesuai bahasa negara tersebut, sedangkan fungsi canonical pada website wordpress self hosting, agar dapat dibaca oleh mesin pencari, dan sekaligus menghindari konten yang di anggap duplikat, disini lah canonical berfungsi gambarannya seperti itu ya guy's. Dalam mengaturnya silahkan lihat pada gambar berikut dengan kode yang akan Anda setting nanti pada wordpress.



Gambar Pengaturan Hreflang Dan Canonical Pada Wordpress

Sangat sederhana, dan simple bukan belajar wordpress self hosting part 1 ini, dengan tahapan yang mudah dimengerti dan di pahami, tinggal Anda atur sendiri sesuai dengan tema/niche website sesuai keinginan.


Penutup

Mungkin hanya ini saja yang dapat saya jelaskan, tentang Belajar Wordpress Self Hosting Part 1 Dengan White Hat SEO, dan semoga kawan-kawan khususnya bagi pemula yang ingin belajar, dapat mudah dipahami, bila ada pertanyaan silahkan isi pada komentar. Apabila konten yang kami sajikan bermanfaat silahkan bagikan, sampai jumpa lagi sahabat emosianisne.net Wassalam.