15 Masalah Umum Kehidupan Dan Cara Mengatasinya

15 Masalah Umum Kehidupan Dan Cara Mengatasinya

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Kita hidup di muka bumi dan pastinya kita semua memiliki masalah masing-masing, dan beberapanya kita memiliki masalah kehidupan umum yang sama. Dan ini adalah yang seringkali saya tulis disini (jika anda pernah membacanya).

Masalah selamanya akan selalu ada di tengah keterbatasan dan kekurangan kita dan kita tidak bisa menghindarinya. Anda akan bangun besok dan memiliki masalah. Anda mungkin akan naik kendaraan dan membaca pesan di kotak masuk email anda dan semua itu juga bagian dari masalah sehari-hari. Anda pulang ke rumah juga dihadapkan dengan berbagai masalah lainnya, intinya masalah tidak akan pernah ada habisnya, mulai dari yang kecil hingga yang besar. Lari dari masalah juga bukan solusi karena hanya akan membuat pribadi kita menjadi pengecut yang lebih rentan terhadap masalah-masalah lainnya. Masalah harus kita hadapi dan semua hal di dunia ini betapapun sulitnya insha Allah akan dapat diselesaikan.

Mengatasi Masalah Sehari-hari

Berikut adalah 15 masalah kehidupan yang paling umum dan tentang bagaimana cara menyelesaikannya yang saya kutip dari sumber yang saya rasa cukup valid:

1. Anda tidak mencapai impian anda
Hanya karena anda telah menetapkan tujuan, bukan berarti anda "pasti" akan mendapatkannya. Banyak tujuan terberat dalam hidup membutuhkan banyak upaya, dan itu harus di imbangi dengan banyak tuntutan yang harus anda penuhi. Beberapa impian yang umum adalah:

• Karir impian
• Pasangan hidup
• Membangun sesuatu

Orang berbicara tentang kesuksesan dan pengembangan kepribadian dan bahkan sebagian dari mereka menulis dan membuat seminar tentang kesuksesan, tapi percayalah tidak semua dari mereka juga berhasil mencapai tujuan mereka. Mungkin mereka berhasil di satu hal yang kita anggap sebagai sebuah impian, namun ingat kita dan mereka juga manusia biasa yang bisa saja gagal.

Ini sangat relativ, perasaan terbaik tentang mencapai tujuan anda adalah perjalanan yang dibutuhkan untuk sampai ke sana. Jika semua tujuan anda mudah dicapai, maka anda tidak akan merasakan apa pun di akhir proses.

Solusi:
Coba renungi impian yang tidak anda capai dan cobalah pendekatan yang berbeda. Melakukan hal yang sama berulang-ulang untuk mencapai tujuan anda sementara semua hal di dunia ini selalu berubah-ubah adalah definisi kegilaan. Upayakan adaptasi mimpi anda terhadap perubahan waktu dan kondisi, ini akan membantu anda untuk merubah persepsi tentang impian.

Seorang pahlawan juga bisa kehilangan impian mereka. Yang membuat mereka menonjol adalah mereka tidak pantang menyerah. Ketahui bahwa anda akan gagal di beberapa titik, di titik lain anda telah melewati beberapa kesuksesan. Gagal adalah alami dan itu merupakan bagian yang harus dilalui untuk meraih sukses. Sadarilah bahwa tidak selamanya impian harus tercapai dan terkadang memiliki sebuah impian saja sudah cukup menyenangkan.

2. Seseorang mengkritik anda
Anda merasa tersungkur di dunia ini, para kritikus anda keluar dari mana saja anda berada, terlebih lagi di nusantara ini dimana kita dituntut untuk jadi "orang" agar dihargai. Semakin besar aspirasi anda, semakin besar pula anda akan dikritik. Jumlah kritik yang anda miliki berbanding lurus dengan kesuksesan anda.

“Saya memiliki posting blog yang saya tulis tentang saya yang mengatakan betapa bodohnya diri saya sendiri. Rasanya seperti sampah pada awalnya. Pada hari selanjutnya saya berdamai dengan kritik dan terus menulis”.

Solusi:
Anda tidak bisa menyenangkan semua orang yang anda temui dalam hidup. Ketika anda berbicara di atas panggung misalnya, 25% orang akan menyukai anda, 25% tidak akan tahu siapa anda dan 50% orang akan berpikir anda brengsek walaupun anda mungkin tidak melakukan kesalahan.

Kritik tidak semuanya buruk. Anda juga dapat mempelajari hal-hal tentang diri anda dari mereka. Solusinya adalah belajar dari kritik, jangan takut. Fahami juga semua orang mendapat kritik, sama seperti anda dan itu normal.

3. Karir anda kacau
Apakah anda seorang pengusaha atau pekerja kantor yang beruntung, tentu saja karier anda akan atau pernah kacau di beberapa titik.

Kurang lebih definisi bisnis adalah seperti ini: Bergerak dari satu masalah ke masalah lain dan menghasilkan uang sementara itu untuk mendorong misi kehidupan anda. Bisnis benar-benar hadir dari sebuah cara untuk memecahkan masalah.

  • Kesalahan prediksi bisnis
  • Bisnis yang anda dirikan bisa mundur dan bahkan bangkrut.
  • Keterampilan karir anda bisa menjadi usang.
  • Anda dipecat karena melakukan kesalahan.
  • Hal-hal lain yang tidak pernah dapat anda prediksi dalam karier anda

Solusi:
Lihat tantangan karir apa adanya, selalu ada peluang untuk mencoba sesuatu yang berbeda. Jika karier anda tidak pernah kacau, maka anda mungkin akan tetap berada di zona nyaman anda selama hidup anda dan tidak pernah mencoba sesuatu yang berbeda.

Solusinya adalah disaat anda melihat karir anda semakin kacau anggap hal tersebut adalah sebagai peluang untuk tumbuh. Bahkan bisa menjadi satu kenyataan yang membuat anda ingin membuat startup anda sendiri.

Akan selalu ada masalah dalam bisnis karena bisnis itu sendiri merupakan bagian dari "masalah". Orang-orang bermasalah dengan penyakit, disini bisnis medis tumbuh, orang-orang bermasalah dengan jarak tempuh, disini bisnis kendaraan tumbuh. Seringkali masalah anda sendiri adalah bagian dari bisnis juga. Ingin berbisnis? Carilah masalah!

4. Anda memiliki masalah keuangan
Hal kecil gila yang sering disebut uang itu sangat sering mengecewakan pada titik tertentu. Saya sendiri misalnya, saya bukan orang kaya dan itu menjadi masalah saya sendiri. Tapi memaksakan diri untuk menjadi kaya juga bisa membuat otak saya lumpuh. Saat saya renungkan, saat saya merasa paling bahagia adalah ketika saya memiliki jumlah uang sedikit. Karena disaat itu saya mulai berpikir tentang orang-orang yang berada di bawah saya, tapi eiits bukan berarti saya tidak butuh uang.

Penelitian yang tak terhitung jumlahnya menunjukkan bahwa uang bukanlah tujuan hidup. Sebagai manusia, kita mencari makna, cinta, dan versi kebahagiaan kita sendiri. Uang tidak akan memberi anda salah satu dari kebutuhan manusia itu.

Itu tidak berarti bahwa tidak ada uang tidak masalah; bukan begitu, itu hanya berarti bahwa uang tidak boleh menjadi fokus utama anda atau sesuatu yang membuat anda terobsesi.

Solusi:
Kekurangan uang adalah normal. Ketika anda tidak punya uang, biasanya anda menjadi kreatif dan imajinatif, itu adalah benih untuk anda menjadi sukses. Kurangnya uang juga bisa membantu anda memutuskan apa yang penting dan apa yang tidak.

Jika keadaan menjadi sangat buruk, maka anda mungkin akan memprioritaskan memberi makan keluarga anda daripada membeli kendaraan lain yang tidak berguna yang tidak akan pernah membuat anda bahagia. Anda akan bersukacita dalam hal-hal sederhana dalam hidup anda. Disini hidup menjadi lebih indah.

Solusi untuk masalah keuangan adalah melihatnya sebagai hadiah dan memilih makna hidup anda sebagai gantinya.

5. Anda kurang sehat
Kesehatan telah menjadi masalah nyata. Kita manusia sering bertanya-tanya mengapa kita merasa lelah, sakit, dan perih. Kita semua akan mengalami tantangan kesehatan di beberapa titik dalam hidup kita.

Berapa banyak tantangan kesehatan yang kita alami di tahun-tahun muda kita seringkali terkait pada pola makan, olahraga dan gaya hidup. Strategi untuk menjadi sehat belum berubah sejak dahulu kala.

Tidak ada misteri tentang cara menjadi sehat, yang ada hanya saja kita yang suka menjadi malas.

Kenyamanan yang didukung oleh teknologi telah melampaui kemampuan kita untuk melakukan tugas-tugas dasar yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Berjalan sangat baik untuk kesehatan, namun kita lebih memilih untuk menggunakan sepeda motor untuk mencapai lokasi yang sebenarnya tidak jauh. Bahkan ada orang yang "malu" untuk berjalan kaki.

Solusi:
Ubah dari sekarang. Cobalah berhenti mengeluh dan lakukan sesuatu untuk itu. Lakukan tes darah. Ubah pola makan anda menjadi lebih banyak nabati serta sering-seringlah beraktivitas yang mengeluarkan banyak keringat.

Minum lebih banyak air. Bawa diri malas anda ke gym 3 kali seminggu atau berjalan-jalan minimal selama 30 menit. Berdirilah dari meja anda sesekali agar anda tidak duduk sepanjang hari dan mengacaukan tulang belakang / leher anda. Apa pun yang anda lakukan, jaga kesehatan anda dan berhentilah bersikap masa bodoh.

6. Hubungan anda berakhir
Ada kurang dari 1% orang yang bertemu 'Cinta Sejati,' dan hidup bahagia selamanya, serta tidak pernah mengalami putus cinta. Bahkan yang 1% itu memiliki hubungan terakhir di beberapa titik ketika kedua belah pihak telah meninggal dunia.

Namun bagi sebagian besar dari kita yang tidak seberuntung ini, kita harus berurusan dengan perpisahan dan kesengsaraan romansa. Kita mungkin akan menemukan diri kita dalam hubungan beracun yang terlalu lama. Kami mungkin akan di curangi setidaknya sekali dalam hidup.

Kita juga mungkin akan memiliki hati yang hancur berkeping-keping ketika kita menemukan bahwa yang kita cintai ternyata 'tidak lagi mencintai kita.'

Ini adalah realitas dari mekanisme dasar kondisi manusia dan kebutuhan kita untuk bereproduksi dan menjaga spesies kita tetap hidup.

Solusi:
Menemukan cinta adalah tentang pemahaman untuk mengenal cinta itu sendiri. Terkadang anda membutuhkan hubungan hanya untuk diakhiri untuk mengetahui apa sebenarnya cinta itu. Semua masalah putus cinta selalu menyiksa pada awalnya sampai anda menjadi bertambah kuat, terus tumbuh dan melanjutkan hidup. Kemudian, solusi untuk masalah ini adalah menemukan pemahaman kehidupan diri anda sendiri.

Begitu anda menemukan diri anda, hati akan siap untuk jatuh cinta lagi. Disini tentang bagaimana anda bergerak maju dan bergantung pada pilihan anda sendiri dan pengalaman anda.

Berbicara tentang kehancuran cinta adalah berbicara tentang "waktu", Ya waktu akan mengikis habis semua kehancuran hati anda tepat disaat anda mulai merelakan, disaat anda merasa tersiksa, jangan biarkan anda sendiri. Temuilah seseorang atau bergaulah seluas-luasnya serta sibukkan diri anda sendiri. Ini akan sangat membantu anda untuk melewati semua itu. Setelah melewati semua itu, anda akan berubah menjadi pribadi yang lebih baik.

7. Anda mengacaukan diri anda sendiri
Bagian ini adalah kebenaran yang terjelek. Ya kita mempermalukan diri kita sendiri. Kita telah membuat kesalahan pada diri sendiri di luar apa yang kita perkirakan.

• Anda mencoba membuat guyonan, namun orang-orang tidak merasa lelucon anda lucu.
• Ada saat ketika berpikir seseorang menyukai anda, namun yang terjadi malah sebaliknya.
• Anda pergi keluar dengan teman-teman dengan menaiki kendaraan, anda mabuk kemudian muntah di mobil teman anda.
• Ada saat anda salah berbicara dan mengacaukan pidato anda sendiri bahkan setelah anda berlatih.

Ada banyak sekali hal-hal yang bisa membuat kita mengacaukan suasana. Kita bisa berbicara berhari-hari tentang bagaimana diri kita telah mempermalukan diri sendiri selama bertahun-tahun. Kita terbayang adegan epik yang gagal dan melihat siapa yang lebih buruk. Ini bukan game namun kenyataan pahit yang sulit terlupakan.

Solusi:
Terkadang mengacaukan dirimu sendiri adalah sebuah tanda keberanian. Keberanian adalah apa yang ditemukan di dalam diri para pemimpin dan apa yang mereka lakukan. Kekacauan ini adalah petunjuk bahwa anda mungkin gagal dalam jangka pendek.

Mereka yang gagal dalam jangka pendek akhirnya akan menang dalam jangka panjang dengan terus menerus berlatih.

"Kebalikan dari kekacauan diri adalah kesempurnaan. Itu adalah kehidupan di mana anda berpikir untuk mengesankan orang lain untuk akhirnya anda malah gugup dan menjadi berantakan, itu sangat normal. Disini anda belajar dari pengalaman. Yup! Setiap orang melakukan kesalahan. Pernah melihat diri anda sendiri terlihat bodoh, well itu baik, yang tidak baik adalah menjadi sempurna, karena itu mustahil.

8. Seseorang mengambil harta anda
Mobil, rumah, atau  kepemilikan material lainnya memang kita butuhkan di dunia ini. Tapi tak satu pun dari hal-hal materi yang kacau ini akan menemani anda di akhirat. Terkadang kita kehilangan materi suka atau tidak suka.

Anda tidak dapat mengubur mobil dengan kematian anda (meskipun banyak orang mencoba hal ini) dimana anda dapat berharap berkeliling dengan almarhum kakek anda dan melakukan travel wisata di akhirat. Well bro, that's bullshit. Materi disini tidak sama dengan yang ada disana, hukum fisika yang ada disini versus disana telah berbeda. Jadi terkadang anda sebaiknya belajar merelakan kehilangan anda.

Solusi:
Yang penting adalah anda tidak menjadi kacau. Yang paling penting adalah anda menjaga diri sendiri dan keluarga anda dengan demikian anda punya hasrat untuk juga menjaga orang lain. Mungkin saja ketika sampah materi anda berantakan di rumah, anda akan menyadari bahwa anda memang tidak membutuhkannya sejak awal.

9. Anda merasa hidup anda tidak ada artinya
Saat-saat di mana tidak ada yang masuk akal adalah di mana anda tidak bisa menjelajah keberadaan anda di dunia yang kacau ini. Anda merasa tidak dilahirkan dengan membawa makna bagi hidup anda sendiri. Makna ini datang dari belajar tentang siapa kita dan tumbuh sebagai pribadi apa.

Anda mulai mencari makna bagi hidup anda ketika anda berusia 19 tahun dan mungkin akan berubah dari saat anda berusia 51 tahun dan telah memiliki tiga anak dewasa.

Cara tercepat untuk menghancurkan hidup anda adalah dengan meyakini bahwa hidup tidak memiliki arti. Kurangnya makna ini menyebabkan depresi, kecerobohan, penggunaan narkoba dan bahkan kejahatan pada tingkat yang ekstrem.

Solusi:
Semua yang ada di dunia ini memiliki fungsi masing-masing. Jika anda merasa hidup anda tidak ada artinya, maka inilah saatnya untuk berpikir dan bereksperimen. Diam bukanlah bagaimana anda menemukan jawabannya.

"Menjadi sangat terfokus pada diri sendiri hanya menyebabkan lebih banyak penderitaan"
Solusi jangka pendek untuk masalah ini adalah Pikirkan tentang Tuhan dan bereksperimen dengan membantu mereka yang tidak memiliki apa-apa. Habiskan waktu dengan orang-orang yang tidak seberuntung anda dan coba untuk mendapatkan perspektif lain dalam hidup anda.

Seringkali kita telah menemukan makna terbesar bagi hidup biasanya terkait dengan menemukan sesuatu yang anda senang lakukan secara gratis dalam membantu orang lain. Anda berfungsi dalam penciptaan anda dan keberadaan anda bermanfaat bagi kehidupan maka anda menemukan tujuan.

10. Anda merasa tidak bisa melanjutkan hidup anda lagi
Kita semua mengalami hari-hari berat seperti itu. Pikiran-pikiran yang dalam dan kadang-kadang gelap bisa mengarah ke tempat yang belum pernah anda kunjungi.

Beberapa kegagalan dalam hidup lebih menyakitkan daripada yang lain. Beberapa kegagalan tidak dapat diselesaikan melalui solusi kecil dalam blog ini bahkan jika pun saya tambahkan dosis inspirasi. Namun jika anda benar-benar merasa tidak dapat melanjutkan lagi, maka masih ada cara lain.

Solusi:
Mencari bantuan nyata. Pikiran-pikiran gelap ini harus dirawat dan kadang-kadang obat terbaik adalah mencari bantuan profesional melalui konseling baik dari pihak orang-orang yang terdekat dengan anda atau dari para guru spiritual agama, atau untuk kasus yang ekstrem, dengan menghubungi pakar ahli kejiwaan.

Meskipun kita mungkin tidak pernah memiliki pikiran untuk bunuh diri secara pribadi, namun kita tentunya telah berurusan dengan penyakit mental seperti ini. Tolong jangan menjadi korban bunuh diri dengan tidak melakukan apa-apa, anda diciptakan dengan sebuah tujuan khusus. Anda unik dan Allah menyayangi anda diluar cara yang anda pahami.
"Ada cara untuk keluar dari sisi gelap ini, tetapi anda harus mengesampingkan harga diri dan mencari bantuan"
11. Setiap hari terasa sama
Anda bangun, makan, pergi bekerja. Kemudian anda makan, pulang dan makan lagi. Anda pergi tidur dan selalu begitu setiap harinya, serasa sangat membosankan.

Hidup bisa merasakan hal yang sama jika anda tidak melakukan apa pun. Terserah anda untuk menciptakan variasi dan membentuk kebiasaan anda menjadi sesuatu yang lebih dari jadwal tetap yang membuat anda merasa bosan. Hari-hari akan terasa selalu sama ketika tidak ada tujuan di balik apa pun yang anda lakukan.

Solusi:
Anda harus keluar dari kenyamanan anda dan menemukan sukacita dalam pengulangan semua aktivitas itu. Anda melakukan itu dengan mengulangi hal tersebut dan berusaha membuatnya bermakna. Tambahkan beberapa variasi dengan melanggar zona nyaman anda sendiri. Tetapkan tujuan untuk melakukan sesuatu yang liar di hari-hari anda sesering mungkin.

• Berhijrah dan temui teman-teman lama anda
• Bicaralah dengan seseorang yang baru
• Cobalah belajar keterampilan baru

Bahkan setelah mencoba sesuatu yang baru, anda harus terbiasa dengan beberapa tingkat pengulangan. Biarkan pengulangan itu menjadi kebiasaan yang melayani sesuatu yang dapat membantu orang lain.

12. Teman yang mengacaukan hidupmu
Simpel saja, jika teman anda membuat kehidupan anda menjadi rusak dan membawa anda pada kehancuran, anda telah berupaya memberi nasehat namun tidak ada perubahan, cukup buang saja, unfriend dan hapus nomor mereka. Ini tidak bermaksud memutuskan silaturahmi secara penuh, anda bisa berteman kembali dengan mereka disaat mereka telah berubah.

Setiap hubungan yang anda miliki dalam hidup anda adalah sebuah pilihan. Orang-orang di sekitar kita terkadang menahan perkembangan kita. Mereka memenuhi pikiran kita dengan keyakinan, cerita, dan tujuan yang membatasi yang tidak memberi kita makna apapun. Berteman memang sangat baik, namun tidak selamanya berteman membuahkan kebaikan. Pada siapa anda berteman itu menunjukkan siapa anda sebenarnya. Jadi putuskan siapa yang layak anda jadikan teman!

Terkadang teman-teman dapat membunuh impian kita atau membuat kita percaya sesuatu yang tidak pernah kita pikirkan mungkin terjadi.

Solusi:
Setiap orang berhak mendapat kesempatan kedua. Mulailah dengan memberi tahu teman anda yang beracun itu tentang bagaimana perasaan anda. Beri mereka kesempatan untuk berubah dengan cara yang baru.

Jika mereka menolak, istirahatlah sejenak dari mereka. Tanyakan pada diri anda apakah anda menginginkannya dalam jangka panjang dalam hidup anda?

'Menyesuaikan diri' adalah apa yang diajarkan kepada kita untuk dilakukan. Yang saya sarankan adalah menjadi diri anda dan itu akan menarik orang yang tepat ke dalam hidup anda. Teman bisa mendorong anda untuk berhasil, sebaliknya teman yang buruk bisa lebih berbahaya dari musuh anda sendiri.

13. Anda merasa stres
Berdasarkan hasil survei, Indonesia menempati tingkat rendah dalam stres. Setiap orang bisa stres bahkan hewan juga mengalaminya. Stres ini menyebabkan kabut otak, kelelahan, dan kurangnya kejernihan mental. Stres juga disebabkan oleh apa yang anda biarkan masuk ke dalam hidup anda. Memiliki opsi yang salah bisa menjadi hal yang buruk.

Solusi:
“Kita tidak membutuhkan lebih banyak; kita hanya perlu lebih sedikit untuk menghindari stres ”
• Jadilah relijius, sujud saat bersholat terbukti ampuh menangani stres
• Katakan tidak untuk meeting lagi
• Katakan ya untuk mengundang orang-orang yang membuat mood anda baik
• Beli lebih sedikit barang
• Sedikit orang dalam hidup anda
• Dengarkan satu kabar saja, bukan banyak
• Baca lebih sedikit buku daripada setiap buku yang direkomendasikan di banyak tempat
• Kurangi langganan
• Investasikan dan hemat lebih banyak uang agar anda tidak terlalu stres tentang tagihan yang tidak terduga
• Beristirahat secara teratur

Intinya kurangi segala hal yang berlebihan atau hal yang sebenarnya tidak perlu. Semakin banyak yang anda miliki maka semakin banyak pula yang harus anda pikirkan.

14. Rasa takut menghalangi anda
Ada begitu banyak ketakutan umum, takut laba-laba, takut terbang, takut berbicara di depan umum, hantu, perubahan karier, ketinggian dan bahkan mungkin ketakutan untuk mengekspresikan diri anda.

Ketakutan adalah konsep pikiran, ini salah satu mekanisme dasar manusia untuk bertahan hidup. Pikiran kita membuat pilihan itu untuk kita dan memberikan makna bagi segalanya.

Ketakutan dapat diatasi dan itulah sebabnya kita menyukai kisah-kisah tentang perjuangan melawan rasa takut. Jadi rasanya perlu untuk membuat daftar ketakutan dan kemudian merobohkannya satu per satu.

Solusi:
Hancurkan rasa takut anda menjadi potongan-potongan kecil. Jangan menghindarinya dan jangan biarkan hal itu menghalangi anda lagi. Buat keputusan untuk mengatasi setiap ketakutan yang anda miliki dan anda tidak akan terhentikan pada akhirnya. Rasa takut hanya bisa dikalahkan dengan menghadapinya dan terbiasa dengannya.

Jangan biarkan saraf pikiran menipu anda untuk berpikir bahwa anda takut. Kita semua punya saraf, tetapi kita masih bisa terus bergerak maju dengan saraf rasa takut kita. Bahkan belajar lebih baik untuk menggunakan saraf ini demi keuntungan dengan menggunakannya sebagai sumber energi tambahan.

Rasa takut itu normal dan terkadang memberi tahu bahwa kita berada di jalur yang benar. Ketakutan nyata dapat diatasi melalui latihan yang disengaja. Jika anda lari dari rasa takut anda maka selamanya akan selalu seperti itu, ayo hadapi dan ubah ketakutan anda yang menghalangi kesuksesan anda. Takutlah pada sesuatu yang pantas anda takuti.

15. Berhadapan dengan konsep kematian
Terakhir, adalah kematian. Kematian adalah satu-satunya masalah kehidupan yang kita semua miliki bersama dan ini tidak bisa selesaikan. Maaf atas kabar buruk ini, karena mati memang tidak ada obatnya, dan kita semua PASTI mati.

Kematian akan datang pada kita pada akhirnya dan ia juga akan datang membawa orang yang anda cintai.

"Solusi untuk menghadapi kematian bukanlah mengatasinya tetapi menerima dan mempersiapkannya"

Kematian bisa menjadi motivator terbesar bagi kita jika kita sudi memahaminya. Begitu anda memahami apa arti kematian dengan semua kegelapan atau terang cahayanya, maka anda akan mulai memahami kehidupan.

Anda akan melihat kematian, bukan sebagai masalah tetapi fakta. Fakta itu akan mengubah cara anda melihat segala sesuatu yang sedang berjalan maju, dimana semua ini pada akhirnya akan hancur dan musnah.

Kematian bukanlah pil yang mudah ditelan. Tidak ada postingan khusus dalam blog ini yang akan memberi anda semua jawaban yang mungkin ingin anda ketahui tentang kematian. Karena saya juga tidak tahu lol :D

Satu-satunya cara saya melihat kenyataan kematian adalah dengan menjalani kehidupan ini dengan cara yang terbaik yang anda bisa, mumpung selagi anda bisa!

Gunakan hidup anda untuk melakukan sesuatu yang memberi hidup anda makna dan kemudian anda tidak akan lagi melihat kematian sebagai masalah ketika hal itu menimpa anda. Dan yang terutama persiapkan kematian sejak dini, disana materi tidak akan berlaku, namun niat dan perbuatan anda di dunia ini yang kelak berada disana membentuk kehidupan anda setelah kematian. Semoga bermanfaat dan Wassalamualaikum.

Biografi lengkap penulis bisa anda lihat di Tentang Kami

Artikel Lainnya
Previous
Next Post »