3 Plugin CRM WordPress Terbaik

IDwebhost

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Tidak bisa dipungkiri peran website dalam kegiatan bisnis cukup penting pada saat ini. Sudah banyak berbagai macam bisnis yang mengembangkan bisnis mereka ke arah online. CMS (Content Marketing System) WordPress merupakan salah satu andalan  saat ini untuk memudahkan bisnis online mereka.

Dan Plugin CRM merupakan salah satu yang paling penting dalam kegiatan bisnis ini. Oleh karena itu di artikel ini kami akan membahas plugin CRM WordPress terbaik yang bisa memudahkan bisnis anda. Namun sebelum membahas hal tersebut, akan lebih baik jika anda memahami terlebih dahulu apa itu CRM

Apa itu CRM?
CRM atau Customer Relationship Management memiliki tipe yang bermacam – macam, namun pada umumnya software ini memiliki fungsionalitas yang sangat dibutuhkan di dalam dunia bisnis. Sebagai contoh, salah satu fungsionalitas yang ada di platform CRM memungkinkan Anda untuk menyimpan data pelanggan, mengatur dan mengelolanya, serta melihat kembali informasi tersebut seseuai keinginan anda.

Idwebhost

Contoh di atas merupakan fitur dasar yang dimiliki setiap CRM. Kini sebagian besar tool CRM menyertakan beragam fitur tambahan yang dapat memudahkan Anda seperti:
  • Menggolongkan calon pelanggan dan pelanggan lama. Dengan menggunakan CRM, Anda bisa memfilter calon pelanggan dan pelanggan baru sehingga target yang anda tetapkan bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan efisien.
  • Menyimpan informasi kontak. Menyimpan informasi kontak dari setiap pelanggan merupakan langkah penting untuk kesuksesan bisnis Anda.
  • Mengelola accounting. Sebagian CRM memudahkan Anda dalam menyimpan informasi pendapatan, pengeluaran, hingga invoice pelanggan.
  • Menghitung key analytics. Dengan memilih dan menggunakan CRM WordPress yang tepat, Anda bisa memonitor perkembangan bisnis dan menganalisis perilaku pelanggan.

Sekarang sudah banyak bisnis dan perusahaan yang menginvestasikan uangnya di platform CRM agar usaha mereka bisa berjalan sukses dan semakin kuat serta berkembang. Hal ini membuktikan betapa pentingnya plugin CRM bagi bisnis mereka.

Selain itu, CRM juga hanya terdiri atas satu tab. Bagi perusahaan yang menaungi berbagai macam bisnis, CRM adalah solusi paling jitu, simple dan efisien.

Namun yang cukup disayangkan, harga CRM cukup mahal karena software ini memang menargetkan bisnis berskala besar dan menyediakan berbagai fitur. Karena itulah, mau tak mau Anda harus lebih kreatif jika ingin memiiki dan mengaktifkan CRM tanpa ‘menghabiskan uang dalam jumlah banyak’. Contoh, WordPress tidak menyediakan fungsionalitas CRM, tapi Anda bisa saja mengaktifkannya dengan menggunakan plugin yang tepat. Langkah ini bisa menghemat waktu dan juga uang Anda.

Sebelum membahas plugin WordPress CRM, coba tanyakan pada diri sendiri apakah bisnis Anda saat ini membutuhkan software CRM atau tidak. Contohnya, jika Anda harus menangani berbagai klien, maka sudah pasti peran CRM anda butuhkan. Sebaliknya, apabila usaha Anda termasuk bisnis kecil dan hanya menangani pelanggan dengan jumlah sedikit, maka menggunakan CRM tidak disarankan bagi anda.

Sebenarnya, tidak menjadi masalah jika Anda hendak menggunakan CRM dari awal website online, selama anda memiliki modal yang cukup. Namun dengan adanya CRM, Anda akan mampu mengatur berbagai hal sehingga bisnis dapat lebih berkembang.

Nah setelah memahami apa itu CRM dan kegunaanya, Berikut 8 Plugin CRM WordPress terbaik yang bisa anda gunakan!

8 Plugin CRM WordPress terbaik untuk manajemen bisnis anda

Idwebhost

1. WP ERP

Plugin CRM WordPress Terbaik yang pertama adalah WP ERP. Bahkan software ini merupakan satu dari sekian banyak plugin yang menawarkan sistem CRM ‘full-fledged’ atau yang sepenuhnya telah dikembangkan. Sistem seperti ini termasuk fitur CRM, opsi manajemen sumber daya manusia, dan fungsionalitas accounting.

Dengan kata lain, plugin ini memudahkan Anda dalam mengelola customer dan karyawan serta menyimpan informasi ke mana uang dikirimkan dan dari mana uang tersebut berasal. Meskipun ada banyak single plugin yang bisa Anda manfaatkan, WP ERP tetap akan menjadi solusi terbaik.

Satu kekurangan WP ERP adalah tidak adanya software interface yang canggih, seperti yang ditawarkan oleh platform CRM lainnya. Hanya saja, dengan berbagai fungsionalitas bisa Anda peroleh segera setelah menginstall dan menjalankan plugin gratis. Bahkan Anda juga bisa memanfaatkan ekstensi berbayar jika ingin mengembangkan WordPress CRM, walaupun jumlah fitur yang disediakan secara standar untuk bisnis kecil saja sudah termasuk banyak.

Fitur Unggulan:
  1. Manajemen customer relation dengan mudah dari dashboard WordPress.
  2. Melacak dan menyimpan file dan informasi karyawan.
  3. Melacak pendapatan yang masuk dan keluar.
  4. Menyediakan 44 pilihan mata uang untuk menganalisia pendapatan bisnis Anda.
  5. Mengelola berbagai jenis bisnis melalui satu dashboard.


2. Zero BS WordPress CRM

Selain memiliki nama yang menarik karena BS singkatan dari “Bullsh*t”, plugin WordPress CRM ini juga menawarkan berbagai fitur canggih. Seperti namanya, Zero BS WordPress CRM sangat mudah diinstall dan sesuai baik untuk bisnis berskala kecil ataupun besar.

Melalui plugin ini, Anda bisa menyimpan semua informasi pelanggan, seperti informasi lokasi dan kontak, di dalam WordPress. Bahkan Anda juga bisa menambahkan catatan pribadi untuk setiap pelanggan. Satu hal yang membuat plugin ini terlihat unik dan berbeda adalah ketika Anda menggunakannya untuk accounting.

Zero BS WordPress CRM juga memungkinkan Anda untuk mengecek pendapatan kotor dan bersih, melacak diskon, memonitor invoice yang belum dibayar, dan masih banyak lagi. Secara keseluruhan, Zero BS WordPress CRM adalah solusi yang sangat tepat jika Anda ingin mengecek apa pun yang beurusan dengan angka.

Fitur Unggulan:
  1. Menyimpan informasi pelanggan dengan memakai formulir sederhana.
  2. Melacak alur pengeluaran dan pemasukan bisnis Anda, yang kemudian dibagi ke dalam macam-macam kategori.
  3. Mengecek invoice yang belum dibayar.
  4. Memonitor berapa banyak uang yang Anda peroleh dari setiap pelanggan.


3. Woocomerce CRM

Selain WooCommerce, agar toko online bisa berkembang pesat dan signifikan, maka tak ada salahnya jika Anda menginstall dan mengaktifkan CRM. Karena setiap bulannya, Anda bisa saja menangani puluhan, ratusan, bahkan ribuan penjualan.

WooCommerce Customer Relationship Manager menyediakan customer-specific metrics. Melalui fitur ini, Anda bisa melihat siapa saja pembeli terbaik atau yang loyal. Selain memudahkan Anda dalam menghubungi setiap pelanggan, software ini juga memungkinkan Anda jika ingin memberi tugas atau task pada karyawan untuk melakukan customer outreach melalui plugin.

Selain itu plugin satu ini memiliki kemudahan dalam menambahkan custom field ke database pelanggan. Dengan demikian, Anda bisa memilih informasi seperti apa yang ingin disimpan, berdasarkan pada tipe produk dijual.

Fitur Unggulan:
  1. Menyediakan metrics tingkat lanjut untuk setiap pelanggan.
  2. Memungkinkan Anda untuk memberi tugas pada karyawan atau orang lain agar bisa follow up calon klien atau bisnis yang berpotensi.
  3. Menambahkan custom field ke file pelanggan


Nah itu dia 3 plugin CRM WordPress terbaik yang bisa anda pakai untuk memudahkan bisnis anda. Setelah memahami hal ini, jangan lupa untuk memasang domain dan hosting murah hanya di IDwebhost!

Biografi lengkap penulis bisa anda lihat di Tentang Kami

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »