Gambar Sayangi Alam Untuk Kehidupan Anak Cucu Kita

Halo emosi muda, Assalamu'alaikum. Alam merupakan faktor terpenting dalam sebuah kehidupan, dimana dengan adanya alam kita bisa lebih menghargai sebuah hidup ini, mungkin selama ini kita kurang memperhatikan kondisi alam semesta. Karena kita disibukan oleh kehidupan dunia yang semestinya alam pun harus tetap dijaga, Anda bisa bayangkan bila kita hidup didunia ini tanpa adanya pohon, tanpa adanya alam dan Tuhan itu Maha Mengetahui apa yang Allah SWT ciptakan. Bila kita tidak menghargai Alam otomatis bencana alam pun akan datang, ini salah satu contohnya dan bukan hanya itu tanpa adanya alam dan hutan atau pepohonan kita tidak akan bisa menghirup udara segar yang bebas.

Faktor Utama Dari Alam Dan Hutan.

Ada beberapa faktor utama antara alam dan hutan ini, bisa kita bayangkan bila tidak ada pohon satu pun di muka bumi ini, apakah kita bisa menghirup udara segar? Tentunya tidak mas bro and bro sista. Bagaimana nasib cucu kita nantinya bila tidak terdapat hutan, gunung yang gundul, alam yang rusak, pasti bisa dibayangkan saat ini bila semua itu terjadi nasib anak cucu kita akan seperti apa.
  • Faktor hutan gundul, akibat dari hutan yang gundul sudah jelas akan menyebabkan erosi, bencana alam dimana-mana, sampai tidak adanya daya tampung air untuk diserap oleh akar pepohonan. Coba kita berfikir secara dewasa, bila hutan gundul dan rusak atau alam yang rusak, apa kita bisa menghirup udara segar dengan bebas, saya rasa tidak akan bisa menghirupnya dan kehidupan anak cucu kita nanti bagaimana?
  • Faktor pembakaran hutan, bila alam saja di bakar atau hutan di bakar berarti secara tidak langsung kita sudah menghabisi oksigen yang selama ini kita hirup bersama. Anda bisa membeli oksigen mungkin di rumah sakit terdekat dengan biaya yang mahal, tetapi untuk golongan orang yang sulit mendapatkan uang bagaimana nasib mereka nantinya.
  • Faktor pembangunan berlebihan, kita selama ini disibukkan dengan gemerlapnya perkotaan sampai lupa dengan alam yang sangat bermanfaat, contohnya saja kota besar seperti jakarta, saya perhatikan semua jalan beraspal, gedung mewah bertingkat, dan kurangnya resapan air seperti tanaman atau pepohonan. Akibatnya setiap tahun akan pasti selalu banjir walaupun telah disediakan alat atau sebuah penampungan air, itu saja tidaklah cukup bila di perhatikan, bukan hanya itu saja oksigen akan semakin menipis karena banyaknya kendaraan yang lalu lalang, banyak pemukiman warga yang tidak menyediakan daya resapan air yang cukup yaitu sebuah halaman, ini hanya perumpamaan.
  • Faktor sampah, manusia saja bila melihat sampah akan terasa tidak enak bukan, nah apalagi alam dengan adanya sampah yang bertebaran ini lah alam senantiasa akan rusak sedikit demi sedikit, tanpa kita sadari, maka dari itu sayangi alam di bumi ini dengan meminimalisir sampah, dan beberapa macam sampah bisa kita manfaat bersama dengan cara mendaur ulang, salah satu program pemerintah yang harus kita dukung bersama, dan coba biasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya, di Negara Jepang sendiri sudah di budidayakan dengan membuang sampah melalui saku celana, saku baju, bahkan tas mereka masing-masing bila ada tempat sampah mereka membuangnya ke tempat sampah.

Dari beberapa faktor utama diatas tentang alam yang sangat banyak manfaatnya untuk kehidupan, mungkin kita belum sadar benar, atau baru sadar bahwa manfaat diatas dengan faktor yang ada tentu sangat banyak. Selain mendapatkan udara segar yang bersih dan sekaligus gratis kita pun bisa melestarikan Alam secara bersama, tujuan dari ini semua bila kita sudah tidak ada nantinya demi masa depan anak cucu kita, mungkin dengan zaman modern sekarang ini kita sedang memanjakan anak cucu kita, tetapi mari kita bangun bersama untuk menjaga kelestarian alam sumber utama kehidupan semua makhluk.

Alam salah satu sumber penghidupan semua makhluk ciptaan Tuhan, dan Allah SWT Menciptakan seluruh alam semesta ini secara gratis, akan tetapi kita harus bertakwa Kepada-Nya, dan senantiasa menjaga kelestarian alam ini, bagaimana cara menjaganya? berikut mungkin sedikit saran dari saya bila berkenan bisa di praktekan juga, dan saya mohon maaf bukan maksud untuk menggurui, tetapi disini saya hanya berbagi saran dan tips untuk menjaga alam tetap berseri.

Cara Menjaga Kelestarian ALam.

1. Membangun tempat tinggal, bagi yang punya tanah lahan, atau rumah, usahakan sedikit saja mempunyai sebuah halaman rumah misalnya dari 100% lahan kita pakai 70% untuk bangunan, dan 30% nya untuk daya tampung air, seperti membuat kolam, menanam berbagai tanaman dan pohon, dan yang lainnya.

2. Menanam tanaman di pinggir jalan, dijalan raya ini kan banyak sekali lahan kosong seperti trotoar, nah coba kita beramal dengan menyedekahkan 1 bibit pohon di sepanjang jalan, beli 1 bibit pohon tidak akan merugikan untuk kita, disini yang perlu hanya kesadaran sendiri-sendiri. Walaupun banyak sekali yang sudah mengupayakan penanaman pohon tapi bila dari kita tidak ikut serta, semua acara penanaman pohon ini akan tidak berkembang dengan lancar, harga 1 bibit pohon murah kok tidak sampai menjual kendaraan juga.

3. Membuat resapan air, ini banyak manfaatnya apa sih membuat tempat penampungan air selain tanaman, saya kira Anda semua sudah tahu yaitu sebuah kolam ikan, bila bahasa sundanya ini di sebut balong, dari penampungan air seperti ini kita juga bisa memanfatkannya dengan cara ternak bibit ikan, berbagai macam agar bisa panen nantinya, silahkan di rembuk bersama bila punya niatan kesana.

4. Buang sampah pada tempatnya, diatas sudah saya bahas masalah sampah, tetapi kita tambahkan sedikit, dalam menjaga kelestarian alam kita harus memanfaatkan sampah, program dari pemerintah kan sudah jelas yaitu sampah tertentu bisa di daur ulang hingga tercipta sebuah karya seni yang bisa dijual dengan harga mahal. Nah ini sangat bermanfaat, contohnya sampah plastik, sampah bekas telur, sisa potongan kayu mungkin, baju yang sudah tak layak pakai, dan lain sebagainya. Dan Anda juga harus punya kesadaran, minimal kita bersama membuang sampah di saku celana atau tas, atau box motor dan mobil, setelah terlihat adanya tempat sampah kita buang deh, ini juga bermanfaat untuk menjaga alam sekaligus meringankan para pekerja kebersihan yang setiap harinya bekerja. 

Anda mungkin bisa berfikir begini, bila tidak ada sampah petugas kebersihan tidak kerja dong, bukan itu maksud saya. Petugas kebersihan akan tetap bekerja yaitu dengan membersihkan tong sampah, yang akan diangkut untuk dibawa oleh mobil pengangkut sampah, apakah ini namanya pekerjaan? Anda bisa menilai sendiri ya hehehe. Kasihan nasib anak cucu kita bila lingkungan alam sudah tercemar, apalagi kendaraan saat ini hampir setiap rumah memilikinya. Jelas polusi udara akan meningkat dengan signifikan, maka dari itu perlu sebuah resapan udara seperti perbanyak area penghijauan seperti tanaman dan pohon.

Sebenarnya masih banyak sekali yang ingin saya sampaikan disini, tetapi ini saya share mengenai point-point terpenting untuk menjaga kelestarian alam, semoga dengan adanya artikel dengan tema sayangi alam untuk kehidupan anak cucu kita di masa yang akan datang, menjadi sebuah nilai yang positif dan bermanfaat untuk sahabat emosi. Demikian yang dapat kami sampaikan, kurang lebihnya kami mohon maaf bila ada salah tutur bahasa yang tidak mengenakkan dihati, ambil yang positifnya dan buang yang negatifnya ya, semoga Allah SWT menjadikan Anda lebih sukses lagi, sekian dan terima kasih telah berkunjung ke emosianisme, sampai jumpa kembali.

Posting Komentar