Gambar Nao Robot Humanoid Yang Super Canggih

Halo emosi muda, Assalammu'alaikum. Nao merupakan salah satu robot humanoid tercanggih, mempunyai ukuran sedang serta dapat diprogram dengan baik, yang dikembangkan oleh Aldebaran Robotics perusahaan startup asal Kota Paris (Perancis). Robot Nao udah lama dikeluarkan yaitu pada tahun 2004, Nao sendiri menggantikan robot anjing milik Sony yaitu Aibo pada tanggal 15 Agustus 2007, sebagai robot yang digunakan dalam kompetisi Liga Platform Standar (LPS) pada Piala dunia sepak bola robot (Robocup) kompetisi robotika bertahap internasional. Nao sudah digunakan dalam Robocup pada 2008 dan 2009 lalu, dan NaoV3R terpilih sebagai platform untuk LPS pada Robo Cup ditahun 2010.

Robot Nao Untuk Laboratorium Di Universitas.

Nao sendiri hanya tersedia untuk universitas dan laboratorium untuk kepentingan riset serta pendidikan, dengan proyek besar untuk didistribusikan kepada publik sejak tahun 2011. University of Tokyo membeli 30 jenis robots Nao pada bulan Oktober 2010 lalu, untuk Nakamura Lab dengan harapan untuk mengembangkan robot tersebut menjadi asisten laboratorium yang selalu aktif.

Nao sudah membuat berita secara global, dengan melakukan rutin tarian dalam acara Shanghai Expo di Cina pada tahun 2010. Teknologi robot Nao sendiri bisa dijadikan sebuah demonstrasi komedi di bulan Desember 2010, dan versi terkini yang sudah dirilis mempunyai fitur sculpted arms dam motor yang telah dikembangkan. Robots Nao sudah hadir di Indonesia pada saat ajang World Robotic Explorer di gelar, rumah robot pertama di dunia yang didirikan langsung di Kota Jakarta pada tanggal 11 Desember 2010.

Nao robocup sendiri mempunyai 21 Derajat kebebasan (DOF), sementara edisi akademis mempunyai 25 DOF, karena dibangun dengan dua tangan yang mempunyai teknologi yang mampu untuk mencengkeram. Akan tetapi, angka 25 untuk DOF secara teknis sangat negatif dan bahkan bisa dikatakan menyeatkan, karena setiap kaki mempunyai sebuah gerakan (Hip Yaw Pitch) yang berjumlah 1 DOF untuk panggul.

Nao mempunyai fitur satuan pengukuran inersiaan dari semua veri yang di milikinya, dan memiliki empat sensor ultrasonik untuk menjaga stabilitas setiap gerakan Nao. Nao mempunyai teknologi fitur sistem multimedia yang powerful, termasuk empat mikrophone, memiliki dua speaker dan mempunyai dua kamera CMOS, dengan empat sintesis text-to-speech, tempat suara dan pengenal wajah dan bentuk, dan variasi kemampuan lainnya.

Nao termasuk kedalam sebuah perangkat lunak program bernama Aldebaran Choregraphe, dan Nao juga kompartibel dengan Microsoft Robotics Studio, Cyberbotics Webots, serta Gostai Urbi Studio. Nah berikut adalah veri terbaru dari Nao robot humanoid yang cukup canggih, dengan teknologi terbaru yang di milikinya.

Dengan perkembangan teknologi saat ini, tidak menutup kemungkinan Aldebaran Robotics akan mengeluarkan versi terbarunya dari Nao. Robot Nao sendiri mempunyai 3 jenis diantaranya ialah, Nao Version 1, Pepper Nao, dan Romeo Project, masing-masing diantaranya mempunyai kelebihan yang berbeda hampir mirip sekali dengan manusia.

Pepper dirancang guna menjadi pendamping kehidupan sehari-hari, yang kualitas nomor satu adalah kemampuannya untuk merasakan emosi. Pepper merupakan robot humanoid pertama yang mampu mengenali emosi manusia dan menyesuaikan tingkah lakunya dengan mood dari lawan bicaranya, sangat canggih bukan pepper nao ini.
Gambar Pepper Nao

Sampai saat ini, lebih dari 140 toko SoftBank Mobile di Jepang menggunakan Pepper sebagai cara baru untuk menyambut, menginformasikan dan menghibur pelanggan mereka. Pepper juga baru saja menjadi robot humanoid pertama yang diproduksi di Negara jepang.

Romeo merupakan robot humanoid dan mempunyai 140 cm, dirancang untuk meneliti lebih lanjut agar dapat membantu orang tua dan mereka yang kehilangan keluarga mereka. Romeo adalah buah karya antara berbagai laboratorium dan institusi dari Negara Prancis dan Negara-negara di Eropa. Romeo  mempunyai tubuh tertentu yang bisa membuka pintu, menaiki tangga dan mencapai benda di atas meja.
Gambar Romeo Nao

Demikian yang sudah kami terangkan tentang Nao robot humanoid yang super canggih, hampir mirip dengan manusia dengn desain dan teknologi terbaru. Semoga ulasan mengenai robotics kali ini dapat menambah wawasan kita semua, sekian dan terima kasih telah berkunjung ke emoianisme, sampai jumpa kembali.

Posting Komentar