Manfaat Dibalik Sebuah Celaan Dan Hinaan

Gambar Manfaat Dibalik Sebuah Celaan Dan Hinaan

Halo emosi muda, Assalammu'alaikum. Dibalik sebuah celaan serta hinaan ternyata ada sebuah manfaat yang tersimpan di dalamnya, dan orang terdahulu sebelum kita sudah mengalami, bahkan menjadi salah satu catatan sejarah terutama dalam Agama Islam dan Agama manapun menurut kepercayaannya masing-masing. Banyak orang sukses yang dulunya mendapat celaan maupun hinaan dari orang lain, tetapi bukan disitu segi manfaat yang dapat kita simpulkan disini, namun kita dapat mengambilnya dalam bentuk orang tersebut hijrah ke jalan yang di Ridlai Allah SWT setelah mendapatkan teguran berupa hal tersebut.

Cerita Menarik Dibalik Sebuah Celaan Dan Hinaan

Sebagian orang akan berfikir pada saat di cela, dan biasanya dari salah satu diantara mereka akan mempunyai sudut pandang yang berbeda. Fakta menarik dibalik kata cela ini yang akan kita kaji lebih mendalam, dan mengambil segi manfaat yang ada didalamnya. Seni berfikir dan sudut pandang orang berbeda-beda, tergantung ke peribadinya masing-masing dan terkadang kita lupa sering kali menilai dari sudut pandang yang negatif saja. Disini sekalian kami menghimbau bahwasanya menilai sesama umat beragama itu bukan hak kita, tetapi Maha Pencipta yang berhak menilainya. Ada beberapa riwayat dan fakta menarik, yang dapat kita ambil segi manfaat dari sebuah celaan dan hinaan ini, mari simak berikut ceritanya.

Seorang sahabat dahulunya adalah orang yang tidak mempunyai apa-apa, bahkan kehidupannya pun cukup minim, selain itu beliau sering sekali merasa minder karena teman dan orang sekitar selalu saja mengejeknya. Namanya juned (nama samaran) beliau mempunyai cacat fisik, dan sering kali menjadi buah cibiran dari banyak orang, hinaan dan celaan sudah makanan sehari-hari, tapi saya sendiri salut sama beliau, karena kesabaran dan lapang dada setiap kali ada orang yang berfikiran negatif kepada juned.

Suatu ketika juned sengaja berkunjung kerumah saya, dan mencurahkan semua isi hatinya dan kami cukup lama panjang lebar bercengkrama. Sedikit keluhan juned yang saya kutip disini adalah tentang kejenuhan beliau, menerima celaan dan hinaan yang dialaminya, saya merasa iba dan entah kenapa tersirat dalam benak mengucapkan kata hijrah disini. Dan menyarankan untuk mencoba hijrah ke suatu daerah baru, dan belum banyak orang mengenal juned, sembari usaha atau kerja apa disana sembari menenangkan fikiran begitu ungkapannya. Mungkin agak sedikit kompleks dalam hal ini, cuma ya siapa tahu dengan berhijrah menjadi lebih baik lagi, dan teringat dari Riwayat Rasulullah SAW tentang hijrahnya dari kota Mekah ke Madinah.

Lama tidak jumpa dengan juned, singkat cerita setelah bertahun-tahun kami pun dipertemukan kembali, Alhamdulillah keadaannya berubah saat itu menjadi lebih baik dibanding sebelumnya. Mungkin ini semua buah dari kesabaran seseorang dan manfaat dari lapang dada itu sendiri, dan memang benar terbukti adanya, sekarang juned sudah menjadi salah satu orang yang dapat mengubah pola pikir lingkungan sekitar kami. Yang dulunya di hina dan di cela oleh lingkungan sekitar, sekarang juned ini menjadi salah satu tokoh masyarakat dan banyak pengalaman yang dia peroleh dari masa lalu yang kelam dan perjalanan hijrahnya.

Kadang kita merasa sebagai orang hebat, punya kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain, dan kita pun merasakan hal yag sama banyak sekali kekurangannya. Cerita ini mungkin dapat menjadi sebuah inspirasi untuk kita semua, banyak sekali pengalaman orang diluar sana yang dulunya merasa terhina malahan sekarang menjadi sosok yang berbeda bisa di bilang sukses, sampai orang segan untuk membicarakannya lagi. Fakta dan bukti pengalaman menarik dari cerita singkat ini telah banyak kita mendengarkannya, bukan berarti harus mengikuti jejak mereka tetapi disini bisa kita ambil segi manfaatnya.

Sangat manusiawi bila seseorang menilai kesuksesan adalah segalanya, tetapi akan sangat bijak bila kita dapat memetik sebuah pelajaran dari cerita dan pengalaman orang tersebut, dan ada baiknya tidak menilai orang dari segi kekurangan saja. Tuhan Yang Maha Pencipta saja selalu memberikan hidayah kepada orang yang ingin bertaubat, dan Allah SWT Maha Pengampun atas Hambanya yang selalu melakukan perbuatan yang khilaf. Dibalik kekurangan pasti ada kelebihannya begitu pun sebaliknya, jadi sebagai manusia kita harus tetap saling menghargai satu sama lain, mungkin dibalik semua celaan, hinaan, atau membuat kesalahan sekecil apapun itu ada sebuah hikmah didalamnya, dan yakin lah bila kita punya tekad bulat yang tadinya hanya mimpi akan menjadi sebuah kenyataan.

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang manfaat dibalik sebuah celaan dan hinaan, sebagai manusia biasa kita terkadang lupa dan khilaf akan semua apa yang telah terucap. Tetapi perlu kita ketahui bahwa dibalik kekurangan seseorang, pasti ada sebuah hal yang tidak terduga, saya sendiri sadar betul masih banyak kekurangannya maka dari itu artikel kali ini sebagai salah satu pengingat juga. Mungkin hanya sedikit yang dapat disampaikan untuk saat ini, bila ada sebuah kalimat yang kurang menyenangkan kami mohon maaf, selebihnya ambil sisi positifnya untuk perubahan pribadi yang lebih baik lagi, sekian dan terima kasih atas kunjungannya sampai jumpa.

G+

Biografi lengkap penulis bisa anda lihat di Tentang Kami

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.