Dokumentasi Keanehan Anomali Waktu

Dokumentasi Keanehan Anomali Waktu

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Konsep waktu dan bagaimana kita mengartikannya telah lama menjadi subjek cerita fiksi ilmiah, eksperimen pemikiran, dan refleksi filosofis yang mendalam, menghasilkan serangkaian ide, teori, dan opini yang membingungkan. Jauh dari garis linier sederhana yang banyak dari kita yang mungkin memikirkannya, waktu adalah kuantitas yang sangat kompleks dari banyak teori, ia adalah sesuatu yang belum sepenuhnya kita pahami. Barangkali tidak ada tempat lain yang membingungkan dari waktu ke waktu yang lebih nyata daripada banyak cerita tentang fenomena aneh yang tidak dapat dijelaskan mengenai waktu, insiden tersebut sering di kenal sebagai anomali temporal yang dapat mencakup pembekuan atau penghentian waktu, perjalanan waktu, slip waktu, time loops, dan segala sesuatu di antara yang terkait dengannya. Di sini kita akan melihat berbagai laporan aneh tentang anomali waktu yang hadir untuk membingungkan, mengejutkan kita, dan mengatakan kepada kita bahwa waktu mungkin jauh lebih rumit dan lebih aneh daripada yang kita bayangkan selama ini.

Anomali Waktu
Salah satu cerita aneh yang telah beredar baru-baru ini adalah tentang sebuah terowongan di London yang konon bisa berfungsi sebagai semacam portal waktu, di mana aliran waktu tampaknya melambat atau bahkan berhenti total. Pada bulan Juli 2017, sebuah laporan yang sangat aneh keluar di sebuah situs bernama Portals of London, menggambarkan anomali waktu aneh yang konon sering terjadi di terowongan Woolwich Foot bersejarah yang membentang di bawah Sungai Thames dan telah beroperasi sejak tahun 1912. Pada tahun 2011 terowongan tersebut ditutup untuk dilakukan renovasi dan penataan ulang.

Di dalam terowongan Woolwich
Di dalam terowongan Woolwich

Ketika para pekerja kontruksi pergi ke terowongan itu untuk memulai pekerjaan mereka, mereka berharap bisa menyelesaikan pekerjaan secepatnya, dan diupayakan untuk tidak mengambil lebih dari waktu yang ditargetkan. Namun, selama masa pekerjaan tersebut, terowongan itu seharusnya ditutup selama lebih dari satu setengah tahun, penundaan yang cukup memberatkan bagi penduduk di daerah itu. Para pekerja yang ada di sana mulai melukiskan gambaran yang sangat aneh, karena mereka mulai melaporkan mengalami anomali waktu saat berjalan melalui terowongan tersebut, seperti bekerja di terowongan selama berjam-jam hanya untuk muncul kembali di siang hari dan menemukan bahwa hanya beberapa menit saja yang telah berlalu, atau berjalan melalui terowongan untuk menemukan bahwa perjalanan itu tidak dapat dijelaskan menjadi jauh lebih singkat daripada seharusnya. Seorang pekerja di terowongan itu menceritakan pengalaman aneh yang ia miliki di Terowongan Woolwich sebagai berikut:

Aku adalah salah satu orang pertama yang mengalaminya. Kami bekerja dari kedua ujungnya, kebetulan, memiliki tenda di kedua sisi sungai. Jadi cukup mendasar, jika anda menginginkan sesuatu dari sisi lain, Anda hanya harus berjalan melewati terowongan. Lantas mandor ada di sisi lain dan dia memintaku melalui radio untuk melintas. Jadi aku berjalan melalui terowongan 'perjalanan panjang', kami menyebutnya, cukup lucu dan itu sedikit menakutkan karena tidak ada orang lain di sana, mereka semua bekerja di lift shaft, dan kemudian aku tiba di sisi lain, menemui mandor, dan matanya hampir keluar dari kepalanya. Katanya, dia sepertinya barusan saja menghubungiku lewat radio semenit yang lalu dan lantas bagaimana aku bisa sampai di sana dengan begitu cepat? Aku tidak mengatakan bagaimana aku berjalan. Ia mengira aku punya kereta di bawah sana atau sesuatu, semacam lelucon. Tapi aku berdiri di atas tanah dan dia mulai melihat bahwa aku tidak berbohong. Sampai dia lupa untuk apa dia memanggilku kemari. Dia memberiku kotak plastik merah besar ini, memberitahuku untuk berjalan kembali dan memintaku untuk tetap memegang kotak plastik merah besar itu ketika aku sampai ke sisi lain. Jadi aku kembali ke bawah, sendiri berjalan kembali, berpikir apa tidak seharusnya melanjutkan pekerjaan. Ketika aku sampai di sudut seberang, aku melambaikan kotak merah di udara dan menghubunginya lewat radio. 'Kamu baru saja meninggalkanku!' kata mandor, 'Tidak lebih dari satu menit yang lalu'. Saat itulah aku mulai merasa sedikit aneh.

Rupanya slip waktu yang aneh dan anomali temporal lainnya menjadi hal biasa di bawah sana dalam kegelapan keruh ketika mereka bekerja, dan tidak ada yang punya penjelasan rasional untuk itu semua. Ini menjadi seperti sebuah contoh nyata yang dapat diandalkan mengingat waktu disitu melambat atau bahkan berhenti di terowongan bahkan saat para pekerja mencoba menggunakan jam tangan mereka untuk mengetahui waktu, mereka terpaksa menggunakan "Egg Timer" sebagai gantinya. Seorang pekerja menjelaskan:

Perasaan awal aku cukup panik dengan itu semua. Tapi begitu orang lain mengalaminya, sungguh menakjubkan betapa cepatnya hal itu menjadi tampak normal. Bahkan menjadi seperti lelucon. Menjadi lucu, anda tahu, jadi sumber bahan tertawaan. Seseorang berkata bahwa kami menemukan teleporter dan semuanya akan menjadi kaya. Mandor berhenti mempercayai jam tangan dan telepon ketika kami berada di sana, dan mulai menggunakan Egg Timer. Beberapa agen mencoba mengklaim jam ekstra pada lembur waktu mereka. Itulah masalahnya, memang: waktu membeku ketika anda berada di sana. Jika anda berada di sana untuk sehari kerja penuh, memperbaiki ubin, anda akan menyelesaikan pekerjaan, saat kembali ke atas dan itu akan tetap pagi. Satu hal yang tidak bisa kita pahami adalah bagaimana, semacam dua, "tempat-waktu" yang dimiliki seseorang sepertinya terjadi pada saat yang bersamaan, sebagaimana adanya. Seperti aku lihat anda muncul di seberang sungai dalam waktu singkat, tetapi ada juga 'anda' yang menganggap bahwa dia menghabiskan empat jam di terowongan.

Elevator menuju ke terowongan Woolwich Foot
Elevator menuju ke terowongan Woolwich Foot

Beberapa pekerja menguji teori berhentinya waktu disini dengan berkemah selama 3 hari penuh di dalam terowongan lembab tersebut. Ketika mereka akhirnya muncul ke dunia luar, mengklaim bahwa hari dan waktunya persis sama seperti ketika mereka pertama kali turun ke kegelapan terowongan untuk memulai eksperimen aneh mereka. Dalam eksperimen lain, seorang pekerja bernama Petar mengikat tali di pinggangnya sementara yang lain memegang pada ujung yang lain. Idenya adalah untuk berjalan melalui terowongan dengan tali dan kemudian memberi sinyal kepada orang lain dengan bendera merah ketika ia sampai ke sisi lain, setelah itu pekerja lain akan berteriak kepada orang yang memegang tali yang telah melintas dan kemudian menarik tali tersebut. Rasanya seperti sebuah standar yang cukup bagus, meski eksperimen ini agak lucu, tetapi hal-hal akan menjadi sangat aneh dengan sangat cepat. Salah satu orang yang memegang tali mengatakan apa yang terjadi:

Aku berlutut dan menjulurkan kepalaku agar aku bisa melihat Petar berjalan di sekitar cekungan, [terowongan membelok di bawah tanah membentuk busur] dan dia tertawa dan melambai padaku selama satu menit, kemudian berjalan. Dan dia baru saja membelok di tikungan, tidak terlihat lagi, itu tidak lama, hanya satu menit atau lebih, di sekitar waktu yang sama itu kami berjalan menuruni tangga, dan aku merasa tali di sekitarku menjadi ketat. Lalu aku mendengar di atas. 'Dia ada di seberang. Mengibarkan bendera merah'. Masalahnya, Petar juga mendengarnya. Dan dia berhenti. Berbalik. Dan dia menatapku. Tangannya perlahan-lahan merogoh saku jaket besarnya, dan dia menarik keluar tepi bendera merah besar ini. Untuk sesaat aku tersenyum. Aku rasa mereka semua mempermainkanku. Tapi raut wajahnya, itulah yang masih menghantuiku. Tidak ada yang sebagus aktor itu. Wajahnya, ia seorang pria besar, menghantuimu, tak kenal takut. Petar kami adalah karakter besar, selalu menjadi pusat segalanya, selalu dengan senyum lebar ini. Tidak pernah melihat dia mengambil sesuatu yang terlalu serius dalam semua hari-hari kami sampai saat itu, tetapi, aku tidak tahu bagaimana menggambarkannya, itu rasa takut. Hanya ada ketakutan di wajahnya. Dan dia melihat ke arahku dan aku tahu apa yang dia pikirkan. Aku tahu apa yang dia coba cari, apakah aku terus berjalan, atau apakah aku kembali? Dia mengambil satu langkah ke arahku, lalu berhenti. Aku tidak tahu berapa lama kami saling memandang seperti itu, tak satu pun dari kami berbicara. Yah, aku menaiki tangga itu secepatnya dan ketika aku naik ke atas sana, di seberang sungai, tak salah lagi dari jarak itu, bendera merah di satu tangan, lengan pria lain di pundaknya. Pokoknya aku tidak suka itu. Itu membuatku takut, itu terjadi.

Seluruh cerita aneh diatas benar-benar menjadi heboh ketika pertama kali dirilis di situs internet, dan menghasilkan banyak diskusi dan spekulasi tentang apakah itu nyata atau tidak. Namun, sementara ada orang-orang yang menganggapnya sebagai anomali waktu dan kasus nyata, sementara yang lain mengkritiknya sebagai tidak lain hanyalah kisah fiksi yang berubah seolah-olah kisah nyata yang tidak dapat dijelaskan. Kisah anomali Terowongan Waktu Woolwich Foot masih menjadi misteri hingga saat ini.

Waktu Yang Melambat
Kasus lain yang sangat menyeramkan tentang waktu yang tampaknya melambat sangat mengkhawatirkan seorang saksi yang diidentifikasi bernama “Douglas,” ia mengklaim bahwa pada tahun 1981 ia dan ayahnya mengalami pengalaman anomali waktu yang cukup menakutkan ketika mereka pergi untuk melihat sebuah rumah sewa di Austintown, Ohio. Mereka tiba di rumah itu pukul 6 pagi dan terkejut karena betapa buruknya pemeliharaan rumah dan properti disitu. Ketika mereka berjalan melalui halaman yang penuh dengan rumput, mereka tampaknya melihat dua ayunan tua berayun-ayun dan mendengar suara samar tawa anak-anak yang cukup mengganggu tetapi mereka mengaitkan hal tersebut pada angin dan suara anak-anak di seberang jalan. Mengintip ke dalam garasi rumah terlihat lantai tanah dan kosong. Pada titik ini mereka sudah merasakan perasaan seram yang sangat aneh yang meliputi lokasi tersebut.

Mereka menemukan pintu samping terbuka dan mendorong masuk untuk menjelajah ke dalam, di mana suasana seram terus berlanjut. Lampu-lampu tampaknya tidak berfungsi, tetapi mereka bisa melihat cukup baik tata letak rumah yang berantakan, ada sebuah ruangan besar tanpa jendela dengan pintu-pintu bercabang dari sana. Satu-satunya cahaya di sini adalah sinar yang masuk ke dalam kegelapan dari sebuah jendela kecil di pintu yang mereka lewati. Mereka mencoba masuk lewat pintu ruang bawah tanah tetapi terkunci. Bahkan, itu adalah satu-satunya pintu yang terkunci. Setelah mencoba sedikit pintu ruang bawah tanah akhirnya terbuka, dan segera menghadirkan firasat aneh yang tak dapat dijelaskan. Anehnya lampu disini menyala, terlepas dari keseluruhan getaran buruk yang mereka dapatkan dari ruang bawah tanah, mereka mulai memberanikan diri untuk menuruni anak tangga, dan saksi mengatakan peristiwa-peristiwa nyata yang terjadi selanjutnya sebagai berikut:

Ayah terus menuruni tangga, tapi aku penasaran. Aku turun. Ruang bawah tanah itu kecil. Ada sebuah mesin cuci pemeras tua dengan pistol terisi penuh di tutupnya. Itu seperti pistol perak dengan gagang gading yang digunakan anak-anak hari ini. Aku mengambilnya, aku melihat kabel lampu bergerak. Lampu tiba-tiba padam dan pintu dibanting hingga tertutup. Sangat gelap, anda tidak bisa melihat tangan anda di depan wajah anda sendiri. Aku merasa tanpa tujuan. Aku memegang baju ayahku, kami menaiki tangga. Di atas, dia berhenti dan menjerit takut. Itu membuat darahku menjadi dingin. Aku mendorongnya dan dia mendorong pintu hingga terbuka. Semua lampu telah menyala dan di luar terlihat gelap. Setelah melompat masuk kedalam van, ayah menyalakan lampu depan. Tampak pintu garasi terbuka. Ada seekor domba yang tergeletak di lantai tanah dengan tenggorokannya tampak telah ditebas, menyentak keras. Darah mengalir ke tanah.

Menambah keanehan semua ini, mereka segera menyadari bahwa meskipun mereka baru berada di ruang bawah tanah itu hanya selama 5 menit, namun 21 jam telah berlalu di luar dan orang-orang yang peduli telah mencari-cari mereka. Mereka menemukan bahwa rumah itu telah dipasang tanda dari peringatan di larang melintas oleh FBI. Menurut saksi dia tidak pernah tahu apa yang telah ia temukan dan apa yang dilihat oleh ayahnya di ruang bawah tanah itu, dia menolak membicarakannya sampai hari dia meninggal, juga tidak ada penjelasan yang muncul mengapa begitu banyak waktu berlalu ketika mereka di sana. Ini adalah laporan yang sangat sulit untuk difahami, dan tampaknya menggambarkan semacam anomali temporal, tetapi apa yang terjadi tetap tidak jelas dan membingungkan. Apakah kisah aneh ini benar atau apakah ini hanya sebuah benang imajinatif?

Dokumentasi Keanehan Anomali Waktu

Mengulang Momen Yang Sama
Salah satu jenis anomali waktu yang sangat aneh adalah sesuatu yang sering disebut sebagai "time loop," di mana orang-orang mengklaim mengalami kembali momen yang sama dalam waktu lebih dari sekali, seperti dalam film Groundhog Day. Kasus-kasus aneh ini terkait erat dengan fenomena Déjà Vu, di mana subjek dapat memiliki pengalaman sampai ke detail terakhir yang telah mereka jalani sebelumnya. Salah satu kasus yang sangat aneh ini diduga terjadi pada tahun 2015, ketika seorang pria Inggris berusia 23 tahun pergi ke dokter dengan klaim aneh dimana dia merasa terus-menerus mengulang kembali masa lalunya, dan mengaku bahwa dia telah terjebak dalam lingkaran waktu ini untuk selama 8 tahun yang mengejutkan.

Pria itu mengaku bahwa dia sering dihantui oleh ingatan-ingatan yang terus berulang-ulang karena telah melakukan atau melihat atau mendengar semua yang dia lakukan sejak tahun 2007, sampai pada titik di mana dia takut untuk menonton TV, mendengarkan radio, atau membaca berita karena itu semua selalu sesuatu yang telah dia lihat atau ia dengar sebelumnya. Dengan pengakuannya, ini lebih dari sekadar Déjà Vu, dan ia menggambarkannya sebagai "Terjebak dalam lingkaran waktu," di mana ia tidak hanya memiliki keakraban dengan sesuatu, tetapi malah menghidupkan momen pengalaman masa lalu yang sama persis. Dr Chris Moulin, seorang neuropsikolog kognitif di Universitas Bourgogne mengatakan tentang kondisi aneh ini:

Pria ini istimewa karena dia masih muda, secara lain ia sadar, tetapi benar-benar trauma oleh sensasi konstan ini dimana pikirannya sedang bermain tipuan. Ada satu contoh di mana dia pergi untuk memotong rambut. Saat dia berjalan masuk, dia merasakan Déjà Vu. Kemudian dia memiliki Déjà Vu dari Déjà Vu. Dia tidak bisa memikirkan hal lainnya.

Dokter yang memeriksanya tidak dapat menemukan masalah kesehatan yang jelas atau masalah neurologis, dan pemindaian otak menunjukkan bahwa semuanya benar-benar normal. Evaluasi psikologis juga menunjukkan bahwa ia tidak memiliki masalah atau gangguan yang dapat dipastikan, memperdalam misteri ini karena serangan Dejà Vu yang sangat intens dan kronis biasanya dikaitkan dengan kondisi lobus temporal atau kerusakan neurologis. Meskipun misteri ini tetap tidak dapat dijelaskan, dan memang fenomena Déjà Vu secara umum kurang dipahami dan sebagian besar masih merupakan misteri, para dokter berteori bahwa dalam kasus ini semuanya bisa saja merupakan hasil dari kecemasan. Dr. Christine Wells, dari Universitas Sheffield Hallam, menulis laporan tentang kasus yang diterbitkan dalam Journal of Medical Case Reports, mengatakan tentang ini:

Alih-alih dari hanya perasaan tidak nyaman yang aneh yang biasanya diasosiasikan dengan Déjà Vu, subjek kami mengeluh merasa benar-benar mengalami pengalaman-pengalaman sebelumnya dari ingatan, bukan hanya menemukan sesuatu yang rasanya familiar. Sebagian besar kasus seperti ini terjadi akibat efek samping yang terkait dengan serangan epilepsi atau demensia. Namun, dalam hal ini tampak seolah-olah episode Déjà Vu dapat dikaitkan dengan kecemasan yang menyebabkan penembakan neuron yang salah di otak, sehingga menyebabkan lebih banyak Déjà Vu dan pada gilirannya menyebabkan lebih banyak kecemasan. Jika terbukti, ini bisa menjadi contoh pertama yang tercatat dari Déjà Vu psikogenik, yaitu Déjà Vu yang dipicu oleh kecemasan daripada kondisi neurologis seperti demensia atau epilepsi.

Pada akhirnya, tidak ada yang benar-benar tahu pasti, dan pria yang terjebak dalam lingkaran waktu ini tetap menjadi misteri. Meskipun kasus ini adalah contoh ekstrem, namun jenis menghidupkan kembali momen-momen masa lalu atau mengalami tayangan ulang peristiwa masa lalu sebenarnya dilaporkan cukup sering dan bahkan dapat dialami oleh banyak orang pada saat yang bersamaan. Salah satu contoh khas dapat dilihat dalam laporan yang dibuat di ThoughtCo oleh seorang bernama Ryan Bratton. Dia mengklaim bahwa suatu hari dia sedang duduk di halaman rumahnya dengan seorang teman ketika sesuatu yang sangat aneh terjadi, yang dia gambarkan sebagai berikut:

Sebuah mobil turun ke jalan dan berhenti di sebuah rumah. Seorang anak keluar dan berlari ke dalam membuat suara berisik seperti layaknya anak-anak yang seusia dengannya. Kemudian seorang gadis mengendarai sepedanya menyusuri jalan masuk. Beberapa menit setelah ini terjadi, mobil yang sama turun ke jalan, berhenti di rumah, dan bocah yang sama keluar dari mobil dan berlari ke dalam berteriak hal yang sama persis seperti yang dia katakan sebelumnya. Kemudian gadis itu menuruni bukit dengan sepedanya lagi. Aku melihat ke temanku dan dia mengatakan bahwa dia tidak tahu apa yang baru saja terjadi.

Dalam kasus lain, ada juga tampaknya seolah-olah para saksi mengalami telah mempersepsikan diri mereka pada titik waktu yang berbeda. Seorang wanita yang dikenal bernama Sheri N. dan suaminya tampaknya telah mengalami kejadian aneh semacam ini. Suatu hari Sheri sedang melakukan tugas-tugasnya dimana suaminya dan anak mereka yang berusia 2 tahun duduk di ruang tamu sambil menonton TV, dan ketika dia melihat layar monitor bayi terdengar ada suara. Itu sangat aneh, karena tidak ada seorang pun di kamar tidur anaknya, jadi dia mendekat ke monitor untuk melihat dan mencari tahu. Di layar monitor tersebut dengan cepat berubah menjadi suaranya sendiri yang sedang menceritakan kisah "Jack and the Beanstalk" kepada anak lelakinya yang berbicara juga, cukup mengejutkan, karena ketika ia melihat ke bawah menunjukkan bahwa mereka masih di ruang tamu, dengan putranya masih tertidur lelap di pangkuan suaminya. Masalahnya, Sheri menceritakan cerita seperti di layar monitor itu 5 jam sebelumnya! Lantas mengapa layar monitor menampilkannya saat ini? Sheri akan mengatakan tentang peristiwa anomali:

Sekarang aku berdiri dengan merasa tidak percaya ketika aku mendengar suara laci-laci ditarik terbuka dan ditutup dan gemerisik mainan dan buku-buku yang diletakkan di tempat yang tepat. Tapi aku hampir pingsan ketika mendengar suara anakku di layar monitor! Aku segera berbalik dan melihat ke belakang dimana suami dan anakku yang sedang tidur di kursi di ruang duduk dan monitor yang terletak di lemariku terus mengulang peristiwa-peristiwa spesifik sebelumnya saat itu! Monitor itu adalah monitor bayi standar yang dibeli dari Wal-mart dan BUKAN jenis yang bisa merekam, tetapi hanya memantau suara-suara yang datang dari ruangan seperti yang terjadi saat ini saja.  
Aku mendengarkan ketika suaraku menceritakan kembali kisah “Jack and The Beanstalk” dan mendengarkan dengan keakraban ketika bayiku menanggapi dalam ucapan bayi dimana ia belum pernah dia dengar sebelumnya. Bagian yang luar biasa dari ini semua adalah ini terjadi lima jam yang lalu sebelumnya pada hari yang sama! 
Aku segera memanggil suamiku ke ruangan ketika dia mendengarkan bagian terakhir dari cerita itu dengan suaraku yang ada melalui monitor dan anak kami tertawa. Dia berdiri tertegun dan menoleh dan melihat putra kami yang sedang tidur dengan damai di atas bahunya. Dengan tidak percaya, dia bertanya, "Bagaimana bisa?!" berusaha untuk tidak melewatkan apa pun. Aku hanya menatapnya dalam ketidakpercayaan yang sama dan kami berdua hanya bisa menggelengkan kepala.
Dokumentasi Keanehan Anomali Waktu

Melihat Masa Depan
Sedikit fenomena waktu yang berbeda, dan bukannya mengulangi pengalaman masa lalu, saksi malah mengalami pengalaman masa depan sebelum hal itu benar-benar terjadi, dan sekali lagi ini tampaknya telah terjadi dengan tidak hanya pada seorang individu, tetapi juga beberapa orang sekaligus. Salah satu kasus semacam itu menyangkut seorang wanita bernama Eula White, yang dibesarkan di pedesaan Alabama dan Florida pada tahun 1920-an. Pada saat pengalaman misteriusnya terjadi, saat itu dia tinggal di pedesaan Alabama, dan di suatu pagi dia konon mengalami kejadian aneh. Pagi itu Eula berkumpul di depan ladang milik seseorang bernama Mr. Hawkins bersama beberapa wanita lain untuk menyiapkan beberapa kacang buncis dan kacang polong. Awalnya semua cukup normal, dan di beberapa titik Mr. Hawkins keluar dari rumahnya, menunggangi kudanya, dan pergi ke kota, dengan Nyonya Hawkins berlari keluar untuk mengingatkan suaminya untuk mengambil sekantong tepung sementara saat Mr. Hawkin masih ada di sana. Dia menjelaskan urutan aneh dari apa yang terjadi selanjutnya sebagai berikut:

Sekitar tengah hari kami masih berada di teras sambil mengupas kacang polong. Kami mendongak dan melihat Tuan Hawkins mendekati rumah. Jalan menuju ke rumah dari jalan utama jaraknya sekitar 300 kaki dan langsung menju ke beranda. Jadi kami bisa melihatnya datang dengan sangat jelas. Di pelananya ada karung tepung putih besar, kain, dan berada di lengan kirinya adalah kantong cokelat dari bahan makanan lainnya. Kami melihat ketika dia menunggang ke arah gerbang, dan dia berhenti di sana, menunggu seseorang untuk membukanya. Salah seorang anak laki-laki berlari ke gerbang dan membukanya. Kemudian, dalam pandangan penuh kami semua, istri dan anak-anak Mr. Hawkins tiba-tiba menghilang, menghilang dari pandangan begitu saja seketika. 
Kami semua yang duduk di sana selama satu atau dua detik merasa tercengang. Lalu, ketakutan, kami mulai berteriak. Setelah beberapa menit, kami pun merasa tenang. Namun masih gemetar dan bingung. Kami tidak tahu harus berbuat apa. Jadi setelah beberapa saat kami kembali mengupas kacang polong. Tetapi kami semua, anak-anak juga, meringkuk di serambi itu, merasa takut. Nyonya Hawkins menyuruh seorang anak laki-laki menutup gerbang. 
Sekitar setengah jam kemudian, kami melihat kembali dan sekali lagi melihat Mr. Hawkins berjalan ke arah rumah dengan karung tepung putih yang sama di atas pelana di depannya dan tas belanjaan cokelat yang sama di sebelah kirinya. Sekali lagi dia menuju ke gerbang tanpa suara dan berhenti. Tak satu pun dari kami memiliki keberanian untuk membuka gerbang. Kami semua terlalu takut untuk bergerak. Kami hanya duduk di sana menatapnya, menunggu untuk melihat apa yang akan terjadi selanjutnya. Akhirnya, kami lega, Tuan Hawkins berkata, "Nah, apakah ada orang yang akan membuka pintu gerbang untuk saya?" Mr. Hawkins telah tiba di sana sebelum dia tiba saat ini.

Terkait dengan ini ada istilah fenomena lain yang dikenal sebagai Jamais Vu, yang merupakan kebalikan dari Déjà Vu, dalam hal ini melibatkan seseorang yang berada di tempat yang seharusnya berada di tempat yang familiar, namun merasa seolah-olah semuanya berbeda, seolah-olah mereka tidak pernah disana sebelumnya. Keanehan ini telah diteorikan sebagai sebab dari ketimpangan mental yang seringkali disandarkan pada pembuktian dimensi paralel alternatif, tetapi tampaknya dalam beberapa kasus itu mungkin karena semacam anomali temporal. Salah satu saksi dari fenomena yang menyebut dirinya Mel B. bercerita tentang pengalamannya sendiri, di mana di sebuah tempat yang dia kenal baik tiba-tiba menjadi tidak dapat dikenali dan asing karena semacam slip waktu yang aneh. Dia menggambarkan insidennya sebagai berikut:

Aku dan suamiku tinggal di pedalaman hutan di Texas timur, dekat sebuah tempat kecil bernama Mt. Sylvan. Aku telah menjalani beberapa tes medis di rumah sakit terdekat. Aku pergi untuk menguji selama tiga hari berturut-turut, selalu dengan rutinitas yang sama: Aku parkir di tempat parkir kecil yang sama, berjalan melalui pintu ganda menuju ke area pengujian kardio lantai pertama, berbelok ke kanan di toko hadiah dan tanda tangan di meja tulis. Aku selalu bertukar percakapan santai dengan seorang resepsionis pirang muda yang sangat menyenangkan.  
Ada tempat duduk kecil di seberang mejanya, dengan pintu mengarah ke lab phlebotomy (gambar darah) tepat di belakang biliknya. Pintu ke lab selalu terbuka, dan melihat pasien yang duduk di kursi yang persis sama - bahkan dengan warna yang sama - dimana aku melihat ibuku yang datang terlambat duduk untuk perawatan kemoterapinya yang cukup parah. (Dia meninggal setahun yang lalu.) Aku bahkan mendengar seorang pasien di lab mengomentari kursi baru, dan seorang perawat menjawab bahwa departemen onkologi rumah sakit telah menyumbangkannya. Aku memutuskan untuk duduk di seberang lorong pula.  
Jumat lalu suamiku kembali ke rumah sakit bersamaku untuk mendengar hasil tes. Dia belum pernah ke sana sebelumnya. Rutinitas biasa: kami parkir, masuk, melewati toko suvenir dan... tiba-tiba tidak ada area check-in! Aku berdiri dan menatap penuh kekagetan: tidak ada meja, tidak ada kursi, tidak ada resepsionis berambut pirang, dan pintu ke lab telah berada di dinding lain! Area duduk lainnya sama seperti sebelumnya. 
Aku mulai berjalan hilir-mudik di lorong mencari area dimana aku biasa check-in, tetapi tidak terlihat di mana pun. Seorang dokter lewat, melihat kebingunganku, dia bertanya apa yang aku cari. Ketika aku memberi tahu dia bahwa tempat yang aku biasa periksa untuk tes telah hilang, dia tertawa dan mengatakan bahwa tempat itu telah dipindahkan ke lantai dua, tiga tahun sebelumnya karena mereka membutuhkan lebih banyak ruang!

Apa yang terjadi disini? Sulit untuk mengatakannya. Di sini kita telah melihat berbagai anomali yang sementara mungkin tidak ada jawaban lengkapnya. Kita dibiarkan bertanya-tanya tentang apa yang sedang terjadi dalam kasus-kasus ini sembari menggaruk kepala untuk mencoba untuk mencari tahu apa yang dialami orang-orang ini. Banyak pertanyaan. Apakah beberapa di antaranya hanyalah trik persepsi atau kesalahan neuron di otak? Bagaimana ini menjelaskan laporan dari banyak saksi yang mengalami hal yang sama? Apakah kasus-kasus ini hanya dongeng, berlebihan, atau hoax? Atau adakah sesuatu yang sangat aneh sedang terjadi di luar pemahaman kita tentang bagaimana cara kerja waktu? Jika ya, apa sebenarnya yang terjadi dan bagaimana cara kerjanya? Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini akan sukar dipahami, dan yang tersisa untuk bertanya-tanya apakah waktu seperti yang kita tahu itu tidak persis seperti yang kita pikirkan, dan jauh lebih aneh dari apa yang bisa kita bayangkan. Semoga anda berfikir dan Wassalamualaikum.

Baca Juga: Teleportasi Spontan

G+

Biografi lengkap penulis bisa anda lihat di Tentang Kami

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.