Gambar Teknologi Robot Terbaru Masa Kini

Halo emosi muda, Assalammu'alaikum. Kita akan mengulas teknologi robot terbaru masa kini, dimana sudah banyak teknologi yang makin berkembang, dan beberapa penemuan baru pun sudah ada di dunia, salah satunya ialah penemuan teknologi robot terbaru yang canggih. Kita semasa kecil tentunya sering sekali bermain mainan robot, dan rasanya ingin memikiki robot yang suoer canggih, serta mampu membuat hati kita berdecak kagum. Nah kabar baiknya sekarang ini para ilmuwan seluruh dunia sedang mencoba untuk menciptakan robot yang dapat membantu pekerjaan manusia.

Hasil riset dan uji coba robot terus dilakukan sampai sekarang, para ilmuan ini baik yang muda sampai ke yang sudah berumur berharap tenaga manusia akan tergantikan oleh tenaga robot. Kinerja robot tersebut dapat mengalahkan kemampuan manusia, sebab robot yang diciptakan tidak perlu makanan dan istirahat, maka akan banyak pekerjaan yang akan diambil alih oleh sebuah robot berteknologi canggih ini. Bisa terbayangkan di masa depan apa yang akan terjadi dengan generasi manusia, namun tidak perlu khawatir karena semua sistemnya tetap di kerjakan oleh tangan-tangan manusia yang ahli di bidangnya.

4 Teknologi Robot Super Canggih.

Mempunyai robot juga sangat menguntungkan karena akan banyak pekerjaan yang dapat diselesaikan secara cepat, namun hal itu juga akan membawa dampak buruk bagi ekosistem manusia. Disini sahabat emosi dimanapun Anda berda mungkin sedang mencari teknologi terbaru seputar robot, nah mungkin kita akan merasa khwatir atas perkembangan zaman ini, dimana nanti para robot ini yang akan bekerja sementara kita hanya duduk manis tanpa bekerja hanya mengandalkan robot saja. Ini adalah ilustrasi dari teknologi robot itu sendiri, namun kita harus ambil sisi positifnya, dibalik para ilmuan yang sedang melakukan riset tersebut, kita pun harus optimis jangan selalu memikirkan dan membudayakan hasil pemikiran secara negatif, baiklan berikut robot terbaru yang sudah tercipta.

1. Robot Robobees Mempunyai Mata Laser.
Robot yang satu ini dibuat oleh mekanik dengan mempunyai mata yang diberi sinar laser, dengan memiliki tampilan seperti lebah robot ini terbang tanpa menabrak sesuatu. Mata laser yang terdapat pada robot ini berfungsi membantu setiap orang untuk mengkontrol smartphone, tablet, laptop, dan juga perangkat mobile lainnya. Para ilmuwan mengembangkan teknologi terbaru ini terinspirasi secara biologi dengan mengembangkan robot terbang, dimana robot ini mempunyai ukuran seperti seekror lebah dan diberi nama sebagai Robobees. Perangkat robot terbaru ini akan digunakan untuk membantu proses penyerbukan tanaman, sampai dapat menemukan korban bencana alam.
Gambar Teknologi Robot Terbaru Masa Kini

Para penelitipun hingga sekarang akan berupaya melengkapi robot lebah tersebut, yaitu dengan melengkapi sebuah laser yang berfungsi sebagai radar utama. Teknologi laser terbaru ini dikenal dengan nama lidar (Light Detection And Ranging), yang dapat memancarkan dorongan laser dibandingkan dengan gelombang radio yang dipergunakan dalam sistem radar pada umumnya. Sensor laser ini dapat mengukur berapa lama laser tersebut memantulkan cahaya, yang akan ditempuh, dan akan memudahkan untuk menghitung sebuah jarak, ukuran dan bentuk objek. Sinar laser pada robobess tidak seperti laser pada umumnya, tentun akan aman bagi mata ketika cahaya laser tersebut terpantul dan terlihat oleh mata manusia.

2. Robot Based Autonomous Refuse / Robot Tukang Sampah.
Robot ini mempunyai roda dan sangat hemat energi, difungsikan untuk mengangkut sampah di lingkungan sekitar. Robot tukang sampah ini dibuat oleh Pabrik Otomotif asal Swedia, Volvo bersama dengan Universitas di Swedia dan study Amerika. Sekarang ini produksinya semakin terus berkembang, bahkan robot ini mampu mengelilingi lingkungan sekitar kita untuk mengambil sampah dan membuangnya kembali ke belakang truk sampah. 
Gambar Robot Based Autonomous Refuse / Robot Tukang Sampah

Dalam produksinya robot tersebut telah diberi nama Robot Based Autonomous Refuse atau ROAR, berfungsi sebagai petugas kebersihan, dan tentunya para petugas kebersihan sangat hawatir akan kehilangan pekerjaan mereka karena robot ini. Tetapi Anda tidak perlu khawatir akan kehadiran robot tukang sampah ini, karena para ilmuwan hanya melakukan riset, karena biayanya sangat mahal tentunya produksi robot tersebut juga sangat sedikit, jadi para pekerja atau petugas kebersihan masih tetap bekerja seperti biasanya.

3. Row Bot.
Pembuatan robot ini para ilmuwan sangat terinspirasi oleh tukang perahu yang setiap harinya membersihkan gulma air, salah satu tim Universitas Bristol sudah membuat Row Bot, ini semacam proyek prototype robot yang dirancang khusus untuk dapat melewati atas air dalam sebuag kolam ataupun danau yang kotor, dan dapat memakan mikroba yang diraupnya. Mikroba ini nantinya akan dihancurkan dan disalurkan ke bawah ke perut buatan untuk menciptakan energi yang dapat memberikan tenaga kepada Row Bot.
Gambar Row Bot

Robot ini dapat menghasilkan tenaga secara terus menerus, dan dapat mendorong dirinya sendiri untuk mencari lebih banyak bakteri sebagai makanannya. Row Bot sendiri mempunyai 2 elemen utama, dengan sistem mekanisme daya gerak untuk menggerakkan robot, dengan menggunakan dayung yang dioperasikan oleh simber tendaga listrik yang sebesar 0,75 Watt dan pada bagian perut row bot mempunyai sel bahan bakar mikroba dan dapat menyuplai aliran listrik untuk memberikan daya pada dayung penggerak pada robot ini yang cukup canggih.

4. Robot Rumah.
Dari Anda mungkin sudah pernah mendengar kalimat rumahmu adalah surgamu, dan kalimat ini memang benar. Di Negara Inggris terdapat rumah yang sudah mempunyai teknologi super canggih, rumah ini dapat bergerak dan berpindah tempat sesuai keinginan pemiliknya. Diberi robot rumah dibuat dengan 6 buah kaki, dan memperoleh daya listrik dengan panel surya (memanfaatkan tenaga surya), robot rumah juga mempunyai berbagai fasilitas seperti dapur, toilet, sistem drainase hujan.
Gambar Robot Rumah

Bagaimana emosi muda, cukup membuat mata kita kagum akan teknologi robot terbaru ini ya, nah disini kita dapat mengambil sisi positifnya, mudah-mudahan dengan adanya teknologi terbaru seputar robot ini dapat menambah wawasan untuk kita semua, sekian dan terima kasih telah berkunjung sampai jumpa kembali.

Posting Komentar