Robot atlas dengan teknologi canggih

Gambar Robot atlas dengan teknologi canggih

Robot atlas dengan teknologi canggih memang sangat di nanti oleh penggemar robotik seluruh dunia, dalam perjalanan dunia riset teknologi tinggi bidang Robotika ini sudah banyak mengalami kemajuan yang cukup pesat untuk beberapa tahun terakhir. Diantara robot yang mempunyai teknologi yang sangat canggih ialah Robot Atlas yang dibuat dan di produksi oleh Boston Dynamics. 

Boston Dynamics merupakan salah satu perusahaan desain teknik dan robotika, dimana prusahaan ini di kenal sebagai pengembang robot berjenis Bigdog, sebuah robot yang dirancang untuk militer Amerika Serikat dengan dana dari DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency), dan DI-Guy yang merupakan sebuah perangkat lunak untuk simulasi pada manusia. Proyek Robotika yang dikembangkan oleh perusahaan Boston Dynamics terdapat sembilan jenis robot yang mereka buat seperti Spotmini, Atlas, Handle, Spot, LS3, Wildcat, Bigdog, Sandflea, dan REX. Diantara robot tersebut, tentunya dikembangkan dengan teknologi yang canggih dan fungsi yang berbeda.

Pengertian Robot Atlas

Robot Atlas merupakan sebuah robot Humanoid dengan bentuk yang menyerupai tubuh manusia, dengan mempergunakan teknologi canggih terbaru yang dikembangkan perusahaan Boston Dynamics. Dimana robot Atlas sendiri terpasang sistem kontrol yang super canggih, dengan koordinasi dari gerakan lengan, batang tubuh, dan juga kaki agar dapat memberikan keseimbangan yang stabil dan juga tidak mudah jatuh terbaring saat di medan yang halus seperti lantai dan medan yang kasar seperti di tanah yang berpasir. Robot atlas sendiri dirancang agar dapat kembali bangkit berdiri tegak saat ia terjatuh ke lantai, salah satu kemampuan dari robot atlas ialah dapat mengangkat beban berupa kotak dan meletakkannya di rak yang sudah di persiapkan.

Didalam robot atlas tersebut telah terpasang sebuah alat berupa sensor LiDAR serta sensor Streo Vision, dimana sensor ini dirancang agar dapat merasakan beberapa keadaan kondisi lingkungan agar dapat beroperasi diluar ruangan. Dengan kedua sensor yang dipergunakan oleh sistem teknologi robot atlas, yang pertama ialah sensor LiDAR dipasang pada kaki robot dan badan robot berfungsi untuk menyeimbangkan keadaan robot pada saat berdiri dan juga berjalan. Sensor yang kedua yang di miliki oleh robot atlas ialah sensor streo vision yang dipasang dibagian kepala robot berfungsi untuk menghindari rintangan, memahami lingkungan yang akan dilewati robot, dan juga dapat membantu robot untuk menuju target dan bisa pulang kembali ke tempat asalnya.

Robot atlas dirancang khusus untuk melewati berbagai macam rintangan, serta lingkungan yang tidak rata. Robot ini juga sudah dirancang, agar dapat bangkit berdiri kembali saat terjatuh. Perancangan, desain, pembuatan robot atlas memang sangat sulit, dan banyak sekali simulasi yang di perlukan agar robot dapat bekerja dengan baik. Robot Atlas tidak sama dengan rancangan seperti robot mainan, robot ini dirancang untuk sebuah kompetisi, robot dari perusahaan lain mungkin lebih mudah dan tidak memerlukan banyak analisis data kompleks. Akan tetapi memang Robot Atlas dirancang khusus untuk tujuan militer, agar dapat membawa beban yang cukup berat, dengan jarak tempuh yang sangat jauh. Robot atlas mempunyai 28 sendi, yang dapat lebih leluasa dalam bergerak dan melakukan tugas yang akan dilaksanakan. Akan tetapi tidak akan seperti pada manusia pada umumnya, yang mampu bergerak dengan mudah dengan berbagai medan, karena manusia memiliki sebanyak 360 sendi pada seluruh rangka tubuhnya.

Demikian ulasan kali ini mengenai robot atlas dengan teknologi canggih, semoga dapat menambah wawasan untuk kita semua, dan memperkenalkan teknologi robotika yang super canggih ini. Saat ini anak muda di Indonesia sendiri sudah merancang robot buatan sendiri, dan sudah mengikuti berbagai macam kompetisi robotika seluruh dunia, bahkan kabar terbarunya Indonesia sudah mendaparkan medali perak di ajang kontes robotika seluruh dunia. Halini sangat membuat kita bangga akan kemajuan teknologi canggih, dimasa modern seperti sekarang ini.

Mungkin hanya sedikit yang dapat kami sampaikan tentang program robot atlas dengan teknologi canggih ini, semoga dapat menginspirasi kita semua, dan membantu untuk mengharumkan nama Indonesia di tingkat internasional, kita juga bisa unjuk gigi dengan perkembangan zaman yang ada, semoga bermanfaat sekian dan terima kasih.

G+

Biografi lengkap penulis bisa anda lihat di Tentang Kami

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.