Gambar Model Robot Masa Depan

Model robot masa depan, banyak film dan kisah fiksi menarik menceritakan tentang masa depan, hampir 100% kegiatan manusia dikerjakan oleh robot tersebut. Bisa kita bayangkan setiap kegiatan manusia di pagi hari dikerjakan oleh robot pengurus rumah yang merapikan tempat tidur, memasak sarapan, mengerjakan pekerjaan rumah tangga, kemudian terdapat mobil tanpa sopir membawa anak berangkat ke sekolah, hingga robot masa depan ini yang membantu pekerjaan manusia di kantor.

Kini kisah fiksi tersebut bukan isapan jempol belaka, karena telah banyak perusahaan teknologi dunia yang memulai merancang serta mengembangkan robot masa depan ini untuk membantu pekerjaan manusia di dunia nyata.

Robotika merupakan pasar yang sedang trend saat ini, salah satu negara yang tengah mengembangkan robot adalah China. Federasi Robotika Internasional memprediksi nilai industri robotika di Negara China akan mencapai 6,28 miliar dolar AS setara dengan Rp 83,84 triliun, di tahun 2017 lalu, naik hingga mencapai 1,28 miliar dolar AS dari tahun 2016 yang mencapai 5 miliar dolar AS. Dilansir China Daily waktu lalu telah diselenggarakan Konferensi Robot Dunia 2017 di Beijing. pada acara ini menampilkan berbagai macam jenis robot yang sudah dikembangkan sebagai robot pembantu manusia.

3 jenis robot masa depan antara lain adalah:


1. Robot Alpha 2
Gambar

Alpha 2 merupakan jenis robot pembantu pekerjaan rumah tangga yang di produksi oleh perusahaan asal China, UBTech Robotics. Rpbot Alpha 2 dapat melakukan berbagai pekerjaan dengan mengucapkan sebuah perintah, agar dapat melakukan pekerjaan rumah tangga, melaporkan cuaca, hingga menari dan juga membacakan cerita sebelum tidur untuk anak anak. Dengan teknologi kecerdasan yang semakin canggih, robot ini ke depan akan dikembangkan dengan fitutr dan fungsi yang lebih banyak untuk sebuah Robot Aplha 2.

Robot Alpha 2 menyediakan layanan di rumah yang baik, dan bersahabat bagi keluarga serta anak-anak. Bagi orang tua yang merasa sulit untuk mengambil remote control ataupun menyalakan AC, bisa dilakukan oleh robot pembantu ini,yang telah di umumkan informasinya oleh General Manager Departemen Merek UBTech.

2. Robot Kurir
Gambar Robot Kurir

Dengan maraknya logistik yang mampu menyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) di Negara China sebesar 14,9% pada tahun 2016 lalu, telah di kembangkan sebuah platform e-commerce di China, dengan memproduksi robot kurir yang berbentuk drone. Robot kurir ini mempunyai beratt mencapai 200 kg dan mampu menghindari sebuah rintangan, terutama masalah kemacetan di daerah perkotaan.

Teknologi pesawat tanpa awak ini tentu bisa mengirimkan sebuuah paket, dapat melewati pegunungan, sungai, dan hutan di daerah pedesaan terpencil. Robot kurir sangat berperan penting sekali, bahkan dia menganggap revolusi teknologi tidak akan menyebabkan pengangguran di kota-kota besar, karena dalam merawat robot masih membutuhkan tenaga ahli dari manusia. Teknologi modern ini tidak akan menyebabkan pengangguran, tetapi akan mendorong semua lapisan masyarakan agar dapat menyesuaikan diri dengan pekerjaan baru mereka. Misalnya saja pekerja pengiriman barang, yang dapat mengelola dan memelihara robot kurir ini ataupun pesawat terbang tanpa awak.

3. Robot Tangan Manusia
Gambar  Robot Tangan Manusia

Robot jenis ini diberi nama Robot Bestic, dan dapat bertugas sebagai pengganti lengan manusia, dalam mengerjakan berbagai hal, seperti menyuap makanan ke mulut orang yang mengalami kesusahan menggerakkan tangan, ataupun lumpuh dan dapat membantu dalam operasi bedah. Robot Bestic dikembangkan oleh perusahaan asal Swedia, yaitu Camanio Care.

Pemerintah China telah melirik robot bestic yang akan dipergunakan untuk membantu di 10 tempat panti jompo China dan membantu operasi bedah dengan menggunakan metode Da Vinci. Harga jual dari Root Bestic di Wilayah Eropa mencapai 4.000 euro, namun harga di China masih belum ditentukan.

Robot Bestic akan dikembangkan lebih dalam lahi, agar bisa disesuaikan dengan cara pola makan masyarakat China khususnya lansia, yang sangat menyukai makanan sepererti sup atau mie yang tidak membutuhkan sendok, namun juga sumpit.

Meskipun robot ini mempunyai peran yang sangat penting, dan juga menguntungkan bagi kehidupan manusia, namun robot masa depan ini tidak selalu diterima di semua bidang. Karena telah banyak pihak khawatir akan kemampuan robot yang dapat menyebabkan kerusakan, khususnya peperangan.

Menanggapi isu tersebut para ilmuwan dari seluruh dunia sudah meminta PBB, untuk mengambil tindakan untuk menghentikan pengembangan robot di bidang militer yang dapat disalah artikan sebagai robot pembunuh. Akan tetapi menurut seorang peneliti dari Institute of Automation, Akademi Ilmu Pengetahuan China, tidak perlu khawatir dengan kecerdasan buatan yang dimiliki oleh robot karena manusia masih mempunyai kendali terhadap teknologi buatan tersebut.

Demikian penjelasan beberapa macam model robot masa depan kali ini, yang dapat kami sampaikan ulasan singkatnya, dimana kita semua akan mengetahui teknologi terbaru khususnya di bidang robotika ini. Agar dapat menambah wawasan tentang era modern sekarang, yang dapat kita ambil sisi positifnya dengan teknologi robot modern ini, semoga dapat bermanfaat sekian dan terima kasih.

Posting Komentar