Bertemu Dengan Sisi Gelap Diri Sendiri

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Selalu ada kisah tertentu terhadap gagasan versi jahat dari diri kita sendiri, atau seseuatu di luar sana yang berwujud seperti kita yang mengamuk dan menimbulkan masalah. Sulit untuk mengetahui bahwa mungkin ada seseorang atau sesuatu yang memaknai wajah dan kehidupan kita, dan terlebih lagi jika malah mendampingi diri kita sendiri. Menariknya, gagasan tentang versi kembaran diri ini telah lama ada, dan hadir beserta dengan cerita-cerita yang umumnya menakutkan, ada banyak laporan tentang orang-orang yang benar-benar menghadapi versi alternatif dari diri mereka sendiri yang tampaknya sulit untuk dijinakkan. Apa? Dan siapa yang berada dibalik fenomena duplikasi sosok ini?

Doppelgaenger - Kembaran Gaib
Istilah umum yang sering digunakan tentang penampakan kembaran diri sendiri adalah Doppelgänger, yang berasal dari kata Jerman untuk "Double Walker," atau juga "Double Goer," dan meskipun kata bahasa Inggris modern biasanya digunakan untuk menunjukkan hanya tentang seseorang yang terlihat seperti diri sendiri, namun sejarah telah lama berbicara tentang sesuatu yang lebih misterius dan lebih gelap. Ada mitos tentang doppelgängers yang datang dari sejarah banyak kebudayaan, dengan pengetahuan umum yang menggambarkan mereka sebagai roh, jin, setan, atau bentuk duplikat gaib lainnya dari seseorang yang konon tidak dapat dibedakan. Meski tidak selalu berbahaya, kembaran tersebut bagaimanapun juga sangat sering digambarkan sebagai pertanda buruk atau tanda kemalangan dan kematian, dan dalam banyak tradisi, biasanya di percaya sebagai sesuatu yang bukan merupakan pertanda baik jika anda melihat doppelgänger diri anda sendiri.

Konsep dualitas dan gagasan tentang versi alternatif dari diri kita sendiri bisa kita telusuri ke zaman Mesir kuno yang disebut ka atau roh kembaran, sesuatu yang merupakan duplikat copy sempurna seseorang dari setiap orang. Dalam budaya suku indian atau penduduk asli Amerika ada banyak cerita tentang roh ganda spiritual semacam itu, dipandang sebagai cerminan seseorang dari alam baka dan seringkali dianggap sebagai kejahatan. Kisah-kisah dari Skotlandia kuno juga menceritakan tentang kemarahannya, merupakan roh jahat yang datang untuk mencuri bayi dan menggantinya dengan yang palsu. Mitologi buruk ini juga di miliki oleh bangsa Norwegia yang disebut sebagai Vardøger, yang merupakan sosok duplikat yang dikatakan muncul dan melakukan tindakan sebelum orang yang asli datang dan benar-benar melakukannya. Banyak budaya juga berbicara mengenai sosok ganda ini sebagai cerminan jiwa, yang seringkali menunjukkan sisi gelap kita, dapat dirasakan dalam refleksi cermin atau bahkan foto. Bayangan tersebut sering ikut bermain dalam cerita-cerita ini, dengan doppelgängers sering dikatakan sebagai pertanda buruk dan terkait dengan kepercayaan luas pada banyak budaya bahwa bayangan seseorang adalah semacam perpanjangan dari diri mereka sendiri, dimana bayangan tersebut adalah versi gelap keberadaan diri mereka.

Bertemu dengan doppelgänger

Meskipun doppelgänger tidak selalu di identikkan dengan kematian dan kesengsaraan atau pertanda malapetaka, seringkali, kisah-kisah sosok ganda semacam itu memang selalu cenderung digambarkan jahat dalam banyak cerita. Kisah-kisah semacam roh kembaran ini cenderung menunjukkan beberapa kesamaan. Misalnya, entitas ini sering dikatakan hadir dengan memancarkan bentuk energi atau getaran negatif, seperti perasaan takut, gelisah, atau sensasi panik yang berat, terlepas dari apakah mereka benar-benar berperilaku dengan cara yang mengancam. Mereka sering menghindari wajah mereka, menyembunyikannya dengan rambut atau topi, atau mencoba tetap berada di bawah bayang-bayang dan mengaburkan diri mereka sendiri, tetapi jika melihat mata mereka maka seringkali akan menunjukkan bentuk yang mengerikan atau mereka akan menyeringai dengan senyum menakutkan. Mereka hampir tidak pernah berinteraksi langsung atau berbicara dengan orang yang digandakan, kecuali untuk memperpanjang niat buruk atau memancingnya ke dalam bahaya.

Gagasan tentang kejahatan kembaran gaib atau doppelgängers pada umumnya mungkin terdengar seperti mitos cerita rakyat dan murni fantasi, tapi ada banyak kisah tentang pertemuan nyata dengan makhluk seperti itu, tentu saja merupakan topik yang akan saya bahas di sini. Saya tidak berencana untuk menulis semua kasus di sini, namun ada banyak laporan yang ditemukan sebagai kasus doppelgängers yang memang tidak menyenangkan, dan beberapa di antaranya cukup modern. Seorang penulis kasus paranormal Victoria Branden menggambarkan dimana ia hampir pingsan saat melihat kembaran jahatnya. Dia mengklaim bahwa saat itu ia sedang mengemudi di suatu hari dan berbelok ke tepi jalan untuk membiarkan sebuah truk melaju karena ia berada di sisi jalan yang salah. Saat Branden berbelok keluar dari jalannya, dia melihat bahwa pengemudi truk tersebut adalah kembaran dari dirinya sendiri, dan sosok kembaran itu memiliki "senyuman jahat" di wajahnya, di sepanjang keseluruhan peristiwa ini dia melaporkan mengalami perasaan tertekan dan sensasi negatif yang berasal dari sosok gandanya, sebagaimana juga perasaan sensasi hening dan tertahannya pikiran normal yang tidak mereda sampai sosok kembarannya melesat pergi.

Laporan lain semacam itu yang menyangkut dengan kasus doppelgänger berasal dari kehadiran sosok duplikat dari seorang anak perempuan yang berusaha menarik ibunya kedalam kematian. Saksi (ibunya) menceritakan bagaimana ia dan keluarganya pada suatu hari di tahun 2015 mencari kerang di pantai saat putrinya yang berusia 4 tahun mengatakan bahwa dia ingin melanjutkan mencari kerang meski saat itu cuaca mulai terlihat kurang bersahabat, sepertinya akan ada badai yang sedang mendekat. Putri perempuannya yang lain pergi makan siang di sebuah pondok di dekatnya, dan segera anaknya yang berusia 4 tahun itu juga pergi untuk berkumpul dengan kakaknya. Wanita itu memastikan bahwa putri bungsunya telah bersama keluarganya selepas berburu kerang. Dia bilang dia kemudian berjalan selama 20 menit dan tiba-tiba ombak mulai menjadi lebih berbahaya karena badai, kemudian dia kembali. Pada titik ini wanita tersebut menjelaskan bahwa tiba-tiba ia merasakan ketakutan yang tak dapat dijelaskan, dan lantas melihat ke luar serta merta ia melihat anak perempuannya yang berusia 4 tahun berada di laut lepas berjuang dari tenggelam. Dia mengatakan apa yang terjadi selanjutnya:

Aku belum pernah melihat kemarahan laut sehingga aku kembali dengan perasaan ketakutan yang tidak dapat dijelaskan. Aku tidak bisa menahannya. Aku melihat ke laut dan aku bisa bersumpah bahwa aku melihat anakku yang berusia 4 tahun tenggelam dalam gelombang. Aku tahu dengan pasti bahwa dia dalam keadaan aman setelah kembali di pondok bersama ayah dan saudari kandungnya, tapi malah di sanalah dia tenggelam di laut yang marah.
Aku mulai mengarungi air untuk mencoba membantunya. Aku benar-benar panik. Aku menangis dan benar-benar histeris. Aku tahu bahwa jika aku masuk ke dalam air, aku akan tenggelam. Tapi ke sanalah aku pergi, meski aku tahu itu bukan anakku di luar sana. Aku merasa ada sesuatu yang menginginkan aku masuk ke air jadi aku akan mati. Aku harus melawan naluri untuk membantunya. Ada sesuatu di dalam air adalah bayangan yang menyerupainya.
Aku pergi berlari ke pondok sambil menangis. Putriku itu menyambutku di pintu. Aku tidak pernah merasa dalam hidupku sangat senang melihatnya. Sampai hari ini aku yakin bahwa yang ada di air adalah kembarannya yang mencoba memikat aku untuk kematianku sendiri. Aku tahu mereka mengatakan bahwa anda hanya bisa melihat kembaran anda sendiri, tapi aku bertanya-tanya. Aku harap aku tidak pernah mengalami ini lagi. Aku harap ini tidak pernah terjadi pada siapa saja yang membaca ini, hasrat untuk masuk ke dalam air lebih kuat daripada kekuatan yang pernah aku ketahui.

Apakah ini doppelgänger putri perempuannya yang melakukan tujuan jahat untuk membawa kematian? Siapa tahu? Beberapa cerita tentang doppelgängers menyeramkan memang lebih banyak seperti cerita-cerita horor hantu. Seorang pengguna Reddit menuliskan tentang pengalaman aneh yang menyeramkan dengan apa yang tampaknya merupakan semacam sosok ganda dari versi jahat neneknya. Saksi mengatakan bahwa peristiwa itu terjadi saat dia berusia sekitar 15 tahun, saat dia masih memiliki seorang nenek yang sering membersihkan kamarnya. Suatu hari saksi pulang untuk mencari neneknya yang duduk di sana sambil menatap lemari tanpa bergerak. Saksi mengatakan apa yang terjadi selanjutnya:

Dia sama sekali tidak bergerak. Rasanya sepertinya dia membeku saat tengah membersihkan lemari. Aku bertanya apakah dia baik-baik saja tapi dia benar-benar mengabaikanku. Nenekku yang berumur delapan puluh lima tahun itu hanya terus menatap ke dalam lemari.
Tiba-tiba, dia memalingkan kepalanya perlahan ke arahku dan menatapku dengan tatapan terdingin. Dia memiliki mata paling jahat yang pernah kulihat! Rasa dingin mengalir deras di punggungku. Itu bukan mata nenekku, pikirku. Lalu dia memalingkan muka dariku dan masuk ke lemari dan menutup pintu di belakangnya.
Tapi ketika aku pergi memeriksa lemariku, dia tidak berada di sana. Dia benar-benar telah menghilang. Benar-benar hilang! Aku tercengang selama beberapa detik! Lalu aku berteriak padanya dan mendengarnya berkata, "Nenek di sini di dapur! Makan malam sudah hampir siap. "Aku berlari ke dapur dan menemukan nenekku berdiri di sana sambil memasak! Lalu aku bertanya apakah dia ada di sini sepanjang waktu! "Tentu saja, sayangku. Makan malam tidak akan siap dengan sendirinya," nenekku tertawa. Maksudku, dia tidak tahu apa yang barusan terjadi di lantai atas.
Apa yang aku temukan di kamar tidurku hari itu? Aku masih belum tahu.

Ada laporan lain yang sulit dikategorikan sebagai laporan doppelgänger asli atau bukan. Juga berasal dari user Reddit lainnya dengan nama pengguna "Tre", ia memberi keterangan sama anehnya yang cukup mengerikan. Dia mengklaim bahwa pada tahun 2005 dia sendirian di rumahnya sekitar pukul 07:00 saat itu dia tiba-tiba merasa lelah tanpa alasan yang jelas dan memutuskan untuk tidur. Dia terbangun sekitar pukul 09.15 dan pergi ke kamar mandi, di mana dia pada awalnya tidak melihat bayangannya sendiri di cermin. Berpikir bahwa itu aneh, dia melakukan sekali lagi dan kemudian bayangannya ada di sana, tapi yang selanjutnya terjadi malah sangat tidak diharapkan. Saksi menjelaskan tentang perjumpaan tersebut demikian:

Aku memakai kemeja putih dan pantulanku memakai kemeja biru yang mataku disitu terlihat merah tua, warna kecoklatan seperti warna amber kehijauan, bayangan pantulanku berwarna merah darah. Ia menatapku sambil berlumuran darah. Terlihat sangat buruk sepertinya dia ingin membunuhku. Aku tidak bisa bergerak. Aku membeku.
Di sinilah keadaannya menjadi mengerikan. Refleksiku mulai berbicara kepadaku.
Ia mulai mengatakan "Mengapa kau takut pada dirimu sendiri?" Aku tidak dapat berbicara tapi aku mencoba membalasnya dalam pikiranku. Ia berbicara pada diriku sendiri "Aku tinggal di dalam dirimu; Akulah yang akan merusakmu". Sekarang aku mulai khawatir karena sekarang aku tahu ia memiliki kendali atas tubuhku. Aku bilang dari mana asalmu? Ia menjawab "Aku berasal dari semua kebencian yang kau miliki yang memberiku makan dan kekuatan, segera aku akan cukup mampu untuk membunuhmu!"
Jadi aku bilang jika kau bagian dariku, membunuhku berarti kau ikut mati juga tidak?
Mengatakan ini malah membuat kesal makhluk itu! Sekarang ia menyengir dan terkekeh "Kau benar tapi kau masih bodoh..." Tangannya terlihat seperti keluar dari cermin ke arahku dan menyentuh bahuku sehingga aku merasa pusing seolah-olah aku kehilangan banyak darah lalu ia mengatakan"
Kau akan melihat aku akan menjadi apa... Tapi pertama-tama lihatlah apa diriku sekarang!".
Visi yang ditunjukkannya sangat mengerikan sehingga aku tidak pernah memberi tahu keluargaku. Ia adalah semacam binatang cacat dengan empat mata dan tanduk besar dengan lengan kirinya kurus dan kecil sementara yang sebelah kanan besar dan berdenyut. Kakinya terhubung seperti ekor besar dan sepertinya terus tumbuh. Ia terlihat reput dan membusuk tapi masih hidup dan ia menghilang di cermin saat aku berteriak "Enyahlah!" Aku berhasil mengendalikan diriku kembali dan aku berlari keluar rumah menunggu orang tuaku pulang.

Sebenarnya ada cukup banyak laporan semacam itu, dan semuanya terhubung dengan gagasan bahwa ada beberapa versi jahat dan tersembunyi dari diri kita yang mengintai di tepian pemahaman kita. Tampaknya mungkin ada banyak dari kita yang mengalami kisah-kisah tentang kembaran diri ini, salinan diri kita sendiri yang mewujudkan semua citra buruk kita atau yang berusaha menimbulkan keputusasaan, ketakutan, atau kekacauan. Adakah sesuatu untuk cerita semacam itu atau apakah mereka semua berakar kuat hanya dalam mitos dan imajinasi?

Bertemu Dengan Sisi Gelap Diri Sendiri
Salah satu kasus doppelgänger yang sempat menghebohkan netizen beberapa tahun lalu, perhatikan sosok di pantulan cermin
Siapa mereka sebenarnya?
Ada banyak dugaan tentang apa dan siapa sebenarnya sosok makhluk-makhluk yang menyerupai gambaran diri kita. Pada umumnya di nusantara kita sering mendengar kisah-kisah seperti ini dan kaitannya terhadap keberadaan jin, sebagaimana dalam kepercayaan tentang bangsa jin yang dipercaya mampu menjelma dan menyerupai banyak hal. Alasan ini bisa menjadi salah satu kondisi kuat yang bisa di pertimbangkan meski pengetahuan kita terhadap dimensi yang berada di luar kita masih sangat sedikit, dan memang seringkali kemunculan sosok ganda ini biasanya disertai dengan kondisi yang angker dan aktivitas gaib, salah satu contoh dari bentuk gangguan jin semacam ini bisa ditemukan dalam salah satu postingan di rumah ruqyah.com dengan judul "Di rayu jin yang menyerupai suami". Di lain keadaan, ada juga pendapat yang mengatakan bahwa Jin Qarin atau jin yang mengikuti jalan hidup seseorang kemungkinan besar bertanggung jawab atas banyak fenomena ini, namun juga tidak menutup kemungkinan bahwa peristiwa-peristiwa ini terkait dengan kondisi pikiran dan kejiwaan seseorang.

Di dalam keyakinan Islam, kita mengenal tentang alam barzah, yakni alam transisi manusia setelah kematian menuju alam akhirat. Di alam tersebut dikisahkan dalam kitab-kitab bahwa saat setelah seseorang meninggal dunia, mereka akan memasuki alam arwah, dimana mereka akan bertemu dengan amalan dirinya sendiri yang merupakan bagian dari diri sendiri, jika seseorang itu baik pada masa hidupnya, ia akan bertemu dengan amalannya yang berada dalam kondisi baik dan rupawan, sebaliknya, jika semasa hidupnya suka melakukan banyak pelanggaran dan kejahatan, ia kelak akan menemui amalannya dalam keadaan mengerikan. Lantas mungkinkah amalan-amalan jahat ini bisa dilihat dan di jumpai saat seseorang masih hidup sebagaimana kisah "Tre" seperti di atas yang menemui bagian dirinya sendiri yang hadir dari segala macam bentuk kebencian? Tidak ada keterangan dalam Islam yang mengatakan bahwa amalan buruk seperti ini bisa ditemui saat masih hidup, dan otomatis tidak bisa diimani. Jadi kita sedang berurusan dengan sesuatu yang bersifat non materi, tentu saja jawaban yang ada akan sangat bergantung kepada keyakinan masing-masing individu.

Apapun masalahnya, tentu saja kisah-kisah ini bisa memberikan kita satu jeda untuk menyusuri kewaspadaan diri demi berjaga-jaga jika suatu saat hal seperti ini terjadi. Saya pribadi percaya bahwa semua fenomena doppelgänger ini adalah bentuk dari gangguan setan, dan karena ini terkait dengan ranah keyakinan maka keyakinan pula yang bisa dipegang untuk menangkal seluruh gangguan tak kasat mata seperti ini. Kuatkan keyakinan anda, perbanyak berdoa dan hanya kepada Allah saja kita berlindung. Semoga anda berfikir dan wassalamualaikum.

Posting Komentar