Kotak Dybbuk Yang Terkutuk

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Tampaknya ada beberapa objek di dunia ini yang menarik kita dengan semacam energi misterius dan gelap. Karena alasan apa pun itu, baik kekuatan gaib, jin, entitas halus, atau kutukan yang tidak dapat dijelaskan dikatakan berdiam diri pada barang-barang seperti ini, mendorong mereka dengan gambaran yang tidak menyenangkan di luar kemampuan kita untuk menjelaskan atau untuk memahami. Dan salah satu objek membingungkan semacam itu muncul untuk dijual di Internet dan segera hadir mengaduk imajinasi kita dengan kisah entitas spektral, kutukan, dan kejadian aneh yang mengorbitnya, dan telah melontarkan salah satu kisah seru berhantu yang menjadikan objek ini terus bergema dalam relung pikiran orang yang memikirkannya.

Dibbuk Box
Kisah tentang apa yang kemudian dikenal sebagai Kotak Dybbuk atau Dibbuk Box, telah mencapai status nyaris sebagai sebuah legenda urban, dan berkisar pada sebuah kabin mini tempat menyimpan anggur antik kuno yang tenggelam dalam masa lalu yang gelap yang diduga ditemukan dan dibeli di sebuah penjualan real estate di Oregon oleh seorang kolektor barang antik dan pemilik usaha kecil Kevin Mannis. Kotak itu datang dengan sedikit pengetahuan dan sejarah berwarna-warni yang berkaitan dengan Mannis si penjual yang memulai kisah ini, ia mengklaim bahwa kotak itu telah dahulu kala adalah milik neneknya, yang telah menjadi korban holocaust dalam Perang Dunia II. Neneknya ternyata adalah satu-satunya dari keluarganya yang bisa bertahan dari kekejaman ini, dan beberapa korban holocaust lainnya berhasil melarikan diri menuju ke Spanyol, di sanalah dia mendapatkan kotak itu.

Ketika dia berimigrasi ke Amerika Serikat, sang nenek membawa serta kotak itu bersamanya, dan telah memperingatkan putrinya untuk tidak pernah membukanya, karena diklaim bahwa di dalamnya ada sejenis setan yang disebut dybbuk yang secara tidak sengaja telah dibangkitkan dan kemudian sudah sejak lama dipenjara di dalam kotak tersebut. Terlepas dari cerita yang agak menakutkan ini, Mannis membeli kotak itu, tertarik dengan sejarah yang mengerikan ini, namun tidak benar-benar memiliki pengetahuan yang lengkap akan kisah tersebut. Dan dia akan segera menyadari bahwa mungkin ada lebih banyak legenda mengerikan dan menyeramkan daripada yang pernah dia bayangkan sebelumnya.

Setelah kembali ke rumah, dia segera melanggar peraturan untuk tidak membuka kabin tersebut dan menemukan bahwa kotak itu berisi campuran item aneh, termasuk sebuah piala anggur, lempengan granit kecil yang bertuliskan dalam bahasa Ibrani "Shalom" terukir di dalamnya, sebuah mawar kering, kandil, dua sen uang dari tahun 1920-an, dan yang teraneh dari semua itu adalah dua ikat helai rambut manusia yang terikat tali. Tidak lama kemudian, di hari yang sama, hal-hal aneh mulai terjadi, dimulai dengan sebuah insiden ketika Mannis meninggalkan tokonya untuk pergi dalam sebuah urusan dan kembali untuk menemukan bahwa tempat itu sepertinya telah digeledah, seolah-olah seseorang telah mengamuk di sana, namun tak ada apapun yang telah dicuri. Seorang karyawannya juga merasa ketakutan di toko itu dan mengatakan bahwa dia telah melihat bola lampu meledak dengan sendirinya serta telah mendengar suara tanpa tubuh yang terdengar mengerikan. Anehnya, ada sebuah wilayah kecil yang terisolasi dengan aroma bunga melati, Mannis mengatakan kejadian itu:

Ketika kembali ke toko, aku pergi untuk menyelidiki. Aku ingat menuju ke arah belakang dan berjalan menuju apa yang hanya bisa aku gambarkan sebagai dinding aroma. Baunya seperti bunga melati. Anda bisa mengambil satu langkah lagi dan tidak mencium sesuatu, dan mundur selangkah dan dikelilingi lagi (oleh wangi tersebut).

Mannis kemudian memberi kotak itu pada ibunya sebagai hadiah, masih belum bisa menghubungkan kejadian aneh dengan kotak itu, segera ibunya di duga menderita stroke hanya 5 menit setelah menerima kotak tersebut. Dia selamat dari kejadian itu meski mengalami kebutaan sebagian, menjadi tidak mengherankan jika ibunya tidak menginginkan kotak itu lagi dan mengembalikannya, ia mengatakan bahwa dia merasakan semacam energi kedengkian yang memancar dari benda tersebut dan menjadi semakin aneh ketika pada hari yang sama dimana FBI menggerebek toko Mannis untuk mencarinya dan mengambil hanya beberapa perlengkapan elektronik sebelum akhirnya pergi tanpa penjelasan.

Isi kotak Dibbuk
Isi kotak Dibbuk
Kotak itu kemudian diberikan pada saudara laki-laki Mannis, tapi dia juga segera mengeluh bahwa ada semacam rasa takut yang tak dapat dijelaskan yang mengitarinya dan mengklaim bahwa kotak itu akan terbuka dengan sendirinya saat tidak ada orang di sekitar. Dia juga berbicara tentang mimpi buruk yang kuat dari gambaran seorang wanita tua yang menakutkan, tak ayal lagi dia segera mengembalikan kotak itu hanya setelah beberapa hari. Kotak itu kemudian berlalu ke saudaranya dan istrinya, dimana istrinya mengakui bahwa kotak itu tercium seperti bau air kencing kucing sementara saudaranya mengira kotak itu berbau Jasmine, lalu ke pacar Mannis, tapi mereka semua mengeluh bahwa ada sesuatu yang jahat mengenai kotak tersebut, bahwa mereka telah mengalami sejenis fenomena paranormal dan mimpi buruk yang mengerikan, dan menolak untuk menyimpannya berlama-lama. Seorang pelanggan juga sempat membeli benda itu dan segera mengembalikannya, mengatakan bahwa kotak itu adalah kejahatan. Mannis akhirnya memutuskan untuk terus melakukannya dan untuk sementara ia memasukkannya ke ruang bawah tanahnya.

Malam itu, Mannis mengalami apa yang dia sebut sebagai mimpi buruk yang paling kuat yang pernah dia alami, di mana dia dikuntit dan diserang oleh perempuan tua bungkuk untuk beberapa lama, serangkaian mimpi buruk berulang yang menghantuinya selama berminggu-minggu dan bahkan dikatakan juga menyerang lelapnya tidur orang yang menginap disana. Dia mengklaim bahwa setelah terbangun dari mimpi buruk ini, dia kadang-kadang menemukan goresan, bekas gigitan, dan memar di tubuhnya, dan dia menggambarkan contoh khas dari salah satu mimpi mengerikan ini sebagaimana berikut:

Aku menemukan diri ku berjalan dengan seorang teman, biasanya seseorang yang ku kenal baik dan kupercaya pada suatu saat dalam mimpi itu, aku mendapati diri ku melihat ke dalam mata orang yang berjalan denganku. Saat itulah aku menyadari bahwa ada sesuatu yang berbeda, sesuatu yang jahat menoleh ke arahku. Pada saat itu dalam mimpiku, orang tersebut berubah menjadi mengerikan, apa yang hanya bisa digambarkan sebagai perempuan penyihir iblis (Hag), hantu paling mengerikan yang pernah kulihat. Penyihir ini kemudian melemparkan tar (ter = bahan dasar aspal) yang hidup kepadaku.
Ilustrasi Hag = Nenek bungkuk penyihir
Ilustrasi Hag = Nenek bungkuk penyihir
Selain mimpi buruk ini, Mannis juga mengklaim bahwa ia mulai melihat penampakan sosok yang terlihat tidak jelas dan bayangan yang mengintai di rumahnya, seringkali di tepian penglihatannya. Para tamu juga melaporkan keanehan ini juga, dan rasanya terus menjadi meresahkan. Mannis akhirnya menjadi sangat ketakutan untuk terus menyimpannya kotak itu lagi, dan dia akhirnya memutuskan untuk menjualnya di eBay, beserta penjelasan lengkap tentang bagaimana kotak itu menjadi miliknya, juga sejarahnya dan beserta semua fenomena mengerikan yang terkait dengannya. Dia mengatakan sebagian dari deskripsi kotak itu:

Aku bisa saja menghancurkan benda ini dalam sedetik, kecuali aku benar-benar tidak mengerti apa yang mungkin atau yang mungkin tidak aku hadapi. Aku takut (dan maksudku benar-benar takut) bahwa jika aku menghancurkan kabin ini, apa pun yang sepertinya datang bersama kabin tersebut mungkin tinggal di sini bersamaku. Aku telah diberitahu bahwa ada orang-orang yang berbelanja di EBAY yang memahami hal-hal semacam ini dan secara khusus mencari barang-barang semacam ini. Jika anda adalah salah satu dari orang-orang ini, tolong, silakan membeli kabin ini dan lakukan apapun yang anda lakukan dengan hal seperti ini. Tolong aku.

Tak satu pun dari semua kabar mengerikan ini bisa menghalangi seorang pembeli bernama Iosif Nietzke untuk membelinya di tahun 2003. Dengan harga $ 140 ia mendapatkan kotak itu beserta isinya yang menyeramkan, dan ternyata juga beserta roh jahat yang menghuninya. Hampir segera setelah membeli kabin tersebut Nietzke konon diganggu oleh segala macam keanehan. Benda-benda elektronik di rumahnya mengalami malfungsi atau berhenti bekerja, lampu akan menyala dan mati dengan sendirinya, dan benda-benda sering salah letak atau berpindah posisi meski tidak ada orang lain yang berada di sekitarnya, serta bau aneh yang muncul dan hilang dengan tiba-tiba dan kehadiran bayangan buram sosok makhluk halus bergentayangan. Dia juga mengklaim bahwa rambutnya mulai rontok beserta kehadiran serangga kutu tiba-tiba di rumahnya yang berasal dari tempat yang tampaknya tidak terlihat. Ini sudah cukup untuk meyakinkan dia untuk meletakkan kotak itu kembali untuk dijual di eBay juga, setelah itu, kotak tersebut dibeli oleh seorang kurator museum universitas dan kolektor perlengkapan keagamaan bernama Jason Haxton, dari Kirksville, Missouri, yang tampaknya tidak memiliki banyak keberuntungan juga dengannya.

Haxton melaporkan sejak ia memiliki kotak itu ia mulai memiliki banyak masalah kesehatan, seperti bercak yang tak dapat dijelaskan, ruam, dan gatal-gatal di tubuhnya, batuk, kelelahan, rasa aneh di mulut, masalah nasal yang terus-menerus, dan bahkan batuk darah dan semuanya hadir dengan tanpa alasan yang jelas. Dia juga mengatakan bahwa rumahnya kini memiliki bau aneh yang sering tercium seperti wangi melati dan bau kencing kucing. Anehnya, meski dengan semua hal seram ini, dia juga mengatakan bahwa ia yakin bahwa kotak tersebut memiliki efek untuk membalikkan proses penuaan. Penasaran dengan fenomena ini, Haxton kemudian mencari seorang spesialis artefak Yahudi bernama Rebecca Edery, yang menyatakan bahwa kotak itu adalah sebagai peninggalan suci untuk memenjarakan sebuah roh. Dia mengatakan kotak itu:

Dua pintu di bagian luar terbuka seperti bilik kudus, atau Aron HaKodesh, sebuah wadah untuk gulungan Taurat. Dan aku melihat sekeliling, lingkaran logam di bagian dalam pintu tempat meletakkan gulungan. Ukuran khusus ini digunakan saat akan menghibur keluarga almarhum. Ini (penyisipan roh) dilakukan dengan sengaja, untuk tujuan tertentu.

Haxton, yang masih menjadi pemiliknya, pergi ke seorang rabbi dan mistikus Yahudi untuk melakukan ritual pada kotak tersebut bertujuan untuk menyegel roh jahat yang berada di dalamnya, setelah itu dia menyembunyikannya di tempat yang di anggap tidak akan mengganggu orang lain lagi. Ini adalah lokasi yang tetap tersembunyi yang akhirnya telah menambah keseluruhan daya tarik dari kisah ini. Memang, meskipun dia telah menulis sebuah buku di tahun 2011 yang berjudul, The Dibbuk Box, dan pada suatu waktu pernah ada sebuah situs yang dikhususkan untuk itu, Haxton sejak saat itu menolak untuk mendiskusikannya lebih jauh, dan menghindari pertanyaan tentang hal itu, bahkan sejauh ini ia tetap menolak pertanyaan via email tentang masalah kotak ini. Dalam sebuah wawancara yang lalu dia mengatakan tentang pencariannya untuk menjinakkan kotak misterius itu:

Menjadi "juru kunci" Kotak Dibbuk selama hampir tujuh tahun, aku telah mengalami berbagai pemikiran dan perasaan tentang hal itu dan pengaruhnya. Setiap juru kunci yang telah melewati Kotak Dibbuk melaporkan adanya manfaat dan kerugian. Semua menyesal kehilangan kendali atas hal itu. Aku memutuskan untuk tidak bertindak tergesa-gesa dan menyingkirkannya seperti yang dilakukan para pemilik sebelum aku. Sebagai gantinya, aku telah bekerja dengan para ilmuwan, kabbalis, Wiccans dan orang-orang yang bergelut secara paranormal untuk menyebarkan energi dan memasukkan artefak tersebut ke dalam keadaan istirahat. Selama beberapa tahun terakhir aku telah menyegelnya di dalam sebuah bahtera kayu akasia yang dilapisi emas 24 karat. Ini memang menenangkan efeknya.
Jason Haxton dengan Kotak Dybbuk
Jason Haxton dengan Kotak Dybbuk
Kotak Dybbuk telah berubah menjadi fenomenal sejak pertama kali terdaftar bersamaan dengan kisahnya yang mengerikan di eBay, sampai-sampai kotak tersebut muncul dalam berbagai artikel, buku, dan film, terutama dalam sebuah film yang di sutradari oleh Sam Raimi yang berjudul The Possession (2012). Kotak kayu ini juga telah menjadi topik forum dan menghadirkan berbagai komentar di internet yang tak terhitung jumlahnya, sampai-sampai kisah tersebut telah menjadi hampir sebuah legenda. Tapi apakah semua ini benar adanya? Nah, itu sangat tergantung pada siapa yang anda bertanya.

Orang-orang yang skeptis dengan cepat menunjukkan bahwa cerita tersebut kurang memiliki verifikasi atau pembuktian, dengan beberapa dugaan seperti salah seorang seorang pemilik yang bernama Iosif Nietzke yang tidak di ketahui keberadaannya, yang berarti tidak ada jaminan bahwa ini adalah orang yang nyata. Pemilik semula kotak itu sendiri, Mannis, adalah seorang yang bercita-cita tinggi menjadi seorang penulis yang alasan ini juga cukup untuk mengangkat alis dari rasa curiga, menghadirkan teori yang menyatakan bahwa itu semua bisa saja hoax. Dalam teori ini, sejarah kotak itu kemungkinan dimulai dari cerita seram untuk membangkitkan minat, setelah itu muncul dan dibesar-besarkan lebih jauh oleh para pemiliknya secara berturut-turut yang akhirnya juga turut membangun mitos tersebut. Lalu, ada argumen untuk mempertanyakan barang-barang terkutuk ini yang cenderung membuka fakta bahwa rumor dan cerita menakutkan ini seringkali dilebih-lebihkan dengan adanya kecenderungan untuk menyandarkan banyak hal buruk yang terjadi pada objek yang dimaksud, terlepas dari apakah itu benar-benar ada hubungannya atau tidak. Chris French, dari Unit Riset Psikologi Anomali di Goldsmiths 'College, mengatakan hal ini sehubungan dengan Kotak Dybbuk:

[Mereka] sudah prima untuk mencari-cari hal buruk. Jika anda yakin telah dikutuk, maka mau tak mau anda menjelaskan hal buruk yang terjadi dalam hal apa yang anda anggap sebagai penyebabnya. Taruhlah seperti ini: Aku akan senang memiliki objek ini.

Beberapa pihak lain setidaknya cukup menghibur mereka dengan gagasan bahwa mungkin memang ada kekuatan misterius yang terbenam dalam kotak itu, meski sama sekali tidak jelas apa sebenarnya atau apa yang diinginkannya. Jika energi jahat yang disinyalir di sekitar kotak itu nyata, lalu bagaimana tepatnya benda itu melekat pada barang ini dan mengapa ia melakukan semua gangguan itu? Jika ada makhluk halus yang tinggal di dalamnya, lalu bagaimana ia bisa sampai ke sana dan apa yang mendorongnya? Apakah ada tujuan untuk itu semua, dan mungkin yang lebih penting adalah apakah entitas ini benar-benar jahat seperti yang dikabarkan? Bagi pemiliknya saat ini, Jason Haxton, telah memberikan teorinya sendiri tentang pertanyaan-pertanyaan ini, dengan mengatakan:

Aku percaya bahwa kotak itu sepertinya netral - tidak jahat dan tidak baik. Aku percaya itu dirancang dan dilengkapi untuk menggerakkan seseorang menuju hasrat atau keinginan terdalam mereka. Tentu saja, terkadang apa yang diinginkan seseorang bukanlah hal yang baik bagi mereka atau orang lain.

Kotak Dibbuk bergerak menuju pemahaman dan mengungkapkan kebenaran pada level terkecil. Keunikannya dalam melawan pemilik awalnya dan yang lainnya adalah cara untuk terus melangkah menuju tujuan akhir pembuatnya. Mereka yang tidak mau memindahkannya ke depan menerima serangan yang lebih kuat darinya sampai mereka melepaskan kotak sehingga bisa menemukan seseorang yang akan memenuhi takdirnya dan mencapai tujuan atau tugas yang diberikannya. Sekarang perjalanan dan pekerjaannya selesai. Selama Kotak Dibbuk tetap tidak dimintai apapun darinya, ia akan tetap berada dalam keadaan netral.

Aku tidak berpikir kotak atau kesadarannya memiliki perasaan spesifik mengenai hal-hal ini, tapi ini hanya sarana untuk menyajikan kebenaran. Keinginan pembuatnya akan terungkap dalam beberapa bulan. Itu tugasnya, dan tugasnya akan selesai. Aku tidak dapat melihat bagaimana informasi menyeramkan ini bisa tergelincir dalam poin ini. Jadi ia diistirahatkan. Misi selesai.

Sementara tampaknya kotak Dybbuk yang misterius itu adalah benda nyata, namun tampaknya juga masih ada banyak perdebatan mengenai apakah itu hanya kotak anggur tua yang dibungkus dalam dongeng level dewa atau artefak yang sebenarnya memang angker atau terkutuk, dan cerita tentang ini sepertinya mengambil lebih banyak misteri seiring berjalannya waktu. Mengingat benda itu telah disembunyikan untuk saat ini, mungkin kita tidak akan pernah tahu dan kita dibiarkan berspekulasi. Apa sebenarnya Kotak Dybbuk itu? Kekuatan apa yang dimilikinya, jika ada? Apakah ini benda tempat tinggal hantu atau jin yang kuat atau hanya hoax atau malah tipu daya pikiran semata, sebuah legenda urban untuk zaman internet? Jawabannya masih menghindari kita, dan tampaknya satu-satunya cara untuk benar-benar tahu pasti adalah untuk mendapatkan kotak itu dan memilikinya, tentu saja untuk menguji coba sejauh mana kebenaran yang ada di dalamnya. Berani? Semoga anda berfikir dan Wassalamualaikum.

Baca Juga; Patung yang menolak untuk di scan

Posting Komentar