Langsung ke konten utama

Menembak Awan Dengan SInar Laser Bisa Mencegah Pemanasan Global?

Menembak Awan Dengan SInar Laser Bisa Mencegah Pemanasan Global?

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Para ilmuwan dari University of Geneva dan Karlsruhe Institute of Technology di Jerman baru-baru ini menerbitkan sebuah studi di Science Advance yang menunjukkan bagaimana laser bisa segera digunakan untuk memerangi pemanasan global. Hmm sepertinya menarik. Dalam makalah mereka yang berjudul, "Laser vaporization of cirrus-like ice particles with secondary ice multiplication" menjelaskan tentang proses menggunakan sinar laser untuk memecah kristal es di atmosfer dengan tujuan memperlambat efek rumah kaca.

Teknik ini didasarkan pada prinsip-prinsip luas dari area permukaan dan pantulan sinar matahari. Dengan memecahkan es atmosfer menjadi partikel yang lebih kecil, maka laser menciptakan area permukaan yang lebih besar dari awan berbasis es yang kemudian dapat memantulkan lebih banyak sinar matahari kembali ke angkasa. Ini bukan pertama kalinya bahwa laser telah diusulkan sebagai solusi untuk perubahan iklim. Sebuah konferensi geoengineering di tahun 2014 juga menyajikan presentasi tentang bagaimana laser bisa ditembakkan dari luar angkasa untuk membakar gas rumah kaca atau bahkan "pertumbuhan" awan.

Menembak Awan Dengan SInar Laser Bisa Mencegah Pemanasan Global?
Kristal es yang menguap oleh laser dalam uji laboratorium
Meskipun percobaan berbasis laboratorium dengan teknik ini terbilang cukup sukses, namun, peneliti utama tim tersebut mengatakan masih akan membutuhkan beberapa waktu sebelum laser akan memecahkan awan di atas langit kita. Sementara Co-author Mary Matthews dari Universitas Jenewa, mengatakan aplikasi praktis dari perubahan iklim berbasis laser masih "sangat sangat jauh di masa depan."

"Apa yang kita harapkan adalah kemajuan dari teknologi laser, yang bergerak lebih dan lebih cepat sepanjang waktu, akan memungkinkan bertenaga tinggi, yakni laser mobile".

Tentu saja pengumuman tentang proses baru ini bukannya hadir tanpa adanya penentangan. Para kritikus berpendapat bahwa bermain-main dengan lingkungan bisa memiliki konsekuensi yang tidak diinginkan, yang bisa berakhir menjadi bencana bagi semua kehidupan di bumi. Meledakkan kristal es dengan laser benar-benar menciptakan ledakan plasma kecil, yang dapat melepaskan panas. Selanjutnya, awan dapat bertindak sebagai semacam isolator dan panas menjadi terperangkap, dengan bertiupnya awan, panas mungkin akan dilepaskan ke atmosfer, sehingga terus memanaskannya. Ada juga masalah powering laser itu sendiri. Laser bertenaga tinggi akan membutuhkan sejumlah besar energi untuk melakukan itu, yang akan mengharuskan pembakaran bahan bakar fosil.

Menembak Awan Dengan SInar Laser Bisa Mencegah Pemanasan Global?
Senjata laser diuji oleh Angkatan Darat AS sebagai pertahanan terhadap pesawat tak berawak
Namun demikian, kecanggihan teknologi seperti ini menunjukkan bahwa, mungkin kita di suatu hari nanti dapat mencegah bencana dari hasil karbon peradaban modern. Namun segala sesuatu juga memiliki efek, bermain-main dengan alam selalu menimbulkan bencana lain pula, demikian sejarah menunjukkan fakta pada kita. Solusi terbaik bagi umat manusia saat ini adalah kembali ke alam, karena manusia tentu juga bisa menciptakan teknologi yang cinta lingkungan tanpa harus menghasilkan limbah yang membahayakan kehidupan di planet ini. Semoga tulisan ini bisa mengajak kita semua untuk kembali pada alam dengan berbagai upaya bersama untuk melestarikannya. Wassalamualaikum.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Stirling Engine Sederhana

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Berikut kita akan menjelajah artikel dalam blog ini tentang cara membuat mesin yang digerakkan dengan tenaga panas atau yang sering disebut mesin Stirling sederhana, berikut dalam artikel ini saya akan menulis dasar-dasar siklus engine dan beberapa contoh buatan sendiri.
Informasi ini di sini untuk membantu anda membuat keputusan yang lebih baik ketika memilih untuk memulai proyek mesin Stirling anda. Juga, untuk membantu anda memahami berbagai jenis mesin Stirling dan bagaimana cara kerjanya.
Dasar-Dasar & Pengertian Mesin Stirling
Apa itu Mesin (Engine) Stirling? Engine Stirling adalah mesin siklus panas tertutup. Tipe Engine ini biasanya benar-benar tertutup dari lingkungan luar dan bekerja pada ekspansi dan kompresi gas (biasanya udara) yang tertutup di dalam mesin tertutup. Bahan bakar sama sekali tidak bergerak melalui mesin seperti dalam mesin pembakaran internal konvensional. Ini berarti tidak ada asupan atau pembuangan dari dalam mesin, …

Menjelajah Kitab-kitab Sihir Kuno

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Sejak perjalanan hidup kita, seringkali kita kembali ke dalam kilasan pemikiran dan kesadaran pertama yang muncul dalam lingkungan kita, dan kita telah mengulurkan tangan untuk terus berusaha menjelaskan keajaiban dunia kita, salah satunya adalah telah ada kepercayaan sihir yang terus-menerus berjalan sejak zaman kuno. Gagasan bahwa kekuatan aneh ini mengelilingi kita dan bahwa manusia dapat memanfaatkan kekuatan-kekuatan di luar pemahaman kita ini untuk mempengaruhi dan membentuk dunia kita dapat ditemukan secara universal di berbagai budaya yang luas di seluruh permukaan bumi ini, dan sejak manusia pertama kali mulai menulis, sejarah telah lama menyusun ini. Pengetahuan magis yang menjadi berbagai manuskrip dan buku. Buku-buku kuno sudah cukup mempesona seperti adanya, menyimpan sesuatu dari sejarah itu sendiri yang mengandung pengetahuan yang hilang dengan tangannya sendiri yang secara aneh sering memikat, namun ketika buku itu penuh dengan duni…

Cara Membuat Terarium

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Apa itu Terarium ya? Terarium adalah sebuah seni menempatkan tanaman di dalam kaca, seni Terarium saat ini telah berkembang dan menjadi awal yang penting dalam ilmu botani untuk desain interior modern. Seni ini termasuk jenis kerajinan yang memakai pedoman dasar geometris, dan para penggemar Terarium menemukan kebebasan yang luar biasa saat melangkah jauh dari keteraturan dan masuk kedalam dunia di luar standar sebuah tanaman.
Mungkin tidak semua penghuni rumah atau apartemen merasa bisa berkebun. Nah jika anda ingin tanaman hijau tapi anda hanya memiliki ruangan minimal, anda bisa membuat sendiri dunia mini yang penuh dengan tanaman subur dan indah dengan membuat terarium anda sendiri? Dan tentu saja dengan skill yang cukup, anda bisa membuat tanaman-tanaman ini tampil menggemaskan. Baiklah, dalam tulisan kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat Terarium sendiri, selamat membaca ;)
Cara membuat Terarium PERSIAPAN BAHAN: Sebuah jar kaca beni…

Membedah Kitab Sihir Ars Goetia Luciferian

Warning: Konten di dedikasikan hanya untuk ilmu pengetahuan saja, jangan sesekali meniru praktik kebodohan yang termaktub di artikel ini, tidak ada sajian tutorial sihir sama sekali. Saya hanya menuliskan ini sebagai sarana menambah wawasan, bukan untuk mempropagandakan ilmu sihir!
Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Pada postingan terdahulu, saya menuliskan berbagai kitab-kitab sihir kuno yang pernah dan bahkan masih digunakan saat ini sebagai pegangan para penyihir, ternyata postingan tersebut mendapat respon yang cukup tinggi, dan hingga saat ini masih menjadi popular post, banyak pertanyaan yang saya terima di inbox facebook saya berkenaan dengan apa yang saya tulis. Memang banyak hal yang tidak lazim yang saya tulis di blog ini justru mendapat respon bukan dari kolom komentar yang saya sediakan, tetapi malah menumpuk di inbox saya. Saya memaklumi, mungkin para pembaca merasa agak sungkan untuk berkomentar secara vulgar demi kerahasiaan privasi, apalagi pertanyaan-pertanyaan terse…

Cara Menyalakan Lampu Tanpa Listrik PLN

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Well.. malam telah larut, saya baru saja menyelesaikan sebuah gambar, tapi sayangnya mata tak jua sudi untuk terpejam, ingin jalan-jalan keluar tapi badan sedang malas dan akhirnya lagi-lagi blog ini menjadi tempat menumpahkan cerita dan inspirasi, saya anggap mungkin sebagai korban perasaan saja hehehehe.
Okay.. malam ini saya memang teronggok dikamar pengap ini namun kita akan bercerita tentang energy, energy yang saya maksud disini bukan energy tubuh atau energy dengan persepsi yang lainnya tapi energi listrik. Hmm mungkin anda akan bertanya-tanya kenapa di tengah malam ini kita akan bercerita tentang energy? jawabannya sangat sederhana, yakni karena Perusahaan Listrik Negara masih belum professional dalam melayani rakyat nusantara ini. Gak percaya..? Coba saja anda kunjungi daerah-daerah pedalaman masih banyak yang belum mendapat jatah pasokan listrik, jangankan di pedalaman, diperkotaan saja masih sangat sering terjadinya pemadaman bergilir, j…