Rahasia Gila Diterima Google Adsense
Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Muak, kesel, marah campur aduk saat menerima email balasan dari google adsense yang isinya lagi-lagi permohonan anda untuk menjadi publisher adsense kembali ditolak, coba beli akun adsense dengan ongkos yang lumayan tinggi tapi ditipu melulu, hmm apakah anda pernah mengalami hal seperti ini? Saya akui memang tidak gampang untuk bisa diterima sebagai publisher google adsense, tapi disisi lain saya juga akui bahwa saya selalu mendapat full approve akun google adsense hanya dengan modal blogspot, domain gratis dan postingan dibawah 30 artikel. Bagaimana saya bisa melakukannya?


Mungkin anda pernah membaca artikel saya yang saya linking diatas, anda sudah mempraktekkan tapi masih belum diterima? nah pada kesempatan yang menyenangkan kali ini saya akan melanjutkan kembali bahasan hasil riset approval adsense yang dimana hasilnya lagi dan lagi saya mendapat restu dari google adsense hingga ada banyak permintaan dari rekan-rekan sesama blogger yang ingin mendapatkan akun google adsense non-hosted meminta saya untuk menjualnya kepada mereka. Namun saya pribadi menganjurkan agar sebaiknya anda membuat akun anda sendiri dan berhati-hati terhadap banyaknya kasus penipuan penjualan akun google adsense seperti yang sering terjadi di grup Google Adsense Indonesia.

Saya menyajikan fakta kepada anda bahwa untuk mendapat approval adsense anda hanya butuh micro niche alias topik blog yang spesifik, dalam artian tidak menantang web-web atau blog besar sebagai saingan anda, kenapa saya bilang begitu? jelas google akan menilai seberapa besar persaingan yang blog anda akan hadapi kelak. Jika blog anda dianggap tidak memiliki potensi dalam bersaing walau semua unsur kriteria sebagai publisher adsense telah terpenuhi maka tetap saja anda tidak akan diterima!

Saya meriset micro niche berbasis sejarah, yakni sebuah blog yang berisi artikel tentang sejarah orang-orang ternama dan reputasinya, disertai cerita tentang legenda nama suatu daerah dan sains antropologi plus penemuan-penemuan situs-situs kuno. Jika diperhatikan jelas blog tersebut berhadapan langsung dengan raksasa WIKIPEDIA, tapi perlu dicatat disini, walaupun saya menghadapi web raksasa namun tingkat persaingan di blog tersebut sangat kecil, dan tingkat pencarian cukup besar, jelas sekali! karena blog tersebut menargetkan audience dari kalangan pelajar, mahasiswa dan orang-orang yang berkompeten, hasilnya..?? FULL APPROVED!

Banyak orang yang mungkin sulit untuk percaya bagaimana bisa sebuah blog berbasis sejarah bisa mendapat full approve, sedangkan pasar periklanan untuk keyword sejarah dan anthropologi tidak memiliki potensi yang luas dalam periklanan. Saya jawab, pendapat itu salah besar!

Mungkin dinegeri kita ilmu tentang sejarah, sosiologi dan anthropologi tidak mendapat tempat, maklumlah karena masyarakat kita bukanlah masyarakat sains, tetapi masyarakat "STYLE", tetapi diluar negeri hal tersebut akan berbalik. Ada sangat banyak advertiser yang menargetkan keyword pada niche tersebut terutama pada pasar periklanan bea siswa, sains kimia, universitas, seminary, buku hingga terkait dengan iklan miliki perusahaan yang menjadi promotor edukasi.

Poin yang didapat adalah, disaat anda ingin menjadi publisher google adsense, jangan membuat web atau blog yang kontennya berdasarkan "ikut-ikutan orang lain", tetapi buatlah seunik mungkin dan berbeda, sah-sah saja bila blog yang anda buat ikut-ikutan orang lain tetapi pastikan nilai persaingannya sedikit. Karena penilaian google adsense tidak hanya pada kriteria sebagai publisher saja, juga potensi blog anda akan dinilai. Jadi emosi muda,.. PERIKSA KEMBALI NICHE BLOG ANDA jika anda masih ditolak google adsense. Disisi lain google tidak akan menerima suatu blog yang menantang web-web raksasa dengan tingkat persaingan yang berat.

Bahkan pengalaman saya, blog tanpa organic trafik pun masih diterima oleh adsense, padahal google sendiri mengajukan kriteria bahwa blog yang akan mendapat persetujuan adalah blog yang menerima trafik organik. Saya rasa jawaban dari mengapa google menerima blog saya walau tidak mendapat trafik organik adalah karena itu tadi, google menganggap blog tersebut memiliki potensi. Saya yakin saat ini google sedang mengembangkan algoritma yang bisa membaca potensi suatu web atau blog terhadap kemungkinan peluang berkembang dimasa depan. Tapi saya tidak bisa memastikan hal ini.

EFEK BRANDING
Brand atau merk juga harus anda perhatikan, anda bisa melihat contohnya di blog saya ini, saya selalu memulai suatu postingan dengan kata-kata "Halo emosi muda", dan jika anda mengetik keyword "emosianisme" di google, jelas blog ini akan berada di urutan pertama. Karena apa? karena hanya blog ini satu-satunya yang memiliki keyword tersebut, dan keyword tersebut seudah menjadi BRAND bagi blog ini. Ini yang disebut sebagai EFEK BRANDING. 

Disaat anda membuat sebuah blog, jangan pernah lupakan identitas unik anda dengan kehadiran BRAND khusus, jangan membuat merk yang mirip atau luas penafsirannya, buatlah brand yang memang tidak ada dan tidak pernah digunakan orang lain, karena faktor brand ini juga cukup kuat dalam proses approval google adsense. Tanpa suatu merk rasanya keunikan suatu blog akan hilang dan mudah terlupakan begitu saja.

Saya yakin bila anda faham maka bagi anda yang sedang mengajukan permohonan sebagai publisher google adsense, anda bisa mencoba untuk mengubah image yang ada tentang NICHE blog anda. Tidak perduli bahasa apa yang anda gunakan untuk blog pengajuan akun adsense, baik bahasa indonesia ataupun british, jika blog anda berada dalam microniche yang sangat spesifik maka saya yakin anda akan diterima sebagai publisher google adsense. Berikut dibawah ini saya sajikan link bagi para blogger newbie yang ingin membuat blog yang memenuhi kriteria google adsense. Selamat berjuang, semoga sukses dan Wassalamualaikum.

Baca Juga; Cara membuat blog untuk pengajuan google adsense bagi pemula.

Posting Komentar

  1. wah asyik juga ya kalau udah keterima

    BalasHapus
    Balasan
    1. jelas om, apalagi kalo udah PO tiap-tiap bulan, bisa jadi profesi alternative

      Hapus
  2. trimksih infonya .mnta sarannya bwat blog sy mnurut agan yg prlu di perbaiki. mampir http://www.duniakulinerx.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. template belum responsive om, gunakan template dgn opsi "read more". pastika meta keyword dan meta description udah di set

      Hapus
  3. sekarang saya paham mengapa blog saya yg dulu-dulu belum diapprove, ternyta tidak memiliki branding dn potensi.

    BalasHapus
  4. semangat om,,, reaksi selalu sama kuat dengan aksi

    BalasHapus
  5. wah ikutan juga ah. mksh banyak mz...

    BalasHapus
  6. Artikel yang bagus. Memberikan pencerahan kepada calon publisher sehingga tidak terjebak oleh istilah ikut-ikutan. Terimakasih banyak, saya suka konten Anda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih banyak telah berkunjung om, sering-sering datang ya :D

      Hapus