4 Langkah Untuk Membuat Rencana Bisnis

4 Langkah Untuk Membuat Rencana Bisnis

Sebuah rencana bisnis melayani dua tujuan:
    • Ini akan menyediakan peta jalan untuk bisnis Anda.
    • Ini akan membantu Anda mendapatkan pendanaan dari luar.
    Jika Anda akan ke bisnis sendiri, Anda harus memiliki rencana bisnis - periode. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa salah satu alasan utama bisnis baru gagal adalah perencanaan yang buruk. (Banyak orang ingin memulai bisnis, tetapi tidak semua orang memiliki apa yang diperlukan untuk berhasil.

    Kabar baiknya adalah bahwa mengembangkan rencana bisnis tidak sesulit seperti kelihatannya. Dalam rangka mengembangkan rencana bisnis yang kuat, Anda harus memiliki pemahaman yang menyeluruh tentang bisnis Anda memasukkan. Berikutnya, Anda perlu menentukan bagaimana Anda akan menggunakan rencana dan siapa target audiens Anda. Akhirnya, Anda harus membuat lengkap rencana bisnis yang komprehensif dan ringkas yang ditulis. Kita akan menjelajahi setiap langkah secara rinci.


    Langkah 1: Tahu Bisnis Anda
    Dalam rangka mempersiapkan rencana bisnis, Anda harus tahu bisnis Anda memasukkan di dalam dan luar.
    Ini berarti banyak penelitian. Penelitian datang dalam dua bentuk: membaca segala sesuatu yang Anda dapat tentang industri dan berbicara dengan mereka yang sudah di dalamnya. Pelajari semua yang anda dapat tentang bisnis dan industri.


    Langkah 2: Tentukan Tujuan Anda untuk Rencana
    Sebuah rencana bisnis berfungsi untuk mengkristal visi bisnis Anda dan membimbing Anda dalam memenuhi visi tersebut;
    itu juga sering digunakan untuk menarik calon investor.Jika Anda sendiri pembiayaan-bisnis Anda, Anda merancang rencana besar untuk keuntungan Anda, tetapi jika Anda sedang mencari investor luar, Anda harus menargetkan mereka. Dengan demikian, sebelum Anda membuat rencana Anda, menentukan apakah Anda akan meminta investor luar.


    Langkah 3: Tentukan Audiens Anda

    Jika Anda berencana untuk merekrut investor, Anda perlu membangun rencana yang sesuai untuk mereka. Investor luar, yang berkisar dari teman-teman dan anggota keluarga untuk bank dan pemodal ventura, akan berinvestasi melalui baik meminjamkan Anda uang, membeli saham di perusahaan Anda atau beberapa kombinasi dari keduanya. Menentukan tingkat kecanggihan dan apa yang mereka cari dalam investasi bisnis potensial. Ingat bahwa terlepas dari tingkat kecanggihan, mereka semua mencari empat hal:

        
    Kepercayaan Anda - Anda membangun kepercayaan dengan menunjukkan etika dan integritas, sehingga rencana bisnis Anda harus menunjukkan kualitas-kualitas.
        
    Pemahaman tentang bisnis - Ini adalah tugas Anda untuk jelas mengartikulasikan pernyataan misi Anda, penawaran produk Anda dan bagaimana Anda akan membuat uang. Anda mungkin harus menyesuaikan rencana Anda sesuai audiens Anda: investor kurang canggih mungkin takut oleh jargon industri, sementara investasi profesional mungkin akan mengharapkan itu.
        
    Keyakinan keuangan - Jelas mengartikulasikan risiko berinvestasi dalam bisnis Anda. Juga, menunjukkan investor bagaimana mereka bisa menutup uang mereka - apakah usaha Anda berhasil atau gagal. 

     
        
    Sebuah pengembalian investasi - Selama periode 1928-2007, yang geometris (eksponensial) kembali untuk saham adalah 9,8%, sedangkan untuk obligasi Treasury 10-tahun, itu 5%. Sejarah kembali ekuitas swasta lebih sulit untuk diukur, tetapi, secara umum, investor akan mengharapkan premium dari mana saja dari 2-5% lebih pengembalian pasar umum ekuitas. Return on equity untuk bisnis baru Anda harus berada dalam kisaran ekuitas swasta.
    Biasanya, investor akan melihat ke mengalahkan internal rate of return tertentu. Tugas Anda adalah untuk memastikan pengembalian Anda diproyeksikan sejalan dengan orang-orang dari industri sejenis. 

     
    Langkah 4: Buat Rencana Bisnis Anda

    Pertama, mengembangkan garis besar rencana bisnis Anda. Pertimbangkan setiap aspek dari bisnis Anda dan bagaimana hal itu akan mempengaruhi rencana bisnis Anda. Ingat, rencana bisnis ini adalah peta jalan. Ini harus memandu Anda. Hal ini juga harus berkomunikasi dengan investor apa yang Anda lakukan dan mengapa mereka harus berinvestasi dengan Anda.Urutan rencana Anda disajikan harus sesuatu seperti berikut:
    1.     Pernyataan Misi
    2.     Ringkasan bisnis plan
    3.     Produk atau Jasa Offerings
    4.     Sasaran pasar
    5.     Rencana pemasaran
    6.     Industri dan Analisis Kompetitif
    7.     Pro-Forma Keuangan
    8.     Resume dari para petinggi Perusahaan
    9.     Penawaran Anda (apa jenis pembiayaan Anda sedang mencari)
    10.     Lampiran (informasi terkait lainnya)

    Anda mungkin juga ingin mencatat setiap modal bibit pribadi Anda berinvestasi dalam usaha itu. Pemodal ingin (dan sering membutuhkan) pengusaha untuk menempatkan dana mereka sendiri dalam usaha, dan semakin besar porsi Anda berinvestasi relatif terhadap kekayaan bersih Anda, semakin baik.Sekarang mari kita tinjau setiap bagian dari rencana bisnis secara detail.


    Pernyataan 
    1. Misi
    Pernyataan misi adalah ringkas, satu sampai tiga deskripsi-ayat dari tujuan bisnis Anda, atau prinsip-prinsip bisnis Anda membimbing. Pada bagian ini, Anda harus menyatakan titik penjualan unik Anda, atau apa yang memisahkan perusahaan Anda dari yang lain dalam industri yang jika tidak hanya seperti itu.

    2. Ringkasan Eksekutif
    ini adalah satu sampai dua halaman ringkasan dari bisnis Anda.
    Calon investor akan membaca ini untuk memutuskan apakah mereka ingin melihat sisa rencana Anda.

    3. Produk atau Jasa Penawaran
    Membuat bagian yang menjelaskan produk atau jasa Anda secara detail, serta berapa banyak Anda akan dikenakan biaya untuk apa yang Anda jual.


    4. Target Pasar

    Hadir target pasar primer dan sekunder Anda, bersama dengan penelitian yang menunjukkan bagaimana target pasar Anda akan mendapatkan keuntungan dari dan akibatnya membeli apa yang Anda tawarkan.

    5. Pemasaran
    Mempresentasikan rencana pemasaran Anda, yang harus menunjukkan secara rinci bagaimana Anda akan mencapai target pasar Anda. Ini bagian dari rencana akan mencakup iklan dan strategi promosi.


    6. Industri dan Analisis Kompetitif
    Termasuk industri yang lengkap dan menyeluruh dan analisis kompetitif yang mencakup semua pemangku kepentingan dalam bisnis Anda.
    Jangan lupa untuk menyertakan lembaga pemerintah dan peraturan.


    7. Laporan Keuangan
    Ini harus lengkap, akurat dan menyeluruh.
    Setiap angka di spreadsheet Anda harus berarti sesuatu. Jangan memperkirakan gaji, misalnya; menentukan apa yang akan benar-benar. Laporan laba rugi Anda harus berdamai dengan laporan arus kas Anda, yang mendamaikan untuk neraca Anda. Neraca Anda harus menyeimbangkan pada akhir setiap periode. Anda harus memiliki jadwal yang mendukung (misalnya, penyusutan dan amortisasi jadwal) untuk mendukung proyeksi Anda.


    Jika Anda mengalami kesulitan membangun model keuangan pro forma-Anda, yang harus memproyeksikan keluar setidaknya selama lima tahun, mencari bantuan dari luar dari seorang profesional yang berkualitas.

    Gunakan proyeksi yang realistis. Dalam memperkirakan pertumbuhan bisnis Anda, Anda akan membuat asumsi tertentu, yang harus didasarkan pada penelitian industri menyeluruh dikombinasikan dengan strategi untuk bagaimana Anda akan bersaing. Juga, menganalisis seberapa cepat Anda akan mencapai arus kas positif. Investor bervariasi dalam standar mereka, tapi paling suka melihat arus kas positif dalam tahun pertama operasi, terutama jika ini jika usaha pertama Anda.Agar proyeksi Anda untuk menjadi akurat, Anda harus tahu bisnis Anda. Jika Anda telah membangun sebuah model yang akurat dan realistis, tapi masih memproyeksikan arus kas negatif selama lebih dari 12 bulan, memikirkan kembali model bisnis Anda.

    8. Resume dari Kepala Perusahaan
    Termasuk bios dan latar belakang profesional dari semua karyawan yang signifikan dari bisnis Anda.
    Anda akan ingin menekankan bagaimana latar belakang mereka telah mempersiapkan mereka untuk mengambil tantangan menjalankan startup baru Anda. Juga, jika latar belakang bisnis karyawan adalah dalam industri yang berbeda secara signifikan, Anda mungkin ingin menekankan bagaimana ini bisa menjadi keuntungan bukannya merugikan anda.


    9. Penawaran Anda
    Hadir apa tingkat investasi Anda sedang mencari dan untuk tujuan apa yang akan Anda gunakan dana.
    Jika Anda menjual unit bisnis, menyatakan harga individu per unit.Setelah Anda telah mengumpulkan semua informasi penting ini, pastikan untuk mempresentasikan rencana Anda secara profesional. Ini harus diketik, marjin selaras dan rapi terikat. Gunakan grafis warna dan gambar di mana mungkin. Jangan menulis tangan perubahan atau koreksi. Bagian dalam rencana bisnis Anda harus dekat buku atau majalah berkualitas. Setelah Anda selesai rencana Anda, memiliki profesional Anda percaya, seperti Akuntan Publik Bersertifikat (BPA) atau pengacara, melihat lebih. Orang ini mungkin menangkap rincian, kesalahan atau kelalaian yang Anda buat. Mereka juga akan dapat memberikan pendapat yang lebih objektif dari kelangsungan hidup bisnis Anda.


    Membangun Rencana Bisnis Anda Apakah Hanya Langkah Pertama
    Setelah Anda menyelesaikan rencana Anda, Anda akan menyampaikannya kepada calon investor, yang pada akhirnya dapat berkomitmen untuk pembiayaan.
    Setelah Anda menerima komitmen tersebut, Anda akan menegosiasikan syarat dan kemudian, akhirnya, membuka pintu Anda untuk bisnis, yang mana teori berakhir dan pekerjaan yang sebenarnya dimulai.

    Biografi lengkap penulis bisa anda lihat di Tentang Kami

    Artikel Lainnya
    Previous
    Next Post »