Apa Beda Telur Putih Dan Telur Coklat?

Beda Telur Putih Dan Telur Coklat
Halo emosi muda.. Assalamualaikum. Anda suka makan telur? Ketika anda memutuskan untuk membeli telur, Anda kemudian meraih telur putih atau telur coklat? Apakah warna tersebut menurut anda berpengaruh terhadap kualitasnya? Mungkin anda membeli telur coklat karena itulah yang anda biasa makan. Atau, mungkin anda telah diberitahu bahwa telur putih yang lebih baik untuk anda? Putih dan coklat telur tentu terlihat berbeda, dan ada sering perbedaan harga antara keduanya. Tapi apakah anda tahu mengapa?

Perbedaannya terletak pada ayam
Ketika kita melihat pada warna rona dari telur, kuncinya terletak pada berkembang biaknya ayam. Secara umum, ayam berbulu putih biasanya bertelur putih, dan ayam coklat kemerahan berbulu dengan telinga merah bertelur coklat. Ada juga keturunan jenis ayam tertentu yang kurang umum malah ditemukan telur kebiruan dan telur berbintik-bintik.

Apakah telur coklat lebih baik daripada telur putih?
Warna telur bukan merupakan indikator dari kualitasnya. Soal nilai rasa dan gizi, tidak ada perbedaan antara telur putih dan coklat. Terlepas dari kenyataan bahwa beberapa jenis sering lebih mahal, telur coklat tidak lebih baik bagi anda daripada telur putih, dan sebaliknya. Ini bermakna bahwa kedua jenis tersebut sama saja.

Apakah telur coklat memiliki cangkang lebih keras?
Cangkang telur kedua warna memiliki ketebalan yang sama. Jika anda pernah memperhatikan bahwa kulit telur tampaknya lebih keras, itu karena usia ayam, bukan warna telur. Ayam muda cenderung bertelur dengan cangkang keras, sementara ayam tua bertelur dengan cangkang tipis. Hal ini berlaku pada keduanya baik telur putih dan cokelat.

Mengapa telur berwarna coklat sering lebih mahal?
Ada persepsi yang mengatakan bahwa karena telur coklat lebih mahal, karena dianggap lebih "alami" atau lebih sehat. Hal itu belum tentu benar. Telur coklat cenderung memiliki harga yang lebih mahal hanya karena ayam berbulu kemerahan yang bertelur coklat adalah lebih besar dari jenis yang bertelur putih, dan karena itu, mereka membutuhkan lebih banyak pakan. Itu biaya tambahan diimbangi oleh - Anda dapat menebaknya - harga yang lebih tinggi di toko.

Satu peringatan kecil!
Ada satu peringatan kecil, namun. Jika anda sudah pernah makan telur dari ayam rumah yang, kemungkinan berwarna cokelat, dan anda mungkin telah memperhatikan bahwa jenis itu terasa sedikit lebih kaya atau memiliki kuning telur yang lebih hidup. Ada alasan untuk itu. Banyak ayam yang biasa ditemukan di halaman belakang kandang berwarna coklat seperti jenis yang memproduksi telur. Tapi itu bukanlah warna telur yang diyakini menyumbang rasa yang lebih baik. Sebaliknya, itu adalah pakan yang diberikan kepada ayam. Pakan memainkan peran besar dalam warna kuning dan rasa telur.

Nah sekarang sudah jelaskan? Jika ada sanggah silahkan protes dengan berkomentar dibawah ini, sekian dan wassalam.