Langsung ke konten utama

Panduan Menulis Artikel Yang Baik Di Blog

Panduan Menulis Blog
Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Ya sudah beberapa hari saya belum meng-update isi blog ini, rasa-rasa kangen juga jadinya hehehhe. Mungkin karena saya mengurus terlalu banyak blog makanya blog yang satu ini sering terabaikan ya, total saya mengurus enam buah blog adsense dan lebih seratus blog AGC. Dalam sehari paling kecil biasanya saya menulis sekitar 20 artikel untuk semua blog itu, paling banyak pernah menembus 80 post sehari, terkecuali blog AGC atau Auto Blog yang bisa mengupdate konten otomatis, dan blog ini salah satu dari dua blog yang paling sering saya abaikan. Mungkin karena blog ini yang paling idealis, dimana yang lainnya memang komersial. Ya maklumi sajalah, soalnya saya saat ini mencari rezeki lewat jalur itu.

Berbicara tentang blog, maka sebenarnya kita berbicara tentang web pribadi, dimana blog diciptakan memang ditujukan untuk melepas opini si penulis blog untuk kemudian di share di internet hingga bisa dibaca oleh setiap orang yang mengunjungi blog tersebut. Nah sepanjang saya mengenal internet, ada begitu banyak blog dari berbagai basis penyedia layanan blog, mulai dari dua yang terkuat yakni Wordpress dan Blogspot hingga blog versi mobile seperti peperonity, mungkin jumlah total blog itu sendiri ada jutaan dengan berbagai variasi konten, mulai dari tulisan yang sangat akademis hingga tulisan yang sangat gila.

Beberapa orang memang menuai kesuksesan melalui blog, di indonesia kita bisa mengenal om Raditya Dika yang sekarang menjadi blogger selebritis. Ada juga banyak blogger sukses yang bukan selebritis namun bisa memperoleh penghasilan yang lumayan besar. Dan tidak cuma di indo saja, dinegara-negara lainnya pun banyak orang meraih kesuksesan dengan profesi blogger. Mungkin awalnya mereka hanya sekedar iseng menulis isi fikirannya di blog mereka, namun seiring dengan ramainya pembaca dan didukung oleh tulisan yang menarik sehingga membuat mereka menjadi terkenal atau paling minim mendapat penghasilan via periklanan internet yang terpajang di blog-blog mereka.

So selanjutnya dibawah ini saya akan memberikan beberapa panduan tentang blogging, dimana saran-saran tersebut saya dapat dari berbagai sumber yang menurut saya masuk akal dan bisa anda praktikkan, ya itupun jika anda mau hehehhe. Mungkin panduan dibawah ini bisa menjadi masukan bagi orang-orang yang hobi menulis dan ingin memulai untuk menjadi seorang blogger. Mari kita baca.

Unik.
Namun jika ditilik dari asal muasal penciptaan blogger, inti dari semua aktivitas blogging ialah berbagi, ya berbagi fikiran, opini hingga kreativitas. Masalah kesuksesan begini begitu hanyalah sebagai buah dari kerja keras saja. Apabila anda ingin memulai membuat blog, maka saya sarankan agar motivasi anda adalah idealis anda, tak perlu anda fikirkan mesti menjadi terkenal layaknya Raditya Dika, karena jika anda melihat lebih dalam sesungguhnya kesuksesan yang dia raih berasal dari idealis dan doanya secara lahiriah. Dengan menulis secara idealis maka anda menulis dari isi hati anda sendiri, dan itu bermakna anda adalah unik dan tidak sama dengan yang lainnya. Tak perlu meniru-niru menjadi orang lain yang hanya akan menghambat kreasi anda. Biarkan ide itu lepas dan terbang membawa anda pada kemampuan anda sendiri.

Konsisten.
Saya sering menyebutnya istiqomah, teguh pada pendirian. Sekali mencuri tetap mencuri..! eiits.. salah. Maksud saya Sekali menulis tetap menulis. Menjadi seorang blogger adalah berarti anda menulis dan menulis. Menulis yang dimaksud disini adalah tulisan versi anda yang memang ditujukan untuk pembaca. Setiap kali anda menulis dan mempostingnya, dan apabila tulisan anda itu cukup menarik tentunya para pembaca blog anda kan menanti-nanti tulisan anda selanjutnya. Semakin banyak variasi tulisan anda maka blog anda akan semakin menarik, karena para pembaca tentunya memiliki banyak rujukan bacaan yang didapat di blog anda, nah pastinya semua itu bisa anda dapatkan dari istiqomah anda untuk tetap menulis.

Manfaat.
Hal apakah yang paling anda cari didunia ini? tentu hal yang anda anggap yang paling bermanfaat bagi diri anda ya kan? begitu juga yang ada dalam fikiran orang lain. Orang tidak akan membaca sebuah buku jika tidak ada manfaatnya, begitu juga halnya dengan blog. Menulis yang bermanfaat pastinya akan membawa kebaikan bagi para pembaca dan amal baik bagi anda. Mungkin persepsi tentang menfaat akan berbeda-beda sesuai dengan relativitas keadaan. Sebuah tulisan lucu mungkin bermanfaat bagi orang-orang yang ingin melepas lelah dan stress pekerjaan. Tulisan tentang sains tentu akan bermanfaat bagi anak-anak sekolah yang sedang mencari bahan pelajaran. Anda bisa berkreasi dengan tulisan-tulisan anda sepuas anda dengan membawa azas manfaat bagi para pembaca, tentunya dalam bingkai yang positif.

Elastisitas.
Hmm..sebuah istilah yang terdengar sok formal ya hiihhiih. Ya, namun dengan perkembangan zaman yang begitu cepat saat ini, kita tidak bisa untuk tidak mengikutinya. So istilah elastis saya gunakan sebagai bagian dari panduan blogging sederhana tentang bagaimana anda menulis sesuai perkembangan zaman. Waktu terus bergerak dan semakin menarik, jika anda terus menulis hal-hal yang sama berulang kali maka anda akan ditinggalkan oleh zaman dan tergerus untuk kemudian hilang dan terlupakan. Nah menjadi seorang blogger maka tulisan anda dituntut untuk terus bergerak sesuai keadaan dan dinamika perkembangan. Disini merupakan bentuk dari bagian kreativitas anda karena logika bagi fikiran manusia begitu mudah, yakni manusia selalu menyukai saat ini dan masa depan, mereka akan mudah bosan pada sesuatu yang statis apalagi hal-hal yang sudah basi di masa lalu.

Dakwah.
Ini point terakhir dari saran blogging di postingan ini. Segala hal didunia ini memiliki tujuan dan kesimpulan, apapun bentuknya itu. Nah menulis di blog juga tidak akan terlepas dari semua itu. Anda bisa bebas menulis apapun namun pastikan tulisan anda memiliki tujuan yang jelas dengan pesan-pesan yang positif. Jangan sempat tulisan anda adalah sebuah tulisan yang mengambang, tidak memiliki misi yang jelas. Karena kesimpulan sebuah tulisan merupakan bentuk terkuat dari isi tulisan itu sendiri. Saran saya, di zaman serba gila ini ada baiknya setiap kali anda menulis untuk memberikan beberapa pesan sebagai kesimpulan, mungkin sebuah nasehat dan anjuran yang tentunya masih relevan dengan artikel yang anda tulis. Mungkin nasehat yang anda berikan di artikel anda tidak akan masuk seluruhnya ke dalam fikiran para pembaca, namun setidaknya ada sang Maha Pembaca yang mengetahui semua itu, yang insha Allah bisa menjadi bekal dan amal anda dalam menjalani kehidupan dunia dan akhirat. Akhirul kalam sekian dan terimakasih. Wassalamualaikum.

Komentar

  1. terima kasih um,,,artikelnya lengkap, sebagai informasi, artikel ini tuntas ane baca dalam 5 menit, mungkin ada yang lebih cepat lagi, yang jelas itu pertanda kalo aritkel ini memang bermutu, dan padat tentunya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah berkunjung, kritik dan saran saya nantikan.

      Hapus
  2. mantab bang..hehehehe...yang penting #SaveHajiLulung
    hahahahaha..hahahhahaha

    BalasHapus
  3. makasih bro atas petunjuknya semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  4. mampir blog baru kami mas
    smarthandroid.net

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Stirling Engine Sederhana

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Berikut kita akan menjelajah artikel dalam blog ini tentang cara membuat mesin yang digerakkan dengan tenaga panas atau yang sering disebut mesin Stirling sederhana, berikut dalam artikel ini saya akan menulis dasar-dasar siklus engine dan beberapa contoh buatan sendiri.
Informasi ini di sini untuk membantu anda membuat keputusan yang lebih baik ketika memilih untuk memulai proyek mesin Stirling anda. Juga, untuk membantu anda memahami berbagai jenis mesin Stirling dan bagaimana cara kerjanya.
Dasar-Dasar & Pengertian Mesin Stirling
Apa itu Mesin (Engine) Stirling? Engine Stirling adalah mesin siklus panas tertutup. Tipe Engine ini biasanya benar-benar tertutup dari lingkungan luar dan bekerja pada ekspansi dan kompresi gas (biasanya udara) yang tertutup di dalam mesin tertutup. Bahan bakar sama sekali tidak bergerak melalui mesin seperti dalam mesin pembakaran internal konvensional. Ini berarti tidak ada asupan atau pembuangan dari dalam mesin, …

Menjelajah Kitab-kitab Sihir Kuno

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Sejak perjalanan hidup kita, seringkali kita kembali ke dalam kilasan pemikiran dan kesadaran pertama yang muncul dalam lingkungan kita, dan kita telah mengulurkan tangan untuk terus berusaha menjelaskan keajaiban dunia kita, salah satunya adalah telah ada kepercayaan sihir yang terus-menerus berjalan sejak zaman kuno. Gagasan bahwa kekuatan aneh ini mengelilingi kita dan bahwa manusia dapat memanfaatkan kekuatan-kekuatan di luar pemahaman kita ini untuk mempengaruhi dan membentuk dunia kita dapat ditemukan secara universal di berbagai budaya yang luas di seluruh permukaan bumi ini, dan sejak manusia pertama kali mulai menulis, sejarah telah lama menyusun ini. Pengetahuan magis yang menjadi berbagai manuskrip dan buku. Buku-buku kuno sudah cukup mempesona seperti adanya, menyimpan sesuatu dari sejarah itu sendiri yang mengandung pengetahuan yang hilang dengan tangannya sendiri yang secara aneh sering memikat, namun ketika buku itu penuh dengan duni…

Cara Membuat Terarium

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Apa itu Terarium ya? Terarium adalah sebuah seni menempatkan tanaman di dalam kaca, seni Terarium saat ini telah berkembang dan menjadi awal yang penting dalam ilmu botani untuk desain interior modern. Seni ini termasuk jenis kerajinan yang memakai pedoman dasar geometris, dan para penggemar Terarium menemukan kebebasan yang luar biasa saat melangkah jauh dari keteraturan dan masuk kedalam dunia di luar standar sebuah tanaman.
Mungkin tidak semua penghuni rumah atau apartemen merasa bisa berkebun. Nah jika anda ingin tanaman hijau tapi anda hanya memiliki ruangan minimal, anda bisa membuat sendiri dunia mini yang penuh dengan tanaman subur dan indah dengan membuat terarium anda sendiri? Dan tentu saja dengan skill yang cukup, anda bisa membuat tanaman-tanaman ini tampil menggemaskan. Baiklah, dalam tulisan kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat Terarium sendiri, selamat membaca ;)
Cara membuat Terarium PERSIAPAN BAHAN: Sebuah jar kaca beni…

Membedah Kitab Sihir Ars Goetia Luciferian

Warning: Konten di dedikasikan hanya untuk ilmu pengetahuan saja, jangan sesekali meniru praktik kebodohan yang termaktub di artikel ini, tidak ada sajian tutorial sihir sama sekali. Saya hanya menuliskan ini sebagai sarana menambah wawasan, bukan untuk mempropagandakan ilmu sihir!
Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Pada postingan terdahulu, saya menuliskan berbagai kitab-kitab sihir kuno yang pernah dan bahkan masih digunakan saat ini sebagai pegangan para penyihir, ternyata postingan tersebut mendapat respon yang cukup tinggi, dan hingga saat ini masih menjadi popular post, banyak pertanyaan yang saya terima di inbox facebook saya berkenaan dengan apa yang saya tulis. Memang banyak hal yang tidak lazim yang saya tulis di blog ini justru mendapat respon bukan dari kolom komentar yang saya sediakan, tetapi malah menumpuk di inbox saya. Saya memaklumi, mungkin para pembaca merasa agak sungkan untuk berkomentar secara vulgar demi kerahasiaan privasi, apalagi pertanyaan-pertanyaan terse…

Jasa Editing Video Murah

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Dunia terus berubah, termasuk di dunia maya, jika dahulu pencarian artikel masih mendominasi, sekarang perlahan-lahan tren bergeser menjadi pencarian video. Hal ini tidak mengherankan karena informasi visual lebih menyajikan data yang spesifik dan menghindari kesalahan pemahaman, misalnya saja, dahulu jika kita ingin mencari resep suatu masakan, kita hanya butuh searching artikel tentang resep makanan. Namun hasil rasanya akan sangat bervariasi karena perbedaan cara dan timing memasak yang benar, nah hal seperti ini bisa dihindari dengan konten video. Sebuah video tentang masakan akan menyajikan informasi yang lebih akurat.
Tidak hanya itu saja, mungkin sahabat emosianisme juga pernah merekam aktivitas sehari-hari baik dengan menggunakan ponsel atau kamera digital, berhasrat untuk membagikannya di sosial media, baik di youtube atau instagram. Tapi gak merasa percaya diri karena ada bagian yang ingin dihapus, dipotong, di edit atau di tambahkan. Nah…