Jenis Batuan Akik Paling Indah

Akik Sulaiman Pancawarna
Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Di pagi yang cerah ini memang asyik rasanya untuk menulis artikel sembari meminum segelas teh hangat. Kali ini saya akan membahas sebuah trend yang sedang merasuki para penduduk negeri nusantara ini. Apa itu? Batu..!.

Beberapa bulan terakhir baik di dumay maupun didunia nyata sedang sangat gandrung dengan batu-batuan perhiasan baik batu akik maupun batu mulia. Dikota dan didesa orang-orang sibuk berbicara tentang batu, bahkan didaerah tempat saya tinggal sekarang bisa dikatakan tiap-tiap 200 meter pinggiran jalan akan ditemukan kedai batuan, toko gem hingga jasa pengasah batu cincin. Sepanjang jalan negara dipedesaan juga banyak dipajang secara kaki lima para penjual bahan batu perhiasan.

Ada apa dengan batu? sisi baiknya memang bisnis batuan bisa mengangkat perekonomian rakyat saat ini. Ya kan lebih baik mencari dan menjual batu daripada mereka menanam ganja hihiihi. Tapi sisi buruknya akibat kurangnya pengawasan pemerintah berakibat rusaknya alam dimana batu-batuan itu ditambang. Para penambang batu menggali tanah bahkan hingga membuat terowongan besar yang dalam hanya untuk mencari sebongkah berlian demi mu sayang hihiihih. Sepertinya mereka bekerja lebih keras daripada dokter yang menambang batu ginjal di perut pasien.

Saat ini juga batu-batuan nusantara sudah mulai di akui oleh dunia internasional. Bernilai jual tinggi karena keunikan dan variasinya yang banyak. Lihat bagaimana batu giok sungai dareh asal ranah minang bisa nangkring dijari presiden negara illuminati paman sam dan mantan presiden RI pak SBY. Hingga giok bacan asal sulawesi yang terkenal mahalnya sampai giok aceh sebagai pendatang baru, belum lagi warna-warni batu pancawarna asal jawa barat dan ratusan jenis yang unik dari daerah-daerah sepanjang kepulauan nusantara. 

Nah selanjutnya saya akan membagikan informasi tentang jenis-jenis batuan non mulia yang terindah seantero dunia versi saya sendiri hahaha, penasaran kan? penasaran kan? hayoo ngaku gak? mari kita tengok :D

1. Moss Agate.
Atau disebut juga Akik Lumut, Ini merupakan jenis akik yang sangat indah dengan corak dan variasi warna yang sangat banyak. Moss Agate yang terkenal berasal dari India dan Amerika Serikat. Memiliki warna yang banyak dalam satu jenisnya, beberapanya bahkan menyerupai lukisan pemandangan. Di nusantara sendiri batuan jenis ini juga banyak ditemukan dengan warna hijau dan merah pada umumnya, bisa didapat di daerah Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, Jawa barat, Jawa tengah. Dan moss agate yang paling terkenal di nusantara adalah batu "Lumuik Suliki" asal sumatera barat.







2. Jasper Agate.
Bebatuan jenis ini biasa disebut sebagai batu pancawarna, disebut begitu karena batuan jenis ini memang sangat banyak memiliki warna. Sangat indah bagaikan lukisan abstrak. Jasper yang terkenal berasal dari Inggris dan Australia, sementara di nusantara sendiri pancawarna yang ternama berasal dari Jawa Barat tepatnya dari daerah garut. Batu pancawarna yang memiliki warna yang sempurna biasanya berharga sangat mahal dan dikoleksi oleh para kolektor specialis batu.





3. Fire Agate.
Disebut juga sebagai Akik Api, Jenis batuan ini berasal dari negara Mexico, Memiliki fenomena multi color yang luar biasa indah, sayangnya jenis batuan ini tidak ditemukan dinusantara, berharga cukup mahal dan banyak dijadikan koleksi oleh para kolektor batuan permata karena warnanya yang memang sangat eksotis dan menawan.





4. Solomon Agate.
Sangat populer dan banyak ditemukan dibelahan dunia manapun, Nusantara menyebutnya Akik Sulaiman, batu dengan ciri khas garis berlapis-lapis ini biasanya banyak ditemukan di sungai-sungai dan pegunungan. Warnanya sangat bervariasi, namun yang paling terkenal berasal dari Polandia dan Jerman. Batu Akik Sulaiman asal kedua negara itu terkenal dengan keindahan Multi Color yang luar bisa. Di nusantara sendiri, batu akik sulaiman yang memiliki banyak warna biasanya akan berharga sangat mahal hingga mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah.





5. Iris Agate
Batuan akik jenis ini berasal dari luar negeri, umum ditemukan dinegara-negara amerika selatan, yang paling terkenal berasal dari Brazil. Iris agate memiliki fenomena multi color layaknya pelangi, warna yang didapat dari bias pembelokan spectrum warna yang terjadi dibagian mineral batu tersebut. Batu yang sangat indah namun sayang banyak para gemologist menganggap batu akik jenis ini kurang bagus bila dijadikan perhiasan, saya tidak tahu sebab pastinya apa, tapi yang jelas Iris Agate cukup indah dimata saya hehehhe.





6. Kecubung Dan Kalsedon
Kecubung atau Amethyst dan juga Kalsedon ( Chalcedony ). Batuan jenis ini tersebar disepanjang kepulauan nusantara dengan berbagai corak warna, lain daerah biasanya lain juga khas yang dimilikinya. Beberapa warna kalsedon dimulai dari warna semi putih bening, kehijauan, kebiruan, agak kemerahan ( Cempaka ), Merah pekat ( Red Baron ), Kekuningan ( Cempaka Madu ), Keunguan ( Lavender ), Keemasan ( Golden Supreme ) dan banyak lagi warna, jenis dan penyebutan yang berbeda-beda. Kalsedon yang terkenal berasal dari Keladen Jawa Tengah dan Bengkulu tepatnya berasa dari daerah Batu Raja. Sedangkan Kecubung atau Amethyst didominasi oleh warna ungu, dinusantara kecubung banyak ditemukan di Kalimantan, dan yang paling terkenal didunia berasal dari negara Uruguay.

Batuan Kecubung / Amethyst





Batuan Chalcedony








Ya demikianlah saudara-saudara beberapa jenis batuan paling indah menurut saya, <--- Ingat..! ini menurut saya lho. Mungkin pendapat saya dan pendapat anda berbeda, karena menilai keindahan sesuatu memang sangat relativ. Jadi jika anda senang suka harap berkomentar dibawah ya hehehe. Okay sekian dulu dan terimakasih serta wassalamualaikum.

Biografi lengkap penulis bisa anda lihat di Tentang Kami

Artikel Lainnya
Previous
Next Post »