Jenis Batu Mulia Paling Indah

Jenis Batu Mulia
Halo emosi muda,.. Assalamualaikum, Kemarin postingan saya tentang jenis batuan akik paling indah lumayan banyak mendapat respon, terbukti dari jumlah PV (Page View) di statistik pengunjung di dahsboard blogger saya. Nah dari hal tersebut maka rasanya kurang sempurna jika saya hanya memposting tentang batuan akik yang masih tergolong semi precious atau semi mulia tanpa menyertakan artikel tentang batu mulia.

Berbicara tentang batu mulia tak terlepas dari harga, ya karena batuan yang tergolong dalam batu mulia memang memiliki harga yang fantastis. Seperti intan misalnya yang bisa berharga hingga milyaran rupiah, saking mahalnya perhiasan tersebut akhirnya cuma sebagai barang simpanan, bukan barang perhiasan yang sering dipakai sehari-hari hehehhe. Maklum saja lah, dengan harga semahal itu akan ramai orang-orang yang hobi dengan kriminalisme berusaha mendapatkan benda tersebut dengan berbagai cara, mulai dari merampok, menipu, mencuri hingga menggunakan jasa jin tuyul LOL.

Saya sendiri memiliki sebutir intan sebesar telur angsa, yang kira-kira bisa berharga sekitar 100 Milyar rupiah, tapi sayangnya intan tersebut hanya ada dalam mimpi saya saja hiihihi. Eiits saya cuma bercanda, jangan diambil hati. Konon di era tahun-tahun 70-an, di kalimantan pernah ditemukan intan sebesar yang saya katakan tadi dan dibeli oleh ratu belanda dengan harga yang cukup untuk membeli permen sebanyak jutaan kontainer yang hanya akan habis dimakan oleh ratusan generasi :3

Setahu saya batu mulia termahal saat ini adalah intan merah yang kini berada dikoleksi benda berharga kerajaan Inggris, konon katanya bernilai lebih dari 20 trilyun. Dan didunia ini hanya ada tiga biji intan berwarna merah dan itupun hanya ada di tangan orang-orang yang sangat kaya raya. Ya sudah daripada kita terus membicarakan tentang harga begini begitu yang buat pusing kepala mending langsung saja kita lihat dereten batu mulia terindah versi saya..ingat..! sekali lagi ini versi saya!

1. Diposisi pertama adalah Intan (Diamond). Intan merupakan benda terkeras dimuka bumi ini, saking kerasnya bahkan bisa digunakan untuk memotong dan membelah baja. Kekerasan intan berada pada level 9 skala Mohs. Intan terbaik berasal dari Afrika dan India, sementara di nusantara sendiri hanya kalimantan satu-satunya pulau yang diketahui memeiliki kandungan intan. Intan memiliki berbagai warna, namun yang paling umum adalah warna putih bening, ada juga warna kuning, biru dan yang paling langka berwarna merah.



2. Diposisi kedua ditempati oleh Zamrud (Emerald). Zamrud merupakan jenis batu mulia yang memiliki tingkat kekerasan 8 Skala Mohs, berada satu level dibawah intan. Warna hijau merupakan ciri khas zamrud. Yang terkenal berasal dari Afghanistan, Afrika dan Amerika Selatan. Harga zamrud biasanya sangat bervariasi tergantung pada tingkat kejernihan dan asal batu zamrud itu sendiri.





3. Safir atau Sapphire, Batu safir tergolong dalam jenis batuan mulia dengan tingkat kekerasan antara 7-8 Skala Mohs. Safir memiliki banyak variasi warna dimulai dari warna putih, kuning, orange, kemerahan dan biru. Namun yang paling populer adalah yang berwarna biru yang berasal dari Afrika. Di Asia safir bisa didapat di negara Srilanka, India, Semenajung Arab hingga Burma. Memiliki banyak penamaan tergantung pada jenis dan kualitas batu safir itu sendiri.




4. Rubi atau Ruby. Batuan mulia yang paling populer dan banyak didapat di negara-negara Asia Tenggara, yang banyak beredar di nusantara umumnya rubi yang berasal dari Burma dan Thailand. Namun yang terbaik berasal dari India, Amerika dan Afrika. Rubi memiliki banyak jenis warna, baik berwarna putih, merah dan hitam, namun yang paling populer adalah yang berwarna merah. Bahkan rubi merah terpajang disalah satu mahkota kerajaan Inggris.




5. Opal atau Kalimaya. Ada pendapat yang menyatakan bahwa opal tidak tergolong batu mulia karena tingkat kekerasan opal hanya berada di kisaran level 4 hingga 5 Skala Mohs. Opal sendiri terbentu dari hasil kristalisasi fosil selama jutaan tahun dan menghasilkan fenomena multi color yang luar biasa indah. Opal terbaik berasal dari Australia, namun opal juga ditemukan di Mexico dan Afrika. Di nusantara batu opal bisa ditemukan di Jawa Barat tepatnya didaerah Banten dan sekitarnya.






6. Topaz. Batu jenis ini memiliki beragam warna, mulai dari putih, biru, hijau, kuning, coklat, merah hingga hitam. Topaz banyak ditemukan di Australia, Turkey, Afrika, dan di beberpa negara Asia lainnya. Banyak gemologist menganggap topaz belum layak dikatakan sebagai batu mulia, saya tidak tahu mengapa topaz belum digolongkan kedalam jenis batuan mulia. Apakah tampang topaz terlalu jelek? atau karena si topaz miskin? hiihihi. Saya tidak tahu bro.. nilai saja sendiri.




7. Giok ( Jade ). Giok berada diposisi urutan paling bawah dalam artikel blog ini. Mengapa? karena saya pribadi mulai bosan lihat giok yang bertaburan didaerah saya hihiihi. Giok merupakan batu legendaris yang sangat dihargai di negeri panda alias negeri China. Batu ini umumnya ditemukan berwarna hijau, namun dibeberapa negara juga ditemukan berwarna kebiruan, kekuningan hingga kehitaman. Di nusantara giok bisa ditemukan di Aceh yang terkenal dengan istilah Giok Solar, Nefrit, Idocrase dan jenis-jenis lainnya, ditemukan juga di daerah Sumatera Barat dengan jenis Giok yang sangat populer didunia gem yakni Giok Idocrase Sungai Dareh. Batu bacan asal sulawesi yang ternama itupun kadang masih disandarkan juga dengan istilah giok. Saya tidak tahu pastinya seperti apa karena saya bukan ahli bebatuan, tapi saya tidak keberatan jika ada yang memberikan saya bongkahan giok hahahha.






Ya demikianlah Jenis batuan mulia paling indah menurut saya, jika anda suka artikel ini silahkan anda share, jika tak suka.. tetaplah anda share hiihiih. Saya menanti respon baik berupa saran dan kritikan jika mungkin postingan diatas memiliki banyak informasi yang salah. So jika saya salah harap diluruskan. Sekian dan Terimakasih serta Wassalamualaikum.

Biografi lengkap penulis bisa anda lihat di Tentang Kami

Artikel Lainnya
Previous
Next Post »