bulan titan

Pesawat ruang angkasa NASA Cassini telah menangkap gambar sinar matahari berkilauan di lautan hidrokarbon Titan. Bulan penuh teka-teki, yang diselimuti atmosfer tebal, telah menarik para ilmuwan sejak Voyager 1 menangkap tembakan close-up pertama dan kembali pada tahun 1980.

Ketika Cassini-Huygens tiba dengan imager inframerah lebih dari dua puluh tahun kemudian mengintip melalui awan untuk menemukan seperti sebuah dunia alien yang jelas namun anehnya mirip Bumi dengan sungai sendiri, danau, laut dan sistem cuaca berdasarkan hidrokarbon cair.

Sekarang lebih lanjut sepuluh tahun dari kedatangan pesawat antariksa itu di Saturnus NASA telah merilis sebuah seri baru foto-foto Titan dalam bentuk mosaik mengesankan yang tidak hanya menunjukkan lautan bulan tetapi juga berhasil menangkap sinar berkilauan matahari di permukaan.

Wilayah ini dikenal sebagai Kraken Mare dan tubuh terbesar Titan cairan. The 'Bathup Ring/bak cincin' di sekitar tepi luar menunjukkan bahwa permukaan laut dulunya jauh lebih tinggi dari saat ini.

Posting Komentar