Light L16 - Kamera dengan 16 Lensa, ancaman untuk DSLR

Light L16 - Kamera dengan 16 Lensa

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Anda senang fotografi? Sekarang, setiap ponsel sudah dilengkapi dengan kamera, dimana kita dengan mudah mengabadikan momen yang kita anggap penting, namun hasil kamera ponsel tidak bisa kita bandingkan dengan kamera professional, memang beberapa ponsel sudah dilengkapi dengan kamera yang cukup mumpuni, seperti kamera milik ponsel dengan brand Xiao mi, Samsung atau Sony yang memang hasilnya cukup memuaskan. Namun jika anda ingin hasil yang lebih professional, tentu kita membutuhkan kamera professional juga, ada banyak pilihan kamera, dimulai dari kamera saku yang cukup dengan Point and Shoot, hingga kamera professional DSLR yang bisa menghasilkan gambar begitu tajam dan detil, namun kelemahan kamera DSLR saat ini adalah pada ukurannya yang dianggap kurang fleksibel dan mengambil space yang cukup besar, dan untuk mengatasi permasalahan itu, dan dengan kecanggihan teknologi kamera saat ini, sebuah karya baru untuk para fotografer professional, sebuah kamera saku dengan kemampuan DSLR, Light L16 Camera!

Light L16, Kamera dengan 16 Lensa
Setelah hampir empat tahun pengembangan, dengan multi sensor, serta multi lensa, kamera L16 memungkinkan anda mengubah fokus dan kedalaman, kini akhirnya telah dirilis. Kamera L16 ini bisa dikatakan adalah sebuah model yang tidak biasa yang telah lama datang, dengan perangkat fotografi komputasi yang diumumkan hampir dua tahun yang lalu. Dan sekarang, kamera  ini akhirnya benar-benar telah di rilis untuk memenuhi pre order pertama, Light L16 mampu mengambil gambar beresolusi tinggi hingga sampai 52 Mega Pixel. Perangkat menarik ini sudah di kembangkan pada tahun 2015, namun harus menunggu hingga April 2017 untuk tersedia. Dan akhirnya terjadi, pada hari Jumat tanggal 14 Juli pihak pabrikan mengumumkan bahwa mereka telah mulai mengirimkan produk mereka ke pelanggan pra order.

Light L16 - Kamera dengan 16 Lensa

Light L16 adalah perangkat kompak dengan bentuk menyerupai smartphone yang menggabungkan 16 sensor dan lensa kamera dengan panjang fokus 28mm, 70mm dan 150mm. Agar sesuai dengan panjang fokus yang lebih panjang dalam bodi ramping seperti itu, Light mengembangkan modul kamera mereka sendiri dengan elemen cermin yang bisa dimiringkan. Light L16 mampu menghasilkan foto 52 Megapiksel dengan menggunakan beberapa kamera dan secara otomatis menggabungkan semua gambar secara bersamaan.

L16 mampu menugaskan eksposur yang berbeda ke modul kamera yang berbeda, yang tidak hanya memungkinkan peningkatan dynamic range dan low light performance, namun juga memungkinkan untuk mengubah kedalaman dan fokus setelah memotret. Untuk tujuan ini, tim Light telah mengembangkan aplikasi pengeditan untuk Windows dan Mac OS, sementara perangkat ini sendiri menggunakan platform Operating System Android.

Tidak banyak informasi yang tersedia tentang kemampuan video dari Light L16. Namun diketahui bahwa kamera tersebut juga bisa merekam video hingga 4K menggunakan sensor tunggal dengan panjang fokus 28mm, 70mm atau 150mm melalui pembaruan perangkat lunak yang akan datang.

Sampel foto dari kamera Light L16
Sampel foto dari kamera Light L16

Light L16 - Kamera 52MP dengan kemampuan DSLR
L16 ini dirancang hanya untuk fotografi, jadi sisi video dari segala sesuatunya mungkin tidak akan terlalu revolusioner (paling tidak). Sebagai contoh, kita belum mempunyai informasi apakah algoritma penggabungan gambar ini juga bisa digunakan untuk perekaman video, yang mungkin akan benar-benar membuat perangkat ini menjadi sangat revolusioner. Namun, kita mungkin juga akan khawatir tentang penggunaan daya jika memang begitu adanya. Namun, kolom Video pada halaman spesifikasi L16 masih menampilkan pesan "coming soon", jadi menurut saya perusahaan mungkin akan mengungkapkan informasi yang lebih tepat tentang fitur video dalam waktu dekat.

Dengan 52 megapiksel, Light L16 hanya berukuran seukuran sebuah smartphone. Menanamkan kemampuan mirip DSLR dalam paket yang lebih kecil, Light L16 menggunakan 16 lensa sekaligus, sensor, dan beberapa software untuk menggabungkan semuanya. Memiliki desain yang tidak biasa, berdasarkan fotografi komputasi akhirnya telah memulai beberapa klaim besar, termasuk kualitas seperti DSLR yang meluas ke latar belakang lembut yang tidak mungkin dilakukan pada sensor yang lebih kecil, serta sensitivitas cahaya sepuluh kali lebih kuat untuk pengambilan gambar dengan cahaya rendah.

Sampel foto dari kamera Light L16
Sampel foto dari kamera Light L16
Sementara setiap perusahaan kamera akan membagikan sampel foto terbaik yang diambil oleh fotografer profesional, shooting pertama dari kamera seharga $ 1.700 ini menawarkan sekilas bagaimana klaim di atas kertas terlihat dalam piksel. Dengan tiga gambar, yang mencakup potret, pemandangan di Grand Canyon, dan pemandangan kapal karam lainnya, tersedia untuk diunduh dalam resolusi penuh untuk anda melihat kemampuan dan kedalaman piksel kamera ini.

Gambar tersebut berukuran antara 8.000 dan 10.000 piksel, tidak menyertakan detail metadata tentang bagaimana pengambilan gambar dilakukan. Yang cukup menariknya, tidak satu pun dari ketiga sampel tersebut menunjukkan kemampuan low light kamera. Potret tersebut menampilkan kapabilitas dari kedalaman di lapangan, dengan latar belakang dan tangan subjek di depan yang dibuat menjadi kabur lembut. Kedua pemandangan tampak menampilkan jajaran dinamis kamera, dengan detail yang tertinggal utuh di area gambar paling gelap dan paling terang.

Seiring dengan kemampuan perangkat keras, sampel ini juga dirancang untuk menampilkan citra perusahaan Lumen's software, yakni perangkat lunak yang diperlukan untuk meletakkan semua gambar dari lensa yang terpisah itu secara bersamaan menjadi satu gambar. Karena kamera ini menggunakan setidaknya sepuluh modul kamera yang berbeda sekaligus, tergantung pada berapa banyak 28 sampai 150mm zoom yang digunakan.

Sampel foto dari kamera Light L16
Sampel foto dari kamera Light L16
Gambar-gambar itu masing-masing sedikit diimbangi karena posisinya berada di bagian depan kamera, mengizinkan software untuk membuat peta kedalaman, memungkinkan sistem menghasilkan medan dangkal secara in vitro, tidak seperti kamera dual lensa milik iPhone 7 Plus yang hanya untuk meningkatkan ukuran yang jauh lebih besar. Dengan menggunakan perangkat lunak desktop, pengguna bisa memilih seberapa lembut di bagian latar belakang.

L16 mampu memotret dengan resolusi minimal 52 megapixels, sementara resolusi tertinggi yang diambil dari sampel mencapai 81 megapixels. Light L16 mulai dikirimkan bulan lalu ke pelanggan pre-order dan perusahaan pembuat kamera ini belum mulai menerima pesanan baru untuk kamera ini.

Light L16 – Specs:

  • Approx. dimensions: 6.5 in. (165mm) x 3.3 in. (84.5mm) x 0.94 in. (24.05mm)
  • Approx. weight: 15.3 oz. (435 g)
  • Chassis: Die-cast aluminum alloy
  • Grip: Rubberized non-slip grip with a lanyard connection
  • Screen: 5″ FHD touchscreen
  • Lenses: 16 individual modules – 5x 28mm f/2.0, 5x 70mm f/2.0, and 6x 150mm f/2.4 (focal lengths at full frame equivalent)
  • Sensors: 16 individual 13MP sensors
  • Minimum focus: 10cm at 28mm, 40cm at 70mm, 1m at 150mm
  • Storage: 256GB (USB on-the-go compatible)
  • Effective pixels (megapixels): Up to 52 million+ (52+ MP)
  • Output File types: JPEG, DNG
  • ISO sensitivity: ISO 100-3200
  • Shutter speed: 1/8000 to 15 sec.
  • Focus: Tap to focus, Half-shutter press to focus
  • Self-timer: 3, 5, 10, 20 sec
  • Exposure modes: Auto, Manual
  • Chip set: Qualcomm Snapdragon 820 + Light ASIC
  • Operating system: Android
  • Security: Full disk encryption
  • Connectivity: GPS, Wi-Fi, and Bluetooth
  • Battery: 3900 mAh Lithium-ion polymer
  • Flash: Dual-tone LED (no sync port/shoe)
  • Tripod mount: Standard 1/4″-20tpi
  • USB 3.0 SuperSpeed (Type-C connector)
  • Video (coming soon!): 4K video with 28mm, 70mm or 150mm focal lengths at full-frame equivalent.
Menurut situs mereka, Light tidak akan menerima pesanan baru sampai mereka mengirim semua unit pre order mereka, dengan perkiraan jangka waktu pesanan baru pada akhir 2017. Harga pre order awal sebesar $ 1.299, dan telah diperbarui dengan harga akhir $ 1,699. Untuk menjadi yang pertama mendapatkan informasi terbaru tentang ketersediaan dan harga, anda dapat bergabung dengan milis Light melalui homepage mereka. Dan untuk melihat berbagai sampel foto yang diambil dari kamera Light L16, klik disini.

Saya rasa, kita akan cukup sangat menghargai jumlah inovasi yang datang dari tim Light. Kita sudah bisa melihat bagaimana produsen smartphone tertarik dengan modul kamera 70mm dan 150mm dan teknologi lainnya dari Light, berharap generasi pertama L16 akan sukses dan kita akan melihat terobosan besar dalam kemampuan merekam video multi sensor, baik setelah update firmware yang signifikan pada generasi pertama atau pada generasi kedua L16 kelak. Semoga bermanfaat dan Wassalamualaikum.

Baca Juga; Flyboard, kendaraan untuk terbang

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.