Menelisik Munculnya Kemampuan Luar Biasa Setelah Kecelakaan

Kemampuan Luar Biasa Setelah Kecelakaan

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Celaka membawa berkah? Apakah mungkin pribahasa ini bisa menjadi nyata? Telah sejak lama, ada orang-orang di antara kita yang telah melangkah maju dengan keterampilan, kemampuan, kejeniusan, persepsi, dan atribut yang jauh melampaui norma manusia biasa pada umumnya. Dalam banyak kasus, hal ini berasal dari semacam predestinasi genetik, atau bahkan mungkin kelainan, meninggalkan pembawa kekuatan ini dengan kekurangan yang signifikan di area lain, namun malah unggul di sisi lainnya. Ada banyak orang yang tidak terlahir dalam kekuatan ini, namun mereka memakainya. Sama seperti kisah tentang pahlawan super, ada individu-individu mencolok yang telah mengalami kecelakaan atau kejadian yang mengubah kehidupan yang menyebabkan mereka melewati terowongan gelap untuk muncul dari sisi lain dengan kekuatan yang asalnya tidak dapat mereka jelaskan. Jauh dari dunia komik, namun, di dunia nyata kemampuan ini terbukti memang ada, dan ada orang-orang di luar sana yang telah mendapatkan keterampilan dan kemampuan luar biasa dari hal-hal yang seharusnya berhasil membunuh mereka.

Munculnya kemampuan khusus setelah kecelakaan
Kemampuan khusus biasanya selalu berkembang dengan latihan dan pembelajaran untuk waktu yang cukup, namun banyak di antara mereka yang memperoleh kemampuan yang tidak dapat dijelaskan ini melalui beberapa bentuk seperti cedera atau trauma fisik yang dialami dalam sebuah kecelakaan, menyebabkan beberapa kekuatan yang belum tergali untuk diluncurkan keluar dari dalam. Pada tahun 1979, seorang anak laki-laki berusia 10 tahun bernama Orlando Serrell sedang bermain bola basket, dalam satu kesempatan bola jatuh ke sisi kiri kepalanya, dan membuatnya pitam dan terhuyung. Meskipun pada saat itu dia mengalami guncangan, namun dia memutuskan terus melanjutkan untuk tetap bermain, dan dalam beberapa hari mendatang dia menderita sakit kepala parah yang terkadang sangat menyakitkan sehingga melemahkan fisiknya, serta berlanjut menjadi lebih sering seiring berjalannya waktu. Meskipun rasa sakit tanpa henti yang luar biasa di kepalanya, Orlando merahasiakan semua itu dari orang tuanya. Setelah beberapa hari berlalu, sakit kepala tiba-tiba berhenti, lautan rasa sakit hilang, dan pada mulanya semuanya telah kembali normal, tetapi Orlando kemudian menyadari bahwa dia telah mendapatkan bakat baru yang aneh dari insiden tersebut.

Segera menjadi jelas bahwa anak laki-laki ini telah mengembangkan kemampuan yang sangat tajam dan terperinci untuk secara sempurna mengingat hampir semua yang dia lihat atau yang ia alami dengan akurasi yang luar biasa, termasuk hal-hal yang paling biasa seperti cuaca pada suatu hari, apa yang telah dimakannya, dilakukan, atau yang dipakai, segala sesuatu untuk setiap hari dalam hidupnya. Di atas ini, dia juga malah bisa melakukan prestasi yang cukup mengesankan untuk dapat menghitung dan mengetahui hari dalam seminggu untuk setiap tanggal kalender di masa depan, bahkan jika tanggal itu jauh di masa depan. Orlando menjadi sensasi media saat itu, dan di tahun-tahun berikutnya ia terus berkontribusi dalam studi medis yang berharap bisa mencari tahu apa yang memicu kekuatan baru ini.

Orlando Serrell
Orlando Serrell sedang menggambar kota dengan tingkat akurasi yang luar biasa
Cedera serius lainnya yang menyebabkan kemampuan luar biasa dialami oleh seorang salesman furnitur sederhana di Tacoma Washington bernama Jason Padgett. Suatu malam di tahun 2002, Padgett pergi minum di sebuah bar dan saat dia pergi untuk pulang, dia di sergap dan dipukuli oleh dua orang perampok, ditendang berulang-ulang di bagian kepala dan ditubuhnya, ia mengalami gegar otak serta ginjalnya pecah dalam prosesnya. Pada hari-hari berikutnya, dia menyadari bahwa penglihatannya entah bagaimana menjadi padam, dan semua yang ia lihat hadir dengan berbagai bentuk geometris aneh dan garis yang awalnya tidak dia mengerti, dunia yang dia lihat saat ini begitu aneh dan awalnya sempat membuatnya bingung. Dia mulai menggambar dan melukis apa yang dia lihat, dan baru kemudian seseorang menyadari bahwa ini bukan hanya desain acak, tetapi adalah sebuah formula matematika yang rumit dalam bentuk geometris visual, disebut fraktal. Dia pada dasarnya melihat bentuk geometris dari semua hal yang ia lihat melalui lensa formula matematika dalam proses yang terjadi dalam otaknya, memvisualisasikan dunia dalam berbagai bentuk menakjubkan yang tercipta ini.

Ini sangat mengesankan karena Padgett tidak pernah pandai matematika dan sama sekali tidak suka untuk belajar sama sekali, ia bisa menciptakan fraktal yang sangat tepat, yang berarti bahwa otaknya secara intuitif mengerjakan formula matematika yang sangat canggih dan menerjemahkannya ke dalam gambar yang ia lihat kemana pun dia pergi. Yang lebih anehnya adalah, bahwa dia dapat secara akurat membuat pola geometris ini dengan tangannya sendiri tanpa membutuhkan alat bantu, sesuatu yang biasanya memerlukan banyak pelatihan formal dan alat khusus untuk dilakukan, dan Padgett adalah satu-satunya orang yang dikenal yang dapat melakukan ini semata-mata dengan tangan dan tanpa pernah belajar itu dalam hidupnya Ini adalah hal-hal yang melampaui kemampuan matematikawan yang paling ahli sekalipun, namun dia dapat melakukannya tanpa memikirkannya. Padget kemudian melanjutkan untuk mempelajari matematika dan teori bilangan secara serius, yang tentunya hasilnya sangat unggul, ia telah menulis sebuah buku tentang pengalaman anehnya yang disebut Struck by Genius (2014).

Ilmuwan yang tertarik dengan bagaimana cara Padgett mendapatkan kemampuan luar biasa ini telah memindai otaknya dan melakukan eksperimen untuk melihat apa yang sedang terjadi di sana. Padgett di analisis dan kemudian menunjukkan serangkaian formula matematika, beberapa di antaranya nyata dan beberapa di antaranya tidak masuk akal. Ketika bentuk formula itu muncul, bagian kiri otaknya menunjukkan peningkatan aktivitas yang dramatis, benar-benar mengejutkan, terutama di daerah yang disebut "Left parietal cortex", yang biasanya menyatukan berbagai informasi yang mengalir masuk dari indra yang berbeda, serta bagian otak lainnya yang bertanggung jawab atas memori visual, emosi, perencanaan, dan perhatian. Ini benar-benar menarik, karena formula yang palsu tidak menciptakan respons seperti itu.

Salah satu karya Jason Padgett
Salah satu karya Jason Padgett
Para ilmuwan kemudian menggunakan teknik yang disebut "Transcranial magnetic stimulation" untuk membombardir bagian aktif otak ini dengan denyut magnetik terkontrol untuk melihat apakah bagian itu dapat terpengaruh, dan ditemukan bahwa setelah itu dilakukan, Padgett untuk sementara kehilangan kemampuan istimewanya. Meskipun penelitian ini tidak dapat menjelaskan dengan tepat apa yang sedang terjadi atau apakah kekuatan mental ini permanen atau tidak, setidaknya ini menyoroti area otak mana yang bertanggung jawab dalam kasus ini, dan mengemukakan bahwa mungkin kita semua memiliki ini. Kemampuan potensial yang mengintai di suatu tempat di dalam diri kita.

Ada juga kasus Jim Carollo, yang pada tahun 1988 terlibat dalam kecelakaan mobil fatal pada usianya yang beranjak di 14 tahun. Kecelakaan tersebut secara tragis membunuh ibunya, dan Carollo hampir tidak dapat bertahan hidup, mengalami koma yang para dokter meragukan bahwa dia akan terbangun dari komanya. Dia sempat koma selama 6 minggu, dan hampir tidak ada harapan kehidupan, setelah itu dia berhasil membangkitkan banyak kejutan bagi semua orang. Setelah beberapa bulan melakukan rehabilitasi fisik, Carollo berhasil mendapatkan kembali kemunculan dirinya yang dulu dan kembali ke sekolah, di mana dia segera mengetahui bahwa kecelakaan yang ia alami dan koma tersebut rupanya telah mengubahnya dengan beberapa cara yang kelak menjadikannya sebagai seorang yang sangat luar biasa.

Carollo, sebelumnya ia tidak pernah pandai atau tertarik pada matematika, namun kali ini ia mulai benar-benar melewati kelas matematika dengan sangat mudah, mendapatkan nilai sempurna dalam tes tanpa belajar, bahkan dengan ujian kalkulus lanjutan yang jauh melampaui kemampuannya di usia tersebut. Dia dengan cepat melompati kursus matematis yang lebih maju, dan semua ini dia lalui dengan tanpa mencoba sama sekali. Dia dapat dengan mudah menyelesaikan persamaan yang paling rumit dan dengan cepat bisa mengingat serangkaian urutan, termasuk mengingat 250 digit dari nilai Pi dalam beberapa hari saja. Dia akhirnya melalui tingkat pascasarjana matematika tanpa belajar sama sekali, dan melalui semua itu juga, ia mempertahankan tingkat kekuatan dan kemampuan mentalnya dengan baik, dengan satu-satunya efek samping negatif dari trauma kepalanya adalah di bagian ingatan jangka pendeknya di beberapa area telah sedikit berkurang. Apa yang menyebabkan seseorang tiba-tiba menjadi jenius matematika luar biasa seperti ini? Tidak ada yang tahu.

Mungkin beberapa dari kita merasa penasaran untuk berpikir bahwa kita semua mungkin hanya butuh benturan di kepala untuk mendapatkan kecemerlangan yang didapat dan kekuatan mental yang tak terduga ini dapat dilepaskan sedemikian rupa dari bayangan kesalahpahaman dari pikiran kita, namun kasus yang menunjukkan hal ini mungkin sepertinya sering terjadi sebagaimana sebuah kasus lainnya di tahun 2006, Derek Amato, dari Denver, Colorado AS, saat ia sedang mengadakan pesta dengan teman-temannya dan ia terjun ke kolam, membenturkan dengan keras di bagian kepalanya sendiri hingga ia tak sadarkan diri. Ketika ia terbangun, dia telah berada di rumah sakit, di mana dokter mengatakan kepadanya bahwa ia telah menderita gegar otak berat. Gegar otak yang membuatnya sakit kepala yang tak tertahankan, kehilangan ingatan, dan 35% kehilangan pendengaran. Hal itu juga ternyata hadir untuk mengilhami dia sebagai jenius musik dadakan.

Dimulai dengan sensasi aneh melihat bentuk hitam dan putih bergerak dalam kegelapan saat ia memejamkan mata. Awalnya dia tidak tahu apa artinya ini, dan percaya itu hanya merupakan jejak dari cedera kepala yang dia alami, tapi dia kemudian segera menyadari bahwa bentuk-bentuk ini mewakili notasi musik. Amato, yang sejatinya tidak pernah bisa memainkan alat musik atau membaca note musik sebelumnya, mendapati dirinya tiba-tiba bisa bermain piano secara alami tanpa pernah belajar. Dia menggambarkannya seolah-olah bentuk hitam dan putih tersebut menunjukkan kepadanya ke mana harus menggerakkan jarinya tanpa usaha sadar darinya, yang memungkinkannya untuk secara intuitif memainkan apa yang gambaran itu tampilkan, ia mengatakan fenomena aneh saat dia duduk di sebuah keyboard piano untuk pertama kalinya dalam hidupnya:

Saat aku menutup mata, aku menemukan struktur hitam dan putih ini bergerak dari kiri ke kanan, yang sebenarnya mewakili dalam pikiranku, aliran notasi musik yang terus mengalir dan lancar. Jari-jariku mulai menakar-nakar tombol piano seolah-olah aku telah memainkan seluruh hidupku. Aku tidak bisa menjelaskan perasaan kagum yang bisa menerangkan keseluruhannya, walaupun aku dapat mengatakan bahwa ekspresi wajah temanku sudah cukup untuk membuat kami berdua menangis. Itulah notasiku. Saat kotak hitam dan putih itu ada, itulah yang dilakukan tanganku. Aku yakin itu semua karena suatu alasan dan ini adalah tugasku untuk melakukannya dengan benar.

Derek Amato
Derek Amato memainkan piano
Amato telah berhasil menguasai beberapa alat musik lainnya, yang sepertinya bisa ia nikmati meskipun ia tidak pernah mempelajari caranya, dan mengklaim bahwa ia tidak tahu mengapa ia mampu melakukan ini. Sejak saat itu dia telah menjadi subyek banyak penelitian ilmiah dan telah muncul di surat kabar dan acara TV di seluruh dunia, dan meskipun dia telah tampil di atas panggung bersama musisi terkenal lainnya dan merilis sebuah album di tahun 2007, karir musiknya belum cukup meluas, terlepas dari itu. Kisahnya sangat menakjubkan. Meski begitu, musik terus-menerus tak henti-hentinya berlanjut, Amato mengatakan:

Seluruh hidupku telah berubah. Aku telah melambat, meskipun aku berpacu dan berproduksi dengan kecepatan yang tidak banyak orang mengerti, Anda tahu? Jika Beethoven mencetak 500 lagu setahun kembali dan pada saat itu dianggap sebagai pikiran yang cukup cemerlang, dan para dokter mengatakan bahwa aku mencetak 2.500 buah dalam setahun, Anda dapat melihat bahwa aku sedikit sibuk.

Sementara kemampuan piano Amato muncul dari benturan di kepala, pianis menakjubkan lainnya mendapatkan kekuatannya dengan cara lain yang lebih aneh. Rasanya tidak mungkin seseorang dapat memiliki kemampuan khusus akibat sambaran petir, tapi justru itulah yang terjadi pada seorang ahli bedah ortopedi Dr. Anthony Cicoria di tahun 1994. Cicoria baru saja menutup telepon umum setelah berbicara dengan ibunya ketika tiba-tiba petir turun menerobos dari langit dan menghantam bilik telepon, menerjang punggungnya serta melemparkannya terbang ke udara dengan kekuatan sedemikian rupa sehingga kemudian dia mengklaim bahwa dia merasakan telah keluar dari tubuhnya sendiri, ia bisa melihat pemandangan di bawahnya dengan tubuhnya terbaring tak sadarkan diri dan melihat ada saksi yang sedang mencoba melakukan CPR padanya. Ketika dia tersedot kembali ke dalam bentuk fisiknya, dia mengatakan bahwa dia terbangun dengan rasa sakit yang hebat yang serasa membakar seluruh tubuhnya, dan dalam beberapa hari mendatang dia mendapati dirinya telah kehilangan ingatan dan juga dia selalu merasa lelah dan tenaganya terkuras habis. Saat itulah mimpi barunya dimulai.

Dia mengklaim bahwa dia mulai mendengar musik piano yang terus-menerus bermain di dalam mimpinya, musik halus yang menghantui jam tidurnya, dan tidak lama kemudian menjadi terus menggelegar di dalam kepalanya selama jam-jam bangunnya juga, simfoni tanpa akhir yang dia rasakan akhirnya benar-benar menjadikannya terobsesi. Itu semua memang aneh mengingat dia sama sekali tidak pernah memiliki minat pada piano sebelumnya, tidak pernah memainkan piano, dan biasanya selalu mendengarkan musik rock, namun sekarang dia benar-benar tertarik pada piano dengan dorongan kuat yang tak pernah terpuaskan untuk memainkannya. Dia akhirnya mendapatkan piano bekas dan meskipun dia tidak tahu bagaimana cara bermain pada saat itu, namun dengan cepat ia bisa mengajar dirinya sendiri, setelah itu dia menghabiskan seluruh waktu luangnya dengan bermain dan mencoba mengeluarkan nada di kepalanya, untuk melepaskan semua itu ke dalam dunia nyata. Cicoria mengatakan tentang pengalamannya ini:

Ini seperti frekuensi, sebuah band radio. Jika aku membuka diri, ia datang. Aku ingin mengatakan, 'Itu berasal dari Surga,' seperti kata Mozart. Tidak pernah kering. Itu adalah perjuangan yang menyesakkan. Aku bangun jam empat pagi dan bermain sampai aku mulai bekerja, dan ketika pulang dari kerja aku berada di piano sepanjang malam. Istriku tidak begitu senang. Aku sudah dirasuki.

Cedera kepala juga membawa kemampuan artistik yang luar biasa pada seorang pria bernama Alonzo Clemens, yang mengalami trauma kepala parah dalam sebuah kecelakaan saat dia masih sangat muda. Namun, cedera itu akan membuat kemampuan barunya sulit untuk ditantang, cedera yang memberinya kemampuan fenomenal untuk memahat apa pun yang dilihatnya dengan mendetail bahkan sangat rumit dari ingatan setelah melihatnya begitu saja dalam bentuk hewan tertentu, Clemens hanya cukup untuk melirik binatang seperti kuda hanya dalam beberapa detik dan kemudian pergi untuk memahat dengan sangat rinci dan akurat sampai ke bagian terdetail yang sangat kecil. Hal semacam ini biasanya akan butuh waktu berjam-jam untuk pengamatan dan itu adalah jam kerja normal bagi seorang pemahat ahli, namun Clemens bisa melakukannya dalam waktu kurang dari 30 menit hanya dengan melihat sekilas saja.

Alonzo Clemens
Alonzo Clemens dan hasil karyanya
Ada juga jenis trauma otak lainnya yang dapat menyebabkan jenis kemampuan dan perubahan khusus dari salah satu kasus yang berasal dari tahun 1960-an, ketika seorang imigran Italia bernama Franco Magnani tiba di pantai Amerika, di San Francisco, California, ia segera turun dari kapal dengan penyakit misterius yang menyebabkan demam, kejang, dan delirium parah, di mana dia melihat mimpi yang sangat jelas dari masa kecil dan kenangan yang telah ia lupakan selama bertahun-tahun. Dalam mimpi-mimpi ini, semuanya digambarkan sangat detail dan nyata, dan bukannya melupakannya setelah terbangun, Magnani malah menemukan bahwa dia dapat dengan sempurna mengingat kembali penglihatan ini tentang masa lalunya.

Begitu jelasnya gambar-gambar ini, kebanyakan gambaran dari desa kecil Pontito, Italia, gambaran mimpi yang ia temukan dapat secara spontan ia lukis dengan cara mendetil dengan gaya realistik, sampai ke detail terbaik dan yang paling tidak jelas. Bagian aneh dari semua ini adalah bahwa Magnani, yang pernah menjadi juru masak di Italia, tidak pernah bisa melukis, dan memang sebelumnya tidak pernah melukis dalam hidupnya. Terlebih lagi, lukisan-lukisan itu terbukti sangat tepat, cocok dan sempurna saat dibandingkan dengan foto-foto yang diambil di Pontito sebagai perbandingan. Dia terus melukis berbagai macam hal, menunjukkan bakat yang mengesankan bagi seseorang yang sebelumnya tidak pernah memegang kuas. Sementara kenangan kuat yang dikeruk dari masa lalunya disebabkan oleh efek demam pada lobus temporal, dan masih tidak dapat dijelaskan bagaimana dia bisa mendapatkan bakat melukis yang luar biasa hanya dalam semalam saja.

Franco Magnani
Franco Magnani sedang melukis di studionya
Selain itu, ada Tommy McHugh, yang merupakan mantan narapidana dan dikenal sebagai seorang pembuat masalah, di tahun 2000, ia menderita serangan stroke yang mengancam jiwa dan mengalami pendarahan di sekitar otak saat dia berada di kamar kecil. Stroke muncul entah dari mana, dan ketika terbangun, dia mendapati semuanya tampak menjadi aneh, seperti ada banyak tarian di mana-mana. Ketika akhirnya ia ditemukan terbaring di lantai, dia menemukan bahwa semua yang dia katakan adalah syair tanpa keinginannya untuk melakukannya. Dia mengatakan kejadian aneh itu:

Aku sedang duduk di toilet. Tiba-tiba aku merasakan sebuah ledakan di sisi kiri kepalaku dan berakhir di lantai. Kupikir satu-satunya hal yang membuatku sadar adalah aku tidak ingin ditemukan dengan celanaku melorot. Lalu sisi lain kepalaku meledak! Aku terbangun di rumah sakit dan melihat ke luar jendela untuk melihat pohon itu bersemi 3, 6, 9. Lalu aku mulai berbicara dengan syair...

Tidak lama setelah ini, McHugh, yang tidak pernah memiliki minat atau kemampuan sedikit pun dalam seni atau puisi, mulai terus-menerus dan secara obsesif untuk melukis dan menulis. Dia menunjukkan jumlah pekerjaan yang luar biasa, dengan pikiran yang bekerja lebih cepat daripada sebelumnya, dan dengan bakat dan kreativitas yang tidak pernah dia tampilkan sebelumnya. Jumlah gambaran misterius itu juga terus muncul di manapun yang ia lihat, dan dia mengatakan tentang pencurahan dan kemampuan kreatif yang baru ditemukan ini sebagai berikut:

Otakku menunjukkan koridor tak berujung dan tanpa akhir. Aku akan melukis tiga atau enam atau sembilan gambar sekaligus. Aku melihat angka-angka di kepalaku sepanjang waktu. Kanvas menjadi terlalu mahal, jadi aku mulai melukis langit-langit dan wallpaper serta lantai. Aku tidak bisa berhenti melukis dan memahat. Beri aku gunung dan aku akan mengubahnya menjadi sebuah profil. Jika anda memberi saya pohon gundul, aku akan mengubahnya, jadi saat musim semi datang semua daun akan menciptakan wajah, mulut, bibir. Tanpa menyakiti pohon.

Gejala Savant Syndrome
Dalam semua kasus ini, kita memiliki orang-orang yang muncul dari kerusakan otak yang berpotensi bencana malah hadir dengan kemampuan, keterampilan, kekuatan, dan persepsi yang baru ditemukan di luar dari yang orang normal alami, tapi,.. apa yang terjadi di sini? Bagaimana ini terjadi? Meskipun kurang dipahami oleh sains, kebanyakan orang percaya bahwa orang-orang ini memasuki wilayah kekuatan mental misterius yang hanya bisa diakses oleh para ahli, yang melalui beberapa bagian saraf otak dan kekuatan aneh yang belum sepenuhnya dipahami mampu membuka kemampuan mental luar biasa yang biasanya tersembunyi jauh dari kita. Hal ini diyakini bahwa trauma otak yang diderita oleh individu normal dan sehat ini telah memecahkan beberapa rintangan untuk memungkinkan mereka mengakses lautan potensi mentah yang belum tergali, sebuah kondisi yang disebut "Savant Syndrome."

Sangat sedikit yang diketahui tentang bagaimana semuanya bekerja, karena hanya ada beberapa kasus yang telah dikonfirmasi, dan beberapa di antaranya telah saya bahas di dalam artikel lain, tapi tetap saja sangat menakjubkan, bahwa kita semua memiliki kekuatan besar yang terpendam di dalam diri kita, sesuatu yang sedang tidur dan bernafas dalam otak kita, menunggu untuk dilepaskan. Berit Brogaard, seorang profesor ilmu saraf dan filsafat di Center for Neurodynamics di University of Missouri St. Louis, mengatakan tentang kekuatan misterius ini dan penyingkapannya melalui kerusakan otak;

Hipotesis kami menunjukkan bahwa kita memiliki kemampuan yang tidak dapat kita akses. Karena mereka bagian yang tidak kita sadari, kita tidak bisa memanipulasinya. Beberapa guncangan yang berlangsung dapat memungkinkan untuk secara sadar mengakses informasi yang ada di sana, sesuatu yang terbengkalai.

Rahasia apa yang dimiliki tubuh kita dari pengetahuan dan pemahaman kita? Kekuatan ajaib apa yang ada di sana di dalam kegelapan pikiran dan tubuh kita, sesuatu yang belum dimanfaatkan dan tidak terpakai? Apakah hal-hal ini semuanya bisa berada dalam diri semua manusia, yang bisa kita temukan cara untuk memanfaatkannya? Bisakah kita semua menjadi jenius atau menampilkan kemampuan manusia super seperti orang-orang yang kita lihat di sini atau apakah ini hanya kasus khusus saja? Inilah beberapa dari banyak pertanyaan yang diajukan oleh kasus-kasus seperti ini, membuat kita terkadang bingung dan juga sekaligus terpikat oleh keajaiban potensial yang ada di dalam diri kita.

Semua pertanyaan itu belum begitu dekat dengan jawaban. Otak adalah mesin yang sangat kompleks, dan dengan begitu banyak bagian yang bergerak serta begitu banyak permutasi faktor-faktor yang dapat memengaruhinya dengan cara yang membingungkan, sehingga proses dari cara yang menakutkan untuk dikatakan bahkan bisa memunculkan kemampuan luar biasa. Sementara kita terus mencari tahu beberapa pemahaman tentang apa yang sedang terjadi di sini, ketahuilah bahwa setiap dari kita bisa saja mendapatkan kekuatan di luar impian terliar kita hanya dengan cukup sebuah benturan dikepala. Ingin mencoba? Pikirkan sekali lagi hehehhe. Wassalamualaikum.

Baca Juga; Tiba-tiba mahir berbahasa mandarin setelah kecelakaan

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.