Apa yang akan terjadi setelah kita berhenti mengkonsumsi gula?

Apa yang akan terjadi setelah kita berhenti mengkonsumsi gula?

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Mungkin ada dari kita yang belum tahu tentang berbagai manfaat dari mengurangi atau bahkan berhenti dari mengkonsumsi gula, dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang bagaimana dampak saat kita mulai mengurangi asupan gula dalam kehidupan sehari-hari. Dan berhubung gula sangat mempengaruhi kinerja pada tubuh kita, saya rasa tulisan kali ini akan cukup memberikan manfaat bagi kita semua, setidaknya untuk menjadi ilmu pengetahuan tambahan. Selamat membaca.

Manfaat berhenti mengkonsumsi gula
Anda bukan seorang perokok? Namun anda mengkonsumsi gula terlalu sering? Gula, tidak hanya dikenal sebagai zat yang sangat adiktif, tapi juga berpotensi berbahaya bagi tubuh. Mengkonsumsi sejumlah besar gula bisa sama bahayanya seperti bahaya alkohol. Gula dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan yang serius termasuk obesitas diantaranya, diabetes, penyakit jantung, sakit kepala, penurunan sistem kekebalan tubuh, kekurangan kromium, kerusakan gigi, penyakit gusi dan masih banyak lagi.

Menghentikan konsumsi gula sama sulitnya seperti berupaya berhenti merokok dan bisa cukup mempengaruhi anda dengan banyak cara yang sama. Dalam sebuah penelitian tentang efek gula terhadap tubuh yang di uji pada seekor tikus, terbukti bahwa gula bersifat sangat adiktif bahkan melebihi sifat adiktif kokain. Namun bukan berarti berhenti mengkonsumsi gula nyaris mustahil, memang dalam beberapa kasus efek sampingnya bisa sulit ditangani. Anda mungkin menyadari ketika anda mulai berhenti dari gula, anda akan merasa sangat lelah, membutuhkan banyak kafein ekstra dan merasa sakit kepala. Beberapa di antaranya bisa terasa cukup serius. Anda mungkin juga menjadi sangat sensitif dan mudah marah serta perasaan depresi secara keseluruhan dalam beberapa kasus. 

Dan cara terbaik adalah memulainya dengan perlahan-lahan. Anda dapat memilih untuk melupakan beberapa item yang mengandung gula pada awalnya, terutama jika asupan anda jauh lebih tinggi dari biasanya. 

Dan setelah masa panik dan perasaan awal tanpa gula dan efek seperti kekurangan energi berlalu, anda akan mulai merasakan manfaatnya. Apa saja manfaat tersebut? 

1. Kesehatan jantung anda akan membaik
Jumlah gula harian yang disarankan untuk wanita, menurut American Heart Association adalah sekitar enam sendok teh. Namun, kebanyakan orang dewasa di beberapa negara mengkonsumsi lebih dari tiga kali jumlah itu pada hari tertentu. Faktanya, bahwa ada banyak makanan yang mengandung gula, atau di mana gula terjadi secara alami kadang membuat kita salah menghitung jumlah yang kita konsumsi, sehingga menyebabkan konsumsi berlebihan.

Dengan mengurangi gula, maka akan mengurangi beban pada jantung anda secara signifikan, dan mengurangi risiko terhadap banyak penyakit yang terkait dengan jantung.

2. Anda mengurangi kemungkinan resiko diabetes secara signifikan
Dengan mengurangi konsumsi gula, anda bisa mengurangi kemungkinan terkena serangan diabetes sebesar 50%. Untuk setiap porsi minuman 12 ons yang mengandung gula, risiko diabetes meningkat hingga seperempatnya.

Jangan berfikir dengan mengganti minuman dengan jus buah adalah alternatif yang lebih sehat, selama yang anda konsumsi mengandung gula, risiko diabetes lebih tinggi sekitar 30 persen untuk orang yang minum lebih dari dua di antaranya setiap hari.

Memilih minuman soda bebas gula juga tidak membantu, karena jenis minuman tersebut telah terbukti memiliki risiko tinggi terkena diabetes juga, jika anda minum dua atau lebih per hari. Kurang dari jumlah ini masih dapat diterima, membuktikan bahwa mengetahui jumlah asupan mungkin menjadi kunci.

3. Mood anda akan membaik
Suasana hati yang lebih baik bukanlah sesuatu yang mungkin anda alami saat pada awal anda berhenti mengkonsumsi gula, tapi begitu anda melewati masalah terburuk saat berhenti dari gula, anda akan mulai merasa jauh lebih baik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa meminum lebih dari empat kaleng soda sehari meningkatkan peluang anda mengalami depresi hampir 40 persen. Makanan penutup, camilan manis, minuman manis, daging olahan dan karbohidrat olahan lainnya seringkali memiliki efek yang sama.

Kelebihan gula juga bisa membuat gangguan sistem syaraf otak yang menyebabkan efek seperti rasa cemas dan bahkan skizofrenia. Dengan semua gejala mental yang bisa disebabkan oleh overindulgensi gula, masuk akal jika mengeluarkan gula dari diet anda akan bisa membalikkan gejala tersebut, dan biasanya reaksi yang terjadi cukup cepat.

4. Kualitas tidur akan mulai membaik
Tidur nyenyak di malam hari akan menjadi jauh lebih mudah, karena kekurangan energi dan kebutuhan tidur siang dari efek gula tengah hari tidak akan terjadi lagi. Banyak orang menderita masalah gula darah yang menempati posisi kedua sebagai penyebab insomnia paling umum, namun sebagian besar orang yang memiliki masalah ini tidak menyadarinya.

Beberapa orang mengadopsi kebiasaan makan kecil enam kali per hari, sebuah tehnik diet yang digunakan oleh mereka yang sering menderita hipoglikemia, tapi ini akan menjadi masalah besar ketika tiba saatnya untuk tidur. Setelah anda terjun ke dalam rutinitas makan setiap 2-3 jam, dan aktivitas tidur dengan harapan tidur nyenyak selama 8-9 jam tanpa gangguan akan menjadi tidak mungkin.

Tubuh manusia dirancang untuk membakar lemak selama siklus tidur karena lemak terbakar lebih lambat dan untuk jangka waktu yang lebih lama. Namun, karena kelebihan gula, tubuh malah membakar gula sebagai gantinya, jadi bahkan tidak ada kesempatan untuk membakar lemak tubuh.

5. Ingatan anda akan menjadi lebih baik
Anda akan merasakan bahwa ingatan anda membaik setelah anda menyingkirkan gula dari makanan anda. Terlalu banyak konsumsi gula dapat menyebabkan efek pelupa dan jika dibiarkan terus menerus, bahkan mungkin memiliki resiko kerusakan otak permanen.

Sebuah studi UCLA menguraikan sebuah eksperimen yang menunjukkan kemampuan kognitif yang terkena dampak setelah menelan makanan yang dibuat dengan sirup jagung fruktosa tinggi, yang merupakan makanan pokok dalam makanan ala barat.

Sindrom metabolik, atau MetS, adalah kaitan yang diketahui antara mengkonsumsi terlalu banyak gula dan kerusakan otak dan juga merupakan faktor risiko obesitas.

Namun, kaitan dengan kesehatan mental sebagian besar telah diabaikan. Karena rata-rata orang Amerika diketahui menelan lebih dari 40 pon sirup jagung fruktosa tinggi setiap tahunnya, dan secara teratur, hanya dapat diasumsikan bahwa efek jangka panjang pada fungsi otak sangat merugikan.

6. Terjadinya penurunan berat badan
Kehilangan berat badan bisa terjadi lebih cepat dari yang mungkin anda bayangkan hanya dengan memotong gula dari makanan anda. Tubuh menyerap gula dengan cukup mudah. Namun, ini bukan bagian alami dari makanan manusia. Saat gula dikonsumsi, produksi insulin akan meningkat.

Insulin, pada gilirannya, melarang tubuh menggunakan lemak sebagai bahan bakar saat mengubah gula menjadi lemak dan penambahan berat badan adalah hasil dari keseluruhan proses. Dengan menghilangkan gula, anda tidak hanya membiarkan insulin tetap berada dalam jumlah yang seharusnya masuk, tetapi anda juga menghilangkan banyak kalori yang juga dikaitkan dengan zat ini.

Semakin banyak konsumsi gula anda, maka semakin sedikit kemampuan tubuh anda untuk membakar lemak karena tubuh anda lebih memilih membakar gula tersebut ketimbang lemak.

7. Anda terlihat lebih muda
Mengurangi gula juga dapat menyebabkan tampilan kulit menjadi lebih awet muda, dimulai dengan wajah anda. Gula memiliki efek dehidrasi sementara meningkatkan produksi minyak pada saat bersamaan. Hal ini juga mempengaruhi kemampuan pengikatan air sehingga kulit anda terlihat kurang elastis. Gejala lain asupan gula pada wajah meliputi lingkaran hitam di bawah mata, pembengkakan dan bahkan wabah ringan jerawat.

Dengan berhenti minum gula, anda akan melihat efeknya dalam 72 sampai 96 jam. Warna kompleksi kulit akan membaik, kulit berminyak akan mulai berkurang dan wajah anda akan lebih terhidrasi dan terlihat ceria, dengan keriput yang lebih sedikit dari sebelumnya.

8. Sistem kekebalan tubuh anda meningkat
Sistem kekebalan tubuh anda akan bisa berfungsi lebih baik lagi setelah gula tersingkirkan. Menurut sebuah penelitian yang  dilakukan pada tahun 1973, gula dapat menyebabkan sel darah putih kita berhenti melakukan tugasnya dalam memberantas bakteri jahat.

Agar sistem kekebalan tubuh berfungsi sekuat mungkin, situasi yang ideal adalah menghilangkan semua gula yang ditambahkan dan diproses. Meskipun ini bisa sangat sulit dilakukan, terutama karena  gula  banyak mengandung istilah akhir-akhir ini, namun untuk setiap informasi sedikitnya tetap dapat membantu.

9. Anda merasa lebih energik sepanjang hari
Anda akan memiliki lebih banyak energi setelah anda berhenti minum gula daripada hari-hari sebelumnya. Ada sedikit kebenaran dalam sebuah pernyataan bahwa gula dapat memberi anda dorongan energi. Memang, efek jangka pendek terjadi saat gula pertama kali menyentuh sistem tubuh anda. Namun, pengaruh jangka panjang asupan gula berulang benar-benar merugikan tubuh anda dengan mengurangi kemampuannya untuk memetabolisme makanan dengan benar dan mengubahnya menjadi energi. Begitu tubuh digunakan untuk dorongan energi yang cepat, ia akan mulai mencarinya dan begitu gula tidak ditemukan, masalah yang terkait dengannya akan segera terjadi.

10. Kekuatan antusias semakin membaik
Gula sangat adiktif! Itulah sebabnya banyak orang sulit sekali untuk bisa berhenti dari gula. Seringkali di luar kendali seseorang akan memutuskan apakah mereka menginginkan makanan dan kudapan bergula dan jika mereka tidak mendapatkannya, mereka dapat menunjukkan tanda ketertarikan utama, kadang-kadang sama parahnya dengan yang anda lihat pada seseorang yang mencoba melepaskan kebiasaan merokok atau alkohol. Namun, begitu anda mulai melihat perbedaan dalam apa yang anda rasakan dan yang anda lihat, tingkat semangat kemauan anda akan meningkat secara drastis.

11. Nyeri sendi dan pembengkakan menurun
Nyeri sendi dan pembengkakan akan menurun saat kadar gula anda turun. Makanan yang mengandung gula dan olahannya dapat menyebabkan peradangan dengan berbagai cara. Selain membuat gangguan autoimun lebih buruk, kenaikan level gula ke dalam tubuh menyebabkan kenaikan kadar insulin, dan insulin dapat menyebabkan pembengkakan memburuk, yang secara tidak langsung menyebabkan nyeri sendi dan juga nyeri tubuh lainnya.

Semakin sedikit gula yang anda konsumsi, semakin sedikit radang sendi yang anda alami, tentu saja akan memberi anda banyak kelegaan.

12. Kesehatan mulut membaik
Mulut dan kesehatan gigi anda akan segera membaik. Bila anda mengonsumsi gula, terutama dalam bentuk cair, sebagian besar akan menempel pada gigi anda. Bakteri segera menempel ke gula dan mulai memakannya, setelah itu asam diproduksi. Asam akan mulai memakan enamel yang ditemukan di gigi dan dengan demikian memulai siklus mengerikan untuk mulut anda. Masalah gigi berlubang, penyakit gusi dan radang gusi adalah efek yang ditimbulkan.

Bahkan menyikat gigi segera setelah mengonsumsi permen adalah ide yang buruk, karena saat proses asam terjadi, ini akan membuat email gigi anda menjadi lebih lembut dan lebih mudah disikat, dan hasil akhirnya email gigi anda yang bersifat sebagai tameng gigi akan tergerus dan semakin menipis.

13. Meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh
Mengkonsumsi sedikit gula bisa meningkatkan kadar kolesterol baik. Tugas HDL, atau kolesterol baik, terutama untuk mengurangi jumlah kadar kolesterol jahat, atau LDL. Ini berarti bahwa untuk alasan kesehatan, anda pastinya menginginkan kadar kolesterol baik anda lebih tinggi daripada kolesterol jahat, namun gula dapat menyebabkan penurunan HDL.

Asupan gula yang lebih tinggi juga diketahui menyebabkan kadar Trigliserida menjadi lebih tinggi, dan semua ini meningkatkan risiko anda terkena penyakit jantung. Trigliserida, bagaimanapun juga, tidak akan larut dalam aliran darah dan terus melakukan perjalanan ke seluruh sistem peredaran darah dimana zat ini dapat menyebabkan kerusakan pada dinding arteri dan juga dapat menyebabkan pengerasan pembuluh darah.

14. Liver menjadi lebih baik
Untuk membuat lemak, liver atau hati menggunakan gula, khususnya fruktosa. Semakin banyak gula yang anda konsumsi, semakin besar kemungkinan hati anda menghasilkan sejumlah lemak berlebih, yang bisa menyebabkan masalah hati berlemak.

Meskipun secara khusus disebut penyakit hati berlemak nonalkohol, namun penyakit ini terlihat persis seperti liver dari orang-orang yang terlalu banyak mengkonsumsi alkohol. Jika terdeteksi lebih awal, masalah itu masih bisa di atasi, namun jka tidak terdeteksi, maka semakin lama kerusakan akan semakin berlanjut.

15. Menurunkan risiko beberapa jenis kanker
Anda dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker  dengan menghindari gula. Sel kanker diberi makan oleh gula, yang mendorong pertumbuhan sel kanker yang sedang berlangsung. Tingkat penyerapan gula pada sel kanker lebih dari 10 kali lebih tinggi dari pada tingkat di mana sel sehat biasa menggunakannya. Sel kanker juga dikenal berkembang dalam lingkungan yang bersifat asam. Karena pH gula sekitar 6,4, ini memberikan suasana yang sangat ramah terhadap kanker. Gula dikaitkan dengan lebih banyak kanker pada payudara, prostat, endometrium dan pankreas.

Bahan makanan pengganti gula juga bukan altermatif pengganti gula yang baik, karena banyak juga yang terkait dengan kanker seperti kanker kandung kemih, limfoma dan leukemia. Beberapanya berasal dari alam dan beberapanya diketahui sebagai zat sintetik yang meniru rasa gula.

Setelah anda membaca topik diatas, saya yakin anda sudah berfikir untuk mulai mengurangi konsumsi gula. Atau mungkin sebagian dari anda masih ragu apakah informasi di atas valid atau tidak. Well, sajian diatas saya rangkum dari berbagai informasi penelitian medis, terutama dari Mr. Jesse Miller yang merupakan seorang ahli gizi terdaftar yang berbasis di Selandia Baru. Dia menulis secara teratur tentang topik terkait kesehatan untuk blog termasuk MindBodyGreen, Jen Reviews dan Huffington Post. Semoga bermanfaat, dan Wassalamualaikum.

Trims :)

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.