Adakah Hubungan Antara Anomali Alam dan Gempa Bumi?

Adakah Hubungan Antara Anomali Alam dan Gempa Bumi?

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Pada kamis malam (7/9/2017), menjelang tengah malam, sebuah gempa kuat mengguncang pantai selatan Meksiko, mengakibatkan kematian 32 orang dan kemungkinan jumlahnya terus bertembah, serta menyebabkan kekhawatiran lebih lanjut dengan peringatan tsunami untuk pantai Pasifik. Gempa berkekuatan 8.1 skala richter itu disebut sebagai "Gempa terbesar dalam 100 tahun" terakhir di Meksiko, oleh presiden Meksiko Enrique Peña Nieto. Kekuatannya diyakini melebihi gempa yang melanda Kota Meksiko pada tahun 1985.

Menurut Washington Post, "Pihak berwenang Meksiko mengatakan setidaknya 32 orang dikonfirmasi tewas, termasuk banyak di negara bagian Oaxaca di sepanjang pantai Pasifik. Di beberapa kota, seperti Juchitlan di Oaxaca, dan ada laporan tentang orang-orang yang terjebak di bawah reruntuhan."

Dengan kerusakan dan kehilangan nyawa yang terjadi dengan kejadian seperti ini, dan seringkali terjadi di setiap penjuru bumi, menghadirkan pertanyaan abadi yang sering muncul; Apa yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kemampuan kita manusia untuk memprediksi gempa dengan besaran yang signifikan sebelum itu semua terjadi?

Memprediksi Gempa Bumi
Prediksi gempa saat ini dalam banyak hal adalah hasil dari sains yang belum sempurna. Terlepas dari indikator gangguan gempa seismik yang akan datang, ada juga sejumlah fenomena alam "Anomali", dimulai dari fenomena geofisika seperti Earthquake light atau cahaya gempa, hingga kemungkinan aktivitas matahari dapat dihubungkan dengan aktivitas gempa bumi dengan cara tertentu.

Cahaya gempa
Fenomena cahaya gempa muncul saat terjadinya gempa besar mexico
Dalam sebuah catatan yang cukup menarik, sebuah thread yang sangat aneh muncul beberapa minggu yang lalu di Reddit, oleh seorang user bernama Parasol, dengan judul, "The ultimate earthquake test is about to commence 8.0-9.0 magnitude range."

Menurut posting tersebut:
"“The largest solar flare of the current solar cycle 24 was just observed around region 2673. The massive event measuring X9.3 peaked at 12:02 UTC Wednesday. A Type II radio emission with an estimated velocity of 1969 km/s was recorded. A bright coronal mass ejection (CME) is visible in the latest STEREO Ahead imagery and will likely be directed our way. More to follow once Earth facing LASCO coronagraph imagery becomes available. Aurora sky watchers may be in for a treat later this week.”

"Flare matahari terbesar dari siklus matahari 24 saat ini hanya diamati di sekitar wilayah 2673. Peristiwa masif yang terukur X9.3 memuncak pada hari rabu pukul 12:02 UTC. Emisi radio Tipe II dengan perkiraan tercatat pada kecepatan 1969 km/s. Semburan massa coronal terang (CME) terlihat dalam gambar STEREO Ahead terbaru dan kemungkinan akan diarahkan ke arah kita. Lebih banyak lagi yang mengikuti saat Bumi berhadapan dengan citra koronela LASCO menjadi tersedia. Pengamat Aurora mungkin akan mendapat hadiah akhir pekan ini."

Pos selanjutnya membahas, "Proyeksi untuk gempa berskala 8.0-9,5. Saya telah menyertakan semua data yang diproses yang menunjukkan korelasi antara penembusan b dan kejadian seismik yang diketahui sampai sekarang. Sebagian besar tahun menunjukkan hubungan yang konsisten. "Dengan kata lain, ramalannya adalah sekitar 9 September, gempa berkekuatan 8.0 atau lebih tinggi kemungkinan akan terjadi, itulah yang terjadi di pantai selatan Meksiko. Seluruh thread bisa dibaca disini. (Warning: Karena situs perujuk berasal dari Reddit yang di blokir oleh penguasa, mungkin anda akan membutuhkan koneksi VPN untuk mengaksesnya).

Demikian pula, ada laporan tentang fenomena geofisika langka yang dikenal sebagai "Cahaya Gempa" yang bertepatan dengan gempa Meksiko, seperti yang dilaporkan oleh seorang penulis di situs Misterious Universe, Brett Tingley, dan juga media lainnya. Beberapanya, saya mencoba untuk meliput fenomena ini dalam beberapa artikel di depan, termasuk salah satu yang sangat menarik tentang fenomena Langit pink yang mungkin muncul beberapa saat sebelum gempa bumi.

Situasi lain yang terkadang terjadi bersamaan dengan gempa adalah gangguan prilaku yang terjadi pada hewan, di mana berbagai spesies tampaknya dapat mengantisipasi gejala gangguan geofisika sebelum kejadian seismik yang sebenarnya. Meskipun tidak ada laporan dari tragedi di atas, namun ada pihak yang secara langsung menghubungkan fenomena tersebut dengan gempa Meksiko, yakni di situs resmi survey geologi pemerintah Amerika, USGS, mereka memiliki halaman menarik tentang ini, berjudul, "Animals & Earthquake Prediction"

Meskipun korelasi antara prilaku hewan dengan gempa sering dianggap sebagai subjek pseudosains oleh beberapa skeptis modern, gangguan prilaku yang dialami oleh hewan semacam itu ditafsirkan sangat berbeda oleh USGS:

"Kita dapat dengan mudah menjelaskan penyebab perilaku hewan yang tidak biasa beberapa saat sebelum manusia merasakan adanya gempa. Sangat sedikit manusia yang merasakan gelombang P yang lebih kecil yang melaju sangat cepat dari sumber gempa dan tiba sebelum gelombang S yang lebih besar. Tetapi banyak hewan dengan indra yang lebih tajam dapat merasakan gelombang P beberapa saat sebelum gelombang S tiba."

Memang, data USGS tidak menjelaskan dugaan prediksi yang terjadi beberapa hari atau minggu sebelum peristiwa seismik. "Seperti untuk merasakan gempa yang akan terjadi beberapa hari atau minggu sebelumnya, itu adalah cerita yang berbeda," kata situs USGS tersebut.

Gempa meksiko
Salah satu gedung yang runtuh dalam musibah bencana gempa di Meksiko
Korelasi terakhir yang tidak biasa dengan semua ini dan yang benar-benar memasuki ranah di luar logika, setidaknya sampai sains mencapai titik di mana fenomena semacam itu tidak dapat dijelaskan adalah sesuatu yang melibatkan prediksi psikis. Saat ini, klaim semacam itu memang sulit dihitung, namun masih banyak laporan tentang hal-hal semacam itu. Ambillah, misalnya, mimpi berikut yang saya alami sendiri saat malam hari sehari sebelum terjadinya tragedi bencana gempa dan tsunami 26 Desember 2004, sebagaimana berikut;

"Rasanya saya berada di sebelah selatan mesjid, entah mengapa suasana mencekam, tak lama kemudian tanah mulai bergoyang, dan dinding mesjid terlihat rontok".

Deskripsi tempat itu sangat tidak asing, dan penglihatan dari plesteran dinding mesjid yang spesifik, dan jelas mengandung banyak kesamaan dengan fakta yang terjadi setelah gempa. Dinding mesjid itu benar-benar rontok seperti yang saya lihat di dalam mimpi. Klaim prediksi psikis semacam itu, meski pastinya menarik dalam kaitannya dengan prediksi gempa, bagaimanapun juga akan sangat sulit untuk memenuhi syarat atau sebagai pembuktian, setidaknya secara korelatif terkait dengan peristiwa gempa. Dan saya rasa, saya tidaklah sendiri dalam mengalami fenomena seperti ini. Jika memang di telusuri, tentunya akan lebih banyak laporan yang mirip dengan apa yang saya alami.

Mungkinkah ada varietas fenomena alam seperti yang tercantum di sini, tentunya yang akan berguna untuk memprediksi gempa bumi? Jika sains modern dapat sampai pada pemahaman praktis tentang penyebabnya? Dengan harapan, mungkin studi yang sedang berkembang di bidang ini, dan yang terkait dengannya, akan membantu memperbaiki cara ilmiah kita dalam memprediksi gempa bumi di masa depan. Kita tahu, kita tidak dapat mencegah gempa, namun dengan memprediksinya lebih awal, setidaknya kita akan mampu untuk mengurangi jumlah korban akibat bencana alam ini. Dan jika anda memiliki pengalaman dengan fenomena aneh sebelum terjadinya bencana, saya harap anda bisa menuliskan pengalaman anda untuk kita sharing bersama disini. Sekian dan Wassalamualaikum.

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.