Investigasi The Hum - Suara Dengung Aneh Tak Terjelaskan

Investigasi The Hum - Suara Dengung Aneh Tak Terjelaskan

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Dunia kita adalah tempat yang bising. Ke mana pun kita pergi ke dalam peradaban, akan selalu ada hiruk-pikuk suara bising yang mengelilingi lingkungan pendengaran kita, di mulai dari suara knalpot racing dari anak-anak alay yang bergaya moto GP, pabrik, konstruksi, pesawat terbang, dan berbagai kendaraan dengan mesin menderu lainnya yang disertai klakson, suara teriakan tetangga, hingga ke suara alami dari angin, hewan, dan berbagai aktivitas bumi. Bahkan dalam ranah hal-hal yang tidak dapat kita dengar secara fisik masih selalu ada kebisingan, dengan atmosfer yang jenuh dengan segala macam suara berfrekuensi rendah, baik buatan maupun alami, serta gelombang dan transmisi yang tak terhitung jumlahnya yang memberi kita akses penggunaan radio, TV, informasi satelit kita, serta penggunaan ponsel. Namun, bahkan di luar ini tampaknya juga masih ada sesuatu yang lebih merayap yang berada di latar belakang, beberapa kebisingan yang tidak jelas dan terus-menerus yang hanya bisa didengar beberapa orang dan tetap tidak dapat terjelaskan!

The Hum - Fenomena Suara Misterius
Suara misterius yang sebagian besar fenomena ini disebut sebagai "Hum", atau kadang-kadang di istilahkan sebagai "The Worldwide Hum", adalah istilah selimut untuk serangkaian fenomena pendengaran misterius yang tak dapat dijelaskan yang telah muncul di seluruh belahan dunia, sesuatu yang biasanya berjalan di frekuensi rendah, semacam getaran bass atau suara gemuruh, terdengar baik di dalam maupun di luar ruangan dan tidak memiliki sumber atau asal suara yang mudah dikenali. Dan suara ini telah digambarkan terdengar seperti hal yang berbeda oleh orang yang berbeda pula, namun deskripsi umumnya adalah kedengarannya agak seperti suara truk atau kipas industri, dan dapat bervariasi dalam intensitas dari latar belakang bass rendah secara umum hingga ke simfoni yang menusuk telinga yang bersifat invasif. Kebisingan ini, tergantung pada orang dan lokasinya. Dengungan ini paling sering dilaporkan dari daerah pedesaan atau lokasi yang jarang penduduknya, tapi tidak selalu, dan biasanya paling umum terjadi di malam hari.

Sulit untuk melacak kapan fenomena tersebut dimulai, namun tampaknya telah terjadi sejak setidaknya di era tahun 1940-an, ketika ratusan orang di wilayah London dan Southampton di Inggris mengeluh tentang dengungan seperti suara pesawat tak berawak, dan mungkin jauh lebih awal. Di tahun 1950-an dan 1960-an juga terdengar dengungan tersebut yang dipublikasikan secara luas dalam berita dan memasuki kesadaran publik dengan berbagai laporan lainnya dari seluruh penjuru Inggris, dan pada tahun 1970-an ada sebuah media yang membahas mengenai suara aneh yang terus-menerus terdengar di Bristol, Inggris, Dimana keluhan terus berdatangan saat banyak warga melaporkan mendengarnya. Fenomena ini terus berlanjut di Inggris sampai tahun 1980-an, di mana banyak didengar oleh penduduk di Largs, Skotlandia, tepatnya di sebuah kota pesisir sekitar 31 km barat Glasgow.

The Hum membuat debutnya yang paling terkenal di Amerika Utara pada tahun 1992, ketika orang-orang di dan sekitar kota Taos, New Mexico, mulai melaporkan suara tersebut, yang sejak saat itu dikenal sebagai "Taos Hum" dan mungkin merupakan sebuah lokasi yang paling baik yang terkenal untuk fenomena tersebut. Hum juga muncul di Amerika Serikat di Kokomo, Indiana, pada tahun 1999, di mana tampaknya memiliki efek yang sangat kuat, yang diduga menyebabkan berbagai gejala fisik negatif seperti sakit kepala, mual, pusing, kelelahan, dan nyeri sendi, sampai pada titik bahwa banyak yang mendengarnya konon telah pindah untuk melarikan diri darinya. Investigasi mendalam terhadap sumber Kokomo Hum oleh Dewan Pekerjaan Umum dan Keselamatan pemerintah AS tidak dapat menentukan dengan tepat penyebabnya. Pada tahun-tahun sebelumnya, The Hum dilaporkan menghilang dari berbagai lokasi lain dari seluruh dunia.

Fenomena hum tidak dapat didengar oleh semua orang, dan diperkirakan melalui penelitian di AS dan di Inggris bahwa hanya sekitar 2 persen populasi yang benar-benar rentan terhadapnya, baik laki-laki maupun perempuan dan biasanya mereka yang berusia setengah baya atau lebih tua. Bagi mereka yang mendengarnya, sering disebut sebagai "Hummers," dan diklaim bahwa penyumbat telinga tidak berguna untuk menghentikan suara semacam pesawat tak berawak atau bahkan untuk mengurangi volumenya dengan cara apapun. Meskipun deskripsi suara itu sendiri sebagian besar selalu konsisten, situasi di mana orang-orang ini dapat mendengar suaranya dapat bervariasi, misalnya dengan beberapa orang mendengarnya lebih sering di dalam rumah sementara yang lain lebih cenderung mendengarnya di luar rumah, dan beberapa orang mendengarnya di lebih banyak lokasi lagi. Ada yang hanya pada malam hari, sementara yang lain hanya terpengaruh pada siang hari.

Bagi orang-orang yang sangat peka terhadap kebisingan, mendengar suara itu diduga merupakan pengalaman yang sangat meresahkan dan bahkan mengubah hidup, semacam mimpi buruk dalam artian tertentu. Dan tentunya juga bisa menimbulkan banyak gejala, mulai dari sakit telinga, sakit kepala, mimisan, dan mual, hingga masalah yang lebih mengejutkan seperti hilangnya kesadaran atau sakit kronis di berbagai bagian tubuh. Hum ini juga diduga mengubah keadaan emosional seseorang, menyebabkan kehilangan memori, gangguan bicara, dan mengurangi tingkat energi secara keseluruhan. The Hum telah menyebabkan banyak orang melakukan hal-hal drastis, seperti menjual rumah mereka untuk menjauh, berhenti dari pekerjaan mereka, terjerumus dalam depresi, dan dalam beberapa kasus ekstrem bahkan membuat orang bunuh diri. Salah satu penderita bernama Hugh Witherington mulai mendengar Hum saat pindah dari rumahnya di London, Inggris, ke daerah pedesaan Hertfordshire yang sepi, dan terus-menerus ia diteror sejak saat itu. Ia menjelaskan;

"Kedengarannya seperti sebuah truk berhenti di luar jendelaku dan membiarkan mesinnya berhenti. Tidak ada jumlah ekspos yang pernah bisa membuat saya terbiasa dengan hal itu. Ini menghentikan saya dari berpikir, bahkan hingga sekarang. Saya tetap tidak bisa menerimanya".

Contoh lain dari seorang penderita yang hidupnya sangat terpengaruh oleh Hum, Rosemarie Mann, Rombie, Inggris pada umur 46 tahun, mengklaim bahwa dia sangat terganggu oleh suara yang kuat dan tanpa henti sehingga mengubah hidupnya dalam keadaan terburuk. Dia mengatakan bahwa hal itu telah menyeretnya ke dalam depresi, yang dengannya dia sekarang sering meminum obat, mengurangi keinginannya untuk hidup, dan telah membuat pernikahannya tegang. Ini adalah sesuatu yang harus dia geluti setiap hari, dan dia telah mengatakan tentang pengalaman mengerikan itu sebagaimana berikut:

Saya hanya bisa menggambarkannya seperti semacam penyiksaan. Selama beberapa tahun pertama saya kehilangan tidur, tidak dapat berkonsentrasi dan tidak dapat melakukan apapun. Saya terus-menerus menangis, yang membuat suami saya sangat tertekan. Ini telah mengubah saya dari orang yang aktif dan kreatif menjadi pesimis yang tertindas dan marah. Hum masih memiliki efek menguras yang mengerikan. Ini adalah serangan invasif dan tanpa henti dari kebisingan dan tidak memiliki pemahaman atau kontrol terhadapnya sehingga membuat sangat stres.

Ada banyak teori tentang apa yang di sebut Hum ini, dimulai dari yang rasional sampai yang benar-benar aneh. Salah satu penjelasan paling sederhana yang telah diberikan adalah bahwa orang-orang ini menderita kondisi yang cukup umum yang disebut tinnitus, sesuatu yang merupakan suara atau nada berdering yang dirasakan di telinga tanpa sebab eksternal dan yang dapat disebabkan oleh faktor-faktor yang bervariasi seperti kebisingan yang disebabkan gejala ketulian, infeksi telinga, cedera kepala, atau kondisi mental seperti stres emosional atau depresi. Masalahnya dengan ini adalah bahwa Hummers (Orang yang mengalami fenomena The Hum) bersikukuh bahwa kebisingan yang di dengar oleh mereka dihasilkan secara eksternal, juga mengatakan bahwa itu adalah suara yang jauh berbeda dari pada tinnitus, dan selanjutnya dengung tersebut tampaknya terdengar pada kelompok yang terkait dengan lokasi tertentu.

Serupa dengan teori ini adalah bahwa Hum bisa diakibatkan oleh berbagai sebab fisik atau mental internal yang menyebabkan semacam halusinasi pendengaran, atau mungkin karena obat atau toksin. Dengung Hum juga telah dispekulasikan untuk mungkin menjadi hasil dari suara mendadak yang dihasilkan oleh telinga batin kita sendiri, yang disebut "Spontaneous otoacoustic emissions." Teori ini juga telah menyarankan bahwa dengung hanya ada di kepala orang-orang ini dan itu adalah kombinasi dari terlalu over imajinasi dan histeria massal atau khayalan massal yang dipicu oleh Internet. Dalam skenario ini, orang-orang ini hanya mengimajinasikan semuanya, atau memiliki indera dan persepsi mereka yang diwarnai oleh apa yang telah mereka baca tentang The Hum itu sendiri.

Ada juga gagasan luas bahwa Hum disebabkan oleh beberapa sumber mekanis, seperti menara pendingin, pabrik industri, ventilator, generator, dan sebagainya. Meskipun ini mungkin benar dalam beberapa kasus, dan bahkan memang telah ditunjukkan seperti itu dalam beberapa kasus, namun di lain pihak, The Hum telah bertahan bahkan ketika faktor-faktor tersebut dieliminasi, dengan tambahan dalam banyak kasus, suara The Hum belum berhasil dilacak ke mekanika tertentu maupun sumbernya. Sumber potensial buatan manusia lainnya untuk The Hum yang diajukan adalah jaringan listrik atau menara telepon seluler, namun biarpun ini adalah asal dari beberapa kasus yang lebih modern, menara sellular bahkan belum ada saat fenomena hantaman Hum ini mulai lepas landas. Juga, biarpun penyebabnya entah bagaimana bersifat mekanis, tetap saja tidak menjelaskan mengapa hanya sebagian kecil manusia yang sepertinya terpengaruh oleh dengung aneh tersebut, itu pun dalam beberapa level yang berbeda.

Frekuensi sangat rendah atau Very Low Frequency (VLF) transmisi radio adalah (antara 3 kHz dan 30 kHz), juga bisa menjadi jawaban atas fenomena ini, terutama karena telah ada dugaaan bahwa tubuh manusia kadang-kadang dapat merespon gelombang elektromagnetik sebagai sebuah suara. Ini juga bisa menjadi hasil dari sejumlah suara frekuensi rendah atau ultra-rendah atau infrasonik, yang hanya berada di ambang pendengaran manusia, baik yang dihasilkan manusia atau oleh fenomena alam seperti gempa bumi atau aktivitas seismik lainnya, dan aktivitas lempeng tektonik. Serta gelombang tekanan bergema yang melintasi dasar laut. Sumber alami lain yang telah diajukan adalah bahwa suara ini disebabkan oleh perkawinan dari beberapa spesies ikan tertentu, namun dalam banyak kasus, ide tentang suara dari sejumlah pesawat tak berawak yang signifikan atau yang disebabkan amplifikasi oleh lambung perahu juga masih belum cukup meyakinkan, Dan telah lama diperdebatkan bahwa suara-suara ini sendiri tidak cukup untuk menjadi kandidat yang cukup kuat. Dengan penjelasan ini, kita masih dihadapkan pada kenyataan bahwa hanya beberapa orang saja yang bisa mendengarnya.

Dan jika ada penyebab dari fenomena ini, nampaknya cukup jelas bahwa apa pun kemungkinannya berasal dari kombinasi semua ini, tergantung pada orang, tempat, dan situasinya, tanpa teori yang cocok untuk setiap kasus. Tentu saja dengan fenomena misterius dan masih banyak yang tidak dapat dijelaskan. The Hum ini pasti memiliki teori yang jauh lebih banyak beredar di sekitarnya. Bagi beberapa orang, The Hum adalah indikasi dari kegelapan jahat, konspirasi penguasa dunia dengan eksperimen bayangan tersembunyi mereka, perangkat kontrol pikiran, atau berbagai hal berbau konspirasi kejahatan global lainnya. Beberapa orang mengatakan bahwa itu sebenarnya adalah senjata rahasia yang memanfaatkan gelombang frekuensi ultra-rendah yang terfokus dan bertengger di satelit, yang dapat menghasilkan sasaran bagi individu atau sekelompok orang. Bagi yang lainnya beranggapan bahwa itu semua adalah hasil aktivitas atau sesuatu yang bergerak di dalam terowongan jauh didalam perut bumi. Ada juga pendapat lainnya, tentu saja termasuk tentang keberadaan alien. Kenapa tidak? Yang lain lagi malah mengklaim bahwa ini semua hanyalah sesuatu yang berasal dari kekuatan kasat mata yang saat ini berada di luar pemahaman kita, tetapi yang mungkin suatu saat kita ketahui jawabannya.

Salah satu masalah yang merupakan hambatan untuk menemukan jawaban nyata dengan The Hum ini adalah hanya ada segelintir orang yang pernah mencoba mempelajarinya secara serius, dan mereka yang mengaku telah mengalami fenomena ini cenderung di abaikan dan dianggap hanya mendengar sesuatu saja yang tidak penting, walaupun jumlah laporan dan keluhan dari orang-orang seperti itu terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Mereka yang telah melihat masalah ini dengan mata terbuka tidak dapat mencapai kesimpulan yang jelas yang dapat benar-benar menjelaskan luasnya fenomena tersebut. Mereka sama sekali tidak tahu penyebabnya atau mengapa hal itu terjadi. Tampaknya sekarang ini ada fenomena aneh yang pasti akan menjadi sebuah anomali yang mungkin tidak pernah kita mengerti sepenuhnya, dan bahwa mereka yang mendengarnya kemungkinan besar harus mampu bertahan hidup dan berusaha mengatasinya,

Apa yang menjadi inti dari fenomena Hum ini di seluruh dunia? Apakah ini hasil dari frekuensi atau fenomena buatan atau alam yang beberapa orang lebih cenderung sensitif terhadapnya, atau mungkin beberapa efek yang belum kita ketahui secara jelas? Apakah itu semacam gelombang radio atau gangguan elektromagnetik atau sonik? Apakah eksperimen atau senjata rahasia, alien, atau sesuatu yang lebih bersifat paranormal? Mungkin pada suatu saat kita akan memiliki lebih banyak gagasan tentang apa yang ada di balik kebisingan latar belakang aneh ini yang tampaknya menembus beberapa lokasi di seluruh dunia dan mengungkap misteri-misteri itu, namun menunggu sampai saat itu tiba, ia akan tetap bergemuruh, dan karena asalnya tidak diketahui, maka tentu saja kita juga belum mengetahui tujuan dari semua itu. Semoga anda berfikir dan Wassalamualaikum.

Baca Juga; Kemunculan Suara Misterius

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.