Aquascape - Seni Berkebun Di Dalam Air

Aquascape - Seni Berkebun Di Dalam Air

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Membuat Aquascape saya rasa tidaklah sulit. Seperti gairah seni lainnya, dibutuhkan waktu, dedikasi dan penelitian yang cukup. Artikel berikut bertujuan untuk menggambarkan pengetahuan dasar yang terkait dengan aquascaping, di mulai dari menetapkan prinsip dan aturan sederhana dari konstruksi visual dan persiapan, dan untuk mengenali esensi membangun aquascape, anda perlu mengembangkan imajinasji dari jenis akuarium yang paling indah dan menawan, tentu saja, menawarkan artikel kali ini akan berisi tip dan saran berharga mengenai komposisi dan tata letak aquascaping.

Apa itu Aquascape?

Seni Aquascape telah menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Definisi komprehensif dari istilah ini menggambarkan aquascaping sebagai seni 'Berkebun di dalam air', yang melibatkan teknik penyiapan, hiasan dan pengaturan dari seperangkat elemen dari tanaman air, batu, kayu apung, batu, dll, yang sedemikian rupa tertata sehingga menjadi estetis dan memiliki keunikan luar biasa dari persepsi aquarium secara standar.

Namun, hal yang membedakan dari berkebun biasa, aquascaping melibatkan jalur pengembangan yang jauh lebih lama dan mungkin lebih sulit. Namun aquarists (Orang yang membuat Aquascape) akan tahu bahwa fishkeeping lebih dari sekedar memelihara ikan dalam akuarium, namun juga menunjukkan ketertarikan seseorang terhadap spesies organisme air yang indah dan menakjubkan. Setelah akuarium menjadi bagian dari rumah kita, tentu berubah menjadi kebanggaan kita, kemudian muncul dalam percakapan kita sehari-hari, dan Aquascape mewujudkan impian tersembunyi kita dengan memungkinkan kita untuk memamerkan kreativitas dan imajinasi kita.

Selain aspek pertumbuhan hortikultura air, juga melibatkan fisiologi, pemangkasan, ekologi dan pemeliharaan akuarium, aquascaping juga menyiratkan aspek mengenai desain dan tata letak, yang berada di luar batas-batas akuarium itu sendiri. Ini bukan tugas yang mudah untuk mendapatkan akuarium yang sempurna, tapi begitu anda memutuskan untuk masuk ke dalamnya, aquascaping bisa menyenangkan, sangat menantang dan bermanfaat.

Prinsip dasar aquascaping
Seluruh proses aquascaping sepertinya sulit dilakukan, tapi tidak sesulit yang terlihat jika anda mengikuti serangkaian prinsip sederhana yang ada. Seperti dalam kasus pengembangan kreatifitas, anda bisa mengexplore secara besar-besaran terhadap sumber pengetahuan yang andal dan akan sangat bergantung pada imajinasi anda untuk mendapatkan keseimbangan sempurna antara prinsip ilmiah dan kreativitas yang efisien mungkin adalah pencapaian yang paling sulit.

Dan berikut beberapa kriteria yang harus dipertimbangkan sebelum anda memikirkan untuk memulainya:

  1. Kesederhanaan: Aquascaping adalah semua tentang rasa, elemen estetika seni. Sangat sering orang tergoda untuk menggabungkan sebanyak mungkin jenis tanaman, mereka berpikir bahwa hal itu akan memastikan variasi dari visual yang hebat, namun sebagian besar seringkali hasilnya adalah kebalikannya.
  2. Ragam: Menjaga kesederhanaan tidak berarti hanya menggunakan satu jenis tanaman saja. Sekalipun niat anda adalah untuk menciptakan sebuah tema, anda tentu tidak ingin aquascape anda terlihat membosankan. Ingat, imajinasi memainkan peran kunci dalam aquascaping!
  3. Proporsi: Sangat penting untuk memberi rasa harmonis pada aquarium anda, jadi cobalah untuk memiliki ruang terbuka yang cukup. Hindari untuk hanya menggunakan tanaman daun besar karena jenis tersebut akan mengambil tempat luas dari proporsi dan kedalaman aquascape anda.
  4. Ketekunan: Aquascaping bisa cukup membuat anda frustasi, catat itu! Jadi bersiaplah untuk mendekonstruksi dan merekonstruksi ulang jika ada sesuatu yang tidak anda sukai dari aquascape anda. Semakin anda bereksperimen, semakin baik anda akan mendapatkan hasilnya.


Lingkungan Aquascape
  • Pencahayaan: Salah satu bagian yang paling penting dari aquascaping, dan dengan pengaruh penting pada kesehatan dan pertumbuhan tanaman aquascape, pencahayaan dianggap sebagai jantung dari akuarium.
  • Filter air: Sesuai namanya, tujuan filter air adalah membuang kelebihan makanan, limbah ikan, bahan kimia berbahaya dan bahan organik yang membusuk di dalam akuarium. Ada tiga metode dasar yang bisa anda saring: mekanis, biologi dan kimiawi, dan sebagian besar filter air di pasaran sudah mampu melibatkan dua kombinasi tersebut di antaranya.
  • Karbon Dioksida: Sistem CO² mungkin sedikit mahal, namun sangat penting untuk pertumbuhan tanaman. Tidak ada tanaman yang tumbuh tanpa karbon dioksida. Mereka yang benar-benar faham tentang aquascaping akan berpikir untuk jangka panjang dan tahu bahwa membeli sistem CO² yang baik memungkinkan mereka menumbuhkan tanaman mereka dengan potensi penuh yang terbaik.
  • Pupuk cair: Pikirkan pupuk sebagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh anda agar tetap hangat dan kuat. Bergantung pada sistem pencahayaan dan CO² akuarium, ada dua jenis pupuk yang bisa anda gunakan untuk tetap menyehatkan kebun dalam air anda: macronutrients dan mikronutrien. Keduanya perlu diberi dosis yang tepat untuk menciptakan lingkungan perairan yang sesuai untuk tumbuhan.
  • Substrat (Kerikil/Tanah): Tanaman aquascape tidak hanya makan melalui daunnya, tetapi juga melalui akarnya, ini yang membuat seleksi substrat aquascaping benar sangat penting. Bergantung pada tanaman yang ingin anda tanam, substrat yang tepat akan memastikan ukuran, perkembangan dan warna yang tepat.
  • Material (Hardscape): Anda tahu bagaimana anda mengatakan tentang seseorang bahwa dia cantik karena dia memiliki struktur proporsi wajah yang menakjubkan? Inilah yang ditunjukkan ornamen dalam aquascaping. Tanaman saja tidak akan cukup untuk menyempurnakan estetika akuarium. Anda perlu menambahkan batu, kayu, kerikil dll, dan disusun seunik mungkin, mengaturnya dengan cara yang tidak biasa namun menarik. Material Aquascape adalah elemen penting yang memastikan disain dan tata letak bagian dari keseluruhan proses aquascaping.


Aturan dasar tentang konstruksi dan persiapan visual dari Aquascape
Aquascape merupakan bentuk seni di mana imajinasi dan kreativitas memainkan peranan penting, namun menguasai tulang punggung proses ini adalah elementer jika anda ingin sukses. Ukuran sangat penting di alam, dan tidak terkecuali Aquascape. Anda tentu ingin agar aquarium anda tidak hanya menyenangkan mata anda, tapi juga membuat keajaiban di tempat yang tepat. Anda ingin ikan anda merasa nyaman, anda juga ingin tanaman anda tumbuh dengan potensi penuh mereka. Anda bisa melakukan semua itu dengan mengikuti seperangkat aturan matematis. Ya, sebelum semuanya menjadi indah, tentu sebelumnya, hasilnya tidak dapat diprediksi dan beragam, karena alam bersifat matematis.

Memang keindahan sejati berdiri pada mata yang melihatnya, tetapi juga mata yang melihatnya bisa dikontrol dengan mudah. Setiap seniman tahu dan memanfaatkannya. Aquascaping adalah tentang menciptakan visual yang mempesona dengan menyarankan mata di mana pandangan pertama akan segera meluncur ke arah berikutnya.

Aturan ini mengacu pada bagaimana kita dapat menggunakan panduan imajiner sehingga kita tahu bagaimana menempatkan elemen tertentu di dalam bayangan kita sedemikian rupa sehingga kita dapat mengendalikan apa yang dilihat oleh mata yang melihat. Untuk memahami bagaimana aturan kerja ini, cobalah menggambarkan gambar yang dibagi menjadi sembilan bagian yang sama dengan dua garis horizontal yang sama spasinya dan dua garis vertikal yang sama spasinya.

Aquascape - Seni Berkebun Di Dalam Air

Tujuan garis imajiner ini sebenarnya adalah untuk menemukan titik-titik persimpangan, di mana anda dapat menentukan titik fokus gambar, tanda khusus yang menandai pandangan terlebih dahulu dan dari mana mata dapat meluncur menuju titik-titik lain yang menarik. Sehingga menghadirkan komposisi yang semakin menarik, menawan, santai dan menyenangkan. Menempatkan titik fokus di tengah aquarium anda akan mengambil keseluruhan dari apa yang ada di sekitarnya pula.

Rasio Emas
Sederhananya, rasio emas adalah angka yang diperoleh dengan membagi garis menjadi dua bagian sedemikian rupa sehingga jika anda membagi bagian yang lebih panjang dengan bagian yang lebih kecil hasilnya sama dengan keseluruhan bagian dibagi dengan bagian yang lebih panjang.

Aquascape - Seni Berkebun Di Dalam Air
Rasio emas diterapkan pada aquascape
Dalam seni dan matematika maupun alam, rasio emas sangat terkait dengan penciptaan titik fokus. Dalam aquascaping, ini akan menjadi titik mata diarahkan pada pandangan pertama.

Focal Point (Titik fokus)
Seperti disebutkan sebelumnya, focal point berfungsi sebagai jangkar bagi pikiran mereka yang melihat. Ini pada dasarnya memberi tahu kemana arah harus melihat dulu dan kemana harus pergi dari sana. Setiap aquascape harus memiliki focal point. Dalam kasus aquarium yang lebih kecil, hanya ada satu titik fokus dan beberapa titik sekunder yang menarik. Ketika datang ke akuarium yang lebih besar, perlu agar anda membuat lebih dari satu titik fokus, dari mana orang masih harus tetap menjadi daya tarik utama. Hal ini sangat penting untuk menghindari tekanan pada mata, sehingga memiliki terlalu banyak poin kepentingan yang sama pentingnya bukanlah ide bagus.

Gaya aquascaping yang paling terkenal menggunakan peraturan yang dijelaskan di atas. Entah kita berbicara tentang Alamarium, Iwagumi atau Jungle, semua gaya tersebut dimulai dengan penciptaan focal point dengan menerapkan aturan rasio emas.

Gaya aquascaping
Seperti bentuk seni apapun, aquascaping menawarkan berbagai pendekatan dan gaya. Setiap orang memiliki selera dan harapan dan keinginan mereka sendiri dari akuarium yang tertata. Ada empat jenis aquascapes utama, masing-masing memiliki karakteristik dan fitur unik: Gaya Belanda, gaya Jungle, gaya Iwagumi dan gaya Alam. Berikut adalah deskripsi singkat dari empat gaya utama ini.

Akuarium Belanda

Aquascape - Seni Berkebun Di Dalam Air
Gaya aquascaping Belanda
Dipopulerkan pada tahun 1930an di Nederlands, gaya aquascaping ini sepenuhnya terfokus pada penataan tanaman air. Gaya Belanda tidak melibatkan penggunaan kayu apung atau bahan hardscape apapun. Fokus utama adalah penempatan yang tinggi, warna dan tekstur dari berbagai jenis tanaman dan teknik dasar konstruksi adalah pendekatan terasering. Ini mungkin terlihat mudah untuk dicapai, tetapi kenyataannya anda perlu untuk memiliki banyak pengetahuan dalam jumlah besar mengenai tanaman yang berbeda untuk menciptakan aquascape jenis ini yang estetis. 

Gaya Jungle

Aquascape - Seni Berkebun Di Dalam Air
Jungle style aquascaping
Ini adalah salah satu gaya aquascaping yang paling sederhana. Seperti namanya sendiri, produk akhir dari gaya ini sudah seharusnya menyerupai pemandangan alam liar. Salah satu karakteristik yang paling umum dari Jungle ini adalah bahwa vegetasi sering di biarkan seadanya dan menjadi sangat padat, yang berarti memerlukan sedikit perawatan dan memungkinkan vegetasi tersebut untuk bertahan lebih lama. Aquascape gaya Jungle mungkin bukan tata letak yang paling rumit, namun bisa sangat menarik dan fungsional seiring berjalannya waktu, karena banyak spesies ikan menyukai lingkungan vegetasinya yang padat. 

Gaya Iwagumi

Aquascape - Seni Berkebun Di Dalam Air
Gaya aquascaping Iwagumi
Berbeda dengan gaya Belanda, yang hanya memanfaatkan tanaman, penerapan gaya aquascaping Iwagumi didasarkan pada pengembangan susunan batuan (hardscape), posisi ini di atur dengan sangat teliti. Penggunaan tanaman bertumbuh rendah sangat umum untuk meningkatkan keindahan alamnya dan sistem pembuangannya. Pengaturan khas untuk aquascape Iwagumi melibatkan penggunaan tiga batu utama, dimulai dari yang paling besar, disebut Big Buddha dan dua batu yang lebih kecil untuk menciptakan rasa kesatuan dan harmoni dengan aquarium, bagian itu cukup penting untuk menggunakan batu yang memiliki warna dan tekstur yang sama.

Gaya Alam

Aquascape - Seni Berkebun Di Dalam Air
Gaya alam aquascaping
Gaya aquascaping jenis ini diperkenalkan oleh Japanese Takashi Amano pada tahun 1990an dan ditandai dengan tampilan dan nuansa yang sangat alami. Berbeda dengan gaya taman Belanda yang terawat baik, gaya Alam Aquarium ini bertujuan untuk menciptakan sebuah scape yang menyerupai landscape atau gambar dari alam. Aquascapes Aquarium Alam yang paling umum menggambarkan versi miniatur hutan hujan, pegunungan, lereng bukit atau lembah. Kedua bahan hardscape (kayu, batu) dan tanaman memainkan peran penting dalam pencarian keseimbangan di akuarium.

Tip dan saran lainnya mengenai komposisi Aquascape
Setelah kita membahas aspek matematis konstruksi aquascape dan kita telah melihat berbagai gaya aquascaping yang paling terkenal, sekarang saatnya untuk menemukan hal-hal lain yang berkontribusi pada proses pembuatan aquascapes yang indah.

Imajinasi dan kreativitas
Membangun aquascape anda sendiri adalah kesempatan sempurna untuk mengatur imajinasi dan kreativitas anda secara gratis. Mulailah dengan melakukan penelitian anda sendiri, jelajahi apa yang telah dilakukan orang lain dan bereksperimen dengan hal-hal baru. Proses pembuatan adalah tindakan yang banyak memakan waktu, tetapi hasilnya lebih dari sekedar memuaskan anda. Ingat: Anda harus mengikuti peraturan dasar dan prinsip aquascaping, namun pada akhirnya, ini adalah pekerjaan anda sendiri, aquarium anda, imajinasi anda, dan anda harus menjadi orang pertama yang menyukai hal itu.

Simetri dan bentuk
Jangan berusaha untuk mendapatkan ukuran simetri di Aquascape anda! Alam tidak tersusun secara simetri, namun kesempurnaannya hadir dalam bentuk yang acak dan itulah yang membuatnya indah. Hindari menempatkan potongan besar bahan hardscape di tengah akuarium anda. Ini akan membuat segala sesuatu di sekitarnya akan terlihat sama, jadikan keindahan berada keseluruhan bagian.

Bentuk aquascape terbaik adalah kesatuan dari susunan komposisi yang tepat. Ada beberapa komposisi gaya dalam hal ini:

  1. Tata letak cekung: Lebih tinggi di kedua sisi dan di bagian tengah yang lebih rendah, tata letak ini menawarkan kesan ruang terbuka di tengahnya.
  2. Tata letak berbentuk cembung: Tanaman dipangkas lebih rendah di kedua sisi dan lebih tinggi di tengahnya, ini sangat bagus secara estetika dan bisa didapat dengan bantuan batu untuk membuat efek pemandangan gunung.
  3. Pengaturan segitiga: Lebih tinggi di satu sisi, lebih rendah di sisi lain, tata letak jenis ini menciptakan visual yang sangat seimbang.


Namun, jangan merasa terkekang oleh pembuatan bentuk dasar ini! Adalah jauh lebih penting untuk membiarkan kreativitas anda melakukan hal itu dan bereksperimen sebanyak mungkin. Ikuti nyali anda dan dengarkan apa yang dikatakan mata anda sendiri. Jadilah percaya diri dan nikmati setiap prosesnya!

Cara membuat perspektif Aquascape
1. Pilih latar belakang yang sempurna
Kecuali anda menempatkan akuarium anda di tengah ruangan, Anda pastinya harus memberikannya latar belakang. Beberapa bahan yang paling umum untuk latar belakang aquascaping meliputi kayu, ranting, dedaunan, tanaman, gabus, atau cat sederhana. Peran latar belakangnya adalah menyembunyikan dinding, selang dan kabel dan untuk membantu menciptakan perspektif yang mendalam.

2. Temukan keseimbangan yang tepat antara foreground, middle ground dan background
Keseimbangan yang baik di antara ketiganya bisa memberikan perspektif estetika yang baik pada Aquascape anda. Gunakan batu dan kayu apung di area tengah untuk menciptakan kesan bukit atau dataran tinggi. Untuk mendapatkan beberapa kedalaman, gunakan tanaman bertumbuh rendah di latar depan dan cobalah beberapa potong kayu yang menempel ke permukaan di latar belakang. Persiapan  ini akhirnya akan membuat aquascape anda terlihat harmonis.

3. Pilihlah substrat yang tampak alami
Bergantung pada tanaman yang ingin anda tanam di aquarium anda, anda harus memilih kerikil yang terlihat alami. Substrat bertindak sebagai dasar untuk keseluruhan akuarium dan anda tentu tidak menginginkannya terlihat seperti buatan, namun terlihat alami jelas jauh lebih bagus.

4. Pilih pewarnaan tanaman yang tepat dan ukurannya
Penanaman tanaman dalam aquarium memang sangat menantang, dan juga cukup menyenangkan. Pastikan anda memulai dengan titik fokus akuarium anda, di mulai dengan tanaman yang tumbuh rendah dan tumbuh sedang, dan pada akhirnya, dengan yang lebih tinggi. Juga akan cukup lebih baik menanam tanaman yang berkelompok yang cukup padat, semakin banyak item, semakin tinggi peluang untuk mengembangkannya. Gunakan tanaman dengan berbagai warna dan ukuran, karena ini akan membantu anda menciptakan kontras dan perspektif mendalam dan akan membantu aquarium terlihat lebih alami.

Ikan Aquascape yang direkomendasikan
Kebanyakan orang sudah tahu ikan apa yang ingin mereka masukkan ke dalam akuarium. Namun dalam urusan aquascaping, mendapatkan jenis ikan yang tepat adalah pilihan yang rumit, karena ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. memang, tidak ada aturan khusus, tapi anda tentu sudah memikirkan perilaku jenis ikan yang dimaksud, siklus berkembang biaknya, kebiasaan berenang dan sebagainya. Anda harus menghindari ikan yang akan mengganggu aquascape anda. Jenis ikan yang paling umum adalah yang berukuran kecil seperti ikan Gobi Jerman, ikan pelangi Australia dll karena memiliki warna cerah yang bagus dan membuat aquarium anda terlihat lebih besar.

Pemeliharaan akuarium
Tidak cukup hanya untuk membangun aquascape yang luar biasa. Menjaga kebersihan dan keamanan tanaman dan ikan bisa menjadi tantangan juga. Aquascaping yang sukses benar-benar tergantung pada hal-hal yang anda lakukan setelah anda menyiapkan Aquascape anda, hal-hal seperti pemangkasan dan pengisian atau pergantian air adalah hal yang akan biasa anda lakukan, termasuk pemangkasan tanaman konstan, keseimbangan cahaya, CO2 dan nutrisi yang benar. Demikian lah artikel kali ini saya tulis, semoga menambah ide dan pengetahuan anda. Anda menikmati artikel ini? Sebarkan berita dengan membagikannya dengan teman anda! Terimakasih dan Wassalamualaikum.

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.