Ternyata Ada Black Hole Kecil Seukuran Atom

Ternyata Ada Black Hole Kecil Seukuran Atom

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Kita bertemu lagi dalam postingan berbasis sains antariksa, mungkin saat ini banyak informasi paling umum adalah bahwa black hole selalu berukuran besar, misalnya, pusat galaksi tempat kita tinggal juga berisi sebuah black hole super raksasa. Namun, bayangkan, jika ada lubang hitam yang menentang persepsi umum tersebut. Sebuah lubang hitam kecil selebar rambut manusia bahkan mungkin lebih kecil lagi dan memiliki massa seberat bulan. Bayangkan lebih lanjut, bahwa alam semesta dipenuhi dengan lubang hitam primordial yang terbentuk dan masih bergerak aktiv di ruang angkasa. Lubang hitam versi mini yang dikatakan oleh ilmuwan NASA ini secara teoritis berpotensi melewati Bumi sekitar sekali setiap 1.000 tahun. Lalu apa yang akan terjadi?

Lubang Hitam Kecil
Alexander Kashlinsky, seorang astrofisikawan NASA di Goddard Space Flight Center di Maryland, adalah salah satu dari sekelompok ilmuwan yang percaya bahwa lubang hitam mini primordial ini terbentuk tak lama setelah peristiwa big bang dan bukan disebabkan oleh akhir sebuah bintang seperti pada umumnya. Selain itu, mereka berspekulasi bahwa bahkan mungkin lubang hitam ini hanya seukuran atom dengan massa seberat asteroid atau mungkin lebih besar lagi dan merupakan inti dari materi gelap.

Kashlinsky dan para peneliti lainnya menggunakan NASA Spitzer Space Telescope dan Observatorium Chandra X-ray untuk mengumpulkan dan membandingkan latar belakang inframerah kosmik (CIB) dan latar belakang X-ray kosmik (CXB), yakni cahaya dan radiasi dari luar angkasa yang sumbernya masih belum terdentifikasi. Mereka menetapkan bahwa potongan-potongan sinar tersebut disebabkan oleh lubang hitam primordial dan ada banyak dari mereka, dan diperkirakan satu dari lima potongan tersebut pada CIB merupakan awal dari sebuah lubang hitam.

Terdengar seperti sebuah teori aneh sejauh ini, namun Timothy Brandt, seorang astrofisikawan dari Institute for Advanced Study, memberikan peringatannya tentang kepadatan tinggi lubang hitam mini ini sebagaimana berikut:

"Lubang hitam dengan massa asteroid, jika mereka semua berisikan materi gelap, mungkin saja melewati Bumi sekali dalam satu milenium atau lebih, tetapi akan sangat, sangat sulit untuk terdeteksi. Kami pasti akan melihat salah satunya jika berlalu di dekat Bumi, karena akan mempengaruhi orbit semua satelit kami. Saya membayangkan bahwa lubang hitam itu akan mengacaukan GPS misalnya".

Lantas bagaimana dengan manusia?

Tertabrak oleh lubang hitam mini ini akan menjadi sama seperti peluru, tetapi dengan kerusakan yang dilakukan oleh gaya deformasi gelombang tidal objek dan menghasilkan panas yang hebat".

Terdengar cukup membahayakan. Mungkin para ilmuwan seperti Brandt dan Kashlinsky yang mengamati latar belakang kosmik akan memberikan banyak informasi peringatan jika saja ada potensi benturan dengan lubang hitam mini ini.

"Mungkin tidak akan ada interaksi materi gelap dengan materi normal kecuali melalui gravitasi. Dan jika itu yang terjadi, kita dalam kesulitan. Kami belum faham hingga ke titik tersebut di mana kita tahu ada sesuatu yang di luar sana tetapi benar-benar tidak terlihat dalam eksprimen kami".

Namun ini semua masih sebuah teori. sayangnya, para astrofisikawan ini tidak menyampaikan penjelasan lain tentang materi gelap, dan sementara penjelasan tentang cahaya sinar kosmik dengan segala teori tentang lubang hitam mini masih belum terjabarkan sepenuhnya. Namun saya memiliki kutipan menarik yang saya ambil dari kitab suci Al-quran tentang sesuatu yang menarik perhatian saya tentang langit yang akan saya titipkan di akhir artikel ini. Baiklah, kita sudahi artikel ini, semoga bisa mengajak anda berfikir dan Wassalamualaikum.

“Apabila matahari digulung,” (QS At Takwir: 1)

“Aku bersumpah demi bintang tersembunyi. Yang bergerak cepat yang menyapu.” (QS At-Takwir ayat 15-16)

"Demi langit dan Ath Thaariq, tahukah kamu apakah Ath Thaariq? (yaitu) bintang yang cahayanya menembus". (QS. At Thaariq, 86: 1-3)

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.